2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi? Langkah-Langkah membuat Mind Mapping cukup banyak dicari.

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Saat mendapatkan materi atau pengetahuan baru, kita lebih suka menuliskan beberapa hal penting di buku catatan.

Pada umumnya isi catatan adalah tentang poin-poin penting atau teori-teori yang menarik bagi kita, namun tahukah pembaca bahwa ada teknik menulis yang disebut mind mapping?

Teknik ini dapat memudahkan kita sebagai mahasiswa atau pelajar untuk menulis teori-teori tersebut.

Mengapa membuatnya mudah? Karena teknik mind mapping merupakan teknik penulisan yang menggunakan grafis.

Agar catatan terlihat lebih menarik, membawa kegembiraan dan sekaligus memudahkan pembaca untuk menulis teori-teori penting.

Banyak yang bertanya:

  • Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping?
  • Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi?

A. Pengertian Mind Mapping

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Sebelum masuk ke pembahasan Cara Membuat Mind Mapping, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian Mind Mapping.

Konsep mind mapping dikenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1970-an. Menurut Tony, teknik pencatatan dengan mind mapping merupakan mekanisme yang ampuh untuk menyimpan, mengambil, dan mengakses data.

Menurut Tony, konsep ini sudah ada di otak manusia dan kita perlu mengolah beberapa data ini.

Menurut beberapa ahli seperti DePorter dan Hernacki (1999), mind mapping merupakan teknik mencatat yang dapat memudahkan siswa karena siswa dapat menuliskan semua teori dalam satu halaman dan memberikan kesan yang mendalam karena dilengkapi dengan gambar visual dan alat grafis lainnya.

Dan beberapa ahli yang tidak disebutkan namanya menjelaskan bahwa mind mapping adalah suatu metode atau teknik untuk mengolah informasi secara keseluruhan melalui pemetaan yang bentuknya bercabang dan dituangkan dalam bentuk tulisan, bisa dalam bentuk kertas atau media digital.

Selengkapnya bisa melihat artikel Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Berikut pengertian mind mapping menurut beberapa ahli :

1. Svantesson (2004)

Svantesson (2004) juga memberikan pemikirannya tentang mind mapping, menurut Svantesson Mind Mapping atau dalam bahasa Indonesia disebutkan bahwa peta pikiran adalah suatu teknik atau meotde untuk membuat catatan yang dapat digunakan dalam kondisi dan situasi tertentu.

Keadaan atau kondisi tertentu yang didefinisikan oleh Svantesson adalah proses perencanaan, pemecahan masalah, meringkas, membuat ringkasan, brainstorming, rapat, diskusi atau wawancara.

2. Jensen dan Markowitz (2002)

Jensen dan Markowitz (2002) berpendapat jika mind mapping adalah langkah untuk memvisualisasikan gambar verbal dan visual atau gambar yang dianggap cocok untuk memperkuat informasi yang awalnya diterima.

3. Edward (2009)

Juga memberikan pemahaman tentang mind map. Mind mapping adalah metode yang efisien dan efektif untuk menyimpan dan mengambil data dan informasi untuk otak.

Mekanisme yang disebut oleh Edward adalah mekanisme alami yang ada di otak. Selain tokoh luar, ada juga tokoh Indonesia yang mempresentasikan gagasannya tentang cara memahami mind map.

4. Legowo (2009)

Jelaskan bahwa mind mapping merupakan langkah alternatif dari aktivitas berpikir penuh di otak berdasarkan penalaran linier.

Menurut legowo, mind mapping  adalah cara mudah untuk menyimpan informasi di otak atau mengambil informasi itu.

Dengan kata lain, mind mapping adalah cara termudah untuk mengingat dan menghafal setiap informasi.

Dari pemikiran para ahli tentang mind mapping dapat kita simpulkan bahwa pengertian mind mapping atau peta pikiran adalah suatu teknik atau metode mencatat yang menggunakan gambar visual dan alat bantu grafis untuk menggambarkan proses perencanaan, pemecahan masalah, peringkasan, penyusunan dan hal-hal lain untuk memudahkan pencatatan yang dituangkan baik dalam bentuk media kertas maupun media digital.

Mind map sendiri dapat membantu banyak pihak dalam menjalankan tugasnya.

Begitu pula untuk anak-anak, yang dapat membantu mereka memahami materi pelajaran, sering digunakan oleh guru dan pendidik, karena adanya mind mapping sebagai alat kegiatan belajar, yang dapat memfasilitasi penyampaian informasi yang diharapkan.

