12+ Keuntungan Menjadi PNS yang Banyak Dicari

Apa Keuntungan Menjadi PNS? Berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu impian yang diimpikan oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Keuntungan Menjadi PNS

Beberapa orang menganggap pekerjaan pegawai negeri sebagai pekerjaan yang paling aman dan paling tahan lama dibandingkan pekerjaan lain. Oleh karena itu, status dalam suatu lembaga dapat diincar oleh ribuan orang dalam seleksi CPNS tahunan.

Tapi apa keuntungan menjadi PNS yang diharapkan sebagian orang?

Kami akan menggunakan kesempatan ini untuk menjelaskan keuntungan menjadi PNS agar anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk seleksi PNS. Jangan lupa membaca penjelasan dibawah ini!

Keuntungan Menjadi PNS di Berbagai Instansi

1. Pendapatan Tetap

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan menjadi PNS pertama adalah pendapatan tetap. Tidak seperti pegawai swasta, yang penghasilannya ditentukan oleh kondisi industri dan kinerja perusahaan, penghasilan pegawai negeri sipil biasanya stabil.

Kenaikan gaji PNS biasanya lebih tinggi dari inflasi tahunan, membuat PNS cocok untuk anda  yang menyukai stabilitas pendapatan. Selain gaji pokok, PNS mendapat berbagai tunjangan lain.

Demi kelengkapan, komponen gaji PNS dibagi menjadi:

a. Gaji pokok

Gaji pokok sebagai gaji utama PNS. Gaji pokok seorang PNS tergantung pada latar belakang pendidikan dan masa kerja. Berikut rincian gaji pokok PNS tahun 2022 menurut golongan.

Golongan I (lulusan SD dan SMP)

  • Golongan Ia: Rp1.560.800,00 – Rp2.335.800,00
  • Golongan Ib: Rp1.704.500,00 – Rp2.472.900,00
  • Golongan Ic: Rp1.776.600,00 – Rp2.577.500,00
  • Golongan Id: Rp1.851.800.00 – Rp2.686.500,00

Golongan II (lulusan SMA dan D-III)

  • Golongan IIa: Rp2.022.200,00 – Rp3.373.600,00
  • Golongan IIb: Rp2.208.400,00 – Rp3.516.300,00
  • Golongan IIc: Rp2.301.800,00 – Rp3.665.000,00
  • Golongan IId: Rp2.399.200,00 – Rp3.820.000,00

Golongan III (lulusan S1 hingga S3)

  • Golongan IIIa: Rp2.579.400,00 – Rp4.236.400,00
  • Golongan IIIb: Rp2.688.500,00 – Rp4.415.600,00
  • Golongan IIIc: Rp2.802.300,00 – Rp4.602.400,00
  • Golongan IIId: Rp2.920.800,00 – Rp4.797.000,00

Golongan IV

  • Golongan IVa: Rp3.044.300,00 – Rp5.000.000,00
  • Golongan IVb: Rp3.173.100,00 – Rp5.211.500,00
  • Golongan IVc: Rp3.307.300,00 – Rp5.431.900,00
  • Golongan IVd: Rp3.447.200,00 – Rp5.661.700,00
  • Golongan IVe: Rp3.593.100,00 – Rp5.901.200,00

b. Tunjangan Profesi

Selain gaji pokok, beberapa profesi PNS, seperti: guru, dokter dan dosen, mendapatkan hak atas tunjangan profesi. Besaran tunjangan profesi pegawai negeri sipil didasarkan pada gaji pokok.

Namun, untuk mendapatkan tunjangan profesi, seorang pegawai negeri sipil harus terlebih dahulu mendapatkan sertifikat profesi.

c. Tunjangan kinerja

Penghasilan lain yang berhak didapatkan PNS adalah tunjangan kinerja. Penghasilan bulanan ini sesuai dengan gaji pokok. Nominal tunjangan untuk setiap PNS akan berbeda-beda tergantung dari tingkatan golongan PNS yang bersangkutan.

️2. Terbebas dari PHK

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan menjadi PNS yang tidak kalah menarik adalah profesi ini tidak atau bebas dari pemutusan hubungan kerja (PHK). PNS bebas dari PHK karena perannya dalam melayani masyarakat tetap dibutuhkan, terlepas dari krisis ekonomi.

