Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa

Bagaimana cara Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa? Mengapa kita menganalisis diri kita sendiri untuk mahasiswa? dan apa triknya?

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa

Caranya adalah dengan melakukan analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa agar kita tidak merasa rugi selama masa studi dan juga setelah lulus.

Analisis SWOT ini akan berguna bagi kita untuk menyelesaikan kuliah dengan baik dan untuk mengoptimalkan kekuatan kita.

Lakukan analisis SWOT diri sendiri, jadi intinya untuk siapa, termasuk mahasiswa.

Melalui tingkat pendidikan tinggi, setiap mahasiswa sedang dalam proses menyadari identitas mereka dan mengenali kekuatan atau kelemahan mereka.

Karena pada tingkat pendidikan ini, mahasiswa telah memilih jalan yang ingin mereka ambil dan telah diberikan gambaran tentang apa yang mereka dapat dari awal.

Oleh karena itu, mahasiswa harus mengetahui sejak awal jurusan mana yang ingin mereka ambil dan, setelah lulus, karir apa yang akan mereka kejar.

Semakin dini Anda mengetahui apa yang Anda inginkan ketika dewasa, semakin mudah bagi mahasiswa untuk menjadi sukses.

Apakah berhasil dalam kuliah atau dalam kehidupan profesional atau dalam mendirikan perusahaan Anda sendiri pada akhirnya.

Tidak semua siswa memiliki rencana matang dan perencanaan seperti itu. Bahkan ada yang memilih pindah jurusan di tengah semester. Tidak masalah selama keputusan dibuat melalui analisis yang akurat.

Sedikit bantuan, proses penetapan tujuan dan rencana lainnya selama perkuliahan.

Beberapa mahasiswa mungkin menggunakan teknik analisis SWOT. Jadi apa sebenarnya SWOT itu dan mengapa penting bagi mahasiswa untuk menerapkannya?

Tentang Analisis SWOT

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa

SWOT sebagai salah satu bentuk sistem analisis atas kelemahan dan kelebihan yang memenuhi segala hambatan yang diinginkan dan seharusnya.

SWOT sendiri pada dasarnya merupakan singkatan dari 4 kata yang dikenal dengan 4 komponen.

1. Strength (Kekuatan)

Unsur atau komponen pertama dalam SWOT adalah kekuatan atau Strength. Sebagai unsur yang memberikan manfaat dan kemampuan mahasiswa.

Jadi, dalam proses analisis SWOT diri sendiri, beberapa siswa perlu mengetahui kelebihan apa yang mereka miliki terlebih dahulu. Kelebihan sebagai kemampuan bagi mahasiswa.

Kekuatan harus dikenali atau ditemukan dan dikenali sejak awal dalam proses menganalisis kekuatan kita.

Untuk mengetahui apa yang bisa dikembangkan, aset apa yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan, dan sebagainya.

Lalu bagaimana kita mengetahui kemampuan kita? Pertama, mulailah dengan mencari tahu apa yang paling kita sukai sebagai mahasiswa.

Cek juga prestasi apa saja yang sudah kamu capai selama magang dan dalam bentuk apa atau di bidang apa?

Setelah Anda menemukannya, akan lebih mudah untuk membuat ringkasan daftar keahlian Anda.

Mengapa disebutkan daftar? Karena pada umumnya setiap mahasiswa memiliki lebih dari satu kemampuan.

Meski pada akhirnya hanya ada satu atau dua yang lebih dominan atau menonjol. Komponen kekuatan dalam Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa perlu diperhatikan.

2. Weakness (Kelemahan)

Komponen kedua dalam analisis SWOT bagi mahasiswa adalah kelemahan. Hal ini bersifat analitis terhadap kekurangan atau kelemahan yang dimiliki sebagai mahasiswa.

Pada tahap ini, mahasiswa yang terlibat harus jujur ​​dan objektif.

Untuk menyadari kelebihan yang dimiliki seseorang dan diakui atau didukung oleh orang-orang di sekitar mereka.

Saya tidak tahu apakah itu keluarga Anda sendiri, teman sekolah atau teman kuliah.

Seperti halnya kelebihan, setiap orang pasti memiliki kekurangan atau kelemahan.

