10+ Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Bagaimana Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik? Bagi anda yang sedang melamar pekerjaan maka anda tentu akan melalui tes psikotes untuk mendapatkan posisi yang anda inginkan.

7 Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Fase tes psikotes ini akan membuat banyak orang mencari cara agar bisa lulus ujian psikotes dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya, Melalui cara ini maka sebuah perusahaan akan mengetahui bagaimana kepribadian anda dan menentukan untuk tahap selanjutnya.

Apakah ada tips dan Cara Mengerjakan Psikotes?

Cara Mengerjakan Psikotes memang membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi. Anda tidak bisa asal mengerjakan karena jika salah maka anda tidak akan lolos ke tahap wawancara.

Soal psikotes sendiri bisa dikatakan gampang gampang susah untuk dikerjakan. Meskipun tes ini bisa dikatakan gampang gampang susah, namun anda akan merasa pusing ketika mengerjakannya. Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui trik mengerjakan tes psikotes ini.

Cara Mengerjakan Psikotes

Sebelum Anda melamar pekerjaan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui job desk untuk posisi yang Anda lamar.

Hanya dengan begitu Anda dapat belajar tentang soal tes psikologis ini. Jika Anda dapat mempelajarinya dengan benar, Anda dapat dengan mudah mengisinya.

HRD juga dapat melihat apakah kepribadian Anda sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda tuju.

1. Psikotes Kemampuan Verbal

7 Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Tes ini meliputi antonim, sinonim, analogi dan konteks makna, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam menghadapi suatu situasi dan sebagai dasar untuk menilai kemampuan Anda dalam menebak dan memahami sebab dan akibat suatu masalah.

Cara Mengerjakan Psikotes psikotes kemampuan verbal anda hanya perlu menyesuaikan, mencari atau melengkapi kata yang ada pada soal

2. Tes Wartegg

Ditemukan oleh Ehrig Wartegg (psikiater Jerman) bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang seperti kemampuan pemecahan masalah, keuletan, tekad, kemampuan beradaptasi dan lain-lain.

Anda akan mendapatkan kertas dengan 8 kotak dengan skema yang berbeda, dimulai dengan garis lengkung dan diakhiri dengan satu titik.

Cara Mengerjakan Psikotes Wartegg yaitu gambarlah kelanjutan dari bidang yang ada sesuai imajinasi dan kreasi Anda.

Baca juga: 17 Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

3. Psikotes Logika Aritmatika

7 Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Pada umumnya terdapat sekumpulan angka yang alurnya perlu Anda pahami, yang dapat berupa pengelompokan lompat atau urut.

Cara Mengerjakan Psikotes logika aritmatika yaitu, anda dapat memecahkan masalah ini dengan membagi, mengalikan, mengurangi, menambahkan, pecahan atau persentase.

Baca juga: 1000+ Contoh Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan

4. Logika Deret Gambar

Yang membedakan tes ini dengan tes logika aritmatika adalah penggunaan media visual dengan 3 atau 2 dimensi.

Cara Mengerjakan Psikotes ini adalah fokus penuh dan benar-benar melihat alurnya. Ingatlah untuk tidak melewatkan detail terkecil sekalipun, seperti: penempatan titik dan rotasi warna.

5. Tes Koran

Anda harus menjumlahkan deretan beberapa angka yang dimulai dengan 0-9 yang disusun secara vertikal.

Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena beberapa angka yang dijumlahkan sangat mirip dengan halaman koran yang bisa dijajarkan dengan angka.

Cara Mengerjakan Psikotes adalah melakukannya dengan kecepatan Anda sendiri, tidak membiarkan siapa pun memengaruhi Anda, tidak khawatir terlalu cepat atau terlalu lambat, dan yang terpenting, pastikan kecepatan Anda stabil.

6. Psikotes Gambar Orang atau Gambar Pohon

7 Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Dalam tes gambar pohon, umumnya Anda diinstruksikan untuk menggambar di kertas ukuran A4, kecuali pohon kelapa atau tanaman kecil. Gambar pohon didefinisikan sebagai pohon yang memiliki cabang.

Untuk Cara Mengerjakan Psikotes gambar manusia, gambarlah manusia yang proporsional mungkin, dengan anggota tubuh yang penuh dan bentuk wajah yang seimbang.

