Tips Lulus CPNS: Lolos SKB dan SKD CPNS

Tips Lulus CPNS: Lolos SKB dan SKD CPNS | Apa Tips lolos CPNS? Pembukaan dan penerimaan CPNS selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan banyak orang. Jenjang karir yang jelas dan penghasilan tetap, cukup menjadi alasan mengapa profesi ini diminati.

Namun fasilitas tersebut tidak mudah kamu dapatkan, ada tes seleksi yang perlu kamu lewati. Agar kamu lebih siap menghadapi ujian masuk CPNS, simak tips lolos CPNS ampuh berikut ini.

Tips Lulus CPNS

Agar lolos CPNS anda perlu menyiapkan beberapa hal penting yang dibutuhkan pada saat pendaftaran dan juga tes CPNS. Berikut adalah Tips Lulus CPNS yang perlu anda perhatikan.

1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Tips Lulus CPNS

Menyiapkan dokumen yang diperlukan merupakan salah satu Tips Lulus CPNS.

Pada tahapan awal seleksi, kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Biasanya ketika pengumuman pendaftaran tes CPNS dibuka, pihak penyelenggara juga melampirkan ketentuan dan syaratnya. Kamu bisa mencari tahu lewat website resmi dari tim penyelenggara, atau berbagai situs portal berita.

Melalui informasi tersebut kamu dapat mengetahui berkas apa saja yang dibutuhkan. Setidaknya kamu harus mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari.

Mengingat dokumen yang dibutuhkan tidak hanya satu atau dua, melainkan lebih dari lima dokumen. Durasi waktu yang cukup lama tidak akan membuatmu terburu-buru dan lebih tenang.

Persiapan di awal seperti ini untuk berjaga-jaga, barangkali ada dokumen yang membutuhkan konfirmasi pihak ketiga. Misalnya, surat keterangan bebas narkoba yang berasal dari Polsek setempat.

Dokumen seperti ini tidak bisa disiapkan dalam waktu terbatas, kamu memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk mengurusnya.

2. Pastikan Formasi Pilihan Dibuka

Tips lolos CPNS ampuh selanjutnya ialah memastikan bahwa formasi pilihanmu ada dalam daftar lowongan. Perlu kamu ketahui jika instansi pemerintahan hanya membuka peluang pada formasi tertentu.

Itupun jumlah kuotanya terbatas sehingga kemungkinan diterima pun sempit, mengingat setiap pembukaan tes CPNS jumlah pendaftarnya selalu membludak.

Oleh sebab itu, pilihan formasi setidaknya linear dengan pendidikan yang pernah kamu tempuh. Dengan begitu, peluangmu diterima dalam posisi tersebut jauh lebih besar.

Biasanya instansi pemerintahan cenderung mencari calon pegawai yang sesuai pada bidangnya. Bertujuan supaya tidak perlu memberi pelajaran baru kepada para pegawai baru.

Kamu sendiri juga tidak perlu lagi memahami ulang bidang yang belum pernah dipelajari. Hal tersebut untuk mempersingkat waktu, supaya ketika masuk para pegawai baru ini langsung praktik di lapangan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, pastikan formasi pilihan dibuka. Sekaligus formasi yang sekiranya berpeluang besar untukmu.

Baca juga: Cara Daftar CPNS: Syarat, Ketentuan dan Alur Pendaftaran

3. Pelajari Soal-Soal Tes Masuk CPNS

Pelajari Soal-Soal Tes Masuk CPNS

Tips Lulus CPNS selanjutnya yaitu anda dapat mempelajari soal-soal tes masuk CPNS.

Dari tahun ke tahun, bidang tes yang diujikan dalam seleksi CPNS tidak berubah. Diantaranya Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawancara Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kamu bisa mempersiapkannya dengan banyak latihan soal sebelum mengikuti ujian. Tips lolos CPNS ampuh ini akan membuat kamu yakin dapat menjawab pertanyaan dengan mudah.

Buku latihan soal tes CPNS bisa kamu dapatkan di banyak toko buku. Di dalam buku tersebut sudah lengkap dengan materi dan cara menjawab cepat. Kamu tinggal mempelajari kiat-kiatnya serta meluangkan waktu untuk berlatih.

Setidaknya dalam satu hari sediakan waktu 1-2 jam untuk mengisi buku latihan soal, sekaligus memahami pola pertanyaan ujian masuk.

Bila kurang memahami materi tertentu, cobalah untuk bereksplor ke berbagai media. Kamu bisa menjelajahi internet untuk menemukan jawaban. Bisa juga bertanya ke beberapa teman yang mungkin sudah lebih dulu mengikuti tes. Dengan begitu, kamu  sudah mengantongi pemahaman soal di luar kepala.

