5+ Gaji Editor Video dan Tunjangan

Berapa Gaji Editor Video? dan apa saja tunjangannya? Pekerjaan editor video menjadi semakin populer. Perlu diingat bahwa saat ini lebih banyak kreator konten seperti youtuber atau tiktokers yang membutuhkan editor untuk memodifikasi video agar hasilnya bagus sehingga menarik banyak pemirsa dan viewers.

5+ Gaji Editor Video dan Tunjangan

Jadi, mengedit video mungkin adalah hobi yang layak dan merupakan tugas yang menjanjikan.

Selain itu, saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan video sebagai salah satu langkah untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Itu pasti, jadi ini adalah peluang besar untuk menghasilkan uang, terutama sekarang karena banyak editor video bergantung padanya.

Di sisi lain, karir sebagai editor video bisa menjadi pencarian penghasilan yang menjanjikan.

Gaji editor video tidak boleh diremehkan, karena seorang editor video perusahaan atau youtuber bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Lalu berapa gaji yang diterima editor video perbulan? Pembahasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

Tentang Editor Video

Karir Video Editor bertanggung jawab untuk mengumpulkan beberapa materi video yang ada dan memprosesnya menjadi video yang siap untuk didistribusikan. Materi video dapat berupa footage, diskusi, wawancara, grafik dan efek suara.

Video Editor sebagai posisi kunci dalam proses pasca produksi yang menentukan kualitas produk yang diproduksi.

Umumnya editor bekerja langsung dengan pihak yang memiliki ide awal untuk membuat video tersebut.

Itu harus memenuhi harapan dan instruksi penulis. Seorang editor video dapat bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan atau bekerja sebagai editor lepas di berbagai proyek tanpa harus berafiliasi dengan institusi tertentu.

Keterampilan audio visual sebagai aset yang harus dikuasai dengan editor video. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan visualisasi dan kepekaan pendengaran yang baik.

Sistem Gaji Editor Video

5+ Gaji Editor Video dan Tunjangan

Sistem gaji editor video sangat berbeda-beda. Ingatlah bahwa tugas ini bukan hanya untuk proses editing seperti memotong atau memotong klip agar sesuai dengan jangka waktu yang diharapkan.

Namun, tugas ini membutuhkan sumber daya, bukan hanya satu orang. Jadi setiap editor dapat dibayar berbeda tergantung pada siapa mereka bekerja atau siapa yang menggunakan layanan mereka.

1. Sistem per Project

Sistem penggajian yang pertama adalah dengan menggunakan perhitungan per project atau per video.

Sistem penggajian ini umumnya digunakan oleh editor lepas atau freelance yang membuka jasa editing dan tidak bekerja untuk perusahaan atau orang.

2. Sistem Bulanan

Selain per proyek, editor video dapat juga menerima gaji bulanan. Sistem pembayaran ini umumnya digunakan oleh perusahaan atau seseorang yang menyewa editor untuk mengubah video.

Beberapa juga menggunakan sistem harian, tetapi jarang yang memakai ini karena editing video terkadang memakan waktu hingga beberapa hari, beberapa minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Hal utama yang harus disadari tentang sistem penggajian ini adalah sedikitnya jumlah uang yang Anda terima.

Sistem penggajian mungkin tidak terlalu penting dalam pekerjaan, tetapi tahukah Anda bahwa itu dapat berdampak kecil pada gaji?

Jadi pikirkan sistem pembayaran seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk membayar editor video.

Baca juga: Gaji Sales Trainee Ruangguru dan Tunjangan

Gaji Editor Video

 gaji editor youtuber

Seorang editor video, baik pemula atau profesional, dapat memperoleh penghasilan yang berbeda. Tidak ada definisi yang jelas tentang berapa gaji editor video.

Ada beberapa faktor yang menentukan berapa banyak gaji editor video, dan memang demikian.

Tingkat pemula dan profesional dari editor video adalah salah satu faktor untuk perbedaan gaji.

Meski demikian, ada nilai kisaran rata-rata yang bisa menjadi dasar gaji seorang editor video. Meskipun nilainya tidak begitu tepat dan detail, itu sangat dekat.

  • Gaji rata-rata editor video di Indonesia berkisar Rp 51.000.000/tahun.
  • Editor video pemula: Bagi yang baru memulai menjadi editor video, gajinya sekitar Rp 10.800.000/tahun,
  • Editor video profesional: penghasilannya mencapai Rp 86.700.000/tahun.
  • Editor video perusahaan: Sementara itu, editor video yang bekerja di perusahaan bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000/bulan.
  • Editor video per proyek: ada juga beberapa editor yang mendapatkan bayaran 3-10 juta per proyek (ini biasanya berlaku untuk editor film).

