Store Supervisor: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Store Supervisor: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab | Supervisor adalah pekerjaan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, saat ini pekerjaan dan tugas seorang supervisor berbeda-beda salah satunya Store Supervisor.

Store Supervisor Adalah...

Namun, tidak semua orang memahami peran dan tanggung jawab seorang supervisor toko. Buat kamu yang baru memulai perjalanan meniti karir store supervisor, mungkin ada baiknya kamu membaca artikel berikut ini agar langkahmu semakin mantap dalam mengejar impian menjadi seorang supervisor store.

Store Supervisor Adalah…

Apakah itu seorang supervisor? Pengertian supervisor. Menurut Wikipedia, seorang penyelia, atau lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris supervisor adalah orang yang diberi jabatan dalam suatu kelompok perusahaan karena memiliki kekuasaan dan wewenang untuk memberikan instruksi kepada bawahannya.

Istilah supervisor berasal dari bahasa Inggris, dan terjemahan bahasa Indonesianya adalah pengawas utama. Namun, istilah supervisor lebih populer daripada pengawas utama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, supervisor adalah pengawas utama atau pengontrol utama.

Store supervisor adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat regulasi, inovasi atau rencana kerja untuk beberapa karyawan. Dalam sebuah retail, seorang supervisor adalah orang yang mengelola beberapa karyawan, meskipun dia bukan manajer puncak.

Supervisor toko adalah orang atau status yang diisi oleh seseorang (pada umumnya) atau beberapa orang yang bekerja sebagai supervisor, mengawasi beberapa karyawan dan mengingatkan mereka untuk selalu bekerja sesuai dengan harapan perusahaan dan pelanggan atau selalu memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung toko.

Dalam proses kinerja di cabang, seorang supervisor toko harus membawa ketegasan dan jiwa kepemimpinan, karena peraturan perusahaan seringkali tidak sesuai dengan keinginan sebagian karyawan.

Tanggung Jawab Store Supervisor

Tanggung Jawab Store Supervisor

Apakah anda sudah mengetahui pengertian store supervisor? Sekarang saatnya mempelajari apa saja tanggung jawabnya.

Store Supervisor adalah posisi yang bertanggung jawab penuh atas kinerja karyawannya. Tanggung jawab ini berbentuk visi perusahaan, memantau kinerja dan mengevaluasi kinerja karyawan.

Sebelum melakukan tugas yang disebut, Supervisor toko bekerja dengan cara memberikan instruksi kepada karyawan dalam melakukan pekerjaan.

Misalnya, seorang Supervisor toko menginstruksikan karyawan atau kasirnya untuk bersikap baik kepada pelanggan.

Pastikan stok aman di gudang, stok toko aman dan daftar transaksi tertib, tidak ada yang kurang. Selain itu, seorang Store Supervisor supermarket bekerja untuk memastikan bahwa kinerja stafnya stabil.

Tanggung jawab store supervisor adalah sebagai berikut:

  • Memantau pekerjaan beberapa karyawan sesuai dengan SOP.
  • Memberikan instruksi tugas kepada beberapa karyawan
  • Membuat ketentuan untuk karyawan
  • Membuat jadwal untuk karyawan
  • Memastikan semua persyaratan kerja tersedia
  • Menulis dan pastikan semuanya sesuai
  • Memastikan tujuannya konsisten dengan rencana sebelumnya
  • Memberikan saran dan kritik terhadap karyawan
  • Membuat dan menjalankan strategi untuk waktu yang singkat.

Tugas Store Supervisor

Tugas Store Supervisor

Tugas Store Supervisor dibagi menjadi tiga poin berikut:

1. Melayani Pelanggan dengan Baik

Store Supervisor adalah orang yang memastikan bahwa pelanggan menerima layanan yang baik, karyawan harus tampil ramah dan dengan sabar melayani semua permintaan pelanggan.

Kasir, SPG, bagian administrasi dan gudang sebagai satu kelompok karyawan di bawah tanggung jawab Supervisor toko.

2. Mengelola Penjualan

Tugas Store Supervisor selanjutnya yaitu membantu manajer untuk meningkatkan penjualan. Agar instruksi tersebut dapat terwujud, perlu dilakukan apa yang disebut pengawasan dan disiplin dari Supervisor toko kepada karyawan.

Supervisor toko yang berhasil melakukan peningkatan penjualan akan berdampak positif pada sebagian penjualannya. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan untuk melihat peluang dan berinovasi dalam strategi pemasaran.

3. Mengatur Teknis Toko

Tugas selanjutnya dari store Supervisor adalah memimpin kegiatan toko dari pembukaan hingga penutupan.

Merinci nilai penjualan, memisahkan beberapa barang yang akan dijual, menjalankan promosi dan mendesain toko agar menarik dan nyaman.

Supervisor toko juga harus memastikan bahwa setiap pelayan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Jika ada masalah dalam bisnis, ia harus segera mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

Pada akhir periode atau bulan, tugas Store Supervisor adalah membuat apa yang disebut evaluasi, yaitu dari dibuat dari bulan tersebut.

Tidak semua perusahaan memiliki Store Supervisor. Umumnya, Supervisor toko dipekerjakan oleh perusahaan untuk bekerja di bidang retail seperti supermarket atau toko serba ada.

Dalam mengelola sebuah toko, seorang Supervisor toko diharapkan dapat menangani semua kegiatan yang berlangsung di dalam toko mulai dari pembukaan hingga penutupan toko. Dalam hal ini, aspek penting yang perlu diperhatikan adalah,

  • Menetapkan langkah-langkah dan proses untuk membuka toko
  • Pengendalian persediaan barang di toko umumnya menggunakan pola FEFO – (first end first out = barang yang mendekati tanggal kadaluarsa harus diutamakan untuk dijual).
  • Seorang Supervisor toko diharapkan dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa toko agar nyaman dan membuat pelanggan betah.
  • Selain aspek-aspek tersebut di atas, seorang Supervisor toko harus menyiapkan laporan akuntansi dan keuangan yang lengkap dan terperinci, serta laporan pembelian di toko, sehingga tidak ada kesalahan dalam proses di tahap selanjutnya.
  • Bekerja sama dengan manajer, Store Supervisor harus dapat membuat keputusan cepat untuk meningkatkan dan menjalankan toko.

Kualifikasi Supervisor Toko

Kualifikasi Supervisor Toko

Jadi seorang supervisor toko biasanya membutuhkan pengalaman di bidang yang sama agar tidak kaku dan mengerti produk yang dipasarkan tanpa harus belajar dari awal lagi. Namun, jika Anda tertarik menjadi seorang store supervisor dengan pengalaman minimal, persyaratan yang cenderung menjadi standar oleh perusahaan adalah:

  • Wanita atau pria dengan penampilan menarik
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan Kepemimpinan yang baik
  • Kemauan untuk bekerja di bawah tekanan.
  • Pendidikan Diploma 3 dan penguasaan manajemen akuntansi.
  • Pengalaman di Bidang yang sama

Informasi tambahan, perusahaan yang bekerja pada status ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum seperti Matahari Mall, Carefour, Alfa Mart, Indomart, Lotte Mart dan sebagainya.

Sekian artikel berjudul Store Supervisor: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, semoga bermanfaat.

Store Supervisor kerja apa?

Memastikan penjualan toko mencapai target yang telah ditentukan. Memastikan Kinerja Toko berjalan dengan lancar. Memastikan bahwa semua pengeluaran dan pendapatan toko dicatat dan laporan dibuat untuk ditandatangani dan diketahui oleh manajer toko.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!