9 Cara Perkenalan Diri saat Interview dan Contohnya

Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Kerja? Cara perkenalan diri saat interview menjadi poin penting yang harus anda kuasai.

 perkenalan diri saat interview

Astaga, ada interview besok.

Tenang teman-teman, kamu tidak perlu khawatir. Terkadang cukup mengasyikkan ketika Anda harus masuk ke tahap interview, terutama ketika Anda diminta untuk memperkenalkan diri atau “Ceritakan sesuatu tentang diri Anda.”

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana menghadapi situasi ini, berikut adalah cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate atau berpengalaman.

1. Buat diri Anda Nyaman

Cara memperkenalkan diri saat interview pertama yaitu, sebelum interview, penting bagi Anda untuk membuat diri Anda nyaman.

Adalah normal untuk merasa gugup saat bertemu dengan seorang perekrut. Oleh karena itu, untuk memperkuat perasaan menyenangkan ini, cobalah untuk optimis pada diri sendiri karena interview ini akan berjalan lancar.

Selanjutnya, bangun rasa optimis jika Anda ahli dalam hal itu.

2. Siapkan Salam Singkat

 perkenalan diri saat interview

Menyiapkan salam singkat merupakan cara memperkenalkan diri saat interview kedua dari tahapan yang disediakan di artikel ini.

Jika Anda bertemu dengan beberapa perekrut untuk pertama kalinya, cobalah sapaan singkat untuk membuat kesan yang baik dan sopan. Sebagai contoh,

  • Halo… selamat pagi/siang/malam” dengan melakukan jabat tangan perekrut

Anda juga dapat merespons dengan kalimat ketika perekrut memperkenalkan diri

  • Saya Dinda, Senang bertemu dengan Anda
  • “Halo, Ibu Ani. Saya Dinda. Terima kasih atas kesempatan ini”

Baca juga: 15+ Cara Interview yang Baik agar Diterima Kerja

3. Perhatikan Sikap saat Bertemu dengan Perekrut

Cara memperkenalkan diri saat interview ketiga yaitu perhatikan sikap saat bertemu dengan perekrut.

Ketika Anda pertama kali memasuki tempat interview yang akan berlangsung, Anda mungkin perlu menghubungi resepsionis.

Perkenalkan diri Anda dengan nama lengkap, waktu interview, dan nama perekrut yang ingin mewawancarai Anda.

Kemudian Anda akan diinstruksikan untuk menemui pihak yang akan pewawancara Anda.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat bertemu perekrut.

  • Tersenyumlah dan berjabat tangan dengan perekrut Anda.
  • Perkenalkan diri Anda dengan menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan Anda dengan suara yang ceria.
  • Saat mereka memperkenalkan diri, tanggapi dengan “Senang bertemu dengan anda” lalu ulangi namanya. Anda cenderung mengingatnya lebih sering saat Anda mengulanginya saat pertama kali mendengarnya.

Jika Anda melakukan segalanya, Anda pasti dapat membuat kesan pertama yang baik.

4. Gunakan Bahasa Tubuh yang Baik dan Profesional

 cara memperkenalkan diri saat interview

Cara memperkenalkan diri saat interview ini adalah bagian yang tidak bisa Anda lupakan. Saat berhadapan dengan perekrut, cobalah menggunakan bahasa tubuh yang profesional, seperti

  • Berikan senyum ramah dengan kontak mata normal
  • Tunjukkan postur badan yang tegap
  • Gunakan nada suara normal (tidak terlalu tinggi atau rendah)

5. Pertama, Sebutkan Nama Lengkap dan Nama Panggilan

Umumnya, sebelum melanjutkan ke tahapan interview, Anda akan diminta untuk memasukkan nama Anda terlebih dahulu.

Cara memperkenalkan diri saat interview yang harus Anda lakukan adalah memberikan nama lengkap Anda, tempat tinggal dan posisi yang Anda lamar.

sebagai contoh,

  • “Halo, perkenalkan nama saya (nama lengkap) atau bisa juga dipanggil (nama panggilan). Saya tinggal/berdomisili di (nama kota) dan berniat melamar sebagai (posisi)”

Baca juga: 14 Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

6. Jelaskan dengan Jelas dan Singkat

 cara memperkenalkan diri saat interview

Tahapan cara memperkenalkan diri saat interview berikutnya yang mungkin membuat Anda bingung adalah ketika perekrut meminta Anda untuk menceritakan tentang diri Anda, atau ketika mereka mengatakan sesuatu seperti “ceritakan tentang diri Anda“.