Skor tes ini bukan berdasarkan keindahannya, tetapi tes ini akan melihat karakter dan kepribadian Anda.

Baca juga: 10+ Jawaban Psikotes Gambar Orang, Pohon dan Rumah

7. Tes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Dapat dikatakan bahwa soal psikotes EPPS merupakan soal yang paling sederhana, namun jangan menjawabnya begitu saja.

Cara Mengerjakan Psikotes EPPS yaitu coba untuk menjawab semua pertanyaan, meskipun tidak sesuai dengan kepribadian Anda.

Karena beberapa pertanyaan diulang, mudah untuk mengetahui apakah Anda jujur ​​dalam menjawabnya atau tidak.

Tujuan dari fase ini adalah untuk mengetahui tentang kepribadian dan kesesuaian kandidat untuk pekerjaan tersebut.

Persiapan untuk Mengerjakan Psikotes

7 Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Setelah mengetahui Cara Mengerjakan Psikotes, alangkah baiknya anda juga mempersiapkan segala hal agar psikotes kerja anda berjalan dengan lancar.

1. Banyak Berlatih Soal Soal Terkait Psikotes

Agar anda bisa lancar dalam mengerjakan pertanyaan psikotes, maka anda harus sering sering untuk melatih diri menjawab soal tersebut.

Pada dasarnya tes psikotes ini memiliki bentuk pertanyaan yang hampir sama dan mirip mirip. Hanya saja akan dibedakan dalam bentuk dan cara penyelesaiannya. Melakukan banyak latihan akan memudahkan anda untuk memahami bagaimana tipe soal yang ada di dalam psikotes.

Dengan berlatih secara sering, maka otak akan mulai terbiasa dengan soal soal tersebut. Anda pun tidak akan merasa kesulitan saat menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut.

Meskipun pada dasarnya inti semua pertanyaan psikotes sama saja, namun dengan memperbanyak latihan akan memudahkan anda untuk menjawabnya saat akan melamar kerja.

Persiapan diri untuk mempelajari beragam soal latihan psikotes adalah bagian dari kesiapan anda untuk bersaing dengan pencari kerja.

2. Mencari Contoh Soal di Buku atau Internet

Soal soal psikotes sendiri selalu update dan diperbarui setiap tahunnya. Agar anda tidak ketinggalan update soal tersebut, maka ada baiknya untuk mencari tahu soal sebanyak banyaknya baik di buku atau di internet.

Biasanya soal soal di buku akan memberikan anda arahan contoh contoh soal tahun lalu. Selain itu aka nada juga pembahasan di masing masing soal tersebut.

Persiapan cara Mengerjakan Psikotes dengan lancar yaitu belilah buku psikotes yang update sehingga anda akan mengetahui perbedaan soal setiap tahunnya. Jika perlu anda juga bisa mengikuti kursus untuk tes tersebut, sehingga anda akan mendapatkan banyak trik untuk menjawab soal soal latihan psikotes.

Selain buku dan kursus anda juga bisa mencari refrensi secara online dan mengikuti beberapa laman yang akan memberikan soal latihan psikotes terbaru dan terupdate.

3. Melatih Kecepatan dan Konsentrasi

7 Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik

Kunci keberhasilan untuk bisa menjawab semua soal latihan psikotes adalah konsentrasi. Jika anda memiliki konsentrasi yang lebih maka akan membuat anda cepat untuk berfikir.

Selain itu jawaban yang anda pilih juga akan tepat dan sesuai. Namun jika anda tidak berkonsentrasi penuh maka anda akan kesulitan untuk menjawab soal soal tersebut.

Berusahalah untuk melatih fokus dan menjawab soal psikotes sehingga dapat mengetahui maksud dari soal tersebut, sesuai dengan Cara Mengerjakan Psikotes yang sudah dijelaskan diatas.

4. Pahami Trik Mengerjakan Psikotes

Tes psikotes terdiri dari banyak sekali soal soal yang gampang gampang susah. Kendati demikian bukan berarti anda menyerah untuk menjawab semua soal soal yang ada di dalamnya.

Anda harus mengetahui beberapa trik untuk menjawab masing masing soal tersebut. Untuk trik logika aritmatika maka anda harus melihat sederet angka yang ada dan mengidentifikasi pola urutan tersebut.

