Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi

Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi | Sistem Manunggal Satu Atap atau biasa disingkat Samsat merupakan mekanisme kerjasama antara Dinas Pendapatan Provinsi, Polri dan PT Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan STNK dan penerbitan plat nomor kendaraan bermotor.

Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi

Tentang Administrasi SAMSAT

Samsat merupakan pelayanan terpadu dalam melakukan analisis dan pencatatan pembayaran pajak kendaraan bermotor, kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor dan pembayaran sumbangan wajib berupa dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan.

Dulu, sebelum ada kantor Samsat, warga harus melalui tiga tahap untuk dapat memperpanjang STNK.

Warga harus melalui tiga kantor, masuk ke kantor pajak untuk membayar pajak jalan, lalu ke Kantor Asuransi Jasa Raharja jika terjadi kecelakaan lalu lintas tunjangan akan dibayar dan akhirnya warga harus pergi ke kantor polisi lalu lintas untuk mendapatkan STNK karena 3 kantor belum terintegrasi sehingga prosesnya lama.

Karena hal tersebut Samsat hadir untuk memberikan pelayanan secara terpadu dan terkoordinasi yang akurat, cepat, terbuka, akuntabel, dan informatif.

Kantor Samsat umumnya berada di lingkungan Kantor Polisi di atau di dekat wilayah Satlantas/Ditlantas Polda.

Samsat berada di setiap provinsi dan memiliki unit layanan untuk setiap kantor kota/kabupaten dengan Samsat sebagai wadah bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia di wilayah tersebut pada bidang jalan raya.

Dirlantas Polda untuk mendaftarkan dan mengidentifikasi sepeda motor sebagai peran polisi untuk memberikan

  • Legalitas serta asal usul dan kelayakan,
  • Kepemilikan kendaraan dan operasionalisasi ranmor untuk memberikan fungsi forensik polisi,
  • Kontrol dan peran layanan kepada penduduk melalui pengumpulan data, pencatatan, penomoran, verifikasi dan penyediaan bukti registrasi, pengarsipan, pemberian informasi dan publikasi.

Inilah peran Polda Dirlantas yang menangani kendaraan.

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, itulah sebabnya Polda Ditlantas saat ini menawarkan beberapa alternatif bagi warga yang ingin melakukan proses pengesahan, pembuatan atau perpanjangan kelengkapan dokumen kendaraan bermotor.

Tentunya sangat bermanfaat bagi warga. Karena teknologi ini, pemerintah berharap tidak ada alasan untuk terlambat memperbarui SIM, STNK, dan lainnya karena pemerintah telah memfasilitasi prosesnya.

Baca juga: Cara Membuat Dan Perpanjang SKCK Untuk Daftar Gojek (Online dan Offline)

Tugas Administrasi SAMSAT

Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi

  1. Ditlantas Polda menawarkan berbagai layanan seperti pendaftaran Ranmor baru, pendaftaran perpanjangan Ranmor, pendaftaran prubahan identitas pemilik dan Ranmor, pemblokiran dokumen regident Ranmor yang berkaitan dengan tindak pidana, penggantian dokumen regiden Ranmor, dan penghapusan nomor registrasi Ranmor.
  2. Ada layanan Dispenda yaitu menerima dan mengelola pembayaran pajak kendaraan yang termasuk dalam Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Penerimaan dari penerimaan PKB paling sedikit 10%, yang mencakup pembagian pendapatan kabupaten atau kota, dan dialokasikan untuk pengembangan atau pemeliharaan moda dan fasilitas transportasi umum.
  3. Dan PT Jasa Raharja bekerja untuk menerima dan mengelola pembayaran sumbangan, wajib mendanai kecelakaan di jalan dan angkutan jalan, yang dibagi menjadi SWDKLLJ, yang disebut sumbangan tahunan dan harus dibayar oleh pemilik ranmor sebagai sarana untuk pertanggungan kecelakaan di jalan.

Cara Kerja Administrasi SAMSAT

Berikut beberapa cara kerja Administrasi Samsat yang tersedia saat ini.

Samsat utama/samsat Induk

Samsat utama/samsat Induk sebagai pelayanan pertama dilakukan melalui mekanisme tradisional, artinya warga harus datang ke samsat sendiri dan masuk ke loket yang sudah disiapkan.

Loket yang pertama ada dua loket pendaftaran dan loket verifikasi yang kedua ada loket pembayaran dan loket peyerahan.

