5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

Contoh perencanaan karir masa depan membutuhkan pengetahuan yang tepat dan ide-ide profesional sehingga kita dapat mencapai mimpi yang sama sesuai dengan impian dan keinginan kita.

5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

Inilah yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Dalam lingkungan kerja, banyak perusahaan yang memahami karir karyawannya. Namun ada juga yang hanya fokus pada perusahaan tanpa memikirkan masa depan karyawannya.

Jadi para pekerja, sebaiknya anda berhati-hati saat memilah perusahaan dan jika anda sudah masuk ke perusahaan tersebut, bisa mendiskusikan lebih lanjut apa yang ada di perusahaan atau beralih jika anda merasa karir impian anda tidak bisa terpenuhi.

Bahkan jika Anda memiliki 2 alternatif, rencana untuk pindah ke perusahaan baru atau mungkin memulai bisnis Anda sendiri. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Contoh Perencanaan Karir ini akan membantu anda dalam menyusun rencana karir karena tidak semua orang tahu bagaimana merencanakan karir yang baik. Mereka tahu bahwa mereka ingin sukses dalam pekerjaan mereka, tetapi terkadang mereka tidak tahu bagaimana melakukannya.

Untuk membantu Anda melakukan perencanaan karir, berikut adalah daftar trips yang dapat membantu Anda menemukan rencana karir untuk dikembangkan.

Lalu seperti apa Contoh Perencanaan Karir? Sebelum masuk kesana silahkan simak bagaimana cara mengembangkan perencanaan karir.

Baca juga: Perencanaan Karir Adalah: Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Cara Mengembangkan Perencanaan Karir

Besok adalah gambaran tentang apa yang bisa kita cita-citakan dan lakukan di masa depan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh berharap bahwa besok akan cerah jika Anda belum membuat rencana yang baik untuk itu.

Berikut adalah langkah sederhana untuk membantu Anda menciptakan masa depan yang lebih cerah:

1. Bangun Misi Hari ini, Dimulai dengan Mimpi

Dalam Contoh Perencanaan Karir ada hal yang penting yaitu membangun Misi Hari ini.

Jika perusahaan memiliki misi dan visi, maka karyawan harus memiliki misi.

Misi ini bisa dimulai dengan mimpi yang ingin Anda wujudkan. Misi ini merupakan pandangan masa depan.

Jadi jika Anda berencana membuat misi, Anda harus bisa memikirkan diri sendiri 5 sampai 10 tahun kedepan.

Jika Anda masih tidak tahu cara membuat misi, cobalah teknik berikut:

  • Tanyakan pada diri Anda apa yang Anda inginkan di masa depan.
  • Pikirkan tentang apa yang Anda akan lakukan dalam beberapa tahun ke depan.
  • Jika masih sulit membayangkan hingga lima atau sepuluh tahun, mulailah dengan misi 2-3 tahun.

Misi sebagai dasar untuk langkah selanjutnya. Anda harus berhati-hati saat membuat misi, bukan untuk membandingkan pakaian apa yang ingin Anda kenakan sekarang atau nanti.

Misi perlu dirinci dan perlu diuji untuk melihat apakah rencananya adalah arah yang Anda inginkan di masa depan.

Misi bisa berubah-ubah tetapi tidak terus-menerus, penyebabnya yaitu tidak fokus atau tidak berhasil mendapatkannya.

2. Kenali Diri Anda, Fokus pada Kelebihan Anda

5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

Melihat kemampuan dan kelemahan tersebut tidaklah mudah. Namun, terkadang orang-orang terdekat Anda tahu lebih banyak tentang Anda, dan ini adalah cara mudah untuk mengetahui rencana karir masa depan.

Namun secara logika, untuk bisa mengenali kekurangan dan kelebihan yang Anda miliki, Anda bisa meminta saran kepada beberapa teman dekat. Tuliskan apa yang mereka ungkapkan tentang kekuatan dan kelemahan Anda.

Sekalipun saran yang Anda minta dari pasangan berbeda dari apa yang Anda yakini, terima saja semuanya. Yang terpenting, Anda bisa mengambil sisi positif dan memotivasi diri sendiri. Namun, abaikan semua saran yang hanya meredam semangat Anda untuk karier yang lebih baik.