Itu bisa membuat Anda gugup sebelumnya. Namun, jika Anda memahami keinginan tersebut, Anda bisa langsung mengatasinya.

Meski terasa sulit, coba katakan pada diri sendiri secara singkat. Jangan terjebak dalam hal-hal yang tidak penting yang membuatnya tampak berbelit-belit.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengukir beberapa poin khusus dari narasi yang ingin Anda jelaskan pada saat perkenalan diri.

7. Atur Awal Cerita yang Benar untuk Memperkenalkan Diri

Ketika seorang perekrut meminta Anda untuk menceritakan sebuah cerita tentang diri Anda, mereka tidak mengharapkan cerita tentang masa kecil Anda, makanan favorit Anda, atau apa pun.

Tujuan Anda saat menjawab adalah “Ceritakan tentang diri sendiri” untuk memberikan gambaran singkat tentang profesi dan pengalaman Anda.

Untuk memenuhi keinginan tersebut, Anda bisa memulainya dengan menentukan titik awal perjalanan profesional Anda.

Jika Anda adalah lulusan baru, Anda dapat memulai dengan menjelaskan status Anda sebagai lulusan baru, alasan Anda memilih jurusan, dan pandangan Anda tentang profesi dari jurusan Anda.

Contoh untuk lulusan baru,

  • “Saya baru saja lulus tahun ini dengan gelar di bidang administrasi bisnis. Alasan saya memilih jurusan ini karena saya menyukai proses memimpin sebuah tim untuk membuat perusahaan berjalan dengan baik. Juga, saya pikir memiliki pekerjaan di dunia bisnis saat ini benar-benar membuat saya kepercayaan diri.”

Contoh untuk berpengalaman,

Dan jika Anda pernah bekerja sebelumnya, coba jelaskan dari awal gelar dan posisi yang Anda pegang semula.

  • “Saya lulusan ilmu komputer. Pertama saya bekerja selama tiga tahun sebagai pengembang situs dan aplikasi di berbagai perusahaan. Kemudian….”

Baca juga: 4 Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Halus

8. Pusatkan Cerita pada Pengalaman dan Pencapaian Anda

 contoh perkenalan diri saat interview

Cara memperkenalkan diri saat interview selanjutnya, fokuskan cerita pada pengalaman, pencapaian, keuntungan, dan kekuatan yang Anda miliki.

Dengan menjelaskan hal ini, Anda dapat memberikan kepercayaan perekrut pada Anda.

Yang terpenting tentunya semua hal tersebut harus berkaitan dengan perusahaan dan status yang Anda lamar.

Bagi Anda yang merupakan lulusan baru, Anda dapat berbagi pengalaman organisasi, pendidikan, atau magang (penuh waktu/paruh waktu) yang Anda kerjakan selama kuliah.

Contoh lulusan baru,

  • “Selama kuliah, saya sangat aktif mengikuti beberapa organisasi, seperti menjadi anggota unit kegiatan mahasiswa. Saya juga bekerja paruh waktu sebagai penulis konten di salah satu agensi.”

Contoh berpengalaman,

Jika Anda bekerja pada awalnya, Anda juga dapat menambahkan aktivitas yang mendukung kekuatan Anda di tempat kerja.

  • “Selama empat tahun saya telah melakukan berbagai jenis tugas, mulai dari mengelola web hingga pengembangan program. Di perusahaan asal saya, saya berhasil menerima penghargaan atas keberhasilan program yang saya buat. Selain itu, beberapa tahun yang lalu saya baru saja menyelesaikan beberapa pelatihan dan kursus yang berkaitan dengan pengembangan program full stack.”

9. Terakhir, Berikan Alasan Anda Melamar Pekerjaan

Cara memperkenalkan diri saat interview selanjutnya adalah menyimpulkan cerita Anda dengan menjelaskan mengapa Anda melamar ke perusahaan mereka.

contohnya,

  • “Oleh karena itu, bekerja sebagai (posisi) di perusahaan ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk meningkatkan keterampilan dan memiliki pekerjaan yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: 10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Cara Perkenalan Diri saat Interview Bahasa Inggris

 contoh perkenalan diri saat interview

Perkenalan diri dalam bahasa inggris saat interview memang diperlukan bagi beberapa perusahaan bonafit.

Kesan pertama yang kita buat saat bertemu dengan orang-orang yang kita harapkan akan segera menjadi mitra kerja tentu sangat penting.

