15+ Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja

Bagaimana Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja? Meski terlihat cukup mudah, pada kenyataannya mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan.

Saat mencari pekerjaan, Anda membutuhkan modal waktu dan uang.

Anda harus menulis dan mencetak surat lamaran dan mengirimkan lamaran kerja satu per satu ke perusahaan yang ingin Anda lamar.

Seiring berjalannya waktu, banyak job fair atau bursa kerja yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta.

Job fair ini dapat memudahkan para pencari kerja untuk melamar pekerjaan. Namun, bursa kerja tidak bisa berlangsung terus menerus.

Itu membuat, sulit bagi pencari kerja untuk mendapatkan informasi tentang lowongan.

Namun, saat ini sudah ada beberapa website yang menyediakan lowongan pekerjaan dari berbagai industri dan jenis perusahaan.

Anda dapat memfilter perusahaan atau area kerja mana yang Anda harapkan. Anda bahkan dapat dengan mudah mencari dari ponsel Anda sekali saja. Ya, begitu mudahnya mencari lowongan pekerjaan saat ini.

Salah satu website yang bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan adalah LinkedIn.

Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja

Linkedin merupakan salah satu situs jejaring sosial yang dirancang khusus bagi komunitas bisnis.

Aplikasi ini pun kerap dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan impian serta banyak digunakan oleh para profesional untuk saling terhubung satu sama lain.

Kapan terakhir kali Anda masuk ke profil LinkedIn Anda? Jika sudah beberapa bulan (atau bahkan bertahun-tahun!)

Inilah saatnya untuk memperbarui informasi itu, terutama jika Anda sedang mencari posisi baru. Faktanya, ada banyak keuntungan menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagaimanapun, perekrut akan sering melihat profil LinkedIn Anda ketika mereka berada di tahap final untuk suatu posisi.

Ini memungkinkan mereka untuk menggali lebih dalam pengalaman Anda, mendapatkan pandangan lebih dekat tentang apa yang sebenarnya Anda tawarkan dan untuk memeriksa apa yang Anda kerjakan sebelumnya.

Jika CV Anda sempurna tetapi LinkedIn Anda tidak menarik, perekrut mungkin meragukan kemampuan Anda.

Berikut cara menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan dan memberi Anda posisi yang benar-benar diinginkan.

Namun bagaimana cara mencari kerja dengan Linkedin yang benar ? Berikut ulasannya.

1. Melengkapi Profil Linkedin dan Informasi Secara Konsisten

15+ Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja

Halaman Profil LinkedIn yang tidak lengkap terlihat ditinggalkan atau diabaikan, bahkan jika CV Anda luar biasa.

Jadi, hal pertama yang yang perlu anda lakukan adalah selesaikan profil itu dan perbarui. Tambahkan posisi, keterampilan, atau proyek baru, isi profil yang belum terisi, dan uraikan pengalaman baru Anda.

LinkedIn secara otomatis menilai profil Anda berdasarkan seberapa lengkapnya, Anda harus mengincar ‘All-Star’!

Sebagai bagian dari pencari kerja, otomatis kamu berusaha menunjukkan kemampuan yang dimiliki dengan melengkapi CV dengan lengkap demi menarik perhatian recruiter.

Namun pastikan semua informasi yang dicantumkan dilakukan secara konsisten. Pasalnya recruiter dapat mendeteksi adanya kebohongan hanya dengan melihat CV mu.

Meski CV dan portofolio terlihat menarik karena banyaknya skill yang dimiliki, namun akan menjadi nilai kosong semata jika yang bertuliskan hanyalah bualan semata.

Jika informasi yang diberikan terdeteksi hanyalah tipuan, otomatis kamu tidak akan dilirik kembali di kemudian hari karena hal itu hanya akan membuang waktu para recruiter.

Oleh sebab itu, silahkan lengkapi semua informasi dengan jelas dan benar adanya tanpa adanya tambahan lainnya.

Jangan lupa untuk sertakan portofolio apabila memiliki proyek yang sebelumnya pernah dikerjakan.

Ternyata hal ini tidak hanya berlaku di Linkedin semata, namun juga di media sosial maupun situs portofolio.

2. Jaga agar Tetap Konsisten

Riwayat pekerjaan dan pendidikan Anda di Profil Linkedin harus sesuai dengan yang tertulis di CV Anda.

Jika calon pemberi kerja melihat ketidakkonsistenan yang signifikan, mereka mungkin memiliki beberapa pertanyaan untuk diajukan. Lebih buruk lagi, mereka mungkin berasumsi bahwa Anda berbohong di CV Anda.