3. Analisis Pencapaian Anda, Jadikan Motivasi

Menganalisis pencapaian anda dan menjadikan itu sebagai motivasi merupakan hal penting dalam Contoh Perencanaan Karir.

Dalam pekerjaan, motivasi sukses menjadi rutinitas yang membuat jiwa bahagia. Namun, dalam setiap kesuksesan selalu ada masalah.

Di sini, bagaimanapun, prioritas Anda adalah memotivasi diri sendiri sehingga Anda terus mendorong diri sendiri untuk mencapai impian Anda.

Ada baiknya Anda menuliskan penghargaan atau pencapaian yang pernah Anda raih selama bekerja.

Namun, ini tidak mengesampingkan kemungkinan menggunakan ini sebagai pengalaman kerja untuk mencari pekerjaan baru.

Tidak hanya membuat portofolio atau CV Anda lebih menarik, catatan kinerja juga berperan dalam perencanaan karir masa depan.

4. Fokus dan Tingkatkan Keterampilan Anda Lagi

Keterampilan rata-rata berjalan seiring dengan tekad. Namun tidak ada salahnya mencatat keterampilan yang telah Anda kuasai untuk merencanakan masa depan yang lebih cerah.

Keahlian tidak harus banyak, yang penting ahli di tempat yang disukai, misalnya keterampilan menulis untuk pekerjaan jurnalis, bukan hanya kemampuan melihat, mereview, menulis, mengoreksi dan sebagainya.

Dengan menulis dan mengakui keterampilan yang dikuasai, kita dapat menetapkan jenis tugas yang berhubungan dengan keterampilan itu. Perencanaan karir juga lebih mudah diimplementasikan karena tidak terbatas pada satu jenis tugas saja.

5. Membangun Semangat untuk Memberikan Dukungan Profesional di Tempat Kerja

5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

Poin membangun semangat di tempat kerja juga hal penting di Contoh Perencanaan Karir.

Bekerja dalam suasana hati yang baik dapat meningkatkan produktivitas, sehingga antusiasme Anda dapat menghabiskan banyak uang, waktu, dan energi. Gairah bisa memberinya kesenangan dan kebahagiaan yang tak tergantikan.

Contoh antusiasme seperti contoh Anda sebagai karyawan di sebuah perusahaan IT dan sangat tertarik membahas teknologi PC dan smartphone.

Jika Anda sudah memiliki semangat di sana, Anda bisa dengan tulus meningkatkan semangat Anda di mana pun Anda berada. Artinya Anda memiliki pengetahuan dan wawasan baru tentang dunia teknologi PC dan smartphone.

Masalahnya menjadi sebaliknya ketika Anda bekerja tidak ikhlas dan Anda tidak menyukainya.

Dengan kata lain, Anda menghabiskan waktu bekerja tanpa motivasi dan semangat. Anda harus mencari pekerjaan baru yang cocok untuk Anda dan dapat meningkatkan semangat dan motivasi Anda.

6. Hati-hati Membaca Tren untuk Karir Masa Depan

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menarik kita untuk berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pasar.

Misalnya terkait surat menyurat, fotografi, desain dan lain-lain. Artinya, manfaatkan teknologi online yang kini mulai berkembang, pertajam pengetahuan baru dan karir baru.

Kita harus memperhatikan tren masa depan. Janganlah kita hidup di tempat yang tidak dapat kembali lagi di masa depan karena kita sedang dihancurkan oleh perubahan teknologi.

Jika kita tidak dapat memprediksi tren masa depan, setidaknya kita dapat dengan cepat mencocokkan dan menyamakan keterampilan saat ini dengan peluang karir masa depan.

7. Buat Rencana Karir Anda

Contoh perencanaan karir masa depan adalah menangkap rencana-rencana Anda dan mengartikulasikannya dengan jelas.

Karena itu, penting untuk memiliki gagasan tentang apa yang ingin Anda tangani untuk meningkatkan kualitas karier Anda.

