10+ Gaji Notaris dan Tunjangan

Berapa Gaji Notaris? dan apa saja tunjangannya? Notaris? Mungkin sebagian dari anda ada yang belum paham apa itu notaris?

Notaris adalah panggilan bagi orang yang telah lulus dan mengenyam pendidikan hukum yang berizin dari pemerintah, yang mempunyai pekerjaan atau tugas untuk menekuni suatu urusan hukum.

Tentang Notaris

Tentang Notaris

Notaris sebagai profesi yang membutuhkan pendidikan akademik lulusan sarjana hukum dan magister kenotariatan dan telah menyelesaikan minimal satu kali magang atau benar-benar bekerja selama dua tahun sebagai karyawan notaris di kantor notaris.

Untungnya, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka di kantor, beberapa notaris membutuhkan bantuan staf yang berkualitas untuk menyelesaikan berbagai tugas. Pekerjaan itu sendiri seperti menyiapkan dan mengisi akta dan dokumen penting lainnya.

Dengan dokumen yang berbeda-beda, Anda tentu perlu ekstra teliti saat menentukan dokumen mana yang sudah jadi dan mana yang sedang dikerjakan.

Dengan ketelitian tersebut ternyata gaji notaris memiliki pendapatan yang bisa dikatakan cukup tinggi, bisa dikatakan sesuai dengan gaji manager.

Tingkat pendapatan disesuaikan oleh wewenang beberapa notaris di kantor, masing-masing sektor memiliki keahliannya sendiri. Hingga kerjasama tim sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, benar dan tentunya bersih dalam segala aspek.

Seperti yang sudah Anda ketahui, pekerjaan ini memiliki presisi dan ketelitian yang membuat tugas tersebut perlu ditangani dengan baik. Mengenai gaji notaris sendiri, berikut kami berikan gambaran profesi berikut beserta besar kecilnya gaji notaris.

Berapa Gaji Notaris?

Berapa Gaji Notaris?

Berkenaan dengan gaji notaris, besaran gaji yang diterima notaris berbeda-beda tergantung dari kantor dan wilayah notaris. Standar gaji notaris sendiri bisa mencapai 3 juta sampai 50 juta rupiah per bulan.

Berkarir sebagai notaris memiliki peluang gaji atau pendapatan yang cukup tinggi, apalagi memiliki klien perorangan atau bisnis, Jika notaris memiliki klien untuk membuat akta perusahaan dengan biaya Rp 5 juta, jika memiliki 20 klien dalam 1 bulan, gaji notaris sebesar Rp 100 juta/bulan.

Perorangan yang mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) dengan nilai properti Rp 1 miliar, dengan notaris menerima 1% dari nilai properti yang berarti Rp 10 juta.

Gaji Notaris Menurut Undang-undang

Berdasarkan UU No. 30 Tahun 2004, penetapan biaya jasa notaris adalah sebagai berikut:

  • Jika transaksi bisnis mencapai Rp 100 juta, Anda bisa mendapatkan honor tertinggi 2,5% dari nilai transaksi bisnis.
  • Transaksi bisnis antara Rp 100 juta – Rp 1 miliar mendapatkan honor 1,5%.
  • Jika transaksi lebih dari Rp 1 miliar, honor notaris adalah 1% dari nilai transaksi.
  • Sedangkan nilai sosiologis didasarkan pada fungsi sosial dari objek setiap perbuatan akta dengan honor terbesar Rp 5 juta

Gaji Staff Notaris

Berapa Gaji untuk karyawan yang bekerja di kantor notaris? Sebenarnya standar saja. Karena notaris membayar sesuai UMP/UMK, jadi, gaji hanya sesuai dengan upah minimum regional Artinya, gaji Anda di Bandung bisa mencapai Rp 3,7 juta pada 2022.

Bagi Anda yang masih bekerja sebagai pegawai administrasi notaris di kantor notaris yang tugasnya membantu administrasi notaris dalam menyelesaikan berbagai tugas, gaji administrasi notaris mulai dari Rp 3.500.000 – Rp 6.000.000/bulan.

Berikut detail mengenai gaji staff notaris.

Jabatan/ PosisiRata-rata Gaji Per Bulan
Administration StaffRp 3,0 Jt
Asisten HukumRp 3,2 Jt
Fiduciary AdministrationRp 3,2 Jt
Intern MagangRp 1 Jt
ITRp 3,0 Jt
Legal AssistantRp 4,0 Jt
NotarisRp 4.3 Jt
Notary StaffRp 3,2 Jt
Penasihat HukumRp 4.5 Jt
STA ExecutiveRp 5,0 Jt
Staf Administrasi dan TeknisRp 3,0 Jt
Staff LegalRp 3,5 Jt

Tentunya setiap daerah memiliki perbedaan gaji dan perbedaan lainnya. Oleh karena itu hanya merupakan gambaran dan dasar besaran gaji notaris dan beberapa karyawan yang bekerja di kantor notaris.

Baca juga: Tunjangan dan Gaji Hakim: Pengadilan Negeri, Agama dan MA

Tunjangan Notaris

Tunjangan Notaris

Selain gaji pokok di atas, beberapa karyawan menerima fasilitas dan tunjangan yang akan menjadi haknya ketika mereka menjadi karyawan notaris.

Dimana fasilitas dan tunjangan akan berbeda antara satu karyawan dan karyawan lainnya.

  • Bonus
  • Insentif
  • Tunjangan Hari Raya (THR)
  • BPJS Kesehatan
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Asuransi kesehatan tambahan (opsional)
  • dan lainnya

Penutup

Notaris sendiri merupakan profesi bagi seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana hukum. Terdapat beberapa hal yang membedakan nominal gaji notaris.

Tentu saja pendidikan hukum ini terdapat beberapa hal mengenai hukum, seperti. penandatanganan dokumen oleh saksi, memperoleh izin dari pemerintah. Profesi notaris juga memiliki karir yang berbeda-beda.

Sekian artikel berjudul 10+ Gaji Notaris dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Notaris digaji oleh siapa?

Notaris tidak memiliki gaji. Soalnya, pembayaran mereka datang langsung dari pelanggan, bukan dari lembaga pemerintah atau swasta.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!