Akta Notaris: Fungsi, Biaya, Jenis, dan Contohnya

Akta Notaris: Fungsi, Biaya, Jenis, dan Contohnya | Apakah Anda berencana untuk membeli properti seperti rumah atau tanah dalam waktu dekat? Pastikan Anda memahami berbagai bentuk legalitas, termasuk untuk akta notaris. Akta notaris adalah dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti saat membeli dan menjual properti.

Akta Notaris: Fungsi, Biaya, Jenis, dan Contohnya

Di sini Anda bisa mengetahui bagaimana cara membuat dokumen tersebut, akta notaris seperti apa yang Anda butuhkan dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan semua jawabannya melalui pembahasan berikut.

Apa itu Akta Notaris?

Akta notaris adalah dokumen resmi yang dibuat oleh notaris dan mengacu pada Pasal 1870 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUH) dan Pasal 165 HIR. Akta itu mutlak dan mengikat.

Lebih khusus lagi, akta adalah dokumen asli yang ditulis sebagai bukti bahwa suatu peristiwa telah terjadi dan dibuat di depan pejabat berwenang seperti hakim, jaksa atau notaris.

Dan notaris adalah karir seseorang yang telah mengambil pendidikan hukum dan mendapat lisensi dari pemerintah sehingga mereka dapat melakukan beberapa hal hukum.

Salah satu tugasnya adalah menyiapkan akta otentik dan kewenangan lainnya yang ada dalam UU No. 30 Tahun 2004 yang kemudian diperbarui dengan UU No. 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris.

Dalam dunia jual beli properti, akta notaris berikut ini dapat menjamin proses jual beli rumah, tanah, bangunan komersial atau aset properti lainnya.

Sepintas mungkin terdengar mirip dengan akta yang dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), namun perbedaan mendasarnya adalah akta yang dibuat di notaris dapat memuat hal-hal yang lebih umum terkait dengan proses jual beli.

Langkah-langkah pembuatan akta notaris tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mulai dari penggunaan ukuran kertas, jenis huruf, spasi penulisan dan diakhiri dengan maksimal baris kata pada satu halaman.

Fungsi Akta Notaris

Fungsi Akta Notaris

Mengingat keutamaan kemampuan akta untuk menjamin proses jual beli real properti, berikut fungsinya:

1. Bukti Otentik

Berdasarkan undang-undang yang terdapat dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHP), buatlah akta notaris sebagai alat bukti kuat yang didahulukan sehingga tidak diperlukan pembuktian lebih lanjut.

Selain itu, akta sebagai alat bukti tertulis atau surat bukti utama menurut Pasal 1866 KUHPerdata dan HIR 165 menjadikannya alat bukti persidangan yang menduduki kedudukan penting dan krusial.

Oleh karena itu, akta tersebut dapat digunakan sebagai alat bukti otentik apabila ada beberapa pihak yang membuat suatu perjanjian tertentu atau untuk beberapa orang yang diberikan hak yang sama sesuai dengan isi yang terkandung di dalamnya.

2. Syarat Resmi

Dengan akta notaris, suatu transaksi hukum disahkan sebagai syarat resmi yang bersifat mengikat. Oleh karena itu, peran akta dalam hal ini adalah untuk melengkapi suatu perbuatan hukum, misalnya perjanjian jual beli khususnya utang piutang, yang seharusnya diatur dalam Pasal 1767 KUH Perdata.

Baca juga: Kode Etik Notaris: Arti, Kewajiban, Larangan, dan Pengecualian

Biaya Pembuatan Akta Notaris

Biaya Pembuatan Akta Notaris

Saat membuat akta di notaris ada dua jenis biaya atau fee berdasarkan nilainya:

1. Nilai Ekonomis

Biaya pembuatan akta di notaris didasarkan pada nilai ekonomisnya, yang menurut UU No. 30 Tahun 2004 dapat berbeda-beda tergantung dari nilai transaksinya.

Misalnya, transaksi bisnis tidak lebih dari Rp 100 juta akan dikenakan biaya sebesar 2,5% dari nilai transaksi bisnis. Untuk transaksi bisnis dari Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar adalah 1,5% dan sekitar 1% bila transaksi bisnis lebih dari Rp 1 miliar.

Harus diingat bahwa besaran biaya atau fee tersebut tidak termasuk biaya yang harus Anda bayarkan kepada notaris.

2. Nilai Sosiologis

Berdasarkan nilai sosiologis peran sosial dari setiap objek akta, biaya terbesar yang harus dibayar untuk biaya notaris sendiri adalah sekitar Rp 5 juta.

Jenis Akta Notaris

Jenis Akta Notaris

Tentunya selain biayanya, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis Akta Notaris, antara lain:

1. Akta Pejabat atau Akta Relaas

Biasanya disebut Akta berita acara dan dibuat oleh notaris. Akta tersebut memuat keterangan notaris tentang tindakan, suatu keadaan yang disaksikan atau diamati selama menjalankan kegiatan notaris dan bersifat otentik.