Berapa lama itu dilakukan. Kelihatannya mudah, namun tidak semua orang mampu mencapai hal yang sama sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Anda harus memberikan contoh rencana karir masa depan dan melakukannya setelah waktu tertentu.

Namun, beberapa orang ragu-ragu sampai akhirnya lupa bahwa mereka semakin tua. Ketika Anda dapat berlari untuk kualitas karir yang lebih baik, mengapa bersantai?

8. Kerjakan Rencana Karir dengan Loyalitas

5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

Tanpa loyalitas dan kemauan untuk mengembangkan rencana karir masa depan, akan sia-sia. Dengan kata lain, segala sesuatu yang telah Anda rancang karenanya harus digerakkan.

Bangun semangat dan motivasi dan pertimbangkan apakah Anda bisa mencapai karir yang Anda inginkan.

Kelilingi diri Anda dengan lingkungan yang mendukung perubahan Anda. Pastikan untuk memilih persahabatan dan menjauh dari rekan kerja yang memiliki karakter beracun yang ingin menghalangi perkembangan Anda.

9. Percepat Pertumbuhan Keterampilan melalui Lembaga Pelatihan

Contoh Perencanaan Karir tidak akan membantu banyak dalam rencana anda, sebaiknya percepat pertumbuhan keterampilan dengan mengikuti pelatihan.

Gagasan tentang pekerjaan yang akan diperoleh seringkali membutuhkan keterampilan yang cukup, tetapi tingkat pendidikan yang sama.

Anda benar-benar harus melakukan ini. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan dapat menjadi wadah bagi kita untuk memperluas pengetahuan, relasi, dan peluang untuk karir atau bisnis yang lebih baik di masa depan.

10. Evaluasi Rencana Karir secara Teratur, ini bisa Triwulanan, Setengah Tahunan atau Tahunan

Evaluasi rutin merupakan aspek penting dari sebuah rencana. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengontrol dan mengatur hal-hal yang telah bergerak, apakah bertepatan atau menyimpang dari jalur karir.

Di sisi lain, tinjauan rutin perencanaan karir dapat menjadi metode yang efektif untuk mencapai karir sesuai jadwal.

Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan

Berikut adalah contoh perencanaan karir sederhana yang dapat Anda jadikan dasar rencana Anda nanti.

Contoh Perencanaan Karir Mahasiswa Arsitek

  • Tujuan karir jangka panjang: Menjadi seorang arsitek di Amerika.
  • Tindakan jangka pendek untuk mendukung tujuan ini:
    • Saya akan selalu belajar lebih banyak.
      • Saya akan bernegosiasi dengan rekan-rekan saya yang ingin menjadi arsitek
      • Saya akan mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan arsitektur dengan baik
      • Saya bisa bertukar banyak dengan beberapa pendidik yang ahli di bidang ini
    • Saya akan melatih keterampilan.
      • Saya membaca buku tentang arsitektur dari perpustakaan setiap minggu.
      • Saya akan berlatih menggunakan perangkat lunak yang diperlukan untuk membuat desain bangunan
      • Saya akan berlatih menggambar desain rumah
    • Saya akan mendapatkan pengalaman.
      • Saya mencari magang di bidang arsitektur nanti
      • Saya belajar tentang desain bangunan langsung dari ahlinya.
    • Saya akan mendapatkan pendidikan.
      • Saya akan belajar arsitektur
      • Saya akan mendapatkan gelar cum laude di bidang arsitektur

Contoh Perencanaan Karir Individu

Contoh Tabel Perencanaan Karir & Siklus Hidup Masa Depan untuk Individu Berdasarkan Usia dan Peran Umum

Contoh Perencanaan Karir Individu

Contoh Perencanaan Karir Perusahaan

Contoh Tabel Perencanaan Karir untuk Perusahaan atau Organisasi

Contoh Perencanaan Karir Perusahaan

Menambahkan batas waktu dapat memberi Anda lebih banyak motivasi untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Ini adalah contoh perencanaan karir yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan masa depan Anda.

Sekian artikel berjudul 5+ Contoh Perencanaan Karir Masa Depan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!