Walaupun masih banyak yang belum tahu, bisa jadi karena sifatnya yang narsis atau karena belum pernah melakukan analisis terhadap kita.

Mengetahui kekurangan penting dari analisis SWOT karena dapat membantu untuk menemukan masalah atau bahkan akar penyebab masalah. Misalnya, masalah mahasiswa adalah turunnya nilai mata kuliah.

Analisis SWOT yang dilakukan memberikan informasi tentang pemicunya. Bisa karena malas kuliah, tidak pernah belajar, dan lain sebagainya.

Kekurangan ini perlu dicari tahu jika Anda tidak menyadarinya, karena perlu ditemukan. Karena tidak mungkin mahasiswa mendapatkan nilai D secara langsung tanpa alasan yang jelas.

Mengidentifikasi kekurangan dengan benar memudahkan mahasiswa untuk menemukan solusi terbaik.

Sehingga proses analisis SWOT pada kelemahan menjadi poin utama dan tidak merasa minder setelahnya.

Hal ini menjamin karena niatnya untuk mencari jalan keluar, bukan untuk menyalahkan diri sendiri. Itulah peran mengetahui kelemahan dari Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa.

3. Opportunity (Peluang)

Komponen ketiga dalam analisis SWOT bagi mahasiswa adalah peluang. Ini adalah proses menganalisis jika ada peluang atau kesempatan yang akan menguntungkan kita sebagai mahasiswa.

Dalam analisis SWOT, analisis peluang sangat penting untuk dapat mencapai suatu tujuan dalam kehidupan setelah lulus.

Kemungkinan ini kemudian dapat dikombinasikan dengan keterampilan yang sudah dianalisis terlebih dahulu.

Jika ada peluang dan ada modal atau sumber daya untuk mencapai peluang itu, maka peluang suksesnya lebih besar.

Peluang ini bisa diketahui jauh sebelum mahasiswa masuk perguruan tinggi.

Misalkan, dalam menentukan jurusannya, cara yang sama akan berguna dalam menentukan jurusan.

Oleh karena itu, mahasiswa dapat menyaksikan kemungkinan peluang setelah lulusnya, terutama peluang kerja di bidang ini.

Jika Anda fokus bekerja cepat setelah lulus, dijamin Anda akan memilih jurusan yang menawarkan banyak pilihan pekerjaan atau persyaratan minimum sumber daya manusia yang tinggi.

Kemungkinan analitis tidak hanya dapat digunakan saat memasuki bangku kuliah. Bisa juga sepanjang proses perkuliahan karena mungkin ada peluang yang mendekati tahap kelulusan.

Karena di dunia kerja sendiri banyak sekali profesi yang dulunya diremehkan dan sekarang dijadikan jurusan idaman.

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa yang telah dilakukan akan membantu untuk menemukan peluang tersebut.

Sampai dapat digunakan untuk menggabungkan keterampilan, Anda dapat lebih mudah mencapai apa yang Anda inginkan.

4. Threat (Ancaman)

Komponen terakhir dari analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa adalah ancaman atau Threat.

Itu adalah situasi di mana ada satu hal yang berpotensi menghancurkan peluang yang Anda miliki. Threat ini hanya menguapkan kemampuan untuk kehilangan peran dan kesempatan seseorang.

Karena itu harus dicurigai dan dikenali sejak awal melalui analisis SWOT. Sepanjang perkuliahan, bentuk ancaman ini menjadi sangat beragam, dan sebagai mahasiswa yang kritis dan cerdas.

Hal ini perlu dapat diketahui dari awal, salah satunya adalah melakukan analisis SWOT sekarang juga.

Contoh ancaman yang mungkin dihadapi beberapa mahasiswa adalah berkembangnya banyak saingan atau pesaing.

Misalnya, ada universitas lain yang akreditasinya bagus yang bisa mencetak banyak lulusan.

Lulusan dengan jumlah yang banyak dan dalam bidang ilmu yang sama maka kemudian semua akan menjadi pesaing.

Meskipun ada peluang besar untuk bekerja di Perusahaan X, misalnya. Jika jumlah pesaing besar, peluang untuk diterima semakin kecil.

Penting untuk mempelajari ini sejak awal, untuk mengantisipasi hal ini sejak awal.

