8 Manfaat Landing Page Berdasarkan Jenisnya
Apa Manfaat Landing Page bagi Bisnis? Bagi Anda yang memiliki bisnis toko online sebaiknya menggunakan landing page untuk mendapatkan penghasilan yang besar.
Apa itu landing page? dan apa Manfaat Landing Page?
Landing page, atau biasa disebut halaman tujuan adalah halaman situs web khusus yang dirancang khusus untuk membuat kampanye atau mempromosikan bisnis.
Diadopsi oleh Unbounce, pengguna umumnya mengklik tautan di email atau iklan dari Google, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, tempat yang sama di situs web atau hasil pencarian web.
Setelah Anda mengklik tautan, halaman yang ada disebut landing page.
landing page memungkinkan bisnis untuk berbagi halaman dengan informasi terperinci dan lebih rinci tentang produk, layanan, penawaran dan lainnya kepada pelanggan.
Table of Contents
A. Bagian Utama Landing Page
Sebelum masuk lebih dalam mengenai manfaat landing page dalam aktivitas digital marketing, ada 4 bagian utama yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.
1. Produk
Produk di sini bisa fisik atau digital. Silakan samakan dengan usaha Anda masing-masing. Selama produknya halal, legal dan bermanfaat bagi sebagian orang, silakan.
2. Landing Page
Landing page seperti “buletin online” yang dapat menjelaskan produk Anda secara detail kepada calon pelanggan.
Landing Page profesional menggabungkan visual yang menarik dengan copywriting yang informatif.
3. Traffic
Traffic atau Lalu lintas adalah jumlah orang yang mengunjungi landing page Anda.
Biasanya, mereka berasal dari iklan berbayar seperti Facebook Ads dan Google Ads. Bisa juga karena direferensikan langsung oleh keluarga atau kerabat terdekat.
4. Leads
Leads atau prospek sebagai pelanggan potensial Anda. Karena itu orang bersedia menyediakan database. Baik itu email, WhatsApp atau nomor telepon.
Semakin banyak prospek yang Anda dapatkan, semakin banyak juga anda dalam penjualan.
Anda tentu bisa melihat dari 4 poin di atas bahwa landing page memegang peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan digital marketing Anda.
Mulai dari pendirian untuk menampilkan produk, mendapatkan lalu lintas atau kunjungan dan menghasilkan pelanggan potensial.
Lalu apakah hanya itu?
Tentu saja tidak!
Karena landing page memiliki banyak keunggulan lain yang bisa menunjang aktivitas digital marketing Anda.
Berikut beberapa manfaat landing page dalam kegiatan digital marketing untuk sebuah bisnis.
Penjelasan mengenai landing page bisa dilihat di Landing Page Adalah: Jenis, Cara Membuat dan Contoh
B. Manfaat Landing Page bagi Bisnis
Selain mengetahui apa itu landing page, Anda perlu mengetahui manfaatnya. Sederhananya, landing page memainkan peran penting dalam pemasaran bisnis.
Karena selain bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website, landing page juga bisa meningkatkan penjualan produk.
Berikut manfaat landing page untuk bisnis:
1. Menjadi Tempat Promo
Apa manfaat landing page? Manfaat pertama adalah menjadi fasilitas periklanan yang efektif untuk bisnis.
Hal ini karena Anda dapat mengetik informasi singkat dengan font yang cukup besar, sehingga pesan dapat dengan mudah diterima oleh audiens.
Dengan demikian, target audiens yang mengunjungi halaman tersebut difokuskan untuk mempromosikan bisnis Anda.
Anda juga dapat membuat promosi gratis melalui landing page ini karena halaman tersebut dimiliki seluruhnya oleh anda.
Jadi jangan khawatir tentang pesaing karena landing page hanya berisi promo bisnis Anda.
2. Mengumpulkan Data Konsumen
Manfaat Landing Page juga memudahkan pengumpulan data pelanggan. Misalnya dengan meminta audiens untuk memberikan nama atau alamat email agar dapat menerima penawaran yang menarik.
Tergantung dari jenis landing page yang digunakan, Anda juga bisa mendapatkan informasi pelanggan lainnya seperti: Usia dan Jenis Kelamin.
Nantinya, data pelanggan dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis. Dengan cara ini, data dapat diperiksa dan tindakan dapat diambil untuk kepentingan perusahaan.
Namun, pastikan Anda hanya meminta informasi yang Anda butuhkan.