Setelah membaca pengertian Mind Mapping, apakah pembaca tertarik untuk mencatat dengan sistem ini?

Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa langkah yang perlu diketahui pembaca untuk membuat mind mapping.

B. Cara Membuat Mind Mapping dengan Mudah

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Seperti yang awalnya dijelaskan, Mind Mapping adalah metode pencatatan kreatif yang menggambarkan bagaimana otak bekerja secara alami.

Oleh karena itu, untuk mulai menggunakan metode ini, ada banyak hal yang bisa pembaca terapkan sebelum membuat mind mapping.

Cara Membuat Mind Mapping dengan Mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk memudahkan, tempatkan topik pembahasan di tengah. Menempatkan subjek atau topik di tengah akan memudahkan pembaca untuk membuat cabang lain.
  2. Setelah topik atau tema pembahasan ditentukan, pembaca dapat mencari hubungan di antara topik utama tersebut. Sehingga nanti akan ada tema turunan diikuti oleh garis dengan beberapa warna dan ikon khusus.
  3. Gunakan huruf besar dan kecil.
  4. Untuk membuatnya lebih menarik, pembaca dapat menggunakan simbol dan font yang berbeda.
  5. Sebelum membuat mind mapping, pembaca harus merencanakan untuk menempatkan topik, topik turunan, dan penjelasan pada diagram dan cabang di kertas lain, atau membuat konsep terlebih dahulu. Sehingga hasil mind map terlihat rapi dan menyenangkan.

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa hal penting tentang mind mapping, berikut adalah beberapa langkah untuk membuat mind mapping yang baik.

  1. Pembaca dapat mulai menulis mind mapping dari tengah kertas, desain mind mapping harus di atas kertas horizontal untuk memberikan ruang untuk menuliskan topik dan deskripsinya. Penempatan subjek di tengah dan bentuk kertas mendatar memberikan kesan bebas untuk berkreasi dalam otak.
  2. Dengan gambar, ilustrasi atau foto. Menggunakan ilustrasi atau gambar dapat membantu pembaca berimajinasi, ini dapat membantu skema untuk membuat pembaca lebih fokus, lebih mudah berkonsentrasi dan memaksimalkan kerja otak.
  3. Mengenakan berbagai warna. Menggunakan warna yang berbeda pada mind mapping dapat membuat visual mind mapping terlihat lebih menarik.
  4. Menyatukan setiap cabang teori pada tema atau topik utama. Menempatkan setiap topik dan deskripsi turunan berkaitan pada topik utama atau topik utama dapat membantu mind mapping Anda terlihat lebih optimal. Penggabungan masing-masing cabang tersebut juga dapat memudahkan pembaca untuk membaca teori pada setiap topik terkait.
  5. Membuat garis melengkung. Menurut beberapa ahli, penggunaan guratan lengkung pada mind map dapat membuat tampilan mind map menjadi lebih menarik, tentunya tahapan ini bersifat opsional. Jika pembaca menyukai garis lurus, maka buatlah garis lurus. Namun guratan melengkung dinilai lebih atraktif.
  6. Gunakan kata kunci. Menggunakan kata kunci tunggal di setiap sub-topik dapat memudahkan pembaca untuk memunculkan ide dan pemikiran baru dan menambahkan lebih banyak kekuatan dan elastisitas pada mind mapping.

C. Cara Membuat Mind Mapping dengan Xmind

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Salah satu software mind mapping gratis adalah xmind. Anda hanya perlu mengunduh perangkat lunak di: https://www.xmind.net/.

Selanjutnya instal di Windows/Mac. Menurut kami, versi gratisnya sudah cukup untuk membuat mind mapping sederhana.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak fitur, Anda dapat membeli fitur pro. Cara Membuat Mind Mapping dengan Xmind ini cukup sederhana.

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat mind mapping dengan xmind.