Bagaimana kita berperilaku selama interview akan memastikan bahwa kita akan atau tidak akan diterima pada posisi yang kita lamar.

Melewati tahap ini tidak selalu mudah, apalagi jika harus menggunakan bahasa asing.

Agar terlihat profesional, memiliki kemampuan berbicara yang baik dan tidak terkesan kaku, berikut adalah cara perkenalan diri saat interview dalam bahasa Inggris.

1. Saat bertemu resepsionis

Cara perkenalan diri saat interview saat pertama kali bertemu adalah resepsionis atau yang menerima tamu yang berada di depan kantor.

Perkenalkan diri Anda secara singkat dan katakan dari tujuan Anda datang ke kantor atau perusahaan.

Ingatlah untuk selalu bersikap sopan dan profesional karena seringkali manajer atau grup HRD akan meminta pendapat resepsionis tentang kesannya terhadap Anda.

Beberapa kalimat perkenalan bahasa inggris interview umum yang dapat digunakan adalah:

  • “Good morning, my name is Diana, and I am here for an interview at 09:00.” (“Selamat pagi, nama saya Diana. Saya disini untuk interview pukul 09:00.”)
  • “Hello. My name is Mudia, and I have an interview scheduled with Mrs. Amel at 09:00.” (“Halo. Nama saya Mudia, dan saya disini untuk interview dengan Ibu Amel yang jadwalnya pukul 09:00.”
  • “I’m Tiara, and I have an appointment with Mrs. Nurul Ann at 09:00.” (“Saya Tiara, dan saya ada janji dengan Ibu Nurul pukul 09:00.”

Baca juga: 10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap]

2. Ketika Anda Bertemu Pewawancara

 cara perkenalan diri saat interview

Ini adalah tahap Cara perkenalan diri saat interview yang paling penting. Seringkali membuat Anda gugup dan khawatir.

Bawalah tisu untuk memastikan tangan Anda kering saat berjabat tangan dengan pewawancara, yang mungkin adalah manajer atau seseorang dari HR.

Sebelum Anda duduk, perkenalkan diri Anda dan berjabat tangan. Singkat saja, tidak perlu memperumit hal-hal karena nantinya Anda akan memiliki kesempatan untuk menceritakan lebih banyak tentang diri Anda dalam berjalannya interview.

Berikut contoh perkenalan interview bahasa inggris yang umum digunakan:

  • “Hi, Mrs. Amel. I’m Diana. Thank you for inviting me to meet with you today.” (“Hi, Ibu Amel . Saya Diana. Terima kasih sudah mengundang saya untuk bertemu dengan Anda hari ini.”)
  • “Hello, Mrs. Amel. I’m Mudia. Thank you for this opportunity.” (“Halo, Ibu Amel. Saya Mudia. Terima kasih untuk kesempatan ini.”)
  • “I’m Tiara, it’s a pleasure to meet you.” (“Saya Tiara, senang bertemu dengan Anda.”)

Jangan lupa untuk tersenyum dan melakukan kontak mata.

Jauhi kesalahan umum yang dilakukan pelamar, seperti, Tidak memakai pakaian yang rapi.

Jika Anda cenderung mudah stres atau cemas, persiapkan diri Anda beberapa hari sebelum interview dengan berlatih menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin diajukan sambil tetap bersikap positif.

3. “Ceritakan tentang diri Anda.”

Ini adalah pertanyaan umum dan kemungkinan besar ditanyakan pada awal interview kerja.

Pertanyaan ini disebut pertanyaan terbuka atau pertanyaan dengan jawaban, yang bisa sangat luas.

Pertanyaan ini adalah pemecah kebekuan, atau langkah untuk “memanaskan” percakapan sehingga Anda merasa lebih nyaman saat mulai menjawab beberapa pertanyaan berikutnya.

Namun, banyak pelamar merasa pertanyaan ini sama menegangkannya dengan buah simalakama; dijawab sederhana – karena takut tidak diterima, dijawab secara rinci – karena takut dianggap terlalu banyak dan sama juga tidak diterima.

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang tidak suka dipermalukan atau pamer, maka pertanyaan seperti ini mungkin sulit untuk dijawab.

Tapi sebenarnya “Ceritakan tentang diri Anda.” adalah metode pihak perusahaan untuk melihat seperti apa kepribadian Anda.

Jadi optimisme adalah suatu keharusan tetapi tetap dalam batas yang wajar.

