10+ Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba? Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan surat bebas narkoba, yang berisi perihal kondisi seseorang dalam keadaan bebas narkoba atau sejenisnya.

Pasalnya, surat bebas narkoba wajib dilampirkan ketika melamar pekerjaan pada instansi negara maupun berbagai perusahaan swasta. Untuk itu, pahami cara membuat surat pernyataan bebas narkoba dan sejenisnya sebagai berikut.

Apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba?

10+ Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat bebas narkoba ini seringkali disebut dengan SKBN atau Surat Keterangan Bebas Narkoba. Surat ini wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan seperti BUMN, CPNS, anggota Polri, anggota TNI dan beberapa perusahaan swasta lainnya.

Pasalnya, syarat melampirkan surat ini didasarkan pada Peraturan Kementerian Tenaga Kerja tentang penyalahgunaan narkoba.

Dengan memiliki bukti surat ini, tenaga kerja telah terbukti tidak menggunakan berbagai jenis narkoba. Termasuk tidak menggunakan narkotika, psikotropika maupun berbagai jenis zat adiktif lainnya.

Tentunya, setiap badan perusahaan yang meminta untuk melampirkan surat tersebut berarti telah berupaya untuk menaati aturan Kemenaker tersebut.

Lazimnya, narkoba merupakan zat terlarang yang bisa menghadirkan manfaat dengan cara merusak kesehatan. zat terlarang tersebut bahkan termasuk sebagai zat stimulan yang bisa membuat seseorang pernah merasakan ingin selalu mencobanya kembali. Parahnya, penggunaan zat ini juga sulit untuk disembuhkan.

Penggunaan narkoba secara terus menerus juga dapat menimbulkan efek negatif yang sangat parah. Seseorang bahkan dapat mengalami kebingungan, halusinasi dan kehilangan kesadaran.

Parahnya lagi, penggunaan zat atau obat-obatan terlarang ini dapat menurunkan kualitas perusahaan karena seseorang dapat terganggu kinerjanya ketika dibawah pengaruh narkoba.

Selain itu, kondisi halusinasi hingga kehilangan kesadaran ini juga dapat membuat seseorang lengah terhadap pekerjaannya. Untuk itu, penggunaan narkoba di lingkungan pekerjaan dapat berakibat pada kecelakaan kerja yang fatal.

Parahnya lagi, kebutuhan narkoba yang sulit dipenuhi karena harga yang cukup fantastis juga dapat menimbulkan risiko tindak kriminal.

Tentunya, seorang karyawan yang menjadi pecandu narkoba dapat merugikan perusahaan maupun lingkungan kerja tersebut. Oleh karena itu, SKBN dapat menjadi bukti bahwa seseorang menjadi pecandu. Selain itu, mewajibkan SKBN dalam melamar kerja juga dapat mengurangi peredaran narkoba di lingkungan kerja.

Masa berlaku surat keterangan bebas narkoba yaitu 3 bulan.

Baca juga: Cara Membuat Dan Perpanjang SKCK Untuk Daftar Gojek (Online dan Offline)

Tempat Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Tempat Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Cara membuat surat pernyataan bebas narkoba dan sejenisnya tentu harus dimulai dengan cara mengunjungi tempat yang menyediakan surat ini.

Pasalnya, kamu dapat mengunjungi  rumah sakit tertentu, kantor polisi dan BNN atau Badan Narkotika Nasional terdekat. Beberapa tempat tersebut dapat menjadi rujukan karena telah mengantongi izin dari pemerintah.

1. Rumah Sakit Pemerintah

Pemilihan rumah sakit pemerintah sebagai tempat untuk mengurus SKBN karena tempat ini mampu membuktikan kondisi tubuh seseorang yang menggunakan atau tidak menggunakan narkotika.

Jika kamu ingin mengurus SKBN di tempat ini, pastikan kamu telah mengunjungi rumah sakit pemerintah yang memiliki izin resmi.

2. Kantor Polisi

Kantor polisi yang berada di tingkat polres juga dapat digunakan untuk mengurus SKBN. Pemilihan lokasi ini karena kepolisian juga turut andil dalam menangani kasus tindak kekerasan atau kriminal akibat penggunaan narkoba. Kepolisian bahkan memiliki tugas untuk menghentikan peredaran narkoba di Indonesia.

