20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Bagaimana Cara Membuat Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya? Banyak yang mencari Copywriting Makanan. Bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner, mengetahui contoh copywriting makanan menjadi poin penting.

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Teknik “jualan” dengan copywriting ini terbukti efektif dalam menjaring konsumen.

Copywriting dapat diterapkan ke berbagai media pemasaran seperti: Pemasaran media sosial, pemasaran konten, membangun situs web perusahaan atau pemasaran email.

Membuat kalimat promosi makanan sedikit lebih rumit. Soalnya, Anda perlu menemukan kalimat yang menarik agar konsumen tetap tertarik untuk mencoba makanan yang Anda jual.

Bacalah contoh copywriting makanan berikut ini untuk membantu agar bisnis kuliner Anda semakin sukses. Mari membaca!

Bentuk visual seperti gambar dan foto memang menjadi magnet tersendiri bagi setiap orang.

Namun, konten iklan tidak hanya dilihat dalam bentuk visualnya saja. Menggunakan kalimat copywriting yang tepat membuat iklan tampak berbicara langsung kepada pembaca.

Demikian kata Digital Branding Institute, yang menganggap copy sebagai “Raja Konten”. Yang mengatakan, copywriting yang baik dapat membuat konten menjadi efektif.

A. Tips Membuat Copywriting Jualan Makanan

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Jika Anda masih tidak yakin bagaimana membentuk kalimat yang benar untuk menjual makanan, panduan berikut mungkin bisa membantu.

Ikuti langkah-langkah membuat kalimat copywriting untuk makanan berikut ini, ok!

1. Memakai Kalimat dan Kata Sederhana

Copywriting Makanan yang baik memakai kalimat dan kata sederhana.

Gunakan kalimat santai dan sederhana di kalimat pertama. Menulis copywriting untuk menjual bahan makanan dilakukan lebih efektif dengan pemasaran langsung.

Daripada menggunakan kiasan, perumpamaan, atau istilah yang jarang digunakan, lebih baik menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.

Hal ini semakin tepat untuk menjangkau pelanggan Anda. Sebagai contoh:

  • Lapar tapi malas? Pesan makanan melalui GoFood gratis ongkir 10 ribu!
  • Promo BKDeals gak bikin tanggal tua-mu tambah bokek!
  • Mau kenyang, hemat, atau mewah? Kenapa gak semuanya pakai Menu Bokek di Burger King!

2. Libatkan Target Audiens

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Tips membuat Copywriting Makanan adalah melibatkan target audiens.

Salah satu pedoman untuk copywriting penjualan adalah melibatkan audiens. Copywriting adalah tentang audiens.

Bahkan, produk makanan dalam beberapa kelompok mungkin ditujukan untuk semua orang pada umumnya. Namun, jika Anda memiliki target pasar yang lebih detail, Anda perlu memikirkannya.

Terlepas dari jenis makanan yang Anda jual, Anda perlu tahu untuk siapa produk itu. Ini akan membantu Anda membuat kalimat yang lebih bertarget. Beberapa misalnya:

  • Yuk Bunda, berikan yang terbaik bagi Si Kecil dengan bubur organik rasa pisang dari Milna.
  • Hanya hari ini! Diskon khusus pelajar dan mahasiswa. Tunjukkan kartu pelajarmu, makan minum di Yummie cuma bayar 20rb.

Baca juga: 35+ Contoh Copywriting Skincare untuk Landing Page

3. Gunakan Sensory Words

Menggunakan Sensory Words juga termasuk dalam tips Copywriting Makanan.

Sensory words adalah kalimat yang secara sensual menggambarkan apa yang dapat dilihat, dicium, dirasakan, atau didengar.

Apalagi dengan makanan, penggunaan kata-kata sensoris seperti ini bisa berdampak besar bagi pembaca. Kata-kata sensoris atau kata sifat perseptual memiliki hubungan dengan panca indera.

Misalnya indra penglihatan, Anda bisa menggambarkan seperti apa makanan itu, bagaimana tampilannya, cara kerjanya dan cara penyajiannya.

Menjual makanan berarti menjual rasa. Jelaskan dalam kalimat bagaimana rasa makanannya, konsistensinya seperti apa, agar cara penyajiannya merangsang nafsu makan. Beberapa misalnya:

  • Coba kenikmatan “Tropical Delight Beef Burger” dengan Tumeric Yellow Bun yang cerah, saus pedas manis Habanero, potongan Beef Rasher yang renyah, irisan Nanas yang segar, ditambah lelehan keju Mozzarella dan pastinya Daging Panggang Australia asli yang super juicy gak ada duanya!
  • Balutan Crispy Chocolate dan lelehan Belgian Sauce dari Pie Double Choco bikin kamu klepek-klepek!
  • Rasanya ga kemanisan, aroma cokelatnya sampai ke hidung, dan krimnya meleleh di mulut!

4. Memberikan Solusi

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Tips Copywriting Makanan selanjutnya yaitu memberikan solusi.

Salah satu tips saat menulis copywriting adalah menunjukkan kepada audiens bahwa Anda tahu apa yang mereka pikirkan, butuhkan, atau rasakan.

Kemudian pasarkan produk Anda sebagai jalan keluar.

Saat membangun kalimat, ingatlah untuk menggunakan kalimat solusi. Konon, kalimat tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Cari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan terlebih dahulu sehingga Anda dapat menawarkan solusi yang akurat. Beberapa misalnya:

  • Bokek di tanggal tua? Mau makan enak? Kedai Hepi ada diskon besar-besaran setiap tanggal tua!
  • Kerjaan Numpuk? Coba istirahat dulu, deh. Nih, ada martabak spesial buat kamu.
  • Catering sehat DailyEats solusi makan sehat dan enak untuk kamu yang super sibuk.
  • Gado-gado Bu Rani, cara enak dan sehat makan sayur.