Sampai Anda bisa bereaksi dengan baik dan juga membuat taktik yang baik. Misalnya, setelah dipastikan ada ancaman, jumlah pesaing meningkat tajam.

Oleh karena itu, mahasiswa yang telah melakukan analisis SWOT akan mencari jalan keluar agar dapat mencapai daya saing yang tinggi.

Misalnya, selama kuliah, Anda memilih untuk bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, aktif dalam penelitian fakultas, mengikuti pelatihan atau pendidikan, dan sebagainya. Ini akan menjadi keuntungan untuk memenangkan persaingan.

Dalam analisis SWOT diri sendiri, beberapa mahasiswa perlu secara objektif mengidentifikasi semua komponen ini. Baru kemudian diperiksa dan memudahkan untuk menentukan taktik terbaik.

Ini tentang meminimalkan risiko tidak mencapai apa yang diharapkan dan diinginkan.

Pada saat yang sama, Anda dapat mengoptimalkan keterampilan yang ada dan mengurangi atau menghilangkan kelemahannya. Jadi keempat komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dalam analisis SWOT.

Baca juga: Analisis SWOT Adalah: Tujuan, Manfaat & Cara Membuat

Tujuan Analisis SWOT untuk Diri Sendiri

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa

Mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk menganalisis diri mereka sendiri untuk mengidentifikasi kekuatan mereka dan mengembangkan strategi untuk sukses di masa depan.

Melakukan analisis SWOT diri sendiri dapat dihitung dengan menganalisis beberapa dari 4 komponen yang dijelaskan di awal.

Proses ini tampaknya memakan waktu, meskipun sebenarnya tidak. Karena dapat membantu kita mengidentifikasi dan memilih atau mempersiapkan masa depan yang baik.

Untuk membuat Anda lebih bersemangat dalam melakukan analisis SWOT, berikut adalah beberapa petunjuk atau manfaat melakukan analisis SWOT diri sendiri sebagai Mahasiswa:

1. Mengetahui dan Memahami Keterampilan Anda

Cara melakukan analisis SWOT diri sendiri untuk mengetahui keterampilan atau kelebihan apa yang Anda miliki selama belajar.

Mengetahui hal ini sangat penting agar kita dapat lebih mudah mengenali kekuatan dan mengidentifikasi peluang dengan lebih baik.

Cukup banyak mahasiswa yang gagap ketika melihat kelebihan yang kita miliki.

Karena mereka memiliki harga diri yang rendah atau belum pernah menerima sanjungan sebelumnya. Ini tak perlu dikatakan ketika merasa bahwa analisis SWOT perlu dilakukan.

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa dalam bentuk kelebihan ini bervariasi dan ditekankan secara berbeda dari mahasiswa ke mahasiswa lainnya.

Misalnya, jika Anda memasuki jurusan bahasa Inggris, mungkin ada peluang untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik sejak sekolah menengah atas.

Ini adalah keterampilan yang layak untuk diakui, digunakan, dipelihara dan, jika mungkin perlu dikembangkan.

Tidak masalah apakah Anda memilih pelatihan bahasa Inggris online atau offline. Artinya keterampilan yang dimiliki terasah dengan baik.

2. Memanfaatkan Peluang dengan Jeli

Mahasiswa harus mulai belajar untuk mengetahui peluang yang dimilikinya dan melihat jauh ke depan untuk menemukan peluang tersebut. Peluang ini biasanya berhubungan dengan karir setelah menjadi sarjana.

Mengapa Menganalisis Peluang Karir? Karena rata-rata mahasiswa mulai mengkhawatirkan masa depannya setelah lulus kuliah.

Apa lagi yang diungkapkan oleh fakta di lapangan saat pekerjaan semakin meningkat?

Namun, jumlah pencari kerja terus meningkat. Akibatnya persaingan semakin ketat dan peluang langsung bekerja setelah lulus sangat kecil.

Analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa membantu untuk mengidentifikasi peluang di dunia kerja pada tahap awal. Sampai Anda dapat memilih opsi yang sesuai dengan kelebihan Anda.

Selama waktu ini juga, mahasiswa dapat mencoba memanfaatkan peluang yang dimungkinkan berhasil.

