5 Tahapan Tes Medical Check Up untuk Kerja

Apa saja Tahapan Tes Medical Check Up untuk Kerja? Apakah Anda pernah diminta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan kerja? Tapi tahukah Anda apakah itu pemeriksaan kesehatan atau tes Medical Check Up?

5 Tahapan Tes Medical Check Up untuk Kerja

Pada dasarnya, medical check up atau tes kesehatan adalah jenis pemeriksaan kesehatan terperinci yang dilakukan pada pasien. Tahapan ini dimulai dengan wawancara klinis, pemeriksaan kesehatan, peninjauan riwayat kesehatan hingga pemeriksaan organ utama dalam dan luar.

Kurang lebih mengapa Anda menginginkan Medical Check Up untuk kerja? Apa saja yang termasuk dalam medical check up? Berapa biaya medical check up? Baca jawaban lengkapnya dalam uraian di bawah ini.

Apa itu Medical Check Up?

Apakah itu Medical Check Up? Seperti yang sudah disebutkan, tes Medical Check Up adalah pemeriksaan kesehatan mendetail yang dilakukan pada pasien dalam beberapa tahapan pemeriksaan. Ini penting untuk mengetahui potensi penyakit dari awal.

Apa saja yang termasuk dalam medical check up? Tahapan pemeriksaan tes Medical Check Up dimulai dari wawancara klinis, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan riwayat kesehatan hingga pemeriksaan organ utama dalam dan luar.

Biasanya, pemeriksaan Medical Check Up untuk kerja ini dapat dilakukan setelah Anda lulus wawancara user. Namun ada banyak perusahaan yang melakukan persyaratan tersebut setelah Anda menerima surat kontrak kerja.

Tujuan Medical Check Up

Umumnya, Medical Check Up untuk kerja dilakukan sedemikian rupa sehingga calon karyawan secara fisik mampu menjalankan pekerjaannya.

Tujuan lengkap tes medical check up adalah sebagai berikut:

  1. Memeriksa petensi penyakit dari awal
  2. Sejak awal, lakukan analisis status dalam kaitannya dengan masalah kesehatan
  3. Cari tahu tentang perlunya jenis vaksin tertentu
  4. Tentukan pilihan Anda dan pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat
  5. Mencegah risiko penyakit yang mungkin muncul di kemudian hari
  6. Memastikan kesehatan seseorang untuk jenis tugas tertentu
  7. Memberikan perlindungan pengusaha dan karyawan secara transparan.
  8. Mengenali masalah kesehatan karyawan potensial yang ada, terutama mereka yang membutuhkan perawatan dan manajemen jangka panjang.
  9. Pastikan bahwa setiap karyawan sesuai sebelum di promosikan atau ketika dipindahkan ke posisi yang berbeda dengan kondisi kerja yang berbeda.

Persiapan Sebelum Tes Medical Check Up

Ada banyak hal penting yang dilakukan karyawan atau calon karyawan sebelum melakukan medical check up, yaitu:

  • Puasa 8-12 jam sebelum pemeriksaan kesehatan, tergantung jenis pemeriksaan yang dilakukan.
  • Disarankan bagi karyawan atau calon karyawan untuk menggunakan pakaian lengan pendek untuk pemeriksaan kesehatan. Ini akan memudahkan dokter untuk menghubungkan lengan atas untuk mengambil darah.
  • Tidur yang cukup minimal 6 jam sebelum pemeriksaan kesehatan. Kurang tidur dapat berdampak negatif pada tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh.
  • Jika Anda memiliki riwayat atau menderita kondisi kesehatan, karyawan atau calon karyawan didorong untuk membagikan hasil pemeriksaan awal, misalnya. X-ray untuk dibawa.

Tahapan Tes Medical Check Up untuk Kerja

Tahapan Tes Medical Check Up untuk Kerja

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan dilakukan ketika pemeriksaan medis atau Medical Check Up.

Medical Check Up untuk kerja yang penting bagi Anda. Namun, harus dipahami bahwa setiap fasilitas kesehatan memiliki proses tingkat tes Medical Check Up yang berbeda-beda.

Pada dasarnya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam pemeriksaan kesehatan kerja dan tes MCU, yaitu:

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Pada tahap pemeriksaan riwayat kesehatan, pasien umumnya akan bertanya dan menjawab dokter tentang kondisi kesehatan yang dirasakan dan riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Selain itu, dokter akan menanyakan tentang gaya hidup Anda selama ini, seperti pola makan, aktivitas olahraga, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

️2. Tes Narkoba dan Alkohol

Jika perusahaan mengharuskan Anda untuk mengikuti tes Medical Check Up untuk kerja, maka tes narkoba dan alkohol adalah proses yang tidak boleh dilewati. Tahukah Anda bahwa hampir setiap perusahaan membutuhkan tes ini?

