5+ Fungsi Database Server Secara Umum

Apa Fungsi Database Server Secara Umum? Database adalah kumpulan informasi yang disimpan secara struktural di komputer sehingga program komputer dapat dengan mudah mengakses data informasi.

5+ Fungsi Database Server Secara Umum

Perangkat lunak memanggil query database (DBMS). Penggunaan kata database kini tidak hanya berlangsung di dunia komputer, melainkan semakin merambah di luar sektor komputer.

Secara umum, konsep database terdiri dari beberapa kumpulan data, beberapa unit pengetahuan yang terstruktur dan teratur, berisi informasi atau disebut sebagai skema.

Sebuah skema memvisualisasikan objek yang diwakili oleh suatu database dan objek ini saling terkait.

Apa saja Fungsi Database Server? untuk menjawab pertanyaan tersebut pahami dahulu penjelasan database di artikel ini Database Adalah: Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contoh

Struktur Database

5+ Fungsi Database Server Secara Umum

Ada beberapa cara untuk mengatur skema atau yang disebut dengan model database. Biasanya dalam model peer-to-peer, menyajikan semua informasi dalam bentuk tabel, sama-sama terkait dengan setiap tabel, dibagi menjadi baris dan kolom.

Model peer-to-peer memungkinkan representasi tabel dengan value yang sama antar tabel. Dan model hierarkis dan model jaringan menggunakan langkah yang lebih terbuka untuk menunjukkan keterwakilan hubungan antar tabel.

Database memungkinkan data di server komputer secara terintegrasi dan beragam di antara pengguna komputer yang terhubung melalui Internet atau langsung ke server.

Sistem ini memfasilitasi komunikasi antara komputer yang terhubung ke Internet dan bisa mengakses server.

Baca juga: 10+ Contoh Database yang Sering Digunakan

Fungsi Database Server

5+ Fungsi Database Server Secara Umum

Dalam kehidupan sehari-hari, transfer uang melalui internet banking, membeli tiket pesawat, membayar biaya kuliah di universitas, pernahkah kita memikirkan di mana kita menyimpan data kita?

Database adalah fasilitas penyimpanan data kita di server komputer.

Fungsi database seperti perpustakaan yang menyimpan banyak buku dari kategori yang berbeda, Dimana sebuah buku yang disimpan dengan berbagai data mulai dari judul buku, nama penulis, sinopsis isi, penerbit, tahun terbit dan lain-lain.

Setelah hal-hal dalam database menyimpan informasi tentang suatu objek yang berisi bit data.

Jika informasi adalah profil pribadi, data berikut disimpan: nama, tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, usia, nomor KTP.

Dalam dunia komputasi, database sangat dibutuhkan sebagai suatu sistem yang mengolah dan menyimpan informasi secara terstruktur dan memiliki akurasi yang tinggi.

Beberapa perusahaan saat ini mengandalkan database sebagai tulang punggung bisnis mereka, seperti: Perusahaan perbankan, penyedia tiket online, sekolah dan lain-lain.

Hampir industri di seluruh dunia menggunakan teknologi database untuk mendukung program dan sistem bisnis mereka.

Fungsi database server adalah sebagai berikut:

1. Mengelompokan Data

Fungsi Database Server pertama yaitu mengelompokan data.

Dengan mengkategorikan data untuk memudahkan analisis data, database secara cepat dan akurat menyiapkan data menjadi informasi yang diinginkan pengguna.

Melalui software Database Management System (DBMS), pengguna/pegawai bank dapat mencari informasi profil nasabah dalam hitungan detik, DBMS menyediakan data lengkap pada profil yang diminta.

2. Menghindari Duplikasi Data

Fungsi Database Server kedua yaitu menghindari duplikasi data.

Untuk menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan data, program DBMS sebagai perangkat lunak yang menjalankan database komputer memiliki kemampuan untuk memberi tahu pengguna pada saat entri data jika data yang akan dimasukkan sudah ada dalam database.

Duplikasi data dalam database sangat dimungkinkan karena database dapat diakses dari banyak komputer di berbagai lokasi yang terhubung dengan sistem database.

3. Memudahkan Mengelola Data

Memudahkan mengelola data adalah Fungsi Database Server selanjutnya.

Mempermudah akses, penyimpanan data, ubah dan hapus data Pengguna/admin pemegang izin database dengan mudah mengoreksi data yang salah saat mengetik dengan data terbaru atau dengan cepat menghapus data yang salah/palsu, dan melakukan penghapusan data.

4. Menjaga Data agar Tidak Hilang atau Rusak

5+ Fungsi Database Server Secara Umum

Fungsi Database Server keempat yaitu menjaga data agar tidak hilang atau rusak.

Menjaga kualitas data dan informasi yang benar agar data tetap sama pada saat pemasukan dan setelah pemasukan data tidak rusak atau hilang selama disimpan dalam database.

Perangkat lunak data memainkan peran penting dalam melindungi data, terutama dari risiko kehilangan data selama penyimpanan.

5. Dapat Menyimpan Banyak Data

Fungsi Database Server kelima yaitu dapat menyimpan banyak data.

Memecahkan masalah penyimpanan data konservatif yang memakan ruang, database konservatif berbasis kertas benar-benar memakan ruang.

Pemilik data harus memiliki ruang yang cukup untuk tumpukan kertas dengan data, dengan teknologi database, data di atas kertas dapat ditransfer ke file digital dan disimpan di server database.

6. Mendukung Aplikasi Pihak Ketiga

Mendukung aplikasi pihak ketiga adalah Fungsi Database Server terakhir.

Memberikan dukungan untuk program yang membutuhkan ruang penyimpanan.

Sebagian besar program modern membutuhkan banyak ruang penyimpanan untuk memenuhi perannya secara optimal, di sini peran database sebagai penyedia ruang penyimpanan untuk menyimpan beberapa data program dan sistem komputer.

Baca juga: Normalisasi Database Adalah: Tujuan dan Cara Melakukannya

Kesimpulan

Teknologi database berkembang pesat untuk memperkuat perannya sebagai pendukung program dan sistem komputer perusahaan besar dan instansi pemerintah.

Saat ini telah diterapkan teknologi database mirroring, dimana data dalam database diduplikasi pada database server lain tanpa mempengaruhi kualitas data.

Tujuan dari duplikasi ini adalah untuk menyediakan data cadangan jika server database tertentu rusak.

Teknologi mirroring database biasanya digunakan pada situs web yang menawarkan layanan penyimpanan file di Internet, seperti: Google Drive, Dropbox, dan industri lain yang penting untuk melindungi pelanggan atau data pelanggan mereka.

Ini tentang memastikan dan menjamin data pelanggan jika terjadi kerusakan.

Database adalah aset khusus untuk perusahaan besar yang melayani anggota dalam skala besar (Facebook) dan mesin perayap seperti Google dan Yahoo.

Google memiliki streaming video dan layanan penyimpanan data, Google Drive, dan mesin perayap Google.

Ketiga layanan ini sangat membutuhkan kehandalan sebuah software database karena layanan ini dapat diakses dari mana saja di dunia dan database Google dapat diakses dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu, situs layanan Youtube tempat file video umumnya berukuran besar dibandingkan file teks dan gambar.

Database Management System (DBMS) yang Handal merupakan kebutuhan mutlak bagi beberapa website besar seperti Facebook, Youtube, Yahoo untuk mendukung program dan sistem yang berjalan di website masing-masing.

Sekian artikel berjudul 5+ Fungsi Database Server Secara Umum, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!