TOEFL PBT Adalah: Arti, Struktur, dan Penilaian

Apa itu TOEFL PBT? TOEFL PBT adalah singkatan dari TOEFL Paper Based Test yaitu tes TOEFL yang diselesaikan di atas kertas. Tes TOEFL PBT biasanya diselenggarakan oleh lembaga pendidikan atau lembaga khusus.

Karena diproses langsung di atas kertas, maka peserta tes TOEFL PBT harus tiba di lokasi sesuai jadwal tes yang akan berlangsung. Tes berlangsung sekitar 2,5 jam dan dibagi menjadi listening, structure & writing expression, reading comprehension, dan writing.

Apa itu TOEFL PBT? TOEFL PBT Adalah…

Apa itu TOEFL PBT? TOEFL PBT Adalah...

TOEFL Paper Basic Test atau yang biasa disebut dengan TOEFL PBT adalah tes TOEFL berbasis kertas, jenis TOEFL PBT merupakan yang paling konvensional yang digunakan dari tahun 1963 hingga 1998.

Sesuai dengan namanya, pelaksanaan TOEFL PBT dilengkapi dengan selembar kertas soal dan lembar jawaban dengan pensil 2B.

Karena jenis TOEFL PBT tanpa materi berbicara ini cukup panjang dan sederhana, hanya negara-negara tertentu yang menerima dan menerapkan jenis TOEFL ini.

Struktur Tes TOEFL PBT

TOEFL PBT berlangsung selama 2,5 jam dan dibagi menjadi 4 bagian.

SesiWaktu (menit)Jumlah Soal
Listening4050
Structure2540
Reading5550
Test of Written English301 topik

1. Listening

Bagian listening dalam TOEFL PBT adalah tes pertama dan memakan waktu 30 hingga 40 menit dengan total sekitar 50 pertanyaan. Bagian pertama dari bagian listening memiliki rekaman audio pendek dan pertanyaan mengenai rekaman. Bagian kedua memiliki rekaman audio yang lebih panjang.

2. Structure & Writing Expression

Bagian kedua dari tes TOEFL PBT adalah bagian yang tidak memiliki kemiripan dengan tes bahasa Inggris standar lainnya. Bagian ini adalah bagian structure & writing expression ketika siswa harus mengisi kolom kosong dengan beberapa kalimat dan menemukan bagian yang salah dalam tulisan yang disiapkan. Bagian ini berjalan selama 25 menit.

3. Reading Comprehension

Bagian ketiga TOEFL PBT adalah kemampuan reading comprehension selama 55 menit. Halaman ini dibagi menjadi beberapa paragraf bacaan dengan panjang yang bervariasi dan pertanyaan yang berkaitan dengan paragraf tersebut.

4. Writing

Bagian terakhir dari tes TOEFL PBT adalah bagian kemampuan writing. Bagian ini berdurasi 30 menit dan hanya dibagi menjadi 1 soal esai tentang topik tersebut.

Baca juga: Tes TOEFL Adalah: Arti, Jenis, dan Cara Belajar

Penilaian TOEFL PBT

Penilaian TOEFL PBT

TOEFL PBT dinilai dalam skala 310 hingga 677 yang dibagi menjadi 3 bagian utama tes.

Bagian writing tidak ditetapkan untuk jumlah total poin, tetapi diberikan secara terpisah dengan skala 0 hingga 6.

Skor TOEFL PBT berlaku selama dua tahun dan dapat digunakan di kampus mana pun yang menerima skor TOEFL PBT.

Umumnya, universitas di Indonesia menetapkan skor TOEFL PBT untuk penerimaan seleksi mahasiswa baru. ETS telah memperkenalkan tabel konversi bagi universitas untuk memudahkan mereka melakukan konversi dari nilai PBT ke nilai iBT.

Fungsi Tes TOEFL PBT

Tujuan TOEFL PBT adalah untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris yang Mendetail.

Fungsi TOEFL PBT untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan banyak hal seperti di bawah ini;

  • Masuk ke program sarjana dan pascasarjana di beberapa negara yang tidak berbahasa Inggris di mana bahasa Inggris bukan bentuk pendidikan yang dominan.
  • Penerimaan dan penempatan dalam program kolaboratif internasional di mana kelas bahasa Inggris dapat menjadi bagian dari program.
  • Masuk ke program non-gelar jangka pendek di negara berbahasa Inggris di mana lembaga pengirim dan penerima setuju untuk menggunakan skor TOEFL ITP.
  • Kenaikan jabatan atau Promosi
  • Penempatan dalam program bahasa Inggris intensif yang membutuhkan kemahiran dalam bahasa Inggris akademik di tingkat perguruan tinggi atau pascasarjana.
  • Pendampingan perkembangan dalam program bahasa Inggris yang menekankan kemampuan bahasa Inggris akademik.
  • Ikut serta dalam program beasiswa seperti LPDP, pertukaran pelajar dan lain-lain.
  • Syarat untuk melamar di BUMN, CPNS atau perusahaan multinasional

Skor TOEFL PBT untuk S2

Skor TOEFL PBT untuk S2

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, skor TOEFL ITP PBT berkisar antara 310 hingga 677 untuk skor tertinggi.

Nantinya, skor ini kemudian akan muncul pada sertifikat TOEFL PBT yang Anda ikuti. Sertifikat TOEFL berguna atau dapat digunakan untuk kebutuhan beasiswa di Asia, melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan di Eropa dan Amerika. Skor TOEFL PBT yang biasanya diperlukan untuk melanjutkan pendidikan tingkat S2 atau magister adalah:

  • LPDP luar negeri : 550
  • LPDP dalam negeri : 500
  • Fullbright (Amerika) : 550
  • Australian Award Scholarship : 525
  • Monbukagakusho (Jepang) : 550

Penutup

Jika Anda ingin meraih skor TOEFL PBT yang tinggi, Anda bisa memulainya dengan mempelajari berbagai soal yang umum terjadi pada jenis tes ini. Anda juga dapat menggunakan latihan TOEFL online atau aplikasi tes TOEFL untuk membantu Anda berlatih.

Sekian artikel berjudul TOEFL PBT Adalah: Arti, Struktur, dan Penilaian, semoga bermanfaat.

Berapa nilai TOEFL PBT yang bagus?

Jenis tes ini menggunakan kertas sebagai alat tes. TOEFL PBT terdiri dari tiga bagian: mendengarkan, struktur, dan membaca. Skor TOEFL PBT berkisar antara 217 hingga 677 dan periode tes adalah 2 hingga 2,5 jam. Saat ini jenjang sarjana biasanya membutuhkan skor di kisaran 450-500 sebagai syarat kelulusan. Sedangkan untuk lanjut program magister diperlukan skor minimal 550.

Apakah TOEFL PBT masih ada di Indonesia?

Masih banyak instansi lokal di Indonesia yang masih menggunakan nilai TOEFL PBT. Namun, TOEFL PBT tidak lagi diberlakukan secara internasional, kecuali di beberapa negara.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!