Jangan meminta terlalu banyak informasi pribadi karena hal ini dapat menimbulkan kesan negatif pada calon pelanggan dan menghalangi mereka untuk mendarat di landing page.
Baca juga: 15+ Contoh Landing Page Keren untuk Berbagai Produk
3. Memperluas prospek bisnis
Manfaat Landing Page selanjutnya yaitu memperluas prospek bisnis.
Memaksimalkan penggunaan landing page dapat meningkatkan kesadaran merek, mendorong prospek dan pengunjung yang memenuhi syarat ke situs sekaligus meningkatkan SEO.
Hal ini juga didukung oleh studi MarketingSherpa, di mana sekitar 68% perusahaan business-to-business (B2B) menggunakan landing page untuk mempertahankan saluran prospek yang stabil untuk konversi di masa depan.
Sebuah survei HubSpot menyatakan bahwa sekitar 7.000 perusahaan memiliki 10 hingga 15 landing page yang dapat meningkatkan prospek mereka hingga 55%.
Dengan cara ini, landing page penting untuk menarik lebih banyak prospek dan meningkatkan peluang konversi bisnis.
Tentunya Anda perlu mengetahui cara membuat landing page yang efektif untuk bisnis Anda agar hasilnya bisa maksimal.
Anda juga dapat memanfaatkan keterampilan perancang situs web dan penyedia layanan pembuatan konten.
4. Meningkatkan Penjualan
Dengan landing page, Anda juga dapat meningkatkan penjualan Anda. Manfaat Landing Page ini dapat meningkatkan omset anda.
Hal ini juga didukung oleh penelitian dari Omniture yang menyatakan bahwa penggunaan landing page dapat meningkatkan konversi penjualan hingga 25%.
Soalnya landing page bisa mempermudah transaksi bisnis jual beli, sehingga lebih digandrungi dan nyaman oleh konsumen.
Kemudian konsumen dapat dengan cepat dan efisien mengakses produk atau jasa yang ingin mereka beli.
Baca juga: 35+ Contoh Copywriting Skincare untuk Landing Page
5. Mengumpulkan Daftar Email
Manfaat Landing Page kelima yaitu mengumpulkan daftar email. Seperti yang disebutkan sebelumnya, landing page dapat membantu bisnis mendapatkan data tentang pelanggannya.
Salah satu data yang sering diminta adalah alamat email. Anda juga dapat menggunakan landing page ini untuk mengumpulkan lebih banyak daftar email.
Kemudian data tersebut dapat digunakan untuk memaksimalkan pemasaran email untuk menciptakan hubungan yang lebih baik antara bisnis dan pelanggan.
Hal ini memudahkan untuk menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan melalui email.
Faktanya, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company, pemasaran email menjangkau pelanggan 40% lebih efisien daripada Twitter dan Facebook.
6. Membangun Kredibilitas dan Kesadaran Merk
Manfaat Landing Page keenam yaitu membangun kredibilitas dan kesadaran merk.
Dengan memberikan informasi tentang produk atau layanan dan perusahaan, dan menampilkan testimonial di landing page, dapat meningkatkan integritas dan kesadaran merek.
Oleh karena itu, konsumen yang membacanya juga semakin percaya dengan bisnis Anda dan mungkin akan semakin tertarik untuk membelinya.
Peningkatan pengunjung landing page akan membuat konsumen lebih mengenal bisnis Anda.
Baca juga: 20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya
7. Meminimalkan Konsumen Beralih ke Pesaing
Manfaat Landing Page ketujuh adalah meminimalkan konsumen beralih ke pesaing. Landing page sebagai halaman khusus yang dibuat oleh perusahaan untuk meminimalkan pesaing.
Dibandingkan dengan menggunakannya secara e-commerce atau yang lainnya, landing page juga dapat mencegah pelanggan Anda beralih ke pesaing.
Masalahnya, karena hanya berhubungan dengan orang dari segmentasi pasar Anda, informasi yang disiapkan lebih juga lebih individual.
Paling tidak, navigasi landing page dapat membuat audiens lebih fokus pada informasi produk dan layanan yang Anda pasarkan.
Konsumen juga lebih cenderung melakukan pembelian dengan landing page ini.
8. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Iklan Berbayar
Manfaat Landing Page terakhir yaitu meningkatkan efektivitas dan efisiensi iklan berbayar.