Meskipun itu hanya tanggal yang tidak cocok, kesalahan dapat merugikan Anda saat ada peran kompetitif yang harus diisi. Jadi, pastikan Anda menggunakan LinkedIn sesuai dengan CV Anda.

Ingat: Profil LinkedIn Anda penuh dengan detail kecil yang bisa berubah sejak terakhir kali Anda memperbaruinya. Itu termasuk lokasi Anda, jabatan saat ini, dan ringkasan ‘tentang saya‘.

3. Tambahkan Foto Profil Profesional

Perekrut dan pemberi kerja ingin mengenal kandidat mereka selama proses perekrutan.

Meskipun Anda tidak menambahkan foto profil ke CV Anda, akan tetapi anda perlu menambahkan foto di profil LinkedIn. Plus, itu pasti membantu untuk mengenali wajah dan mengingat nama.

Anda tidak perlu menyewa fotografer profesional, tetapi foto Anda harus seprofesional mungkin. Ambil foto dengan menggunakan kamera dengan kualitas yang layak, pastikan pencahayaannya bagus, berpakaian rapi, dan yang terpenting tersenyumlah.

4. Tulis Profil Linkedin yang Menarik

CV Anda harus menyertakan ringkasan yang meyakinkan tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan beberapa tahun terakhir, kami menyebutnya profil profesional.

Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan perkejaan karena memerlukan ringkasan yang serupa dengan CV.

Ini mempunyai tujuan yang sama, untuk menjual kemampuan Anda dan membangkitkan minat pembaca.

Saat perekrut melihat profil LinkedIn Anda, mereka akan membaca ringkasan Anda terlebih dahulu.

Jadi, jika kurang bersemangat, mereka mungkin memilih untuk keluar dari halaman Anda dan pindah ke kandidat berikutnya.

Meskipun Anda tidak boleh membuat salinan sama dari profil CV Anda. Pastikan itu singkat, menarik, dan memberi pembaca gambaran singkat tentang pengalaman dan keterampilan Anda hingga saat ini.

Baca juga: Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa

5. Pamerkan Prestasi Anda

Jika perekrut membuka Profil Linkedin setelah membaca CV Anda, kemungkinan besar mereka akan berada di tahap akhir dari proses perekrutan.

Mereka tertarik dengan potensi Anda pada tahap ini, jadi ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk menarik perhatian mereka, membuktikan pengaruh Anda, dan membujuk mereka agar menelepon Anda untuk wawancara.

Jadi, kemas profil Anda dengan hasil, kemampuan, dan pencapaian yang dapat terukur jika memungkinkan.

Ini bisa berupa penghargaan, kutipan dari beberapa umpan balik luar biasa yang Anda terima, contoh saat Anda mendapatkan penjualan besar, mendapatkan klien besar, dll. Pada dasarnya, apa pun yang berdampak positif pada pemberi kerja atau klien.

Selain itu, jika Anda mempunyai publikasi, melakukan beberapa seminar, menjadi sukarelawan secara teratur, menyelenggarakan acara industri atau memulai blog Anda sendiri, pastikan untuk menyorotnya dan memperlihatkan beberapa karya terbaik Anda.

6. Cantumkan Portofolio atau Website

Usai melengkapi kolom Profil Linkedin, pastikan untuk tidak lupa mencantumkan portofolio sebagai tambahannya. Portofolio dapat menjadi bukti bahwa informasi yang disajikan di profile bukanlah bualan semata.

Bahkan pengguna yang mencantumkan portofolio tambahan akan mendapatkan nilai lebih karena memiliki daya tarik tersendiri di mata recruiter.

7. Mencari Bidang yang Ditekuni

15+ Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja

Sebelum mengisi Profil Linkedin dengan lengkap, sebaiknya kamu mulai bertanya kepada diri sendiri terkait dengan bidang yang tertarik ditekuni.

Kamu tidak bisa menentukannya hanya lewat omongan orang lain, karena hal ini berkaitan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Dalam dunia pekerjaan sendiri terdiri dari berbagai bidang mulai dari finance, desain, hingga marketing.

Setelah menemukan bidang yang hendak ditekuni, silahkan masukkan dalam kolom daftar bidang pekerjaan  yang telah disediakan.

Memasukkan bidang pekerjaan yang diminati akan membantu recruiter terhubung dengan para pencari pekerjaan terkait. Oleh sebab itu, manfaatkan fitur tersebut demi memudahkan dalam pencarian pekerjaan yang cocok denganmu.