2. Akta Pihak atau Akta Partij

Jika akta tersebut dibuat langsung oleh notaris, maka akta pihak atau akta partij adalah akta yang dibuat di hadapan notaris. Isi di dalamnya dijelaskan oleh beberapa pihak terkait di hadapan notaris.

Akta yang Dibuat Notaris

Jenis akta yang dibuat dengan notaris, notaris dapat membuat segala akta di bidang kenotariatan tetapi dia tidak membuat keterangan tentang pelanggaran lalu lintas atau surat pernyataan kelakuan baik yang semuanya menjadi kewenangan kepolisian, dia juga tidak dapat membuat akta perkawinan, akta kematian, semua akta kelahiran menjadi tanggung jawab petugas catatan sipil.

Meskipun akta biasanya dibuat oleh staf kantor catatan sipil, notaris dapat membuatnya berdasarkan Pasal 35 ayat (2) PJN.

Pada kenyataannya tidak semua akta dapat dibuat oleh notaris, oleh karena itu Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris menyatakan bahwa Notaris berwenang untuk membuat akta otentik di sehubungan dengan semua tindakan, perjanjian dan ketentuan yang diperlukan yang diharuskan oleh undang-undang oleh mereka yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam Akta Otentik.

Contoh Akta Notaris

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai contoh akta notaris atau dokumen yang dapat dibuat oleh atau dihadapan notaris, antara lain:

  • Perjanjian jual beli
  • Perjanjian sewa menyewa
  • Pendirian Perseroan Terbatas (PT) atau badan usaha lainnya
  • Perubahan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham
  • Pendirian Yayasan
  • Akta Warisan
  • Perjanjian kerjasama, utang piutang, kontrak kerja
  • Dan segala bentuk perjanjian yang tidak dikecualikan oleh pejabat lain

Di atas adalah deskripsi dari salah satu dokumen penting di properti. Ingat peran akta notaris sebagai alat bukti yang kuat di hadapan hukum, karena Anda harus memilikinya untuk menghindari risiko kerugian.

Cara Mengecek Akta Notaris Secara Online

Cara Mengecek Akta Notaris Secara Online

Untuk memastikan keaslian atau keabsahan akta tersebut, Anda dapat memeriksa akta notaris secara online dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Untuk mengikuti pengecekan secara online, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama AHU (Administrasi Hukum Umum). Aplikasi ini dapat membantu warga belajar tentang informasi tentang notaris, yayasan, perusahaan, warisan, dan lain-lain.
  2. Ketikan alamat ahu.go.id, maka Anda akan diarahkan ke halaman utama.
  3. Kemudian pilih halaman atau ambil datanya dan targetkan ke pencarian profil perusahaan,
  4. Masukkan nama perusahaan yang diharapkan
  5. Nantinya akan ditampilkan data terkait perusahaan yang dicari, hingga akta notaris perusahaan yang dicari.

Penutup

Anda mungkin pernah mendengar banyak tentang akta notaris. Ini termasuk dokumen-dokumen yang diperlukan untuk administrasi banyak hal yang berkaitan dengan keabsahan dan hukum.

Akta notaris adalah dokumen resmi yang dibuat oleh notaris dan mengacu pada Pasal 1879 KUHPerdata dan Pasal 165 HIR. Akta bersifat mutlak dan mengikat.

Akta itu sendiri adalah dokumen otentik tertulis yang berfungsi sebagai bukti bahwa suatu peristiwa telah terjadi dan dikeluarkan di depan pejabat berwenang seperti notaris, hakim atau Jaksa.

Sekian artikel berjudul Akta Notaris: Fungsi, Biaya, Jenis, dan Contohnya, semoga bermanfaat.

Apakah akta notaris kuat?

Kekuatan pembuktian suatu akta notaris sebagai alat bukti adalah kekuatan pembuktian yang lengkap, karena ciri khusus suatu akta otentik terletak pada nilai pembuktiannya menurut 1886 KUHPerdata.

Mengapa perlu akta notaris?

Akta notaris merupakan salah satu dokumen resmi yang berguna untuk melegalkan banyak hal mulai dari legalitas harta benda, perpajakan hingga surat wasiat. Namun pada kenyataannya tidak semua orang memahami apa itu akta notaris, apa saja fungsi dan jenisnya. Banyak juga yang menyamakannya dengan surat notaris.

Apakah akta notaris ada masa berlakunya?

Setiap perubahan yang dilakukan pada Akta akan memerlukan SK baru untuk mengesahkan perubahan yang dibuat. Akta tersebut berlaku seumur hidup, namun masa berlaku pengurus perusahaan hanya maksimal 5 tahun. Untuk tujuan ini, instrumen harus diperbarui dan disahkan ulang setidaknya setiap 5 tahun.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!