Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya

Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Cakupannya | Kontraktor merupakan salah satu karir yang diperlukan. Melakukan pembangunan rumah tinggal, gedung perusahaan dan lain-lain bukanlah hal yang mudah dan tidak boleh asal-asalan.

Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya

Saat merencanakan pembangunan, kita tidak hanya harus selektif, tetapi juga memikirkan beberapa detail. Pihak yang akan membantu kami dengan proyek konstruksi adalah kontraktor.

Meski menyewa jasa kontraktor membutuhkan anggaran tambahan, namun pelaksanaan proyek pembangunan bisa lebih tertata dan hasilnya lebih memuaskan.

Hasilnya lebih memuaskan karena beberapa kontraktor menyelesaikan proyek pembangunan dengan spesialisasi saat mereka bekerja.

Apa itu kontraktor? Kontraktor adalah salah satu karir terpenting dalam pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia.

Beberapa infrastruktur tersebut menjadi salah satu faktor penting yang memudahkan kehidupan warga. Tak heran jika karier seorang kontraktor dihabiskan di lapangan setiap hari.

Untuk memahami berbagai hal tentang kontraktor lebih jelas bacalah informasi pengertian kontraktor, tugas dan tanggung jawabnya, jenis-jenisnya, hingga contoh beberapa perusahaan kontraktor terbaik di Indonesia di bawah ini.

Apa itu Kontraktor, Kontraktor Artinya, Kontraktor Adalah…

Apa itu kontraktor? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kontraktor disebut sebagai pemborong atau anemer. Secara umum, kontraktor melihat diri mereka sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk melaksanakan semua atau sebagian dari pekerjaan konstruksi.

Seorang kontraktor memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan berbagai bahan, peralatan, dan tenaga kerja untuk apa pun yang diperlukan dalam masalah pembangunan proyek.

Umumnya, seorang kontraktor datang untuk mengawasi pembangunan gedung dan proyek.

Kontraktor berasal dari ‘kontrak’ yang berarti perjanjian tertulis antara dua pihak dalam perdagangan, persewaan dll.

Hal ini terkait dengan ketika seorang kontraktor bekerja untuk memberikan keterampilan dan layanan kepada perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Dalam melaksanakan pekerjaannya seorang kontraktor dibatasi oleh waktu penyelesaian, biaya dan berbagai hal yang berhubungan dengan kontrak yang telah disepakati.

Seorang kontraktor biasanya mendapatkan proyek pekerjaannya dalam 2 langkah.

  • Pertama, kontraktor dapat dipilih langsung oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pembangunan,
  • Langkah kedua adalah melalui lelang, yang biasanya dilakukan oleh pemilik proyek.

Kontraktor yang memenuhi persyaratan pembangun dan mengajukan harga terbaik melalui produk berkualitas nantinya dapat memenangkan lelang.

Dalam dunia perusahaan konstruksi banyak sekali istilah-istilah seperti kontraktor umum atau general kontraktor yang banyak muncul, namun tidak sedikit orang yang masih bingung.

Secara harfiah, kontraktor umum dan general kontraktor adalah dua hal yang sama.

General Contractor atau Kontraktor Umum sebagai kontraktor yang dipilih langsung oleh pemilik proyek untuk membantu pembuatan bangunan.

Singkatnya, kontraktor umum menerima mandat langsung dari pemilik proyek konstruksi.

Kontraktor umum dapat dikatakan sebagai kontraktor utama untuk proyek tersebut atau yang biasa disebut dengan main contractor project untuk proyek tersebut.

Baca juga: Karyawan Swasta Adalah: Pengertian, Hak dan Kewajiban

Apa itu Sub Kontraktor? Sub Kontraktor Adalah…

Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya

Selain kontraktor, ada juga yang disebut sebagai subkontraktor. Ini berarti badan hukum atau orang yang dapat melakukan tugas di industri tertentu atau spesialis di perusahaan kontraktor tertentu.

Misalnya, jika Anda mengerjakan proyek konstruksi dengan bangunan yang menjulang tinggi, ada yang disebut sebagai subkontraktor untuk gas, listrik, bekisting, partisi, finishing arsitektur, dan masih banyak lagi subkontraktor lainnya di perusahaan konstruksi.

Beberapa hal telah diselesaikan oleh kontraktor seperti pembangunan jembatan, jalan, gedung, dermaga dan proyek infrastruktur lainnya.

Biasanya dilakukan oleh kontraktor dan membantu berperan dalam konstruksi atau pengembangan.

Tidak hanya kontraktor, tetapi perusahaan konstruksi lain yang mengerjakan suatu proyek memiliki mekanisme denda atau sanksi jika kontraktor gagal melakukan tugas yang sudah ada dalam kontrak.