Memiliki bekal yang cukup untuk dapat memanfaatkan setiap peluang yang telah lama muncul dengan sendirinya.

3. Ketahui Kelemahan yang Perlu Diatasi

Tujuan selanjutnya adalah membantu mahasiswa melihat kekurangannya. Dengan cara ini, solusi dapat ditemukan dari daftar kekurangan dan masalah inti dapat diidentifikasi.

Misalnya, mahasiswa baru mengetahui bahwa mereka tidak bertanggung jawab. Seperti sengaja tidak mengerjakan tugas, sengaja bolos kelas karena tidak suka dengan dosennya, atau yang lainnya.

Kekurangan ini akan membuat semakin banyak ancaman yang akan membuat kita kehilangan diri kita sendiri.

Analisis SWOT diri sendiri akan membantu menemukan ini lebih cepat. Sampai Anda mulai mengembangkan taktik untuk mengatasi kekurangan tersebut.

4. Kenali Ancaman yang Anda Dihadapi

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa ini akan mengenali ancaman yang akan dihadapi.

Ancaman akan selalu ada dan hampir semuanya akan bertemu tanpa terkecuali. Ancaman ini dapat menghalangi setiap mahasiswa untuk mewujudkan impian mereka dan mewujudkan tujuan mereka.

Analisis SWOT menuntut mahasiswa untuk mengenali dan mengetahui kengerian apa yang mereka hadapi. Selain itu, mereka dapat menyusun taktik untuk meminimalkan ancaman.

Jika tidak dikenali sejak awal, risiko tidak mampu menghadapinya semakin meningkat.

Pada saat yang sama, ini meningkatkan risiko tidak berhasil di tengah jalan atau tidak mencapai tujuan Anda sendiri.

Jadi, melalui analisis SWOT, setiap mahasiswa berkesempatan untuk mengetahui dari awal seperti apa ancaman itu.

Sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan strategi untuk menghadapi dan meminimalkan efek negatifnya.

5. Membantu Menikmati dan Kesuksesan dalam Masa Perkuliahan

Analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa juga dapat membantu mereka menikmati masa kuliah mereka dan menjadi sukses.

Melalui analisis ini, seorang mahasiswa dapat mengetahui kelebihan, kekurangan dan peluang di masa depan.

Ini akan mendorong mereka untuk mengambil kuliah dengan serius dan tampil memuaskan di akhir. Jika Anda telah mencapai kesuksesan, Anda biasanya akan menikmati masa kuliah.

Keberhasilan universitas juga tercermin dalam prestasi yang berhasil diselesaikan.

Bagaimana mahasiswa secara bersamaan merencanakan masa depan mereka dengan matang dan mengambil kuliah dengan serius? Apa pun bisa dicapai jika analisis SWOT dimulai.

6. Berkontribusi pada kesuksesan kelulusan perguruan tinggi

Poin penting dari Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa yaitu berkontribusi pada kesuksesan kelulusan perguruan tinggi.

Siapa yang menolak untuk sukses selama kuliah? Tidak ada jaminan bahwa semua mahasiswa, meskipun jurusan mana pun yang mereka pilih, tentu mereka ingin sukses.

Biasanya, keberhasilan dapat diukur dengan mahasiswa mendapatkan pekerjaan dengan mudah setelah lulus.

Oleh karena itu, dengan menggunakan analisis SWOT, mahasiswa dapat mengidentifikasi kelebihan dan peluang kemudian mengoptimalkan diri.

Sehingga Anda tahu karir mana yang bagus dari awal dan memiliki bekal yang cukup untuk memenangkan persaingan.

Modal berikut akan membantu siswa mendapatkan pekerjaan langsung dari perguruan tinggi.

Jadi silakan lakukan analisis SWOT untuk melihat peluang dan tingkatkan peluang untuk meraih peluang saat kuliah selesai.

Baca juga: 4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

Cara Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa

Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa

Dalam menganalisis diri sendiri kita perlu melakukan beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut:

1. Tetapkan Tujuan

Saat merumuskan tujuan, Anda perlu memikirkannya sedetail mungkin.

Berikan jadwal atau timeline untuk menentukan waktu. Misalnya, jika Anda ingin mencapai tujuan ini.