Baca juga: 17 Jawaban Fasilitas yang Diharapkan Saat Interview Kerja

Contoh Perkenalan Diri saat Interview

 cara perkenalan diri saat interview

Hal pertama yang diminta perekrut selama interview adalah perkenalan diri. Anda akan diminta untuk menyebutkannya sendiri sebelum mengajukan pertanyaan wawancara.

Perkenalan diri sendiri adalah langkah pertama bagi perekrut untuk mengenal Anda. Karena itu, Anda perlu membuat kesan pertama yang baik untuknya.

Contoh memperkenalkan diri saat interview sering kali dicari beberapa pelamar kerja. Berikut adalah beberapa contoh perkenalan diri saat interview yang dapat Anda lakukan dalam interview kerja.

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk Fresh Graduate

“Saya menyelesaikan Sarjana Ekonomi saya 1 bulan yang lalu. Saya memilih bidang studi tersebut karena saya selalu tertarik pada sektor ekonomi dan keuangan.

Banyak yang mengatakan kepada saya bahwa bidang ekonomi sedang menuju pilihan karir yang baik.”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk Manajer Customer Service

“Saya telah menghabiskan enam tahun terakhir mengasah keterampilan saya sebagai Manajer Layanan Pelanggan untuk sebuah perusahaan yang beroperasi di sektor teknologi.

Memimpin tim dan memecahkan masalah pelanggan adalah hal yang saya sukai dari pekerjaan ini.”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk Manajer HRD

“Saya adalah Manajer HRD yang inovatif dengan pengalaman delapan tahun mengelola semua aspek peran HRD mulai dari rekrutmen hingga pelatihan.

Pengalaman kerja terakhir saya adalah di perusahaan Fortune 500.”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk UX

“Saya seorang desainer grafis dengan 5+ tahun pengalaman membuat desain UX web yang unik dan meningkatkan waktu pengguna dengan brand.

Saya ingin meningkatkan keterampilan manajerial saya untuk tumbuh dan menginspirasi tim saya sendiri.”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk Pengembang Website

“Saya seorang pengembang situs web yang produktif. Di perusahaan rintisan saya, saya secara teratur melakukan pengembangan full stack untuk web dalam 7 atau 8 minggu. Saya mengurangi waktu loading website di perusahaan sebesar 30%.

Sementara saya menikmati status ini, perusahaan Anda dikenal dengan agenda kerjanya yang agresif. Saya merasa produktivitas saya benar-benar terlihat di sini.”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk Manajer Pemasaran

“Saya bekerja sebagai Manajer Pemasaran di Danone selama tiga tahun. Selama waktu itu, saya dan tim mendorong pertumbuhan pendapatan 40%.

Sebelumnya saya dapat meningkatkan penjualan sebesar 25% di Mayora. Saya siap menghadapi rintangan yang lebih besar dan akan berkembang pesat di perusahaan FMCG yang berkembang pesat”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk Marketing

“Saya telah bekerja sebagai sales profesional selama lima tahun. Saya masuk sebagai sales dan dalam tiga tahun saya dipromosikan menjadi manajer marketing.”

Contoh Perkenalan Diri saat Interview untuk IT

“Saya lulus Sarjana Teknik dari universitas negeri terbaik di Indonesia pada tahun 2018.

Pada awalnya saya bekerja untuk sebuah perusahaan IT terkenal selama studi saya. Saya telah bekerja di perusahaan selama hampir 3 tahun. Saya belajar tentang operasi IT dalam perjalanan dari lulusan baru ke manajer.

Kualifikasi dan pengalaman kerja saya menjadikan saya kandidat yang baik untuk profil ini. Saya ingin bergabung dengan perusahaan Anda untuk menjelajahi dimensi baru dan terus meningkatkan keterampilan saya.”

Penutup

Jika Anda diminta untuk memperkenalkan diri selama interview, ingatlah:

  • Jujurlah: Jangan akui beberapa hal yang belum pernah Anda tangani atau yang bukan keahlian Anda.
  • Tidak boleh melampaui topik status posisi yang diiklankan: Gunakan jawaban untuk menunjukkan keterampilan dan karakteristik yang memberikan nilai tambah bagi Anda sebagai pelamar.
  • Jauhi topik sensitif: Jangan bicara tentang politik, agama, kepercayaan, atau hal lain yang mungkin terdengar menyinggung.
  • Jangan terlalu pribadi: Anda tidak perlu mengungkapkan informasi apa pun tentang keluarga atau kehidupan Anda selama interview.

Bagaimana teman-teman? Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat menjalani interview dengan lancar. Ini adalah cara memperkenalkan diri saat interview kerja.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!