Misalnya, jika hasil konstruksi tidak sesuai dengan detail teknis, waktu penyelesaian dan beberapa hal tidak sesuai dengan kontrak yang disepakati.

Tugas Kontraktor dan Tanggung Jawabnya

Seorang kontraktor jelas memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab utama yang harus diikuti.

Pada umumnya tugas kontraktor adalah menyelesaikan konstruksi oleh pemilik pekerjaan sesuai dengan kualitas, waktu dan biaya yang telah disepakati sebelumnya dengan pemilik proyek.

Tentu saja, pemilik proyek yang menggunakan jasa perusahaan kontraktor dapat berupa orang perseorangan, badan hukum, tergantung pada ukuran proyek pembangunan, bahkan dalam kaitannya dengan negara.

Tugas dan tanggung jawab masing-masing kontraktor dapat bervariasi tergantung pada proyek yang sedang dikerjakan.

Namun, secara umum, tugas dan tanggung jawab kontraktor berikut ini hampir selalu ada dalam setiap proyek yang dijalankan ke depannya:

  • Merencanakan ke depan untuk pengembangan dan dampak dari beberapa proyek besar
  • Menentukan dan memperkirakan berbagai faktor proyek berdasarkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  • Mempertimbangan berbagai kemungkinan dalam perubahan proyek
  • Memastikan detail keselamatan dan kesehatan karyawan kontraktor
  • Mengkoordinasikan semua pihak yang terlibat dalam konstruksi sebagai klien dan subkontraktor
  • Mengelola permasalahan terkait persyaratan izin, legalitas, dan berbagai peraturan lainnya.

Lingkup Jasa Kontraktor

Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya

Tentu saja, saat menyewa jasa kontraktor, kita harus selektif dalam mengidentifikasi dan memutuskan siapa yang akan mengerjakan proyek tersebut.

Selain mencari referensi terkait track record kontraktor, Anda bisa memahami beberapa layanan yang diberikan kontraktor untuk evaluasi lebih lanjut. Lingkup layanannya adalah sebagai berikut.

1. Jasa Desain

Layanan jasa pertama kontraktor adalah jasa desain. Sebelum memberikan jasa desain, kontraktor terlebih dahulu melakukan negosiasi dengan pemilik proyek dan melakukan kunjungan lapangan.

Setelah selesai, kontraktor baru dapat mengevaluasi desain secara detail. Desain dimulai dengan desain interior, eksterior dan fasilitas. Desain kemudian disamakan dengan keinginan, kebutuhan dan anggaran klien.

2. Bangunan dan Material

Lingkup jasa kedua Kontraktor Adalah dalam hal bangunan dan material, kontraktor akan bertanggung jawab untuk membersihkan lahan, menggali pondasi dan membangun sumur resapan.

Pada bagian ini, kontraktor membutuhkan banyak alat berat untuk kelancaran suatu proyek.

3. Perbaikan, Renovasi dan Remodeling

Lingkup jasa ketiga Kontraktor Adalah dalam hal perbaikan dan pembangunan kembali, kontraktor membuat pembongkaran untuk pembaruan bangunan.

Pembongkarannya bisa saja besar, tergantung keinginan klien atau tingkat kerusakannya. Dalam pembongkaran yang berkaitan dengan interior, eksterior dan fasilitas rumah atau bangunan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Proyek

Jenis Kontraktor

Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya

Pekerjaan kontraktor tidak hanya melibatkan pembangunan rumah dan beberapa gedung bertingkat, tetapi lebih. Beberapa bidang usaha dan jenis kontraktor adalah sebagai berikut.

1. Kontraktor Bidang Arsitektural

Kontraktor Arsitektural sebagai salah satu profesi kontraktor yang jasanya banyak diminati oleh masyarakat umum.

Lingkup tugas kontraktor di bidang arsitektur dapat mencakup bangunan berteknologi rendah, berteknologi menengah hingga tinggi, serta desain interior, lanskap, dan pemeliharaan.

2. Kontraktor Bidang Sipil

Kontraktor sipil umumnya mencakup banyak pekerjaan, salah satunya adalah pembangunan jembatan, jalan, jalur kereta api, bandara atau pangkalan udara, jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, jaringan irigasi hingga drainase sungai.

Selain itu, beberapa pekerjaan jasa kontraktor bidang sipil mungkin juga dapat termasuk membangun dermaga, bangunan pencakar langit, konstruksi pabrik, pertambangan, dan pemeliharaan hingga pembongkaran bangunan.