Sedangkan untuk soal logika penalaran anda harus memahami pola pola atau kecenderungan soal. Kemudian buatlah prediksi jawaban dari soal tersebut, yang paling penting anda harus melakukannya secara hati hati dan teliti.

Untuk soal verbal maka anda bisa mengatasinya dengan menghafalkan soal dan jawaban. Atau anda juga bisa melakukan cek kembali hubungan soal dan jawaban yang ada.

Untuk soal soal tes kraeplien atau Paull maka anda bisa menghindari mekanik yang akan memperlama proses pengerjaan soal. Jangan lakukan kecurangan saat mengerjakan soal dan tetap atur konsentrasi anda agar tidak terganggu.

Dengan mengetahui Cara Mengerjakan Psikotes dan trik masing masing soal maka anda akan dengan mudah menjawab soal soal tersebut. Menemukan jawaban soal psikotes memang gampang gampang susah namun anda harus menjaga konsentrasi agar mendapatkan jawaban yang sesuai.

5. Percaya Diri dan Optimis

Setelah anda sudah melakukan banyak sekali latihan untuk menjawab soal soal latihan psikotes, maka anda harus lebih percaya diri saat mulai berhadapan dengan soalnya langsung.

Menanamkan rasa percaya diri di dalam diri memang sangat penting agar anda tidak down dan yakin dengan jawaban yang anda pilih.

Apabila anda sudah memiliki rasa percaya diri dalam mengerjakan soal soal tersebut maka anda juga akan memiliki rasa optimis dalam diri anda.

Ketika anda sudah merasa siap, otomatis rasa percaya diri anda pun akan meningkat dan memudahkan anda untuk mengerjakan berbagai soal tes.

Namun sebaliknya jika anda merasa pesimis, maka anda akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan berbagai tes tersebut. Selalu usahakan jika tubuh berada dalam posisi yang rileks dan tenang, sehingga otak anda akan bekerja dengan maksimal.

6. Berdoa Saat Mengerjakan Soal

Langkah yang terakhir untuk bisa mengerjakan soal psikotes adalah dengan berdoa. Usaha yang sudah dikerahkan tidak akan pernah berhasil tanpa adanya doa yang berasal dari lubuk hati.

Oleh karenanya sebelum memasuki ruangan usahakan untuk berdoa terlebih dahulu. Manusia hanya bisa berusaha, namun Tuhan yang menentukan semuanya. Berdoa juga akan memudahkan anda untuk menghadapi semua masalah dan urusan yang dihadapi.

Sangat penting juga untuk meminta doa dari kedua orang tua yang sudah membesarkan kita dengan jerih payah yang tak pernah pupus.

Anda bisa meminta untuk didoakan oleh orang tua anda di rumah sehingga akan memudahkan anda untuk menjawab tes psikotes. Dengan berdoa maka segala keluh kesah dan beban akan menghilang dan anda bisa mengerjakan dengan konsentrasi yang penuh.

7. Jika Gagal, Maka Perhatikan Hal Ini

Jika anda ternyata tidak lolos saat mengerjakan soal soal tersebut, maka anda harus melakukan evaluasi bagaimana Cara Mengerjakan Psikotes yang anda lakukan. Seringnya banyak sekali pelamar yang tidak melakukan evaluasi paska mengerjakan tes tersebut.

Padahal evaluasi sangat penting agar anda tahu letak kesalahan dan tidak akan mengulanginya di tes perusahaan lainnya. Kegagalan tes psikotes bisa terjadi kondisi fisik yang kurang sehat

Tidak sehatnya kondisi tubuh sangat mempengaruhi anda untuk menjawab soal soal psikotes. Untuk itu pastikan jika tubuh anda benar benar fit saat akan menghadapi tes masuk perusahaan.

Selain karena kondisi fisik, penyebab gagal seseorang karena sedang mengalami masalah pribadi. Kegagalan ini juga bisa terjadi karena kemampuan anda yang belum cocok untuk kriteria yang dicari.

Meskipun tes psikotes gampang gampang susah, namun ada baiknya untuk tidak menyepelekannya. Hal ini akan membuat anda santai dan terlena untuk tidak berlatih.