8. Membuat Headline

Membuat headline adalah salah satu cara mencari kerja dengan Linkedin yang wajib diperhatikan.

Pasalnya headline atau kolom jabatan yang dapat ditemukan di bagian bawah namamu ini dapat membantu para recruiter menemukan akunmu. Karena akun mudah ditemukan, otomatis tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan panggilan pekerjaan.

Oleh sebab itu, para pencari kerja diminta untuk mengisinya sesuai dengan bidang atau posisi yang diincar. Apabila sudah memiliki pekerjaan sebelumnya namun tengah mencari pekerjaan baru, otomatis kamu bisa mengisi headline dengan jabatanmu sekarang ini.

Informasi ini sangat membantu recruiter untuk menemukan calon pelamar kerja yang memiliki potensi terbaik.

9. Membuat Elevator Pitch

Membuat elevator pitch termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan di Linkedin. Elevator pitch sendiri merupakan rangkuman yang berisikan tentang pengalaman serta latar belakangmu.

Lewat fitur inilah kamu bisa mempersuasi recruiter untuk memasukkanmu ke dalam daftar calon pegawainya.

Beruntungnya proses pembuatan elevator pitch sendiri tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Pasalnya pengguna Linkedin hanya diminta mengisi kolom Summary yang berada di Profil Linkedin.

Setidaknya kamu diminta mengisi 3 pertanyaan yang bisa dijadikan sebagai patokan dalam pembuatan elevator pitch.

Pertanyaan pertama terkait dengan value yang dapat diberikan kepada perusahaan jika diterima bekerja disana. Kamu juga diminta untuk menuliskan berbagai hal yang membuatmu terlihat berbeda dibandingkan dengan orang lain, entah dari segi kemampuan maupun minat. Setelahnya masukkan kata kunci relevan agar akun Linkedin milikmu mudah ditemukan recruiter.

10. Memilih Kata Kunci Relevan

Melengkapi Profil Linkedin dengan baik memang sangat diperlukan, namun akan menjadi percuma jika tidak dilirik oleh recruiter bukan ?  Agar perusahaan melihat potensimu, sebaiknya gunakanlah kata kunci sesuai dengan bidang yang digeluti.

Memasukkan kata kunci yang benar, otomatis membantu perusahaan menemukan keberadaan akunmu di Linkedin.

11. Perbarui Profil Secara Rutin

15+ Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja

Setelah semua hal telah dimaksimalkan, jangan lupakan untuk terus memperbarui profil secara rutin. Pembaharuan terbaru akan membantumu mengetahui besarnya pencapaian yang telah berhasil dilakukan dibandingkan sebelumnya.

Entah adanya pengalaman kerja, pelatihan, atau kemampuan di bidang tertentu yang mungkin melibatkan pekerjaan impianmu.

Pembaruan secara rutin sangat penting dilakukan. Sebab hal ini juga memberikan informasi bahwa kamu terus melatih kemampuan diri dan berusaha agar lebih baik.

Semua informasi yang tercantum di dalam profil nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengajakmu menjadi bagian dari mereka.

Pembaharuan secara rutin juga bermanfaat untuk memudahkan para pencari kerja menemukan perusahaan yang sedang membutuhkan potensinya.

Pasalnya semua informasi yang disajikan di dalamnya up to date dan akan diperbarui kembali secara rutin. Kamu juga bisa mengetahui tren di suatu industri lewat informasi yang disajikan pada akun profile di Linkedin.

12. Mengubah Pengaturan Profile

Ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat Linkedin ? Sebaiknya kamu tidak lupa untuk mengubah pengaturan Profil Linkedin terlebih dahulu.

Pengaturan yang lebih fleksibel dapat membantumu menggunakan jejaring media sosial populer ini dengan maksimal sesuai kebutuhan. Memahami kebutuhan pengguna, bahkan developer telah menambahkan fitur canggih.

Fitur pengaturan tersebut dapat membantu para recruiter menemukan akunmu sekaligus membantu pengguna mendapatkan peluang pekerjaan baru sesuai keinginan.

Cara mengaktifkan fitur canggih tersebut pun cukup mudah. Pertama tama silahkan pilih menu account untuk masuk dalam menu setting & privacy, lalu klik opsi “Job Seeking Preferences”.

Berkat adanya fitur tersebut, kini kamu tidak perlu kesulitan mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan dengan cara manual. Lebih hemat biaya dan tenaga, berhasil membuat aplikasi jejaring media sosial ini dianggap efektif mencari pekerjaan baru. Tidak heran jika para pencari kerja mulai tertarik membuat akun Linkedin.