3. Kontraktor Bidang Tata Lingkungan

Sesuai dengan namanya, tugas kontraktor tata lingkungan mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan rencana penataan kota, seperti: Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Teknik Lingkungan, Bangunan Pengolahan Air Bersih dan Pengolahan Limbah.

Beberapa hal lainnya adalah pengembangan wilayah, pipa lembah dan pemeliharaannya yang akan menjadi perhatian kontraktor tata lingkungan.

4. Kontraktor Bidang Elektrikal

Layanan kelistrikan mencakup beberapa masalah kelistrikan. Beberapa tanggung jawab kontraktor pada bagian ini antara lain instalasi pembangkit listrik, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan fasilitas penunjang navigasi udara dan laut, penangkal petir dan gedung pemancar radio.

5. Kontraktor Bidang Mekanikal

Kontraktor di bidang mekanik bertanggung jawab atas berbagai hal yang berkaitan dengan teknisi.

Beberapa tugas kontraktor pada bagian ini antara lain AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, konstruksi elevator dan eskalator, dan pemipaan termasuk perawatannya.

Cara Memilih Kontraktor yang Baik

Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya

Bagi sebagian pengusaha real estate, mencari kontraktor yang jujur ​​dan baik adalah poin penting.

Saat ini jasa kontraktor ada dimana-mana tapi tidak semuanya bisa mengerjakan tugas secara efektif. Beberapa hal ini akan membantu Anda memutuskan kontraktor.

1. Memiliki identitas yang jelas

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih kontraktor adalah memilih yang memiliki identitas yang jelas.

Karena perusahaan konstruksi yang profesional tentunya memiliki identitas yang jelas.

Identitas dapat mencakup validitas perusahaan, kontak yang jelas dan mudah dijangkau, serta alamat kantor dan perusahaan yang mudah dijangkau.

Dan beberapa kontraktor yang tidak memiliki identitas yang jelas harus dipertimbangkan kembali untuk dipekerjakan pada suatu proyek.

2. Memiliki Reputasi dan Portofolio yang Terpercaya

Cara kedua memilih kontraktor adalah pastikan memiliki reputasi dan portofolio yang terpercaya.

Selain identitas, perusahaan kontraktor dapat dikatakan profesional dalam hal reputasi dan portofolio.

Masalahnya, reputasi dan portofolio perusahaan kontraktor mencerminkan hasil pekerjaan mereka dan pelanggan yang telah menggunakan jasa mereka.

Ketika banyak pelanggan yang puas, kontraktor layak menjadi pilihan dan dipertimbangkan lebih lanjut.

3. Melakukan Perhitungan Anggaran secara Transparan

Langkah ketiga untuk menemukan kontraktor yang baik adalah dengan melihat secara transparan dari sisi anggaran mereka.

Penawaran harga dari perusahaan kontraktor adalah aspek utama yang perlu diperhatikan, jangan tergiur dengan harga murah.

Pertama kali, pastikan Anda menanyakan detail harga sebelum menyewa jasa kontraktor.

Pilih kontraktor dengan harga jasa yang sesuai dengan kualitas yang mereka pasarkan. Ketika harga dan kualitas tampak logis, Anda hanya bisa menggunakan jasa kontraktor dari perusahaan yang satu ini.

4. Mengutamakan Keselamatan Kerja

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui ketika memilih kontraktor adalah apakah perusahaan kontraktor mengutamakan keselamatan karyawannya.

Hal ini tidak boleh dianggap enteng karena kontraktor profesional pasti akan mengutamakan keselamatan pekerjanya di lokasi kerja.

Untuk mengetahui hal tersebut, dari sisi langkah-langkah pelayanan, dapat dilihat bahwa perusahaan kontraktor menyediakan peralatan kerja, fasilitas kerja yang memadai, minuman dan makanan yang memadai, serta lingkungan kerja yang aman.

Gaji Bekerja di Perusahaan Kontraktor

Sama halnya dengan bekerja di bidang perusahaan yang lain, salah satu pemikiran seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya adalah gaji.

Secara umum, gaji karyawan kontraktor berbeda-beda tergantung pada jenis tugas dan industri.

Karena setiap proyek tentu saja berbeda. Namun, kisaran gaji untuk karyawan perusahaan kontraktor, mulai dari fresh graduate, umumnya sekitar 4-6 juta/bulan.

Bisa dipastikan gaji kontraktor bisa lebih tinggi dari yang disebutkan sebelumnya jika sudah mengalami kenaikan level.

Salah satu faktor peningkatan level ini adalah skill, sertifikasi dan pengalaman yang terus meningkat.