Tentunya anda tidak ingin gagal saat melamar pekerjaan bukan? Untuk itu anda harus mulai rajin untuk mencari refrensi soal soal terkait psikotes agar bisa lolos dan diterima kerja. Jika anda gagal, jangan berkecil hati dan belajarlah lebih rajin agar bisa lolos seleksi kerja.

Cara Lulus Psikotes

Bagaimana Cara Lulus Psikotes Seleksi Kerja? Tes psikotes adalah salah satu tahap seleksi yang kerap diberikan untuk seleksi kerja. Banyak orang yang merasa perlu untuk mencari cara agar lolos dari tes psikotes yang diberikan.

Tes seleksi ini bisa dikatakan gampang – gampang susah, karena faktanya banyak orang yang tidak lolos dalam tahap ini. Namun anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan mengulas cara mengerjakan psikotes untuk membantu menghadapi tes seleksi kerja dan lolos dengan mudah.

1. Optimis dan percaya diri

Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja

Cara Lulus Psikotes pertama yang harus anda perhatikan yaitu memiliki sikap optimis dan percaya diri. Untuk dapat melalui psikotes, anda perlu kesiapan fisik dan mental yang kuat agar yakin dengan semua pilihan jawaban.

Kepercayaan diri yang tinggi akan memberikan sugesti yang positif kepada alam bawah sadar, sehingga Anda akan merasa lebih optimis. Setelah selesai mengerjakan semua soal, anda harus yakin semua jawaban tersebut benar

Dengan perhitungan dan kesiapan yang matang, anda bisa mengumpulkan lembar kerja tes kepada penguji dengan perasaan penuh percaya diri. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu baik sebelum mengerjakan ataupun saat mengumpulkan.

Dengan ini, anda akan dimudahkan untuk mengerjakan soal. Namun jika anda tidak memiliki rasa percaya diri dan optimisme, maka Anda akan kerap merasa kesulitan.

2. Memperbanyak Berlatih Soal-Soal Psikotes

Cara Lulus Psikotes yang kedua adalah memperbanyak latihan soal psikotes hingga mengingat semua model – model soal. Dengan Cara mengerjakan psikotes ini, anda akan lebih mudah mengerjakan karena sudah mempelajari soal-soal yang memiliki kemiripan model.

Pada dasarnya banyak soal psikotes yang memiliki bentuk sama, hanya saja soal – soal ini cenderung dibedakan di pertanyaan serta penyelesaiannya.

Meskipun semua inti soal psikotes sama, tidak ada salahnya untuk memperbanyak latihan soal hingga anda menguasainya. Di era digital ini, anda bisa mendapatkan latihan soal psikotes dengan mudah.

Jika belum merasa puas, ada banyak sekali ragam dan macam buku psikotes yang dijual di toko buku. Cara ini juga akan membantu anda menyelesaikan contoh soal psikotes dengan model yang bervariasi.

3. Menguasai tes Logika Aritmatika

Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lolos Seleksi Kerja

Di soal psikotes pasti ada soal logika aritmatika. Tes ini membutuhkan logika yang kuat dan penalaran yang maksimal. anda hanya perlu memahami pola – pola soal dengan kecenderungan tertentu dalam wujud deretan angka.

Untuk mengerjakan tes semacam ini, usahakan jangan terpaku pada pilihan pertama dan kedua. Pastikan melihat secara keseluruhan, karena pola bisa berupa urutan, lompatan, hingga pengelompokan.

Anda perlu mengingat keterbatasan waktu yang diberikan. Jangan terpaku dengan satu soal yang membuat anda merasa kesulitan.

Cara Lulus Psikotes ini adalah mengerjakan yang paling mudah terlebih dahulu agar waktu yang tersisa lebih banyak. Anda bisa melatih kemampuan melalui buku-buku tes SPMB dengan materi deret aritmatika, khususnya yang membahas deret ukur dengan deret hitung

4. Tes Logika Penalaran

Namanya saja tes logika penalaran, tentunya anda membutuhkan logika dan penalaran yang kuat untuk menyelesaikannya. Tes ini hampir sama dengan ujian aritmatika.

Anda bisa pahami pola tertentu dengan cara melakukan prediksi terhadap pola tersebut. Anda harus lebih berkonsentrasi, berhati-hati, dan ekstra teliti. Jangan tertipu pada satu jawaban yang menurut anda benar sebelum membaca semua pilihan jawaban.