Baca juga: Tetap Aman saat Mencari Pekerjaan Online

13. Mengumpulkan Endorsement

LinkedIn membuatnya sangat mudah untuk menambahkan keahlian ke Profil Linkedin Anda. Jadi, ada baiknya menggunakan fungsi ini secara maksimal. Ini sangat membantu jika Anda ingin perekrut untuk menemukan profil Anda dan menyarankan posisi kepada Anda.

Setelah Anda menambahkan atau memperbarui keahlian Anda, mintalah kolega atau klien saat ini atau sebelumnya untuk mendukung Anda. Dukungan menunjukkan bahwa Anda memiliki koneksi dalam jaringan Anda dan koneksi tersebut menghargai apa yang Anda lakukan.

Dukungan terbaik berasal dari rekan kerja dan siapa pun yang lebih senior dari Anda. Pengakuan mereka bisa sangat berarti, terutama di industri yang kompetitif atau kecil.

Mereka akan dengan senang hati membantu jika Anda memiliki hubungan yang baik. Selain itu, Anda dapat mendukung keterampilan mereka sebagai imbalan.

Mengumpulkan endorsement termasuk salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya adanya endorsement sangat membantu recruiter untuk meyakinkan dirinya bahwa kamu adalah orang yang tengah dicari dan dibutuhkan perusahaan.

Sebab lewat fitur inilah pengguna aplikasi Linkedin dapat menuliskan kemampuan yang dimilikinya.

Mulai dari kemampuan dasar seperti public speaking, marketing, manajemen, hingga menggunakan microsoft Office pun sangat diperlukan.

Kamu bisa meminta bantuan endorsement skill kepada teman, atasan, atau bahan klien sekalipun. Dijamin cara ini dapat membuat recruiter tertarik untuk menghubungimu dalam waktu dekat.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar mendapatkan pekerjaan impian dalam waktu cepat. Memaksimalkan semua fitur yang telah disediakan demi mendapatkan hasil maksimal.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk melihat potensi dari calon para pegawainya. Jangan lupa untuk bergabung ke akun premium untuk mendapatkan pelayanan maksimal.

14. Terlibat dengan Posting yang Relevan

Buktikan hasrat untuk sektor Anda dengan menyukai, berkomentar, dan memposting konten dan debat terkait industri yang anda minat.

LinkedIn adalah komunitas seperti jaringan sosial lainnya, jadi akan sayang jika Anda tidak menggunakannya secara maksimal, tidak menggunakannya untuk mengobrol dan berbagi pengetahuan dengan profesional lain di jaringan Anda.

15. Gunakan LinkedIn untuk Melengkapi CV Anda

Meskipun Anda bukan pengguna biasa di situs ini, Anda masih dapat menggunakan LinkedIn untuk melengkapi CV Anda dan mendukung pencarian pekerjaan Anda.

Ingatlah untuk konsisten, pamerkan atribut terbaik Anda, libatkan konten industri yang relevan, dan selalu tetap profesional. Dalam pasar kerja yang kompetitif, ini mungkin memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan!

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

Langkah pertama dalam proses melamar kerja adalah untuk mengetahui apakah tidak ada lowongan atau lowongan terbuka untuk beberapa pelamar.

Ada banyak informasi yang sangat penting tentang lowongan. Untuk mengetahui informasi lowongan kerja yang dibuka melalui LinkedIn, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Mencari Pekerjaan di Kolom Pencarian Linkedin

Cari pekerjaan menggunakan kotak pencarian di aplikasi LinkedIn. Anda dapat menulis kata kunci yang sama sesuai dengan nama pekerjaan yang diharapkan.

Anda dapat mencarinya menggunakan nama perusahaan yang Anda targetkan. Kali ini kami akan mencoba mencari lowongan untuk penulis lepas.

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

buka aplikasi linkedin dan masukkan kata kunci di kolom pencarian

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

Tulis kata kunci di kotak pencarian

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

Ketuk untuk melihat hasil pencarian

Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat mengklik ikon jobs terlebih dahulu agar pencarian LinkedIn hanya menampilkan pekerjaan.

2. Memilih Pekerjaan yang Cocok

Setelah LinkedIn menampilkan hasil pencarian, Anda dapat membedakan pekerjaan mana yang ingin Anda lamar.

Anda juga dapat melihat berapa banyak koneksi yang terhubung ke perusahaan. Ditampilkan siapa yang mengerjakan koneksi di perusahaan.