Baca juga: 15+ Contoh Landing Page Keren untuk Berbagai Produk

5. Sertakan Promosi/Penawaran

Promosi atau diskon merupakan cara yang efisien untuk menarik pelanggan. Semua orang tentu tertarik dengan penawaran yang bisa lebih menguntungkan.

Mulai dari menjalankan promosi produk makanan, hal ini dapat meningkatkan pemasaran bisnis kuliner Anda.

Anda mungkin menerima beberapa tarif promosi setiap hari. Buatlah kalimat yang jelas untuk menawarkan promo yang sedang berlangsung.

Jelaskan seperti apa promosinya, pemberian nominal diskon, potongan harga, dan lain-lain.

Contoh yang bisa Anda ikuti:

  • Makan Hemat Berdua, Cuma Rp30.000-an!
  • Jumat Berkah! Diskon 10% untuk Pilihan Menu Burger
  • Beli 2 Gratis 1, Pilih Minuman Favorit Kamu

6. Akhiri dengan Kalimat persuasif/CTA yang sesuai

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Terakhir, tambahkan kalimat persuasif yang mengajak pembaca untuk memesan produk makanan Anda.

Teks apa pun yang Anda tulis, coba tambahkan kalimat ajakan. Kalimat yang Anda buat harus bertujuan untuk membuat pembaca bertindak, dalam hal ini memesan makanan yang Anda jual.

Beberapa misalnya:

  • Udah pada cobain MAKAN GRATIS di ShopeeFood belum? ⁣Kalau belum, cuss langsung klaim dan pakai vouchermu di Shopee sekarang!
  • Diskon Kilat Seharian! Puas Kulineran apa aja di GrabFood diskon s.d 60%. Yuk, cek di aplikasi GrabFood kamu.

B. Contoh Copywriting Makanan yang Menarik Konsumen

Adakah yang masih bingung dengan panduan dan contoh copywriting makanan di atas? Silakan, baca beberapa contoh di bawah ini untuk lebih banyak inspirasi!

1. GoFood Indonesia

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Contoh Copywriting Makanan dari Gofood Indonesia.

Copywriting di caption Instagram GofoodIndonesia memungkinkan Anda untuk menemukan inspirasi untuk membuat copywriting jualan makanan.

Anda dapat menggunakan beberapa hal yang sedang tren dan terkait di target audiens Anda dan kemudian menghubungkannya melalui produk makanan yang Anda jual.

Ini akan menarik perhatian pembaca yang melihat konten promosi Anda. Jangan lupa tambahkan CTA di akhir kalimat untuk mengajak konsumen melakukan pemesanan.

2. Lemonilo

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Lemonia memberikan salah satu contoh Copywriting Makanan yang bisa anda tiru.

Copywriting pada caption pada postingan Lemonilo di atas bisa dijadikan contoh promosi makanan.

Mereka tidak hanya memberikan informasi tentang kampanye yang dilakukan, tetapi juga menjelaskan keunggulan makanan yang dipasarkan dengan menceritakan secara singkat proses pembuatan produk.

Buat konsumen lebih percaya dan yakin dengan makanan yang Anda jual dengan menjelaskan keunggulan produk.

Hal ini dapat berkaitan dengan manfaat jika mengkonsumsinya, bahan dasar berkualitas tinggi, atau proses pembuatannya.

3. Burger King

20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya

Burger King membuat caption yang menjelaskan varian terbaru pada burger mereka, ini bisa menjadi contoh Copywriting Makanan.

Seperti yang ditunjukkan copy-nya, mereka menggunakan banyak kata sensorik untuk menggambarkan produk makanan terbaru.

Selain didukung dengan foto-foto berkualitas tinggi, penggunaan kalimat yang tepat dalam caption memvisualisasikan kepuasan yang dirasakan saat menyantap burger.

Baca juga: Landing Page Adalah: Jenis, Cara Membuat dan Contoh

4. Copywriting Makanan di Instagram

Contoh Copywriting Makanan Instagram.

Ramein aktivitas weekend kamyu dimasa PPKM ini dengan cemilan Sehat, Mengenyangkan dan Ramah dikantong, kuy buruan diorder!!
.
Available Go/Grab yakk silahkan KLIK tombol SHOP NOW untuk order yaakkk
.
😁 ditunggu ordernya…!
Ngidam makan yang pedes-pedes tapi bikin kenyang? Atau lagi cari makanan yang bikin hati plong?
[NAMA BRAND] siap melayani pesan antar!
Tinggal duduk nyaman di rumah, pilih menu, dan pesan! Mudah, kan?
Diem Di Rumah ?
Pengen Makan Di Restoran Bingung ?

Stok [NAMA BRAND] saja di rumah
Selain penyajian tidak ribet yang pastinya sangat instan
Makan makanan korea di rumah serasa makan di restoran

Bisa COD/Bayar di rumah
Yuk Langsung Klik selengkapnya

Saatnya meningkatkan imun kamu dengan makanan bergizi😋

Cobain deh, makanan bintang lima dengan harga kaki lima. Dijamin ketagihan! selama PPKM kita ada promo GRATIS ONGKIR loh. Gass! 25rb / porsi
Paket ber4 100rb
Paket ber6 145rb

Kesimpulan

Ini adalah contoh kalimat dan pedoman untuk menulis copywriting jualan makanan.

Anda dapat mencoba tip dan contoh di atas saat membuat copywriting yang menarik untuk bisnis makanan Anda.

Sekian artikel berjudul 20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.