4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

Bagaimana Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online? Para pelaku industri makanan, terutama di era online saat ini, perlu memikirkan hal ini sebelum memulai usahanya.

4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

Memulai usaha makanan tidak hanya bergantung pada modal. Pengetahuan tentang analisis SWOT diperlukan agar bisnis dapat bertahan lama.

Terakhir, beberapa pelaku usaha juga mencari contoh analisis SWOT usaha makanan sebelum benar-benar merilis produknya ke konsumen.

Tidak hanya untuk memulai usaha, analisis SWOT juga berguna untuk menumbuhkan usaha yang fokus pada pada makanan.

Namun sebelum kita masuk ke contoh analisis SWOT usaha makanan, ketahui dulu tujuannya!

Seperti apa Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online? sebelum masuk kebagian tersebut, ketahui terlebih dahulu manfaat dari Analisis SWOT untuk usaha makanan.

Apa Manfaat Analisis SWOT untuk Usaha Makanan?

Harus diingat, meski baru pertama kali muncul ide-ide baru, usaha makanan online kini penuh dengan persaingan yang ketat.

Meskipun peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup tinggi, usaha makanan juga memiliki tingkat risiko yang tinggi.

Dengan menggunakan analisis SWOT, usaha makanan online yang akan dilakukan dapat lebih mengenali kekuatan keberhasilan pasarnya, meskipun sudah memiliki pesaing yang kuat.

Kekuatan usaha yang sukses tentu mengarah pada usaha yang ingin terus berjalan bahkan memiliki peluang besar untuk membuka cabang.

SWOT membantu mengidentifikasi kekurangan dari usaha yang dijalankan sehingga strategi untuk mengatasinya dapat direncanakan sedini mungkin.

Hasil analisis SWOT nantinya bisa menjadi kapabilitas yang masih terus di maksimalkan untuk membantu usaha menghadapi kendala di masa depan.

Jika kesulitan dalam menyusun analisis SWOT bisa melihat Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online dibawah ini.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Samosa

4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

“King Samosa” adalah sebuah usaha dalam bidang makanan ringan yang merupakan inovasi baru dari makanan timur tengah samosa.

Usaha ini dimulai dari sebuah usaha keluarga kemudian ingin dikembangkan lebih kreatif agar orang tidak bosan dan penasaran dengan hal yang baru.

Usaha ini memberikan cita rasa yang khas timur tengah namun berpadu dengan rasa yang modern seperti cokelat dan lain-lain.

Fokus dari usaha ini adalah menjadikan samosa makanan ringan yang berkesan modern, karena mempunyai standar tersendiri yang dapat bersaing dengan makanan ringan modern lainnya.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan untuk Samosa adalah sebagai berikut.

Strength (Kekuatan dalam Usaha Makanan Samosa)

Salah satu kekuatan dari usaha makanan ringan timur tengah samosa ini adalah sudah banyak orang yang mengenal varian produk samosa yang dibuat, karena usaha ini sudah berjalan sebelumnya.

Weakness (Kelemahan dalam Usaha Makanan Samosa)

Salah satu kelemahan dari usaha makanan ringan timur tengah samosa ini adalah mudah bergantinya trend dalam bentuk makanan ringan, sehingga masyarakat mudah berganti selera.

Opportunities (Peluang dalam Usaha Makanan Samosa)

  1. Keinginan masyarakat yang menyukai makanan ringan yang simple dan murah tetapi enak sehingga samosa mempunyai peluang yang cukup besar.
  2. Masyarakat menginginkan makanan yang terjamin kehalalannya, dimulai dari bahan sampai menjadi produknya.

Threats (Ancaman dalam Usaha Makanan Samosa)

  • Persaingan dalam kreatifitas merupakan tantangan terbesar dalam usaha makanan ringan, karena masyarakat mudah bosan dengan produk yang tidak ada perkembangan inovasinya.
  • Strategi pemasaran yang digunakan melalui social media cukup banyak dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi usaha ini.

Baca juga: 50+ Daftar Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Fruit Pops

4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

Sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha dan kemampuan wirausaha terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Fuit Pops adalah sebagai berikut.