Dalam kasus-kasus mendesak tertentu, kementerian atau lembaga non-pemerintah yang dibuat oleh pemerintah dapat diberhentikan berdasarkan peraturan pemerintah. Namun dalam hal ini, beberapa pejabat yang bekerja di instansi tersebut dipindahkan ke instansi lain dan masih bekerja dengan baik.

Keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan seorang PNS diberhentikan dari jabatannya dapat terjadi ketika PNS tersebut melanggar peraturan dan melakukan tindak pidana.

Selain dua hal tersebut, status PNS dicabut jika PNS terjun ke dunia politik, misalnya menjadi perwakilan DPR/DPD atau partai politik sebagai kepala negara, gubernur, dan sebagainya.

️3. Mendapatkan Tunjangan Pensiun

Keuntungan Menjadi PNS

Sebagai timbal balik penugasan PNS kepada negara, negara menjamin kelangsungan ekonomi beberapa PNS pada saat PNS pensiun.

Meski tidak aktif melayani warga, pemerintah tetap memberikan gaji bulanan bagi beberapa pensiunan PNS, sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang. Istri pensiunan PNS laki-laki juga menerima dana pensiun dari suaminya setelah kematian suaminya.

4. Terdapat Jenjang Karir

Keuntungan Menjadi PNS

Jika anda mengutamakan kepastian jenjang karir, PNS mungkin menjadi jawaban bagi anda. Tingkat profesional PNS sangat jelas karena diatur dengan undang-undang negara.

Peningkatan jabatan tentu saja akan meningkatkan gaji, tunjangan dan fasilitas, sehingga kehidupan beberapa PNS sangat terjaga.

Baca juga: Apa itu CPNS? ini Penjelasannya

️5. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan menjadi PNS yang menarik adalah kesempatan untuk mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas. Fasilitas ini memfasilitasi mobilisasi dan kesejahteraan seseorang.

Yang pasti, bagaimanapun, tidak semua PNS diberikan kesempatan ini, tetapi hanya beberapa PNS yang mempunyai kemampuan diri yang berprestasi dan menduduki posisi penting.

6. Kemudahan Mengajukan Pinjaman ke Bank

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan menjadi PNS selanjutnya adalah pinjaman ke bank yang tidak rumit. Jika seorang PNS membutuhkan jumlah uang yang lebih besar, misalnya. untuk membeli atau memperbaiki rumah, menyekolahkan anak-anaknya atau kepentingan lain, pegawai negeri sipil dapat menjaminkan akta pengangkatannya, yang biasanya umumnya disebut sebagai SK pegawai negeri sipil, kepada bank. Angsuran uang hutang dipotong dari gaji setiap bulannya.

️7. Peluang Mendapatkan Pekerjaan Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan

Keuntungan Menjadi PNS

Jika Anda ingin mengambil profesi yang sesuai dengan bidang ilmu yang Anda pelajari, karir pegawai negeri sipil mungkin merupakan profesi yang tepat untuk Anda.

Selama ini, ketika memilih masuk ke PNS, formasi yang terbuka akan sesuai dengan latar belakang pendidikan anda.

Jika kualifikasi individu tidak sesuai dengan formasi dan kualifikasi yang diperlukan, lamaran anda akan secara otomatis tidak lolos dalam posisi ini.

️8. Kemudahan Melanjutkan Pendidikan

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan Menjadi PNS selanjutnya yaitu mendapatkan kemudahan untuk melanjutkan pendidikan.

Jika Anda sebagai seseorang yang tertarik untuk terus mengejar pendidikan setinggi mungkin, maka mengambil keputusan untuk menjadi PNS adalah keputusan yang tepat.

Peluang beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya sangat tinggi bagi beberapa PNS, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tentunya kesempatan ini hadir dengan beberapa syarat, salah satunya adalah anda telah bekerja 2 tahun dalam posisi anda dan mendapatkan izin dari pimpinan.

