Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru

Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru | Profesi guru PNS masih menjadi dambaan banyak orang, termasuk mereka yang sebelumnya telah menjadi guru honorer. Tak heran jika keuntungan menjadi PNS guru sangat menarik, terutama dalam hal tunjangan. Mau tahu keuntungan jadi PNS Guru? Simak berikut ini, ya!

️Apakah itu PNS Guru?

Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru

PNS Guru adalah guru PNS yang ditanggung oleh pemerintah. Guru PNS sendiri terbagi menjadi PNS Kementerian Agama (Kemenag/Kemenag) dan PNS DPK (PNS yang dipekerjakan di sekolah swasta).

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di BPSDMPK, jumlah PNS guru di seluruh Indonesia sekitar 1.330.512.

️Keuntungan Menjadi PNS Guru

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, pemerintah berupaya semaksimal mungkin memberikan jaminan bagi beberapa guru. Yang mana guru juga bisa menjadi PNS.

Ada berbagai keuntungan menjadi PNS guru. Penasaran, tidak yakin? Berikut adalah keuntungan yang ingin Anda alami sebagai PNS guru.

️1. Gaji Pokok Terjamin

Seperti yang kita ketahui, permasalahan bagi guru honorer adalah rendahnya gaji yang mereka terima dan seringkali gaji yang diterima tidak sepadan dengan kerja kerasnya.

Keuntungan menjadi guru PNS pertama adalah gaji pokok. Gaji pokok pegawai negeri sipil, termasuk guru itu sendiri, telah diatur secara jelas dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Peraturan Nomor 7 Tahun 1997 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa gaji pokok pegawai negeri sipil berlaku sama untuk semua lembaga negara, baik di pusat maupun di daerah. Sebagai pegawai negeri, guru mungkin memiliki kesempatan untuk menerima gaji yang layak dan terjamin.

Besaran gaji juga dinilai menurut golongan dan masa kerja atau disebut juga dengan Masa Kerja Golongan (MKG).

Gaji guru terhitung dalam APBD tertinggi di Indonesia karena formasi guru selalu dibuka ketika ada selesi CPNS. Sebagian besar guru PNS sendiri berada di DKI Jakarta. Masih ada beberapa guru yang merupakan lulusan D3, yakni di Golongan II. Berikut ini berlaku untuk golongan gaji guru PNS untuk kelompok II, III, IV.

Gaji Golongan II

  • Golongan IIa: Rp2.022.200 – Rp3.373.600
  • Golongan IIb: Rp2.208.400 – Rp3.516.300
  • Golongan IIc: Rp2.301.800 – Rp3.665.000
  • Golongan IId: Rp2.399.200 – Rp3.820.000

Gaji Golongan III

  • Golongan IIIa: Rp2.579.400 – Rp4.236.400
  • Golongan IIIb: Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • Golongan IIIc: Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • Golongan IIId: Rp2.920.800 – Rp4.797.000

Gaji Golongan IV

  • Golongan IVa: Rp3.044.300 – Rp5.000.000
  • Golongan IVb: Rp3.173.100 – Rp5.211.500
  • Golongan IVc: Rp3.307.300 – Rp5.431.900
  • Golongan IVd: Rp3.447.200 – Rp5.661.700
  • Golongan IVe: Rp3.593.100 – Rp5.901.200

2. Mendapatkan Jaminan Pensiun dan Hak Cuti

Keuntungan Menjadi PNS Guru selanjutnya yaitu mendapatkan jaminan pensiun dan hak cuti.

Jika Anda menjadi PNS Guru, Anda akan menerima pensiun saat Anda memasuki waktu pensiun. Sebagai guru PNS, Anda akan menerima pensiun dari negara setelah masa jabatan Anda berakhir. Padahal, pemerintah memberikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan lainnya.

Selain itu, mendapatkan masa pensiun. Anda berhak menerima cuti.

️3. Mendapatkan Hak Kompentensi

Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru

Sama seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Dalam penetapan ini sebagai langkah menuju kemajuan karir dan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Setiap PNS, termasuk guru, berhak atas pengembangan keterampilannya.

Peningkatan kompetensi ini dilakukan setahun sekali dengan pendekatan evaluasi terpadu (Corporate University).

Keuntungan menjadi PNS guru terletak pada pengembangan kompetensi, seorang PNS guru dapat terus memperkuat diri dalam mengajar dan, di atas segalanya, semuanya disubsidi oleh negara. Sehingga itu menyenangkan.

️4. Peluang Mendapatkan Beasiswa Studi

Keuntungan menjadi PNS guru lain adalah Anda bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi. Kemungkinan untuk melanjutkan studi ini terbuka lebar. Anda dapat menerima beasiswa baik dari lembaga negara seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau melalui jalur pendanaan.

️5. Kesempatan Ditempatkan di Seluruh Indonesia

Jadi PNS berarti Anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi Indonesia yang luas dan indah ini. Terhitung saat Anda menjadi PNS guru. Anda memiliki kesempatan untuk ditempatkan di mana saja di Indonesia.