Pastikan Anda memiliki apa yang diperlukan untuk berhasil. Jelaskan secara rinci apa yang Anda pikirkan tentang bentuk kesuksesan tersebut.

Setelah tujuan ditetapkan, proses selanjutnya menjadi lebih mudah.

Anda akan menyadari kelemahan dan kekuatan Anda untuk mewujudkan mimpi ini.

2. Tentukan Kekuatan dan Kelemahan Anda

Kami telah menjelaskan di awal bahwa setelah Anda mendefinisikan kesuksesan, mudah untuk memahami kelebihan dan kekurangan.

Setelah itu, ada banyak elemen yang dapat Anda faktorkan ke dalam dua faktor ini.

Saat mengisi kolom kelebihan, Anda juga harus ingat untuk menyertakan pengetahuan, latar belakang, keterampilan, dan pengalaman, serta menghubungi beberapa orang yang dapat merekomendasikan diri Anda.

Sementara itu, saat Anda menganalisis kekurangan, ingatlah beberapa hal yang mungkin menghalangi Anda mencapai tujuan yang telah Anda putuskan.

Kekurangan ini menjadi bahan refleksi nantinya saat mulai bekerja.

3. Tentukan Peluang Anda

Tidak seperti kelemahan dan kekuatan yang bersifat internal, peluang adalah faktor eksternal yang menguntungkan kelebihan Anda.

Contoh peluang adalah sertifikat yang dapat mendukung kelebihan Anda.

Contoh lain adalah calon jurnalis yang memiliki kendaraan dan netbook pribadi.

Kemungkinan tempat tinggal Anda tidak jauh dari tempat Anda kuliah, sehingga Anda memiliki keleluasaan jika tiba-tiba ada kelas mendadak.

Cara Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa yaitu tentukan keuntungan Anda dari lingkungan dan fasilitas yang Anda miliki.

4. Pertimbangkan Ancaman Diri Kita Sendiri

Seperti halnya peluang, ancaman adalah faktor eksternal yang dapat menghalangi Anda.

Contoh lainnya adalah lokasi rumah Anda yang jauh dari kampus, sehingga Anda datang terlambat karena jarak dan kemungkinan macet.

Contoh Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa S1

Saya akan mencoba menganalisa SWOT yang ada dalam diri saya dari sekarang hingga 5 tahun kedepan.

Kekuatan apa yang dapat memengaruhi karier saya dan apa hambatan ke depan sehingga saya dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik?

Tujuan utama saya untuk 3 sampai 4 tahun ke depan adalah untuk lulus kuliah dengan cumlaude. Dengan nilai cumlaude dan lulus tepat waktu, saya berharap dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang sama sesuai dengan kelebihan saya dan tentunya keinginan dan rencana saya.

Detail mengenai Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa S1 dapat dilihat dibawah ini.

Strenght

Situasi/kondisi yang merupakan kekuatan seseorang, organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang berperan/berpengaruh positif di masa yang akan datang. Strenght bersifat internal.

  • Memiliki semangat yang tinggi
  • Memiliki mental pantang menyerah
  • Memiliki jiwa bisnis (entrepeneur) yang tinggi
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
  • Bertanggung jawab pada diri sendiri
  • IPK ≥ 3,5
  • Good looking
  • Memiliki atittude yang baik
  • Memiliki kemampuan bersosialisasi cukup baik
  • Terbuka dan mau menerima saran dari orang lain sebagai motivasi

Weakness

Situasi/kondisi yang merupakan kelemahan seseorang, organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang bisa berpengaruh negatif di masa yang akan datang. Weakness bersifat internal.

  • Lemah dalam mengatur keuangan (boros)
  • Malas
  • Lemah dalam hafalan
  • Susah mengatur waktu dengan baik
  • Lemah dalam mempersuasi/melobi orang atau lembaga
  • Ceroboh
  • Pelupa

Opportunity

Situasi/kondisi peluang atau kesempatan yang berkembang di masa datang yang terjadi di luar diri sendiri, organisasi, atau sebuah program. Opportunity bersifat eksternal.