3. Kantor BNN

Selain itu, kamu juga bisa memilih kantor BNN untuk mendapatkan SKBN. BNN bahkan termasuk dalam Badan Nasional resmi yang bertugas untuk melakukan penyuluhan dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

BNN juga memiliki bidang pemberantasan yang terdiri dari direktorat intelijen hingga direktoran pengawasan tahan yang penyalahgunakan narkoba.

Biaya Tes Bebas Narkoba

Biaya pengurusan surat bebas narkoba tergantung pada masing-masing lokasi tempat tes dilakukan.

Tes bebas narkoba bisa dilakukan di rumah sakit atau pusat kesehatan pemerintah. Biaya pemeriksaan obat di rumah sakit dan klinik berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Baca juga: 2+ Cara & Syarat Membuat Kartu Kuning Online dan Offline

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Langkah awal yang perlu kamu siapkan sebelum mengunjungi salah satu tempat untuk membuat surat ini adalah menyiapkan berkas yang dibutuhkan.

1. Siapkan Berkas

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba yang pertama yaitu menyiapkan berkas.

Bekas yang harus disiapkan sebagaimana pada situs polri.go.id terdiri dari:

  • Surat pengantar dari kelurahan
  • Fotocopy KK atau Kartu Keluarga 1 lembar
  • Fotocopy KTP 2 lembar
  • Fotocopy akta kelahiran 1 lembar
  • Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

2. Kunjungi Tempat Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Kemudian, kamu dapat mengunjungi tempat yang telah mengantongi izin resmi dari pemerintah untuk mengeluarkan Surat Keterangan Bebas Narkoba di daerah tempat tinggal kamu.

Katakan kepada pihak setempat terkait tujuan untuk memperoleh surat tersebut. Lalu, kamu bisa mengikuti berbagai prosedur yang telah ditentukan dan menyerahkan persyaratan yang sudah dibawa.

Kamu juga bisa mengikuti cara membuat surat pernyataan bebas narkoba dan sejenisnya dengan mengambil nomor antrian untuk melakukan tes urin.

3. Lakukan Tes

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba selanjutnya yaitu melakukan tes.

Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sampel urin yang kamu miliki untuk diperiksa di laboratorium. Melakukan tes ini bahkan cukup mudah dan sangat aman untuk dilakukan.

Lazimnya, sampel urin yang telah diperiksa dapat mendeteksi penyakit maupun efektivitas pengobatan atau penggunaan obat.

Pemeriksaan ini biasanya akan mendeteksi kandungan amphetamine, methamphetamine, morphine, marijuana, kokain dan benzodiazepine. Tentunya, kamu bisa mendapatkan SKBN ketika hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi negatif.

a. Bersihkan area kemaluan

Pengambilan sampel ini biasanya dapat dilakukan dengan tahapan atau prosedur tertentu. Pertama, kamu harus membersihkan area kemaluan menggunakan tisu steril.

Pembersihan area kemaluan meliki tahapan yang berbeda antara pria dan wanita. Pasalnya, seorang pria harus membersihkan area kemaluan pada bagian ujung ketika hendak melakukan tes ini.

Sedangkan, seorang wanita harus membersihkan semua area kemaluan mulai dari depan hingga belakang. Seorang wanita bahkan harus membersihkan darah menstruasi atau cairan vagina jika ada.

b. Tampung Urin di Wadah

Selanjutnya, buanglah sedikit urin yang pertama kali keluar dan segera tampung aliran urin berikutnya pada wadah yang telah disiapkan.

Jumlah urin yang perlu ditampung tersebut biasanya sebanyak 30 ml hingga 60 ml. Jika sampel urin sudah cukup, buanglah aliran urin yang tersisa ke toilet.

c. Tutup wadah yang berisi sampel

Kemudian, tutup wadah yang berisi sampel tersebut agar tidak terkontaminasi atau tumpah. Bagian wadah sampel bagian luar juga perlu dibersihkan dengan tisu steril dan sampel siap diserahkan untuk dianalisis di laboratorium.

Tentunya, pengambilan sampel urin ini harus dilakukan dengan hati-hati agar urin tidak terkontaminasi. Kamu bahkan tidak dianjurkan untuk melakukan pengambilan ini secara mandiri.

Pasalnya, dokter akan membantu melakukan pengambilan ini menggunakan kateter yang dipasang melalui uretra atau lubang kencing.

Selain itu, sampel urin yang diambil ini juga harus berasal dari selang kateter secara langsung. Pengambilan sampel urin yang berasal dari kantung penampungan bahkan tidak direkomendasikan.