Strength (Kekuatan dalam Usaha Makanan Fruit Pops)

Rasa keyakinan terhadap produk yang berkualitas, karena kami memilih dengan selektif bahan baku produk yang segar dan bersih, selain itu kepercayaan kami pada strategis yang menurut kami dapat menguntungkan usaha.

Weakness (Kelemahan dalam Usaha Makanan Fruit Pops)

Terdapat kelemahan dalam usaha ini antara lain:

  • Produk tidak tahan lama.
  • Produk mudah di tiru.
  • Harga bahan baku tidak stabil.

Opportunities (Peluang dalam Usaha Makanan Fruit Pops)

Produk ini belum banyak dipasarkan di masyarakat maka dari itu ini menjadi peluang kami untuk menarik pembeli karena keunikan dari inovasi pengolahan buah yang baru, selain itu belum banyak yang menjual produk dengan jenis yang sama.

Peluang lain yang kami lihat adalah dengan memasuki musim panas cemilan fruit pops ini cocok untuk menyegarkan tubuh karena kesegaran buahnya.

Threats (Ancaman dalam Usaha Makanan Fruit Pops)

  • Persaingan yang tidak sehat.
  • Bahan baku yang tidak stabil.
  • Adanya produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk sendiri.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Croffle

4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

Ibu Rina yang saat ini menjalankan usaha Croffle. Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Croffle milik Ibu Rina adalah sebagai berikut:

Strength (Kekuatan dalam Usaha Makanan Croffle)

  • Bahan baku relatif mudah didapat
  • Rasa unik, masih tergolong jarang ditemukan

Weakness (Kelemahan dalam Usaha Makanan Croffle)

  • Tidak tahan lama
  • Distribusi produk terbatas

Opportunities (Peluang dalam Usaha Makanan Croffle)

  • Jumlah peminat tinggi
  • Adanya model penjualan online

Threats (Ancaman dalam Usaha Makanan Croffle)

  • Penjualan produk memang tinggi, tapi ditakutkan hanya karena tren sesaat
  • Jumlah kompetitor terus bertambah

Strategi yang Bisa Diterapkan dalam Usaha Croffle

Sebagai langkah pertama, Bu Rina bisa fokus pada penjualan di daerah yang sama karena opsi distribusi terbatas.

Ekspansi bisnis bisa dilakukan secara bertahap. Bu Rina pun perlu juga tahu cara daftar penualan makanan secara online agar bisa menerima pesanan online sehinggausahanya bisa kian laris.

Kemudian, strategi ekspansi awal adalah dengan meluncurkan adonan Croffle siap pakai yang bisa dibeli secara online. Dalam bentuk adonan, Croffle lebih mudah dlkemas sehingga jangkauan distribusi akan meluas.

Di samping itu, Bu Rina sebaiknya juga melakukan inovasi terhadap produk Croffle. Misalnya, dengan menambahkan varian rasa yang banyak disukai orang seperti matcha.

Inovasi semacam ini akan membuat pelanggan bertahan dan tidak cepat merasa bosan dengan produk.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Roti Bakar

4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan di bisnis roti bakar ini sebagai berikut:

Strength (Kekuatan dalam Usaha Makanan Roti Bakar)

  • Untuk membuat roti bakar sangatlah simpel dan tidak memerlukan waktu yang lama.
  • Harga dari roti bakar terjangkau, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan yang ada di masyarakat.
  • Roti bakar yang kami sajikan memiliki citarasa yang enak dan gurih, karena dibuat dengan bahan yang berkualitas.
  • Memiliki beragam rasa, jadi para pelanggan nantinya tidak bosan dengan roti bakar yang rasanya itu-itu saja.

Weakness (Kelemahan dalam Usaha Makanan Roti Bakar)

  • Tempat usaha sangat berpengaruh agar para pembeli bisa dengan mudah membeli roti bakar kami.
  • Pembelian biasanya akan sedikit menurun apabi tejadi cuaca yang buruk.
  • Kenaikan harga sembako yang tidak stabil bisa berpengaruh terhadap daya beli konsumen.