4. Tumbuhkan Rasa Optimis dan Percaya Diri

Tips lolos CPNS berikutnya adalah menumbuhkan rasa percaya diri dan pikiran positif. Tujuannya agar kamu tidak diselimuti perasaan gelisah dan merasa kemampuan diri terbatas.

Padahal setiap orang memiliki kemampuan yang sama, meski cara mengembangkannya berbeda-beda. Tinggal kamu ada keinginan untuk mengembangkan diri atau tidak.

Buatlah dirimu fokus dengan menumbuhkan rasa optimis dan percaya diri. Tanamkan bahwa kamu sudah menanti momen tes masuk CPNS ini sejak lama. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh membuat kesempatan ini menjadi sia-sia.

Pikirkan perasaan bahagia apabila kamu berhasil diterima dalam seleksi kali ini, maka tidak masalah jika harus bersakit-sakit dahulu sekarang.

Rasa optimis dan percaya diri turut memengaruhi mentalmu hingga menjelang tes dimulai. Pikiran yang tenang membuatmu lancar ketika menjawab soal-soal nantinya.

Selain itu, tips lolos CPNS ini memberikan sugesti positif agar kamu tidak gugup. Sehingga hal-hal yang sekiranya sepele, seperti dokumen yang perlu dibawa ketinggalan, tidak akan mengganggu peforma.

5. Survey Lokasi dan Datang Lebih Awal

Survey Lokasi dan Datang Lebih Awal

Tips Lulus CPNS yang cukup penting yaitu survey dan datang lebih awal di lokasi tes, agar anda tidak tertinggal pada saat tes dilaksanakan.

Biasanya tempat tes berlangsung tergantung dari pilihan regional masing-masing peserta. Meskipun jaraknya dekat, namun kamu tetap perlu melakukan survey lokasi untuk ujian.

Hal tersebut bertujuan untuk mempelajari rute, sekaligus melakukan estimasi waktu perjalanan. Apalagi saat hari H jalanan wilayah tes akan dipadati oleh peserta dari berbagai daerah, dan pastinya akan terjadi kemacetan panjang.

Usahakan datang ke tempat ujian lebih awal, paling tidak satu jam sebelum tes dimulai. Antisipasi ini dilakukan agar pikiranmu tidak panik, sehingga bisa kehilangan fokus saat mengerjakan soal.

Sambil menunggu giliran, kamu dapat memanfaatkan waktu untuk cek data diri di papan pengumuman. Selain itu, bisa digunakan untuk membuka obrolan dengan peserta lain.

6. Kelola Waktu dengan Baik

Tips lolos CPNS yang terakhir ialah mengelola waktu ujian dengan baik. Dalam ujian masuk CPNS, bukan hanya tentang ketepatan menjawab soal, tetapi juga pintar mengolah waktu.

Kamu dituntut untuk menjawab beragam pertanyaan dengan waktu yang terbatas. Maka kamu perlu mengatur mana soal yang perlu dijawab lebih dulu atau dikerjakan belakangan.

Hal tersebut dapat kamu pelajari selama mengerjakan latihan soal tes masuk CPNS. Kamu bisa belajar untuk memilah pertanyaan yang mudah dijawab lebih dulu.

Alhasil ketika ujian berlangsung, kamu tidak berhenti untuk memecahkan satu soal saja. Padahal masih banyak soal-soal yang berkaitan dengan hasil akhir nantinya. Jangan sampai waktu yang disediakan sia-sia dan kerjakan tes dengan tenang.

7. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Lulus CPNS terakhir adalah kondisi kesehatan sering kali diabaikan oleh para peserta tes masuk CPNS. Mungkin terlalu tegang dan ambisi yang besar, sehingga mengabaikan kesehatan diri sendiri.

Terlampau memforsir diri untuk latihan soal setiap hari, tetapi tidak menjaga pola makan dan tidak berolahraga. Sehingga kesehatan semakin menurun dan jatuh sakit di waktu-waktu menjelang tes.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum waktu ujian masuk, kamu harus ketat dalam menjaga kesehatan. Setidaknya jangan telat makan dan melewatkan waktu istirahat yang seharusnya.

Boleh kamu berjuang keras agar impianmu tercapai, namun tubuh tetap perlu perhatian nomer satu. Jagalah dengan makan makanan sehat serta berolahraga rutin.