Pasalnya, pengambilan tes ini mengharuskan sampel urin yang tidak terkontaminasi agar bisa mendapatkan hasil yang akurat.

d. Menunggu hasil keluar

Setelah melakukan tes ini, kamu hanya perlu menunggu hasil pada tempat yang telah disediakan. Pasalnya, Surat Keterangan Bebas Narkoba ini akan cepat keluar setelah sampel urin diidentifikasi.

Kamu bahkan hanya perlu menunggu sekitar 30 menit setelah pengambilan sampel dan surat resmi akan keluar dengan cap stampel dari badan terpercaya.

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba Online

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba Online

Pelayanan pembuatan surat bebas narkoba online tidak ada di semua daerah, akan tetapi disini kami mengambil contoh untuk daerah Cilacap yang menyediakan pembuatan surat pernyataan bebas narkoba online.

Berikut adalah cara pembuatan surat keterangan bebas narkoba online:

  1. Membuka Website Pendaftaran
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran
  3. Mengisi Surat Pernyataan
  4. Mengisi Form Skrining DAST 10
  5. Kode Billing dan Jadwal pengambilan Urine akan dikirimkan via Whatsapp
  6. Melakukan pembayaran di Bank atau kantor Pos
  7. Datang ke Klinik dengan membawa bukti pembayaran
  8. Tes Urine
  9. Menunggu hasil pemeriksaan
  10. Selesai mendapatkan Surat Bebas Narkoba
Catatan: Pastikan di daerah anda tersedia fasilitas pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba online

Contoh Surat Bebas Narkoba

Setelah mengetahui Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba, namun anda masih bingung ingin periksa kemana. Berikut adalah contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dari berbagai instansi.

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Pukesmas

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Pukesmas

Contoh Surat Bebas Narkoba dari Kantor Polisi

Contoh Surat Bebas Narkoba dari Kantor Polisi

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit

Contoh Surat Bebas Narkoba dari BNN

Contoh Surat Bebas Narkoba dari BNN

Berikut video mengenai cara pembuatan SKBN

Penutup

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) seringkali menjadi dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan dan masuk institusi.

Surat Keterangan bebas narkoba dapat didapatkan di kantor polisi di fasilitas dan fasilitas pelayanan kesehatan. Surat bebas narkoba ini menyatakan bahwa peserta tidak pernah menggunakan narkoba, psikotropika, dan beberapa zat adiktif lainnya.

Permasalahannya, penggunaan narkoba dapat mempengaruhi kinerja seseorang di tempat kerja atau institusi. Jadi itu sebabnya. Surat keterangan bebas narkoba ini sering dijadikan sebagai dokumen wajib saat melamar pekerjaan.

Biasanya, untuk mendapatkan surat keterangan bebas narkoba ini, pemohon harus melakukan tes urin, di mana perangkat Urine Screen Plus akan disediakan.

Itulah beberapa penjelasan terkait Surat Keterangan Bebas Narkoba yang harus kamu ketahui. Surat ini memiliki fungsi penting untuk membuktikan bahwa kamu tidak pernah menggunakan zat atau obat-obatan terlarang ini. Tentunya, surat ini juga memiliki fungsi penting untuk dilampirkan ketika hendak melamar pekerjaan di instansi tertentu.

Sekian artikel berjudul 10+ Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba, semoga bermanfaat.

Surat keterangan Bebas narkoba dibuat dimana?

Setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda dalam hal pengajuan lamaran kerja. Tidak sedikit perusahaan yang meminta pelamar melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN). Untuk mendapatkannya, pelamar harus datang ke kantor polisi setempat atau tempat lain yang menerbitkan SKBN.

Berapa biaya tes narkoba di Puskesmas?

Biaya pemeriksaan narkoba di puskesmas sendiri berkisar Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000. Perlu diketahui, puskesmas hanya menyediakan layanan pemeriksaan narkoba dengan metode tes urine.

Berapa biaya tes narkoba di RSUD?

Mungkin lebih terjangkau jika tes bebas narkoba dilakukan di rumah sakit atau pusat kesehatan milik pemerintah. Biaya pemeriksaan narkoba di rumah sakit dan klinik berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 500.000.

Apakah di Puskesmas bisa membuat surat keterangan bebas narkoba?

Bisa, anda dapat membuat surat keterangan bebas narkoba di rumah sakit umum atau puskesmas, kantor kepolisian, dan laboratorium BNN

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!