Jika Anda sudah mengetahui kisaran gaji untuk bekerja di perusahaan Kontraktor ini, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan Kontraktor.

Tips Pemasaran Jasa Kontraktor Adalah Sebagai Berikut

Menciptakan Kepercayaan Konsumen

Pelanggan pada dasarnya adalah sumber pendapatan dan faktor penentu dalam transformasi bisnis.

Dalam hal ini, usaha kontraktor juga diperhitungkan. Jadi tidak ada salahnya kontraktor selalu berusaha menciptakan kepercayaan dengan pelanggan.

Intinya, kontraktor adalah jenis usaha yang cukup unik. Langkah mencari klien untuk kontraktor tidak semudah perusahaan lain.

Karena pemborong harus meningkatkan promosi dan pelayanannya agar dapat menarik pelanggan.

Jadi begitu pelanggan sudah menjalin hubungan yang baik harus terus dibina agar pelanggan tetap memiliki kepercayaan.

Kepercayaan pelanggan akan memungkinkan kontraktor untuk terus meningkatkan layanan mereka dan memperluas jaringan mereka.

Setiap kontraktor harus dapat melakukan pekerjaan mereka dengan optimisme tentang kesuksesan mereka.

Pada akhirnya, kepercayaan diri ini dapat membuat kontraktor lebih percaya diri dalam bekerja dengan klien.

Memperluas Promosi oleh Kontraktor Adalah Penting

Pada dasarnya, strategi pemasaran terbaik untuk ekspansi bisnis adalah dengan melakukan promosi.

Hal ini juga berlaku untuk pengusaha yang ingin menarik banyak pelanggan. Oleh karena itu, menjalankan promo merupakan langkah tepat bagi para kontraktor untuk memamerkan jasanya.

Selain itu, jika kontraktor adalah pemula yang belum memiliki pengalaman dan membutuhkan pelanggan untuk menambah pengalaman kerja.

Oleh karena itu, siapapun yang ingin mendalami dunia kontraktor harus belajar melakukan kegiatan promosi.  Misalnya melalui presentasi tentang layanan yang dijual kepada pelanggan.

Layanan Boyongan dapat dijual langsung kepada pelanggan agar pelanggan dapat mengenali dan mempercayainya hingga pelanggan memutuskan untuk menggunakan Layanan Boyongan.

Menjaga Kualitas Kontraktor Adalah Hal Mendasar

Pendirian perusahaan harus selalu disertai dengan pelayanan yang baik dan jaminan yang berkualitas dari para penjual.

Ini juga diperhitungkan dalam dunia bisnis, yang biasanya tidak begitu mudah untuk menemukan pelanggan.

Jadi begitu Anda sudah mendapatkan pelanggan, usahakan semaksimal mungkin untuk selalu menjaga pelanggan tersebut.

Ada juga beberapa langkah untuk mempertahankan pelanggan, misalnya dengan menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Menjaga kualitas akan selalu membuat jasa kontraktor terlihat bagus di mata konsumen.

Hingga pada akhirnya ada beberapa pelanggan baru karena hasil kerja yang baik. Jangan sampai jasa borongan anda membuat sedih konsumen agar nama baik kontraktor selalu ada.

Meminta Testimoni

Setiap pengusaha tentu tahu persis apa peran dan manfaat yang menjadi acuan konsumen.

Referensi berikut menyebabkan semakin banyak pelanggan. Karena ada testimoni dari konsumen, maka jasa kontraktor akan semakin dikenal oleh sebagian individu kedepannya.

Referensi adalah jenis taktik untuk menjalankan promosi. Referensi bisa membuat nama baik para pelaku bisnis semakin tersebar luas di tengah masyarakat.

Jadi mintalah testimoni dari beberapa pelanggan yang telah menggunakan jasa Anda.

Dengan cara ini, nama baik perusahaan dan jasa Anda akan lebih sering didengar dan ditemukan oleh penduduk setempat.

Merajut Kerja sama

Menjalankan bisnis atau perusahaan tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Tentu saja, memulai bisnis membutuhkan peran dan kontribusi dari pihak lain agar bisnis dapat maju dan berkembang.

Begitu juga dengan bisnis jasa kontraktor yang bisa ditawarkan dan dijajakan dengan kontribusi dari pihak lain.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika jasa kontraktor menawarkan jasanya bekerjasama dengan berbagai pihak.

Misalnya, bekerja dengan pengembang besar. Atau bisa dipasangkan dengan kontraktor yang terus meningkat, memungkinkan nama perusahaan tumbuh lebih besar.

Untuk membentuk kerjasama ini, maka Anda membuat proposal kerjasama sebagai subkontraktor.