Menjelang ujian masuk CPNS memang menjadi momen-momen yang cukup menegangkan. Ada puluhan bahkan ribuan peserta yang nantinya ikut berpartisipasi dalam tes nasional ini.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik sejak awal. Mulai dari melengkapi berkas, latihan soal, hingga menjaga kesehatan agar kamu lolos tes CPNS seusai harapanmu.

Baca juga: 5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru]

Strategi agar Lolos SKD CPNS

Bagaimana Tips Lulus Tes SKD di CPNS? Ujian masuk CPNS selalu menjadi momen yang dinanti oleh banyak orang. Sebab jenjang karir di dunia PNS adalah salah satu primadona di Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari angka calon pendaftar yang kerap membludak dari tahun ke tahun. Ada dua seleksi yang nantinya harus dilewati yaitu SKD dan SKB. Untuk itu berikut ada beberapa tips agar lulus tes SKD di CPNS, simak ulasannya.

1. Sering Latihan Soal-Soal agar Lolos CPNS

Strategi agar Lolos SKD CPNS

Tips lolos SKD CPNS pertama yaitu, dalam tes SKD terbagi dalam tiga jenis yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiganya memiliki bobot yang cukup tinggi untuk standar kelulusan seleksi CPNS.

Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan yang sekiranya keluar dalam tes, kamu perlu berlatih soal-soal SKD jauh sebelum ujian masuk.

Kamu bisa mempelajari beberapa sumber belajar, sebagai media untuk kelancaran sesi latihan soal. Gunakan berbagai platform mulai dari ebook, buku cetak, sampai soal-soal dari internet.

Mulailah untuk mempelajari soal CPNS sekitar 3-5 tahun sebelumnya, sebab pola soal tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Jadi kamu nanti akan terbiasa saat lembar ujian sudah di depan mata.

Terapkan disiplin waktu selama kamu melatih diri dengan soal-soal tes CPNS. Sebisa mungkin membuat progress saat latihan soal, misalnya kecepatan waktu dalam menjawab satu pertanyaaan.

Usahakan jangan asal berlatih saja namun juga memahami maksud soal ke soal. Sehingga kamu tidak akan bingung jika dalam tes nanti kalimat pertanyaannya berbeda.

Sering latihan soal CPNS juga termasuk dalam tips lulus CPNS.

2. Baca Soal dengan Teliti

Tips agar lolos SKD CPNS selanjutnya ialah membaca soal dengan hati-hati. Waktu untuk melaksanakan ujian memang terbatas, tapi bukan berarti kamu terburu-buru saat menjawab soal.

Mulailah dengan berdoa sebelum mengerjakan, kemudian kerahkan seluruh pikiran positif dan tenang. Dengan begitu, kamu lebih mudah memahami maksud setiap soal.

Fokus kepada dirimu sendiri tidak perlu menghiraukan progress pengerjaan dari peserta lain. Tidak usah panik jika ada peserta lain yang sudah lebih dulu menyelesaikan semua soal SKD.

Tanamakan bahwa ujian CPNS adalah kesempatan yang sudah kamu nanti sejak lama. Maka jangan biarkan hal-hal sepele menganggu salah satu daftarmu untuk meraih impian.

Kamu juga bisa melatih pikiran tenang dan optimis di sela-sela persiapan ujian CPNS. Hilangkan rasa ambisi besar yang kemungkinan membuat dirimu terlalu berekspektasi.

Bukan berarti kamu tak boleh mempunyai ambisi, namun berusaha untuk tetap kalem. Kamu sudah melakukan persiapan sejak jauh hari, maka saat hari H tidak perlu khawatirkan apapun.

3. Kelola Waktu dengan Baik

Strategi agar Lolos SKD CPNS

Tips agar lolos SKD CPNS yang ketiga ialah manajemen waktu dengan baik. Dalam tes SKD, ada tiga materi yang diujikan untuk para peserta ujian masuk CPNS.

Untuk memenuhi standar kelulusan, kamu wajib menyelesaikan ketiganya dengan baik. Alhasil kamu harus membagi waktumu dengan tepat, agar sebagian besar soal dapat terjawab.

Jika kamu tidak bisa mengelola waktu dengan baik, maka banyak soal yang bisa saja terlewatkan. Kelemahan tersebut dapat berpengaruh pada skor totoal SKD, serta berdampak pada kelulusan passing grade.

Cobalah selama latihan soal ikut memberikan timer untuk setiap materi. Jadi kamu tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjawab TIU, TWK, dan TKP.

Selain itu, selama persiapan ujian seleksi cobalah sering-sering ikut try out CPNS. Kuantitasmu dalam mengikuti uji coba tersebut bisa membantumu untuk kelola waktu.