Anda bisa mendapatkan lalu lintas langsung ke landing page Anda dengan menggunakan iklan berbayar seperti Iklan Facebook atau Iklan Google.
Ketentuannya adalah Anda ingin membagi anggaran iklan Anda untuk “membeli lalu lintas”.
Landing page yang berkualitas dan profesional akan membantu Anda mengelola anggaran iklan Anda.
Trik-nya?
Ini:
Katakanlah Anda membuat landing page untuk menawarkan produk. Selanjutnya, beriklan melalui iklan Facebook dan manfaatkan fitur pixel Facebook.
Hasilnya, 1000 pengunjung datang ke landing page Anda.
Ternyata, dari 1000 pengunjung tersebut, hanya 3% yang akan menghubungi Anda, dan secara otomatis mereka akan menjadi lead untuk bisnis Anda. Dan 97% ternyata hilang begitu saja.
Kabar baiknya: Piksel Facebook yang Anda tempatkan di landing page menyimpan data dari 1000 pengunjung tersebut.
Maka yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan produk Anda ke 97% pengunjung sebelumnya.
Dengan cara ini, Anda mendistribusikan biaya iklan dengan cara yang lebih tepat sasaran, efisien, dan efektif.
Baca juga: 10+ Cara Membuat Landing Page Gratis dan Menarik
C. Jenis-Jenis Landing Page
Setelah mengetahui Manfaat Landing Page, ada baiknya anda mengetahui juga beberapa jenis dari landing page.
Landing page terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah:
1. Lead-generation Landing Page
Manfaat Landing Page untuk jenis landing page ini digunakan untuk mengumpulkan data dari pelanggan.
Umumnya berupa nama, alamat email atau terkadang nomor telepon pelanggan, yang dapat digunakan untuk menghubungi calon pelanggan.
Data yang diperoleh kemudian digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Hal ini memungkinkan pelaku bisnis untuk mengirimkan berbagai informasi seperti informasi, promosi, artikel atau konten lainnya kepada konsumen.
2. Click-through Page
Jenis landing page berikutnya adalah Click-through Page yang merupakan tombol yang dapat dipilih oleh konsumen.
Misalnya tombol dengan perintah “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Belanja Sekarang” dan lain-lain.
Jenis landing page ini biasanya digunakan oleh model pemasaran e-commerce atau B2C.
Oleh karena itu, halaman ini berisi informasi dengan tujuan memberi tahu pengunjung tentang penawaran dan mendorong mereka untuk mengklik lebih lanjut melalui tombol ajakan bertindak (CTA) hingga mereka mencapai produk atau layanan tertentu.
Click-through Page biasanya berisi gambar dan teks yang berfokus pada manfaat produk atau layanan.
Dengan tujuan memberikan kepercayaan kepada pengunjung untuk membeli sehingga mencapai halaman berikutnya (biasanya halaman penjualan).
3. Lead Capture Landing Page
Landing page ini biasanya meminta pengunjung untuk memasukkan alamat email mereka di formulir yang sudah disiapkan.
Informasi yang dimasukkan pada halaman ini harus menjelaskan dengan jelas apa yang dijual dan meyakinkan pengunjung untuk memasukkan informasi mereka secara detail.
Selain memberikan penawaran, situs ini berfungsi untuk mengumpulkan daftar email konsumen.
Oleh karena itu, jenis landing page ini sering menawarkan item promo gratis (seperti kode diskon, buletin, dll.) sebagai imbalan untuk menyelesaikan kontak.
Ini sering digunakan untuk mengidentifikasi pengunjung yang tertarik pada produk, dengan tujuan agar promo kontak di masa mendatang akan mengubah pengunjung situs menjadi penjualan.
4. Advetorial Landing Page
Landing page ini adalah halaman yang berbentuk iklan, tetapi memiliki tampilan publik yang objektif. Misalnya, artikel yang memberikan manfaat produk tertentu berdasarkan penelitian.
Hal ini membuat audiens lebih percaya diri, sehingga peluang membeli meningkat.
5. Product Detail Landing Page
Jenis landing page ini berisi deskripsi produk yang jelas. Mulai dari detail, jenis, harga dan informasi lainnya seputar produk.
Demikian informasi tentang apa itu landing page dan apa saja manfaat dan jenisnya. Semoga infonya bermanfaat, ya!
Sekian artikel berjudul 8 Manfaat Landing Page bagi Bisnis, semoga bermanfaat.