Opportunities (Peluang dalam Usaha Makanan Roti Bakar)

  • Biasanya masyarakat banyak yang mencari camilan terutama ketika malam hari, maka roti bakar bisa jadi sebagai pilihan makanan untuk camilan di malam hari.
  • Biasanya para pedagang roti bakar hanya menawarkan rasa yang umum ada di roti bakar lainnya yaaitu rasa cokelat, keju, nanas, kacang, srikaya, strawberry, blue berry, maka oleh karena itu kami akan menambahkan rasa baru agar memiliki lebih banyak rasa dibandingkan dengan pedagang roti bakar lainnya yaitu rasa durian. Jadi masyarakat yang suka dengan durian, roti bakar ini bisa jadi alternatif.
  • Pasar roti bakar ini sangat luas dimana bia mencakup dari berbagai kalangan dari muda samai tua.

Threats (Ancaman dalam Usaha Makanan Roti Bakar)

  • Banyaknya usaha sejenis yang menawarkan pelayanan yang lebih baik.
  • Adanya inovasi-inovsi baru yang bisa menarik konsumen ke tempat roti akar lain.
  • Bermunculannya makanan-makanan unik yang bisa mengalihkan pelanggan.

Strategi yang Bisa Diterapkan dalam Usaha Roti Bakar

Target Pasar

Tempat usaha yang akan kami tempati harus berada di tempat-tempat yang strategis seperti di pinggir jalan utama. Hal itu karena dengan tempat usaha kita berada di tempat yang ramai dan banyak dilewati orang, kami pun akan mudah mendapatkan pembeli.

Karena target dari usaha roti bakar kami adalah masyarakat sekitar tempat usaha dan masyarakat yang melewati tempat usaha kita.

Persaingan

Banyak sekali saingan di usaha roti bakar ini, tapi dengan adanya persaingan kita dituntut untuk terus berpikir kreatif supaya usaha yang dijalankan terus berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kita juga harus bersaing secara sehat dan tidak boleh saling menjatuhkan.

Sasaran Pembeli

Sasaran atau target pembeli kita yaitu semua kalangan masyarakat, baik itu kalangan atas, kalangan menengah, dan kalangan bawah.

Semua kalangan yang disebutkan pasti mampu untuk untuk membeli roti bakar kami, dikarenakan harga dari roti bakar kami terjangkau dan tidak menguras uang terlalu dalam. Harga untuk roti bakarnya antara 12.000 – 20.000.

Strategi Pemasaran

Ada beberapa strategi yang akan kami jalankan diantaranya:

1. Mulut ke mulut (Word of Mouth)

Promosi mulut ke mulut ini bisa dibilang sebagai promosi yang sangat ampuh, dan tidak perlu mengeluarkan uang.

Kita hanya dituntut untuk membuat produk yang enak dan membuat pelanggan rindu untuk mencobana lagi, nanti biasanya orang yang sudah merasa cocok dengan produk kita pasti akan merekomendasikan ke keluarga atau teman-temannya.

Apalagi di zaman sosial media saat ini jika pelanggan membagikan pengalamannya tentang produk kita pasti bisa langsung viral.

2. Media Online

Perkembangan dunia oline saat ini sangat begitu pesat, kita harus memanfaatkannya sebagai medai promosi secara online.

Kita bisa berpromosi mellu media sosial seperti facebook, twitter, blog, dan media sosial lainnya. Dengan begitu usaha kita akan banyak diketahui oleh orang lain.

3. Pengembangan Pasar

Kita juga harus memikirkan cara mengembagkan pasar selain melakukan strategi-strategi produk. Cara untuk memperluas pasar kita akan membuka cabang baru di daerah yang potensial.

Sehingga usaha kita banyak dikenal orang orang banyak dan bisa meningkatkan pendapatan. Kita juga bisa memberikan lowongan pekerjaan baru.

4. Pengembangan Produk

Untuk pengembangan produk, kita bisa menambahkan rasa yang tidak ada di penjual roti baka lain. Misalnya rasa durian jarang sekali pedagang roti bakar yang ada menu rasa duriannya.

Tentunya dengan harga yang terjangkau. Kedepannya mungkin akan dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang bisa untuk menjaga loyalitas para pelanggan.

Sekian artikel berjudul 4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!