Anda akan menjalani tes urin dengan instruksi untuk mencegah cedera di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi tanggung jawab perusahaan. Selain itu, setiap fasilitas kesehatan memiliki proses yang berbeda untuk jenis proses ini.

️3. Pemeriksaan Tanda Vital

Pemeriksaaan tanda vital sebagai rangkaian pemeriksaan Medical Check Up untuk kerja yang harus Anda ikuti. Secara umum, detak jantung, laju pernapasan, suhu tubuh, dan tekanan darah merupakan indikator penting untuk diperiksa.

4. Kontrol Fisik

Pemeriksaan fisik pada saat pemeriksaan kesehatan kerja biasanya meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan hingga pemeriksaan kondisi seluruh tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Selain itu, pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan mata, hidung, telinga dan organ dalam tubuh. Dalam Medical Check Up untuk kerja, tahap ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan fisik calon pegawai terhadap kegiatan tertentu.

Secara umum, perusahaan akan meminta untuk memeriksa kapasitas otot dan kemampuan fisik secara detail. Dalam beberapa praktik, perusahaan lebih memilih uji ketahanan, elastisitas, dan kinerja untuk dipastikan baik dalam Medical Check Up untuk kerja.

5. Pemeriksaan Klinis

Medical Check Up untuk kerja tahap selanjutnya adalah pemeriksaan klinis. Secara umum, Anda akan diminta untuk menjalani pemeriksaan tekanan darah, penglihatan, jantung, perut, anggota badan, dan tulang belakang.

Untuk jenis pekerjaan tertentu, Anda akan diminta untuk tes rontgen dada, tes pendengaran, tes paru-paru, MRI dan/atau EKG selama pemeriksaan medis untuk pekerjaan tersebut.

Berapa Biaya Medical Check Up untuk Kerja?

Setiap fasilitas kesehatan memberikan informasi tentang biaya Medical Check Up yang berbeda-beda. Ini tergantung pada jenis tes MCU yang dilakukan. Namun biaya Medical Check Up untuk kerja umumnya berkisar antara Rp262.000 hingga Rp500.000.

Oleh karena itu, jika Anda melakukan tes MCU jenis lain, biaya pemeriksaan kesehatan dapat berkisar antara Rp 324.000 hingga Rp 2 juta.

Contoh Hasil Medical Check Up Perusahaan

Setelah anda mengetahui tahapan pemeriksaan kesehatan dan informasi biaya Medical Check Up, kali ini kami akan menunjukkan contoh hasil Medical Check Up perusahaan yang baik dan dapat membantu dalam proses melamar kerja.

Hasil lengkap pemeriksaan kesehatan perusahaan adalah sebagai berikut:

Contoh Laporan Hasil Medical Check Up Perusahaan

Contoh Laporan Hasil Medical Check Up Perusahaan

Contoh Hasil Medical Check Up

Contoh Hasil Medical Check Up

Contoh Surat Hasil Medical Check Up

Contoh Surat Hasil Medical Check Up

Penutup

Salah satu tahapan seleksi kerjayang biasanya harus dilalui adalah medical check up. Bagi banyak perusahaan, proses ini adalah suatu keharusan dan memutuskan apakah Anda akan diterima di perusahaan ini atau tidak.

Demikian informasi mengenai pemeriksaan kesehatan kerja, tahapan yang dilakukan dan biaya yang harus Anda tanggung. Ingatlah bahwa biaya pemeriksaan kesehatan cukup tinggi, jadi ada baiknya jika Anda bertanya terlebih dahulu faktor apa saja yang perlu diperiksa sebelum melakukan tes MCU.

Sekian artikel berjudul 5 Tahapan Tes Medical Check Up untuk Kerja, semoga bermanfaat.

Apa yang membuat medical check up gagal?

Penyebab gagal tes medical check up kerja adalah seseorang memiliki penyakit kronis, seperti gagal ginjal, gagal jantung kronis, penyakit jantung kronis, liver, dan lain-lain.

Apakah setelah medical check up sudah pasti diterima kerja?

Iya betul, biasanya 80% dari mereka sudah diterima bekerja karena cek kesehatan adalah ujian akhir dan langsung masuk kerja. Namun jika tidak lolos pemeriksaan kesehatan maka impian Anda untuk bekerja akan gagal, karena tidak ada perusahaan yang mempekerjakan orang sakit.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!