  1. Pastikan xmind terinstal di komputer/pc/netbook Anda.
  2. Buka program xmind
  3. Tentukan template mind mapping, sesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Pertama masuk topik utama (tema utama).
  5. Klik “Sub topic” untuk menambahkan topik turunan.
  6. Klik “relathionship” untuk membuat hubungan antar sub topic.
  7. Klik “summary” untuk mengumpulkan sub topic.
  8. Topik induk apa pun yang memiliki banyak subtopik dapat di  “minimaze” sehingga tidak memakan layar.
  9. Klik “share” untuk membagikan mind mapping di internet
  10. Klik “File > save” untuk menyimpan mind mapping.
  11. Klik “File > Import/Export” untuk dapat membuka Mind Mapping dari program lain dan sebaliknya.
Jika masih belum mengerti, kami menyediakan video Cara Membuat Mind Mapping dengan Xmind di akhir artikel.

D. Aplikasi Untuk Membuat Mind Mapping Gratis

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Konsep yang dilontarkan Tony Buzan ini dinilai cocok untuk mempermudah proses pencatatan.

Tony Buzan adalah seorang ahli psikologi dan tokoh yang menciptakan formula untuk mind mapping.

Untuk mempermudah proses pembuatan mind map, saat ini sudah banyak program dan software yang mendukung proses pembuatan mind map.

Bagi yang bertanya mengenai bagaimana cara membuat mind mapping di hp? dibawah ini ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan di smartphone anda.

Cara Membuat Mind Mapping yang mudah yaitu kita dapat menggunakan Aplikasi. Berikut aplikasi yang dapat digunakan pembaca untuk membuat mind map:

1. Draw.io

Aplikasi Draw.io sebagai aplikasi online yang dapat diakses secara gratis.

Dalam aplikasi ini, anda dapat membuat mind mapping dengan gratis, Cara Membuat Mind Mapping dimulai dari pemilihan bentuk, tautan, teks, gambar, garis, dan warna, hingga berbagai fitur lain yang ditawarkan.

Aplikasi ini juga dapat diunduh untuk Windows atau Android.

2. Coggle

Cara Membuat Mind Mapping selanjutnya dengan menggunakan aplikasi Coggle.

Program selanjutnya adalah aplikasi Coggle yang juga dapat diakses secara gratis.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk menambahkan gambar atau tautan file ke mind mapping yang dibuat oleh pembaca.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk berbagi mind mapping melalui Talkbox.

3. MindMup

Aplikasi ketiga memiliki toolbar yang dianggap mudah dan menawarkan Cara Membuat Mind Mapping sederhana dan mudah untuk membuat mind mapping.

Aplikasi ini dapat diakses secara bebas tanpa registrasi, oleh karena itu pengguna harus memberikan alamat email dan data akan otomatis terhapus setelah 6 bulan penggunaan.

4. Mindly

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang mutlak harus diunduh ke komputer pengguna (PC).

Aplikasi ini akan meminta Anda untuk menyimpan tema atau topik di tengah. Karena itu adalah salah satu Cara Membuat Mind Mapping yang paling utama.

Aplikasi Mindly menawarkan fungsi untuk menambahkan ikon dan teks dan dapat mengubah warna sesuai dengan preferensi pengguna.

Selain itu, Mindly menyediakan fitur otomatis untuk memperbesar tampilan setiap pengguna yang ingin menambahkan sub topik.

5. MindMeister

Aplikasi kelima adalah aplikasi yang dianggap oleh banyak orang sebagai aplikasi terlengkap. Sudah cukup banyak Cara Membuat Mind Mapping dengan MindMeister di Youtube.

Mindmeister menyediakan fitur untuk menambahkan anggota ke mind mapping, setiap anggota dapat menyampaikan ide atau komentar. Aplikasi ini juga gratis untuk digunakan.

6. SimpleMind

Aplikasi ini cocok untuk pengguna pemula karena tampilannya yang sederhana dan penggunaan software yang dapat dioperasikan oleh siapa saja dan sesuai dengan nama aplikasinya.

Cara Membuat Mind Mapping dengan simplemind bisa dibilang yang paling mudah.

Ada banyak opsi tata letak yang dapat digunakan pengguna. Aplikasi ini dapat diakses melalui PC atau ponsel Anda dan Anda dapat menambahkan audio dan video.

7. Novamind

Cara Membuat Mind Mapping ketujuh bisa dengan menggunakan aplikasi Novamind.

Aplikasi yang satu ini bisa diakses melalui Windows, Mac, iPad, Android, OS X atau Cloud via online.

Dapat diakses secara gratis juga, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat Anda ikuti dengan mudah karena terdapat beberapa langkah interaktif untuk mengetahui konsep dasar pembuatan mind mapping.

8. Lucidchart

Cara Membuat Mind Mapping kedelapan bisa dengan menggunakan Lucidchart.