  • Mengikuti organisasi dan kepanitian di kampus yang mampu membangun softskill
  • Banyak belajar secara otodidak untuk menambah pengetahuan
  • Memiliki teman-teman yang baik dengan berbagai macam skill
  • Memperdalam pengetahuan tentang kedokteran hewan melalui magang dan kegiatan Himpunan Profesi

Threat

Situasi/ kondisi yang merupakan ancaman atau hambatan yang dapat mengancam eksistensi seseorang, organisasi atau sebuah program di masa datang. Threat bersifat eksternal.

  • Banyak orang (kompetitor) yang memiliki skill diatas saya
  • Deadline untuk lulus kuliah cepat (maksimal 4 tahun)
  • Banyak tugas kuliah yang saya rasa sulit
  • Lapangan pekerjaan yang sesuai harapan makin sedikit
  • Ketahanan tubuh yang kurang

Setelah saya menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya, langkah yang harus saya lakukan yaitu menyusun strategi untuk bisa diimplementasikan mulai sekarang hingga 5 tahun ke depan.

Strategi 1 tahun ke depan :

  • Fokus kuliah, mengejar target IPK minimal 3.5
  • Mengerjakan tugas-tugas kuliah sebaik mungkin
  • Melatih kemandirian dengan berbisnis kecil-kecilan
  • Lebih rajin olahraga agar tubuh tetap bugar
  • Dapat membagi waktu dengan baik antara bermain dengan kuliah, organisasi dan bisnis
  • Lebih banyak melatih jiwa sosialisasi
  • Mengikuti kegiatan intra dan ekstra kampus untuk melatih kepercayaan diri
  • Bertanggung jawab dalam segala hal

Strategi 2-3 tahun ke depan :

  • Fokus kuliah, mengejar IPK cumlaude
  • Lulus kuliah tepat waktu
  • Memperbanyak relasi dalam berbagai hal
  • Memperbesar bisnis
  • Banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
  • Disiplin waktu
  • Bertanggung jawab
  • Magang di tempat yang sesuai harapan dan kemampuan (skill)

Strategi 4-5 tahun ke depan :

  • Lulus kuliah dengan IPK cumlaude
  • Mendapatkan pekerjaan yang mapan
  • Memiliki kehidupan yang mapan
  • Memiliki berbagai macam usaha (kuliner,wedding organizer,butik dll)
  • Menikah dengan pria yang mapan, beriman dan tampan

Harapan saya setelah menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya dan membuat strategi hingga 5 taun ke depan, kehidupan saya mulai sekarang dan seterusnya bisa tertata dan selalu menjaga komitmen terhadap apa yang sudah saya susun dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dalam diri saya.

Dan tentunya dengan berbagai hambatan yang ada, saya harus bisa melewati semua untuk menuju kesuksesan dalam karir kelak.

Video mengenai analisis SWOT diri sendiri bisa dilihat di bawah ini

Penutup

Setelah menganalisis semua faktor SWOT diri sendiri, pastikan untuk memeriksa hasil spreadsheet yang Anda buat.

Pastikan itu sesuai dengan kepribadian dan lingkungan Anda. Ingatlah untuk menjawab semua faktor dengan jujur.

Tentunya Anda akan lebih memahami diri sendiri dan mencari jalan keluar agar Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Sekian artikel berjudul Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa, semoga bermanfaat.

Apa tujuan melakukan analisis SWOT pada diri kita sendiri?

Mengetahui kemampuan, kelebihan dan kekuatan dalam diri kita. Dengan mengetahui hal ini, kita belajar tentang kemampuan kita sehingga kita dapat menggunakannya dengan kemampuan terbaik kita. Mengetahui kekurangan dan kelemahan dalam diri kita

Apa salah satu contoh strength kekuatan pada diri sendiri?

Kekuatan mengacu pada kemampuan yang ada pada diri sendiri dan dapat digunakan secara optimal. Misalnya, Anda adalah karakter yang ramah, mudah bergaul, dan santai. Oleh karena itu, kemampuan Anda adalah kekuatan untuk mempengaruhi lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan analisis diri?

Analitis, artinya introspeksi, atau refleksi, dan diri artinya saya, ego, diri saya sendiri, dan lainnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa analisis diri adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar tanpa intervensi dan dengan penekanan pada pembelajaran dan pemahaman diri sendiri.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!