Bentuk dari soalan ini kerap menjebak karena semua pilihan jawaban hampir serupa. Cara mengerjakan soal ini adalah, anda harus putuskan pilihan jawaban yang terbenar dari semua jawaban.

Jika sulit, kerjakan yang termudah terlebih dahulu agar tidak menyita waktu tes. Setelah semua soalan ini terjawab, anda bisa mengevaluasi seluruh jawaban. Bisa jadi, anda memilih jawaban yang tidak tepat.

5. Mengetahui kunci memecahkan soal Analog Verbal Test

Cara mengerjakan psikotes untuk soalan jenis ini adalah mengasah kemampuan berpikir logis. Tes ini berisikan tentang antonim, sinonim, dan analog dari suatu kata yang dipertanyakan.

Kemampuan logika yang kuat dibutuhkan untuk memilih jawaban yang paling benar. Jika anda memiliki masalah terhadap logika dan konsentrasi, anda bisa mempelajarinya melalui aplikasi antonim dan sinonim kata secara daring.

Salah satu contoh pertanyaan yang keluar adalah “wanita : kebaya” atau “pria:…” untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus memahami kart pertama terlebih dahulu. Kebaya merupakan sebuah baju.

Jadi untuk jawabannya adalah baju. Sesuaikan saja kalimat pertama dengan kedua. Beberapa soal relatif sama dan berulang, jadi tips yang perlu Anda tahu adalah memahami pola model soal tersebut.

6. Menguasai Soal Army Alpha Intelegence

Soal ini umumnya memiliki 12 soal yang terdiri dari kombinasi deretan angka dan bentuk. Masing-masing soal lanjutannya berkaitan satu sama lain.

Soal ini di berikan untuk mengetahui sejauh mana daya tangkap anda dalam menerima instruksi dengan cepat dan tepat. Anda hanya perlu berkonsentrasi mengenai apa yang dipertanyakan narator karena mereka tidak akan mengulanginya.

Cara mengerjakan psikotes ini adalah jangan terlalu cepat menjawab, pikirkan terlebih dahulu jawaban yang paling cepat. Karena kecepatan juga tidak menentukan ketepatan jawaban.

Belajarlah mengingat hal – hal sepele agar nanti ketika narator bertanya, anda bisa mengingat jawaban sesuai dengan pengalaman. Bersikaplah tenang agar semua berhasil terjawab dengan cepat dan tepat.

7. EPPS (Question Of Edwards Personal Preference Schedule)

Tes ini berisi beberapa soal yang mencerminkan dan cocok dengan kepribadian yang Anda miliki. Terlihat sepele bukan? Namun anda tidak bisa sembarangan mengisi soal ini.

Tujuan dari diberikannya soal ini adalah untuk mengetahui kepribadian Anda, khususnya kebutuhan, motivasi, dan motif seseorang. Jangan mengisi soal ini dengan tidak sesuaian diri. Jika anda berbohong, akan terlihat oleh narator.

Soal ini sering diremehkan dan digampangkan oleh peserta tes. Namun, sebenarnya jawaban yang diberikan cukup menjebak. Mayoritas soal yang diberikan terbilang cukup sulit.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa soal pertanyaan yang bisa anda nalar dengan mudah. Jawablah semua soal yang paling sesuai dengan pribadi anda sehingga para penguji menilai anda sebagai orang berkompeten.

8. Pauli/ Kraeplien

Cara Lulus Psikotes yang terakhir adalah untuk ujian pauli, soal ini berisikan beberapa gugus angka yang tersusun rapi secara membujur. Yang perlukan anda adalah menjumlahkan kedua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu.

Melalui tes ini, anda akan diukur sejauh mana ketahanan, konsistensi, serta kemampuan penyesuaian diri yang cepat. Untuk menyelesaikannya, usahakan menjumlahkan masing-masing angka dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Kesimpulan

Lolos dalam tahap seleksi psikotes merupakan impian seseorang. Setelah lolos tahap ini, anda bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Untuk menyelesaikannya pun sebenarnya tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu berlatih mengerjakan berbagai tes psikotes. Tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam tes, agar Anda lebih siap dan mengerti pola. Setelah mengerti pola soal, anda akan dengan mudah mengerjakannya.

Sekian artikel berjudul 10+ Cara Mengerjakan Psikotes dengan Baik, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!