Aplikasi rekomendasi kedelapan sebagai aplikasi untuk membuat mind mapping sederhana sehingga dapat digunakan oleh pengguna baru atau pemula.

Aplikasi ini menyediakan beberapa data yang dimiliki oleh Google Sheets.

9. Mindomo

Cara Membuat Mind Mapping kesembilan bisa menggunakan Mindomo.

Sayangnya, aplikasi yang satu ini tidak gratis. Jadi, jika anda ingin menikmati serangkaian fitur yang telah disiapkan, anda harus membayar terlebih dahulu, tetapi program ini dapat diakses melalui Windows, Mac hingga Linux.

Untuk terhubung secara gratis, pengguna hanya dapat membuat maksimal tiga mind mapping dengan fungsionalitas terbatas.

10. MindMapple

Cara Membuat Mind Mapping terakhir bisa dengan menggunakan aplikasi MindMapple. Aplikasi ini hanya tersedia di iOS dan gratis untuk diakses. Aplikasi ini menyediakan fitur theme atau template.

Selain fitur dalam program ini, pengguna dapat memasukkan gambar dan clipart melalui perpustakaan clip art yang disediakan.

Baca juga: 10+ Contoh Mind Mapping Simple tapi Menarik

E. Jenis-Jenis Mind Mapping

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Untuk melengkapi penjelasan Cara Membuat Mind Mapping, simak juga jenis-jenis mind mapping dibawah ini.

Peta pikiran atau mind map memiliki jenis yang berbeda-beda, sehingga sesuai dengan kebutuhan mencatat Anda, pembaca dapat membuat mind mapping sesuai dengan jenisnya.

Berikut adalah beberapa jenis mind mapping.

1. Mind Map Silabus

Mind map jenis ini biasa disebut dengan mind map makro. Sebagai semacam mind map yang membantu menggambarkan materi yang sedang dipelajari, dan biasanya dibuat dalam format besar dan ditempel di dinding.

2. Mind Map Bab

Jenis mind map ini, dibuat berdasarkan serangkaian bab dan diringkas oleh beberapa poin penting.

3. Mind Map Paragraf

Tipe mind map ini sebagai mind map yang dapat memberikan informasi lengkap apa adanya dalam bentuk rangkuman dan deskripsi. Oleh karena itu, tipe ini disebut mind map paragraf.

F. Manfaat Membuat Mind Mapping

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Setelah mengetahui Cara Membuat Mind Mapping dengan aplikasi anda mungkin perlu juga mengetahui manfaat dari membuat mind mapping.

Penulisan dengan teknik mind map dapat memberikan beberapa manfaat bagi pembaca, salah satunya yang sering penulis sebutkan adalah mempermudah dalam proses pencatatan.

Manfaat lain menggunakan teknik mind mapping untuk menulis materi dibahas di bawah ini.

1. Manfaat Mind Mapping Menurut Deporter dan Hernacki (2011)

Manfaat pertama diklaim oleh Deporter dan Hernacki (2011), mereka mengklaim bahwa menggunakan teknik mind mapping untuk mencatat dapat secara efektif menghasilkan ide, mempertajam keterampilan mencatat dan mengingat.

Selain itu, kedua peneliti ini melihat bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan daya otak untuk fokus, membuat ide-ide teoritis lebih jelas, terlihat secara visual, mampu memberikan informasi yang lebih runtut, menghubungkan banyak ide, mempermudah mengingat, meningkatkan daya ingat, meningkatkan keyakinan siswa pada kemampuan belajarnya.

2. Manfaat Mind Mapping Menurut Tony Buzan

Dan menurut Tony Buzan, pendiri teori mind mapping.

Teknik mencatat ini dapat memberikan manfaat, yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat penulis lebih kreatif,
  2. Untuk menghemat waktu,
  3. Dapat memecahkan masalah
  4. Dapat memusatkan perhatian
  5. Mengembangkan dan menjelaskan ide
  6. Meningkatkan daya ingat,
  7. Membuat belajar lebih cepat dan lebih efisien.

Dari kedua tokoh tersebut dapat disimpulkan bahwa mind mapping bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, membuat siswa lebih kreatif dalam proses pembuatan mind map, membantu pada konsentrasi yang lebih baik, dan mind map merupakan bentuk catatan yang informatif.