Sangat bervariasi bukan, gaji karyawan NET TV untuk posisi Editor dilaporkan dengan kisaran gaji di atas Rp 4.000.000/bulan.

Pada dasarnya, editor video dapat dibayar sebanyak yang Anda suka tergantung pada lamanya waktu, transisi, apa yang diinginkan pembuat konten, dan efeknya.

Berapa Gaji Editor Youtuber?

Editor video YouTuber dengan 3,5 juta subscriber, ia mendapatkan gaji pokok 5 juta rupiah, uang makan harian Rp 20.000 dan bonus 1 juta jika video berhasil menjadi viral.

Jika ada proyek, tambahan 1 juta rupiah ditambahkan ke gaji. Jadi, dalam sebulan Anda bisa mendapatkan 6-8 juta rupiah untuk total gaji editor youtuber.

Kualifikasi Video Editor YouTube

  • Pria/Wanita.
  • Usia 18 – 28 tahun.
  • Pengalaman kerja minimal 1 tahun.
  • Menguasai Adobe Premiere Pro, After Effect, Photoshop, Adobe Audience.
  • Bisa edit video tipe entertainment.
  • Terbiasa dengan deadline.
  • Siap ditempatkan dimana saja.
  • Siap bekerja lembur.

Baca juga: Gaji PT HM Sampoerna dan Tunjangan

Tunjangan Editor Video

Selain mendapatkan gaji, Video Editor juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. Tunjangan Transport
  3. Tunjangan Makan
  4. Tunjangan Hari Raya
  5. Uang Lembur
  6. Bonus Kerja
  7. Dll.
Catatan: Gaji dan tunjangan diatas bisa saja berbeda karena beberapa faktor seperti pengalaman, UMP/UMK, peraturan perusahaan, lokasi dan beberapa faktor lainnya

Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Gaji Editor Video

 gaji editor youtuber

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya gaji seorang editor video. Faktor itu termasuk:

1. Elemen video

Faktor terpenting dalam biaya pengeditan video yang rendah adalah elemen video. Rentang waktu yang singkat, transisi, kemauan pembuat konten, efek yang diperlukan, dan berbagai hal dalam editing video dapat memengaruhi nilai gaji yang dihasilkan.

2. Skill Editor Video

Kemampuan sebagai poin utama yang harus dimiliki editor video. Ini juga dapat memengaruhi besar rendahnya gaji yang diterima editor video.

Pemula yang tidak memiliki pengalaman cenderung berpenghasilan lebih rendah daripada editor profesional yang memiliki banyak pengalaman dan keterampilan yang sangat baik.

3. Tingkat Pendidikan

Meskipun editing video dapat dilakukan tanpa biaya kuliah, perlu diketahui bahwa kuliah juga dapat memengaruhi tingkat gaji editor video.

Benar, editor video dapat dihasilkan oleh lulusan sekolah kejuruan multimedia atau jurusan komputer lainnya.

Namun, beberapa perusahaan mencari Telent dengan tingkat pendidikan D3 atau S1 di jurusan komputer. Ini karena mereka lebih mampu membuat video dengan seni dan kreativitas tinggi.

4. UMR dan UMK Daerah

Nilai UMR dan UMK di daerah tempat Anda bekerja juga dapat mempengaruhi besaran gaji editor video. Ternyata, setiap daerah di Indonesia memiliki nilai UMK dan UMR yang berbeda-beda.

Sehingga hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat pendapatan video editor walaupun tidak terlalu signifikan. Berikut kota-kota dengan gaji tertinggi di Indonesia untuk posisi editor video.

  • Jakarta: Rp.5.053.000/bulan
  • Tengerang: Rp 4.465.000/bulan
  • Surabaya: Rp 3.478.000/bulan
  • Slemann: Rp 2.850.000/bulan

Penutup

Demikian informasi lengkap dari kami mengenai gaji video editor di Indonesia. Jadi pada dasarnya, editor video dapat menghasilkan uang berapa pun tergantung pada apa yang mereka lakukan, di mana mereka bekerja, untuk siapa mereka bekerja, dan bagaimana mereka bekerja.

Sekian artikel berjudul 5+ Gaji Editor Video dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!