Selain pendidikan formal, seorang PNS juga dapat lebih mendidik dirinya sendiri melalui berbagai acara seperti seminar, kursus diklat dan acara pelatihan lanjutan lainnya. Soal biaya tidak perlu khawatir, karena instansi atau lembaga tempat PNS bekerja akan menanggung biayanya.

Baca juga: 5+ Perbedaan CPNS dan PPPK

️9. Mudah Berpindah Institusi atau Lokasi

Keuntungan Menjadi PNS

Jika PNS ingin pindah ke instansi atau tempat kerja lain dalam perjalanan karirnya, PNS tidak perlu takut diberhentikan.

Persoalannya tidak seperti pegawai swasta, sebagai pegawai negeri sipil lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus mengundurkan diri atau resign.

Hal yang sama berlaku jika seorang PNS memiliki rencana untuk pindah lokasi. Walaupun proses pindah institusi atau tempat bekerja memakan waktu lama dan membutuhkan banyak dokumen, hal ini sangat umum terjadi.

️10. Jam Kerja Tetap

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan menjadi PNS lain yang menarik adalah jam kerja yang tetap. Jam kerja ini tergantung pada jam buka masing-masing instansi, namun pada umumnya beberapa PNS bekerja dari pukul 08:00 hingga 16:00. PNS memiliki jam kerja tetap dari Senin sampai Jumat.

Kesempatan lembur sangat kecil, sehingga seorang PNS biasanya memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan lain, seperti misalnya. membuka usaha sampingan.

11. Banyak Waktu Luang

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan Menjadi PNS yang cukup disukai yaitu memiliki banyak waktu luang. Tidak seperti pegawai di kebanyakan perusahaan, pegawai negeri sipil bekerja 37 jam 30 menit seminggu.

Jika dipisahkan 5 hari kerja, mereka hanya perlu menghabiskan 7,5 jam di kantor.

Pada saat yang sama, karyawan normal memiliki 8 jam di kantor setiap hari.

Waktu pulang PNS mungkin juga lebih cepat, yakni sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Ini menyisakan waktu luang yang bisa digunakan untuk hal lain.

Misalnya, untuk melakukan bisnis online atau pekerjaan sampingan lainnya di rumah.

12. Potensi Kenaikan Gaji

Keuntungan Menjadi PNS

Keuntungan Menjadi PNS yang paling disukai yaitu memiliki potensi kenaikan gaji.

Gaji PNS tidak hanya disesuaikan dengan UMK/UMR, tetapi juga dengan meningkatnya inflasi di daerah.

Karena itu, gaji mereka tetap terjamin dan akan terus meningkat.

Dalam hal gaji bersih, PNS juga dianggap sebagai karir yang paling banyak mendapat tunjangan, seperti: Kesehatan, Seragam, Transportasi dan lain-lain.

PNS juga selalu menerima gaji ke-13 setiap tahunnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

13. Kehidupan tetap Terjamin Setelah Pensiun

Keuntungan Menjadi PNS

Menurut PP 11/2017, seorang pegawai negeri pensiun pada usia 58, 60 atau 65 tahun, tergantung statusnya.

Selama ini, pensiunan PNS tidak perlu khawatir dengan masalah keuangan karena mereka menerima jaminan pensiun.

Beberapa pensiunan pegawai negeri sipil masih menerima pembayaran bulanan dalam jumlah yang disesuaikan dengan situasi hukum saat ini.

Jika PNS laki-laki dan meninggal dunia dalam masa pensiun, istri tetap menerima dana pensiun.

️Penutup

Inilah keuntungan menjadi PNS terpopuler di kalangan CPNS. Aman dari PHK dan jaminan pensiun, karir ini ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang menginginkan penghasilan yang stabil dan pekerjaan yang stabil.

Sekian artikel berjudul 12+ Keuntungan Menjadi PNS yang Banyak Dicari, semoga bermanfaat

Kenapa banyak yang ingin jadi PNS?

Selain untuk mendapatkan pensiun, alasan banyak orang berlomba-lomba menjadi PNS adalah karena jenjang karir yang ditawarkan sangat panjang dan jelas. Ketika Anda masuk sebagai PNS, golongan awal Anda akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir yang Anda miliki. Secara berkala, level golongan akan meningkat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!