Samsat Drive THRU

Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi

Samsat Drive THRU sebagai layanan pembayaran pajak, anda tidak perlu turun dari kendaraan, anda hanya perlu melakukan registrasi dan pada proses pembayaran kendaraan anda harus menyiapkan terlebih dahulu data pemilik kendaraan yaitu STNK, BPKB, dan KTP asli- Dokumen, tidak perlu fotokopi, lalu pindah ke loket 2 untuk pembayaran dan ambil dokumen baru.

Samsat Keliling

Samsat keliling adalah layanan Samsat yang bertemu langsung dengan warga atau biasa disebut dengan mekanisme jemput bola, biasanya menggunakan mobil Samsat, dan ditempatkan di tempat-tempat umum utama seperti pasar atau lembaga yang membutuhkan layanan pembayaran pajak.

Gerai Samsat

Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi

Gerai samsat adalah pusat pelayanan masyarakat yang berada di tempat pelayanan umum atau berada di tempat berkumpulnya komunitas atau karamaian seperti mall atau pusat perbelanjaan.

Samsat Kecamatan

Samsat Kecamatan sesuai dengan namanya Samsat yang berkembang dan eksis di kecamatan-kecamatan.

E-Samsat atau Samsat Online

E-Samsat atau Samsat Online sebagai sistem baru dimana warga tidak perlu datang atau datang langsung ke kantor layanan Samsat untuk membayar pajak tahunan, dan pembayaran dapat dilakukan melalui e-banking atau ATM khusus untuk pajak tahunan.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)

Fungsi Administrasi Samsat

Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi

Kantor bersama Samsat sebagai wadah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang membidangi lalu lintas diwakili oleh Dirlantas Polda, Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah yang melaksanakan pemungutan pajak provinsi diwakili oleh Dinas Pendapatan (Dispenda), dan Badan Usaha dalam melakukan Samsat (PT. Jasa Raharja).

Ketiga lembaga di atas selanjutnya disebut sebagai Tim Pembina Samsat yang memiliki peran pelayanan masing-masing, yaitu sebagai berikut:

Dirlantas Polda

Fungsi administrasi Samsat di Dirlantas Polda meliputi Regident Ranmor.

Registrasi dan Analisis Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor) adalah peran Polisi untuk memberikan asal dan kelayakan hukum, kepemilikan dan pengoperasian Ranmor, peran kontrol, forensik Polisi dan layanan kepada warga melalui klarifikasi, pengumpulan dan pencatatan data, penomoran, penerbitan dan penyediaan bukti register dan identifikasi ranmor, pengarsipan dan memberikan info.

Termasuk dalam daftar layanan dan identifikasi ranmor ini adalah:

  1. registrasi Ranmor baru
  2. registrasi perubahan identitas Ranmor dan pemilik
  3. registrasi perpanjangan Ranmor dan/atau
  4. registrasi pengesahan Ranmor
  5. pemblokiran dokumen Regident Ranmor yang terkait tindak pidana
  6. penggantian dokumen Regident Ranmor
  7. penghapusan nomor registrasi Ranmor

Layanan Dispenda

Fungsi administrasi Samsat di layanan dispenda yaitu menerima dan mengelola pembayaran pajak kendaraan bermotor yang meliputi:

  1. Pajak Kendaraan Bermotor
  2. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Hasil penerimaan PKB paling sedikit 10% (sepuluh persen), termasuk pembagian hasil ke kabupaten/kota, disalurkan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.

Jasa Raharja

Fungsi administrasi Samsat di Jasa Raharja yaitu menerima dan mengelola pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan yang terbagi atas:

  1. Sumbangan wajib berupa Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebagai bantuan tahunan yang harus dibayarkan oleh pemilik Ranmor sebagai dana pertanggungan atas kecelakaan lalu lintas
  2. Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) sebagai dana yang dihimpun dari iuran, kecuali yang besarnya ditetapkan oleh Menteri yang mempunyai urusan pemerintah di bidang keuangan untuk pembayaran ganti rugi akibat kecelakaan penumpang angkutan umum.

Penutup

Informasi di atas berkaitan dengan tugas administrasi samsat dan langkah kerja Samsat di Indonesia dan tentunya dibuat untuk memudahkan para pengguna kendaraan.

Layanan samsat untuk tertib dan bertanggung jawab atas pajak dan kelengkapannya sendiri, baik surat-surat seperti BPKB dan STNK serta SIM yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan.

Sekarang ada beberapa opsi dalam melakukan pembayaran, yang harus Anda lakukan adalah memutuskan sistem dan layanan mana yang akan digunakan.

Sekian artikel berjudul Administrasi Samsat: Tugas, Cara Kerja dan Fungsi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!