Tips agar lulus tes SKD di CPNS ini membuatmu dapat memperkirakan durasi pengerjaan soal. Hasilnya akan lain dengan peserta yang baru pertama kali menghadapi soal-soal CPNS.

Mengelola waktu dengan baik merupakan tips lulus CPNS selanjutnya.

4. Jawab Soal dari Paling Mudah

Kesalahan fatal yang dilakukan oleh peserta ialah berputar-putar pada satu soal. Kamu pasti akan menemui beberapa soal yang sulit dijawab, lantas berlama-lama mencari tahu jawabannya.

Alhasil banyak soal yang kamu abaikan padahal waktu yang diberikan amat terbatas. Maka cobalah untuk membuat prioritas dengan mengerjakan soal yang termudah dulu.

Jika soal yang paling mudah sudah terjawab, maka beralih pada soal kategori sedang. Setelahnya baru memahami soal-soal yang kadar kesulitannya tinggi.

Dengan begitu kamu tidak perlu mengabaikan beberapa soal, yang berujung kertas jawaban kosong. Bila masih ada sisa waktu kamu dapat mengoreksi jawaban, baca dua sampai tiga kali agar lebih lega.

Tips lulus CPNS yang bisa anda coba yaitu jawab soal dari yang paling mudah.

5. Kerjakan Soal Cepat dan Tepat

Tips lolos SKD CPNS selanjutnya ialah menjawab soal dengan cepat dan tepat. Kecepatan dalam mengerjakan soal memang diperlukan, namun belum tentu jawabannya tepat.

Bukan hal sulit sebenarnya, kamu hanya perlu berlatih terus-menerus sampai paham pola soal. Gunakan timer ketika latihan soal lalu lakukan analisis penggunaan waktu pengerjaannya.

Jika kamu masih membutuhkan waktu lama, tandanya kamu harus menambah porsi waktu belajar. Dari awalnya cukup belajar dua jam sehari, kini ditambah menjadi 4 jam dalam sehari.

Sekaligus cari refrensi soal yang berbeda-beda, jadi tidak stuck pada satu buku saja. Sehingga kamu akan menemukan pola soal yang beragam, serta menemukan solusi agar tepat waktu.

6. Yakin dengan Jawabanmu Sendiri

Tips lolos SKD CPNS berikutnya adalah percaya diri dengan jawabanmu. Bila ada sisa waktu memang ada baiknya cek kembali lembar jawaban.

Namun jangan sesekali ragu atas jawabanmu sendiri dan mengubahnya. Memang sedikit bimbang tapi kamu harus menyakinkan diri bahwa jawaban pertama adalah benar.

Sebab sering kali saat membaca ulang, para peserta ragu-ragu dan tidak percaya diri. Padahal belum tentu jawaban kedua benar sesuai dengan ekspektasi.

Meskipun tidak ada salahnya mengubah bila kamu menemukan jawaban yang lebih akurat. Namun poin dalam tips ini ialah tak perlu ragu dengan apa yang sudah menjadi keputusanmu di awal.

7. Cari Info Passing Grade

Persiapan menjelang tes CPNS tidak hanya berlatih soal, tapi juga aktif dalam mencari banyak informasi. Berkaitan dengan tes SKD kamu perlu mencari berapa passing grade untuk lolos.

Kemudian cocokkan dengan skor passing grade setiap kali kamu selesai latihan soal. Kamu akan menemukan dimana letak kekurangan dan perlu menambah skor di sisi mana.

8. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Strategi agar Lolos SKD CPNS

Tips lulus CPNS yang terpenting yaitu menjaga kesehatan mental dan fisik.

Meskipun sering diabaikan tetapi kesehatan mental dan fisik perlu diperhatikan. Pikiranmu harus dalam kondisi baik-baik saja, agar bisa menjalani tes dengan tenang.

Jika kamu gugup maka impianmu bisa saja berantakan. Begitu pun dengan kondisi fisik, harus tetap fit sampai menjelang tes hari H. Banyak makan sayur dan minum vitamin supaya kondisi tubuh tetap sehat.

Menjelang ujian masuk CPNS memang banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari kesehatan, ketenangan pikiran, hingga rasa optimis.

Kamu sudah menanti kesempatan ini sejak lama, jadi jangan sampai berantakan karena masalah sepele. Upayakan memerhatikan detail kecil tapi berpengaruh besar untuk kelangsungan tes CPNS.

Sekian artikel berjudul Tips Lulus CPNS: Lolos SKB dan SKD CPNS, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!