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

Ketuk lowongan yang ingin Anda lamar

3. Gunakan Fungsi Filter di Linkedin

Anda dapat membuat filter pencarian dengan mengklik tombol filter di atas. Anda dapat mengatur filter berdasarkan tanggal rilis, perusahaan, pengalaman yang diperlukan, jenis pekerjaan, jenis industri, dan fungsi pekerjaan.

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

Anda dapat menyaring informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada

Cara Mencari Pekerjaan di Linkedin

Cara Melamar Kerja di Linkedin

Pertama, Anda dapat melamar pekerjaan segera dengan fungsi easy apply.

Dengan metode pertama ini, Anda hanya perlu melamar pekerjaan dalam beberapa langkah. Meskipun sangat sederhana, tidak semua perusahaan memiliki easy apply ini.

Dan yang kedua adalah melamar manual. Jika Anda mengklik tombol “Apply”, Anda akan diarahkan ke situs web penyedia pekerjaan lainnya.

Tetap saja, caranya sebenarnya hampir sama dengan yang pertama. Anda tinggal membuat gambaran tentang diri Anda dan mengunggahnya sebagai bahan untuk HRD perusahaan yang ingin Anda lamar. Masih cukup mudah bukan?

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat merujuk pada panduan melamar pekerjaan melalui LinkedIn sebagai berikut:

1. Cari Informasi Lowongan Pekerjaan

Cara Melamar Kerja di Linkedin yaitu mencari informasi lowongan pekerjaan.

Ketuk lowongan yang ingin Anda lamar. Anda dapat menelusuri deskripsi pekerjaan atau profil perusahaan terlebih dahulu.

Anda dapat mengetahui apakah posisi yang ditawarkan memerlukan keterampilan yang sesuai dengan profil yang Anda buat.

Namun untuk mempelajari lebih lanjut, Anda perlu menggunakan akun premium (akun berbayar).

Cara Melamar Kerja di Linkedin

Ketuk “easy apply

2. Ketuk Easy Apply

Cara Melamar Kerja di Linkedin ini cukup mudah yaitu dengan mengetuk Easy Apply jika pekerjaan yang dimaksud benar-benar mendukung fungsi ini.

  • Setelah mengetuk “Easy Apply“, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan nomor kontak Anda. Masukkan data pada kolom yang tersedia.

Cara Melamar Kerja di Linkedin

  • Masukkan email, nomor, dan unggah CV anda
  • Selain memasukkan email dan nomor ponsel, Anda akan diminta untuk mengunggah CV. Namun, CV ini bersifat opsional (tidak wajib).
  • Lalu ketuk submit application.

3. Cara Alternatif Melamar di Linkedin

Alternatif untuk Cara Melamar Kerja di Linkedin yaitu dengan melakukan apply pada posisi yang tersedia.

Selain itu, Easy Apply memungkinkan Anda melamar pekerjaan secara manual jika perusahaan yang Anda targetkan tidak mendukung fitur Easy Apply.

  • Caranya adalah dengan mengklik tombol apply di job information. Kemudian LinkedIn menghubungkan Anda ke situs web yang menyediakan informasi pekerjaan.
  • Nah, di sana Anda bisa memasukkan CV. Secara umum, langkah-langkah penting juga tidak terlalu sulit.
    Cara Melamar Kerja di Linkedin
  • Ketuk “Apply”
  • Kali ini pekerjaan yang ingin kami ajukan memiliki tautan ke situs Glints. Ketik Apply.
    15 Cara Interview yang Baik agar Diterima Kerja
  • Ketuk “Apply”
  • Jadi, jika Anda sudah memiliki akun Glints, Anda bisa langsung mendaftar. Jika tidak, Anda juga dapat mendaftar menggunakan akun Facebook Anda.
    15 Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja 9
  • Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan resume dan surat lamaran (jika ada).
    15 Cara Membuat Profil Linkedin untuk Melamar Kerja 10
  • Unggah CV yang awalnya Anda siapkan

Penutup

Jadi, sekarang Anda tahu cara melamar pekerjaan melalui aplikasi LinkedIn di ponsel Anda? Mencari pekerjaan sekarang tidak membutuhkan banyak uang dan tenaga.

Anda harus sangat aktif dalam mencari informasi di internet dan membuat CV semenarik mungkin.

Anda dapat menggunakan sisa tenaga dan waktu untuk mempersiapkan seleksi dalam proses rekrutmen.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!