Isi CV Berapa Lembar? 1 Atau 2?

Isi CV Berapa Lembar? Jika anda mempunyai pengalaman kerja dalam waktu yang lama, dua halaman telah menjadi panjang ideal untuk CV di Indonesia.

Isi CV Berapa Lembar? ini Jawabannya

Tapi berpatokan pada satu ukuran tidak baik untuk semua pelamar kerja. CV Anda bisa lebih panjang atau lebih pendek, tergantung pada tahap apa Anda sedang berkarier.

CV Satu Lembar

Isi CV Berapa Lembar? Apakah 1 lembar baik?

CV satu halaman sangat ideal untuk lulusan sekolah atau universitas yang baru memulai kehidupan kerja mereka. Dimulai dari riwayat karir untuk didokumentasikan, terutama harus fokus pada pendidikan, pengalaman sukarela dan minat ekstra kurikuler.

Jika informasi tersebut memuat lebih dari satu halaman, kemungkinan Anda menduplikasi informasi atau menggunakan font yang terlalu besar.

Satu halaman juga ideal jika Anda hanya memiliki satu peran, atau banyak peran yang sangat mirip, dalam karier Anda.

Bagian pendidikan dapat diringkas ketika Anda memiliki pengalaman organisasi dan minat ekstra kurikuler menjadi kurang penting, sehingga Anda masih harus menemukan banyak ruang untuk menuliskan semua informasi yang perlu dikatakan.

Isi CV Berapa Lembar? ini Jawabannya

Jika Anda memiliki banyak peran, tetapi semua tanggung jawabnya hampir sama, pertimbangkan untuk menyingkat peran ini di bawah satu paragraf untuk menghindari duplikasi informasi di beberapa halaman.

Seorang perekrut tidak ingin membaca informasi yang sama diulang dengan nama perusahaan yang berbeda, ini menghabiskan waktu mereka dan tidak menambahkan apa pun.

CV Dua Lembar

Isi CV Berapa Lembar? Kalau 2 lembar bagaimana?

Sering disebut sebagai panjang sempurna untuk CV, dua halaman adalah panjang yang disarankan untuk seseorang yang telah memantapkan diri dalam karier mereka.

Kebanyakan orang akan termasuk dalam kategori ini. Karena memberi Anda cukup ruang untuk memamerkan prestasi, kekuatan, dan keterampilan Anda tanpa membuat pembaca bosan dengan omongan.

Pastikan bahwa untuk setiap pekerjaan, Anda memasukkan ringkasan tanggung jawab utama Anda, gagasan tentang cakupan peran Anda dan rincian tentang apa yang Anda raih.

Namun, jangan merasa Anda perlu mengeluarkan CV untuk dibuat menjadi dua halaman. Jika Anda dapat meringkas karier Anda dengan singkat di CV satu halaman yang kuat, tentu saja, lakukan. CV yang pendek dan kuat dan lebih baik daripada CV yang panjang dan plin-plan.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

CV Tiga Lembar

Isi CV Berapa Lembar? jika 3 lembar apakah terlalu banyak?

Tidak sering digunakan, tiga halaman hanya untuk mereka yang mempunyai alasan yang sangat bagus.

Dalam kategori ini adalah dewan direksi yang akan menjual prestasi mereka dengan CV tiga halaman, atau kontraktor yang telah bekerja di berbagai peran dalam jangka 5-10 tahun terakhir.

CV Lebih Dari 3 Lembar?

Isi CV Berapa Lembar? Saya ingin CV lebih dari 3 lembar apakah boleh?

Tidak. CV Anda pada suatu saat akan menumpuk di depan perekrut. Itu akan menunda mereka membacanya dan bahkan tidak mengambilnya karena itu akan menyita waktu yang cukup banyak untuk membacanya.

Baca juga: 7 Tips Menulis Pengalaman Kerja pada Curriculum Vitae (CV)

Mengatasi CV Terlalu Panjang?

Isi CV Berapa Lembar? ini Jawabannya

Isi CV Berapa Lembar? 2 lembar adalah pilihan terbaik. Bagaimana cara mengatasi CV Terlalu panjang? Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda.

Edit ke bawah

Jika CV Anda terlalu panjang, Sebaiknya segera Anda hentikan dan edit itu. Maksud dari CV adalah membuat perekrut ingin bertemu dengan Anda untuk mencari tahu lebih banyak tentang Anda.

Tidak menyajikan kepada mereka seluruh kisah hidup Anda. Sehingga nantinya tidak akan ada yang perlu dibicarakan di wawancara jika anda sudah memuat semua kisah hidup di CV anda.