3. Manfaat Mind Mapping Secara Umum

Kelebihan mind map lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Tema utama tampil jelas karena ditempatkan di tengah.
  2. Informasi yang lebih terindetifikasi.
  3. Tautan antar informasi mudah dilihat.
  4. Lebih mudah dipahami dan diingat.
  5. Jika informasi baru tersedia, dapat ditambahkan tanpa merusak bentuk mind mapping.
  6. Keunikan mind mapping dapat mempermudah proses mengingat.
  7. Mempercepat proses pencatatan
  8. Meringkas informasi.

Mind map sendiri dapat membuka potensi dan kemampuan seseorang untuk mempelajari sesuatu dengan mengoptimalkan otak saat belajar.

G. Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi

Penjelasan kelebihan dan kekurangan mind mapping menjadi pelengkap artikel Cara Membuat Mind Mapping.

Setelah membaca manfaat menggunakan konsep mind mapping untuk mencatat, pembaca perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari konsep yang diperkenalkan oleh Tony Buzan ini.

1. Kelebihan Mind Mapping

Kelebihan mind mapping adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan untuk mengetahui tentang beberapa informasi
  2. Setiap mind mapping memiliki karakter unik tertentu.
  3. Lebih mudah dipahami karena seluruh deskripsi dapat dilihat.
  4. Dapat melihat informasi detail.
  5. Dapat meningkatkan daya imajinasi, fokus dan daya ingat.
  6. Dapat menambahkan informasi baru lebih mudah.
  7. Membangkitkan dan melatih kreasi Anda sendiri.
  8. Lebih efisien karena dapat mencatat dengan cepat.
  9. Memaksimalkan kerja otak kanan dan kiri. Karena selain itu, mencatat mind mapping merupakan proses kreatif dalam pengumpulan data.
  10. Pembelajaran dapat lebih efektif
  11. Mempermudah mengingat informasi.
  12. Dapat mengasah kemampuan berpikir analitis dan logika, karena ia menggunakan pengetahuan dan kreativitas setiap siswa ketika mencatat.

Keuntungan dalam pembuatan mind map, sangat cocok digunakan sebagai program pembelajaran siswa.

Selain memudahkan siswa untuk mengingat semua informasi yang diberikan, mengasah kreativitas dan pemikiran siswa, memungkinkan mereka untuk menajamkan pengetahuan siswa tentang sesuatu informasi.

2. Kelemahan Mind Mapping

Namun, ada juga kelemahan dalam konsep pencatatan yang diperkenalkan oleh Tony Buzan. Kelemahan dari konsep mind map ini adalah sebagai berikut:

  1. Beberapa ahli mengklaim bahwa menemukan kata kunci saat membuat mind mapping bisa memakan banyak waktu.
  2. Hanya satu pihak yang terlibat dalam pembuatan mind mapping untuk kegiatan belajar mengajar, yaitu siswa. Guru tidak dapat membantu atau terlibat dalam proses pemetaan pikiran hanya karena hanya memasukkan nilai-nilai atau kreativitas pencatat atau siswa.
  3. Beberapa informasi rinci tidak dapat dicantumkan karena mind mapping biasanya hanya berisi ringkasan atau kata kunci.
  4. Ada juga yang menyatakan bahwa ketika membuat mind mapping, siswa tidak dianggap sebagai belajar sepenuhnya. Karena terkadang siswa terlalu berkonsentrasi pada proses kreatif.

Berikut adalah video mengenai Cara Membuat Mind Mapping dengan Xmind.

Penutup

Nah, itulah penjelasan cara menggunakan mind mapping yang mudah, gratis, dan tidak ribet. Mulai dari pengertian, beberapa jenis, kelebihan, kelebihan dan kekurangannya.

Apa manfaat mind mapping? Karena karakternya visual, mind mapping membantu Anda menerima informasi baru seperti ide atau gagasan dengan lebih mudah dipahami.

Kapan mind mapping diperlukan? Mind mapping sangat dibutuhkan di dunia profesional saat melakukan presentasi atau brainstorming

Apa manfaat mind mapping dalam pembelajaran? Mind mapping berguna untuk menghafal dan mencatat.

Artikel ini akan dilengkapi lagi dengan:

  • cara membuat mind mapping di word
  • cara membuat mind map di canva
  • cara membuat mind mapping di ppt

Sekian artikel berjudul 2+ Cara Membuat Mind Mapping dengan Aplikasi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!