Perusahaan Kontraktor Terbaik di Indonesia

Ada banyak perusahaan Kontraktor di Indonesia yang namanya populer. Kontraktor berikut ini dikenal dengan kinerja dan pengalaman yang baik dan telah dipercaya untuk menangani berbagai jenis proyek.

Beberapa perusahaan Kontraktor adalah sebagai berikut.

1. PT Adhi Kreasi (Persero) Tbk

Perusahaan Kontraktor pertama yaitu PT Adhi Kreasi (Persero) Tbk. Perusahaan Kontraktor milik negara ini didirikan pada tahun 1960, pada tahun 1974 status perusahaan berubah menjadi perseroan terbatas, dan pada tahun 2004 menjadi perusahaan konstruksi pertama yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia).

2. PT PP (Persero) Tbk

PT PP (Persero) Tbk. Dibangun pada tahun 1953 dengan nama asli N.V Housing Development. Saat itu sulit dipercaya perusahaan oni bisa membangun rumah bagi beberapa pegawai PT Semen Gresik Tbk.

Kemudian perusahaan ini merealisasikan berbagai proyek seperti Hotel Indonesia, Ambarrukumo Palace Hotel dan Samudra Beach Hotel.

Pada tahun 1971 nama perusahaan ini diubah menjadi PT PP dan berbagai perkembangan dilakukan untuk memiliki anak perusahaan.

3. PT Hutama Karya (Persero)

Perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan di bawah perlindungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan Keputusan Pemerintah Republik Indonesia No. 61 Tahun 1961.

Perusahaan Kontraktor ini telah berhasil menunjukkan karyanya dengan pembangunan gedung-gedung bersejarah seperti Gedung MPR RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta.

Selama ini perusahaan tersebut telah memproduksi infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi, seperti Jembatan Ampera di Palembang.

4. PT Total Bangunan Persada Tbk

Perusahaan konstruksi ini disahkan pada tahun 1970. Setelah 11 tahun perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi PT Total Bangunan Persada Tbk.

Karya-karya populer perusahaan antara lain JIExpo Convention and Theater, ICE BSD, Astra Tower, Kompas Tower dan BRI BSD Tower.

5. PT Indonesia Pondasi Raya (Indopora) Tbk

Perusahaan konstruksi didirikan pada tahun 1977 dan secara khusus menangani masalah konstruksi pondasi untuk dinding penahan dan perbaikan tanah.

Pada tahun 2018, perusahaan ini berhasil menerima Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award untuk kategori konstruksi

Penutup

Setelah membaca berbagai informasi lengkap tentang kontraktor, dapat disimpulkan bahwa berkarir sebagai kontraktor bukanlah hal yang mudah.

Ada banyak peran khusus dalam karir kontraktor. Anda dapat mempelajari keterampilan penting tentang cara memilih kontraktor yang baik untuk mengerjakan suatu proyek.

Melalui informasi yang disebutkan di atas, misalnya dari pengertian kontraktor, ruang lingkup layanan kontraktor, berbagai jenis kontraktor hingga beberapa perusahaan kontraktor terbaik di Indonesia, Anda bisa memiliki pandangan sendiri tentang dunia kontraktor.

Kita bisa tahu persis tanggung jawab masing-masing kontraktor di sektornya masing-masing.

Sekian artikel berjudul Kontraktor Adalah: Tugas, Jenis dan Lingkupnya, Demikian informasi lengkap tentang dunia kontraktor yang bisa anda kenali.

Pekerjaan kontraktor itu apa?

Kontraktor adalah orang atau badan hukum yang ditugaskan atau disewa oleh klien proyek untuk melaksanakan tugas sesuai dengan perjanjian kontrak yang disepakati dan sesuai keahliannya.

Apa perbedaan kontraktor dan pemborong?

Secara umum, perbedaan yang paling mencolok dari pemborong dan jasa kontraktor adalah pemborong tidak memiliki izin usaha yang resmi dan tidak berbadan hukum. Jasa pemborong biasanya dinegosiasikan secara pribadi dan seringkali tidak ada kesepakatan hitam putih tetapi kesepakatan yang lebih merupakan kesepakatan lisan. Sedangkan kontraktor memiliki badan hukum dan perjanjian kontrak berada di atas hitam putih atau tertulis.

Kontraktor dan konstruksi apa bedanya?

Ketika kita mengenal kontraktor sebagai orang atau badan yang melakukan pekerjaan pembangunan sesuai kesepakatan dengan pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu, konstruksi di sini adalah suatu benda yang dibuat atau dikerjakan secara bertahap sesuai dengan kontrak yang disepakati bersama.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!