Jika tidak menjual Anda, hapus itu. Bagaimana jika memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang lalu? Ringkasnya.

Jika tidak relevan dengan pekerjaan target Anda, hapuslah. Dan, jika Anda sudah mengatakannya, jangan menduplikasinya. Ini adalah salah satu dokumen di mana kata-kata singkat sangat penting.

Bangun itu

Jika CV Anda terlalu pendek, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa bagian tambahan untuk memberi perekrut pandangan yang lebih bulat tentang apa yang dapat Anda tawarkan.

Pastikan Anda telah memenuhi tanggung jawab utama Anda dalam peran terbaru Anda, bukan hanya memberikan tampilan utama.

Targetkan lima hingga enam poin per posisi, plus prestasi, dan pikirkan apa pun yang Anda lakukan di luar pekerjaan yang telah mengembangkan keterampilan Anda.

Pikirkan proporsinya

Sebagai aturan umum, informasi terpenting harus ada di bagian atas halaman pertama. Ingatlah bahwa seorang perekrut menghabiskan waktu yang sangat singkat untuk memindai CV Anda.

Itu berarti bahwa pada separuh pertama halaman Anda memerlukan profil yang mempunyai dampak tinggi, berisi kata-kata kunci yang relevan untuk industri dan sektor Anda.

Ditambah beberapa informasi tentang pekerjaan atau kualifikasi Anda saat ini (atau yang paling relevan).

Jika Anda tidak dapat memasukkan secara detail ke dalam ruang yang ada, Anda perlu melihat lagi bagaimana Anda mengatur jarak setiap paragraf.

Pastikan itu terlihat dipoles

Hanya karena Anda mengincar CV dengan panjang tertentu, bukan berarti Anda dapat berhenti segera setelah Anda memiliki beberapa teks di halaman berikutnya. Pastikan anda memberikan informasi pada halaman penuh, atau setidaknya hampir penuh.

Jika Anda telah mengatakan semua yang ingin Anda katakan tetapi Anda meninggalkan beberapa baris, atau bahkan setengah halaman di lembar terakhir, saatnya untuk memperbaiki tata letak.

Terkadang, mengubah margin sedikit atau mengubah font dapat membuat jarak lebih rapi. Di lain waktu Anda mungkin perlu sedikit lebih kreatif.

Word memiliki segala macam fungsi yang memungkinkan Anda mengubah ruang putih pada dokumen. Atau Anda mungkin merasa lebih rapih untuk bermain dengan kata-kata itu.

Apa pun itu, jangan biarkan CV Anda terlihat setengah jadi. Ingatlah untuk jangan berhenti sebelum CV Anda terlihat profesional, bukan gaya anak kemarin sore.

Baca juga: 5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Pertanyaan Mengenai Isi CV Berapa Lembar?

Isi CV Berapa Lembar? ini Jawabannya

Banyak sekali perdebatan mengenai “Isi CV Berapa Lembar?” pertanyaan yang selalu ada, disini kami akan coba jawab, meskipun sebenarnya penjelasan diatas sudah dapat menjawabnya.

Berapa Panjang CV Anda Seharusnya?

CV yang baik biasanya hanya 1,5-2 halaman kertas A4. Jika CV Anda saat ini terasa berlebihan, cukup hapus yang tidak terlalu penting.

Pada umumnya panjang CV maksimal 2 lembar akan tetapi itu semua kembali ke pembuat CV jika ada hal yang dirasa penting untuk dimasukan maka bisa saja lebih dari 2 lembar.

Jadi, secara ringkas, Anda mungkin menginginkan CV dua halaman tetapi gunakan pengaturan secara fleksibel untuk memberi kesan pertama kepada perekrut.

Apakah CV boleh lebih dari 1 lembar?

CV bisa 2 halaman atau lebih. Namun, ada baiknya jika Anda dapat menyingkatnya sebanyak mungkin agar singkat dan mudah dibaca. Jika CV kamu masih terlalu panjang, jangan lupa segera perbaiki agar bisa lanjut ke wawancara ya!

Apakah CV ATS boleh 2 lembar?

Tidak lebih dari 2 lembar. Jumlah halaman mempengaruhi keterbacaan CVAnda.

Kedengarannya membosankan, memang CV ATS yang baik mementingkan kata kunci. Ini karena Anda perlu memprioritaskan isi CV dan bukan bentuknya. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi anda yang tidak terlalu pandai mendesain seperti admin yang menulis ini.

Sekian artikel berjudul Isi CV Berapa Lembar?, semoga menjawab semua pertanyaan anda.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!