Berkesempatan ditempatkan di seluruh Indonesia merupakan salah satu Keuntungan Menjadi PNS Guru, bagi anda yang ingin berkeliling Indonesia.

️6. Mendapatkan Tunjangan

Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru

Sebagai PNS, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan berupa bonus kinerja selain gaji pokok. Tingkat tunjangan kinerja bahkan bisa lebih tinggi dari gaji pokok.

Misalnya, jika Anda PNS di DKI Jakarta, tingkat tunjangan kinerja ini diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 409 Tahun 2017 tentang Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Besaran Tukin untuk guru PNS di DKI Jakarta/bulan:

  • PNS golongan IVc sampai IVe menerima TKD Rp6.521.250
  • PNS golongan IVa sampai IVb menerima TKD Rp6.174.375
  • PNS golongan IIIc sampai IIId menerima TKD Rp5.827.500
  • PNS golongan IIIa sampai IIIb menerima TKD Rp5.480.625
  • PNS golongan IIa sampai IId menerima TKD Rp4.370.625
  • Calon PNS (CPNS) menerima TKD Rp3.100.000

Selain tunjangan kinerja, keuntungan menjadi PNS guru lainnya yaitu mendapat berbagai tunjangan lain, seperti: Tunjangan keluarga.

7. Tunjangan Sertifikasi Profesi

Sumber uang yang satu ini sebagai hak pegawai negeri sipil (PNS) adalah tunjangan profesi. Untuk mendapatkan tunjangan profesi, seorang PNS harus memenuhi persyaratan dan peraturan untuk mendapatkan sertifikat profesi untuk menerima tunjangan profesi.

Besaran tunjangan profesi PNS sesuai dengan gaji pokok dan gaji pokok berkaitan dengan golongan PNS yang bersangkutan. Tunjangan sertifikasi merupakan salah satu Keuntungan Menjadi PNS Guru yang paling banyak dicari.

Namun yang harus diketahui adalah bahwa tidak semua pegawai negeri sipil berhak atas tunjangan profesi, tetapi hanya profesi tertentu, misalnya, yang dapat menerima tunjangan profesi; Guru, dokter, dosen dan berbagai profesi PNS lainnya

8. Beban Kerja Tidak Berat

Keuntungan Menjadi PNS Guru terakhir, tentunya beban kerja yang didapatkan tidak terlalu berat.

Beban kerja PNS tidak begitu tinggi, misalnya para guru (SD, SMP, dan SMA) biasanya datang pukul 07.30 dan sepulang kerja pukul 1 atau 2 siang, sehingga masih ada cukup waktu untuk hal-hal lain. .

Selain itu, guru PNS lainnya biasanya datang pada pukul 07.30 dan berangkat dari kantor pada pukul 16.00 dan keluar kantor pada hari kerja dari Senin sampai Jumat, sehingga ada waktu istirahat selama 2 hari.

Cara Menjadi PNS Guru

Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru

Bagi yang sudah mengetahui keuntungan menjadi PNS Guru, tentunya ingin tahu apa saja langkah-langkah menjadi PNS, atau sekedar mendapatkan gelar S.Pd?

Oh, pasti tidak, ya. Anda tidak langsung menjadi PNS setelah menyelesaikan pendidikan guru. Bahkan jika Anda telah menyelesaikan pendidikan guru, Anda perlu memiliki pengalaman mengajar dan beberapa tahapan lainnya.

Ada banyak tahapan untuk kembali ke status pegawai negeri sipil, seperti berikut ini:

1. Mengikuti SM-3T

Ini adalah program Dikti, SM-3T atau Sarjana Pendidikan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Program ini dapat memperluas pengalaman mengajar para lulusan guru. Nanti kamu akan mengajar di daerah terpencil yang sangat membutuhkan guru.

Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan menerima sertifikat Program Progresi  Guru (PPG).

2. Mengajar Sebagai Tentor

Gunakan kesempatan ini untuk mengajar sebagai tutor untuk menambah jam terbang Anda sebagai guru. Saat ini, mencari kelas kursus untuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi tidaklah sulit. Jika Anda tidak memiliki agen untuk mengajar, Anda dapat membuka les privat individu.

️3. Menjadi Honorer atau Guru Tidak Tetap

Anda bisa menjadi guru honorer jika tidak ingin mengikuti program SM-3T. Saat ini, banyak sekolah, baik negeri maupun swasta, yang membutuhkan guru untuk mengajar. Setelah bekerja sebagai guru honorer selama beberapa tahun, Anda bisa melamar menjadi PNS melalui CPNS.

️4. Daftar melalui CPNS

Langkah-langkah menjadi PNS dengan tes CPNS. Caranya hampir sama dengan instansi pemerintah lainnya. Setelah Anda memastikan bahwa Anda dapat lulus CPNS, Anda akan menyelesaikan masa percobaan satu tahun.

️Setidaknya banyak tahapan penting yang Anda lalui dalam tes seleksi CPNS, mulai dari seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar, dan seleksi lainnya. Mempersiapkan diri dengan baik adalah kuncinya.

Sekian artikel berjudul Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS Guru, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!