10 Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli yang Perlu Diketahui

10 Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli yang Perlu Diketahui | Bagaimana cara membedakan antara lowongan kerja yang asli dan palsu? Sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri dari lowongan kerja yang asli. Di internet, banyak cerita tentang penipuan lowongan kerja.

Jadi, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi tentang cara untuk menghindari dari penipuan lowongan kerja yang dapat merugikan pelamar kerja seperti Anda. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Mengapa Perlu Mengetahui Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli?

Mengapa Perlu Mengetahui Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli?

Kita perlu mengetahui ciri-ciri lowongan kerja asli karena:

  1. Ada banyak penipuan lowongan kerja di internet, sehingga penting untuk dapat membedakan lowongan kerja yang asli dan palsu agar tidak terjebak dalam penipuan.
  2. Penipuan lowongan kerja dapat merugikan kita secara finansial, misalnya dengan meminta bayaran administrasi atau menjanjikan gaji yang tidak masuk akal.
  3. Penipuan lowongan kerja dapat merugikan kita secara karir, misalnya dengan menjanjikan pekerjaan yang tidak ada atau membuat kita kehilangan waktu dan tenaga untuk melakukan seleksi yang tidak valid.
  4. Membedakan lowongan kerja asli dan palsu dapat membantu kita untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan keinginan kita.

Selain itu, mengetahui ciri-ciri lowongan kerja asli juga dapat membantu kita untuk menghindari dari perusahaan yang tidak baik atau yang tidak memenuhi standar etika kerja.

Dengan mengetahui ciri-ciri lowongan kerja asli, kita juga dapat mengetahui tanda-tanda penipuan seperti perusahaan yang tidak jelas, kontak yang tidak dapat dihubungi, atau proses seleksi yang tidak masuk akal.

Mengetahui ciri-ciri lowongan kerja asli juga dapat membantu kita untuk lebih yakin dan percaya diri dalam melamar pekerjaan yang kita inginkan.

Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli

Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli

Beberapa ciri-ciri lowongan kerja asli yang dapat dilihat antara lain :

1. Perusahaan yang Jelas dan Terverifikasi

Lowongan kerja asli biasanya dikeluarkan oleh perusahaan yang jelas dan terverifikasi, seperti perusahaan yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja atau perusahaan yang memiliki website resmi dan alamat kantor yang jelas. Perusahaan yang asli juga akan memiliki reputasi yang baik dan dikenal di industrinya.

2. Deskripsi Pekerjaan yang Jelas

Lowongan kerja asli biasanya menyertakan deskripsi pekerjaan yang jelas dan rinci, termasuk tanggung jawab, kualifikasi, dan syarat yang dibutuhkan. Deskripsi pekerjaan yang jelas dapat membantu calon pelamar untuk mengetahui apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman mereka.

3. Proses Seleksi yang Masuk Akal

Lowongan kerja asli biasanya akan menjalankan proses seleksi yang masuk akal, seperti melalui tahap wawancara, tes kompetensi, atau tes kesehatan. Proses seleksi yang masuk akal akan memastikan bahwa hanya calon pelamar yang memenuhi syarat yang diinginkan oleh perusahaan yang akan diterima.

4. Informasi Kontak yang Dapat Dihubungi

Lowongan kerja asli biasanya menyediakan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti alamat email, nomor telepon, atau alamat kantor. Informasi kontak yang dapat dihubungi dapat membantu calon pelamar untuk menanyakan pertanyaan atau mengklarifikasi informasi yang diperlukan.

5. Tidak Meminta Bayaran

Lowongan kerja asli tidak akan meminta bayaran administrasi atau biaya lainnya dari calon pelamar. perusahaan yang asli akan menanggung biaya yang diperlukan untuk proses rekrutmen.

6. Tawaran Gaji yang Masuk Akal

Lowongan kerja asli akan menawarkan gaji yang sesuai dengan standar industri atau di atas UMR. Gaji yang masuk akal dapat memberikan insentif yang baik bagi calon pelamar untuk menerima tawaran pekerjaan.

7. Persyaratan yang Masuk Akal

Lowongan kerja asli akan memiliki persyaratan yang masuk akal dan sesuai dengan posisi yang ditawarkan, seperti pendidikan minimal, pengalaman kerja, atau kemampuan khusus. Persyaratan yang masuk akal dapat memastikan bahwa calon pelamar yang diterima memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan dengan baik.

8. Sertifikat yang Diperlukan

Lowongan kerja asli akan meminta sertifikat yang diperlukan dan sesuai dengan posisi yang ditawarkan, seperti sertifikat pendidikan, sertifikat keahlian atau lisensi yang diperlukan.

9. Proses yang Transparan

Lowongan kerja asli akan menjalankan proses yang transparan, dari tahap penerimaan lamaran, tahap seleksi hingga tahap pemberitahuan hasil seleksi.

10. Branding Perusahaan yang Jelas

Lowongan kerja asli akan menampilkan branding perusahaan yang jelas dan terverifikasi, seperti logo, nama perusahaan dan lainnya.

Itu adalah beberapa ciri-ciri lowongan kerja asli yang dapat dilihat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua lowongan kerja yang memenuhi ciri-ciri ini pasti asli, dan tidak semua lowongan kerja yang tidak memenuhi ciri-ciri ini pasti palsu. Oleh karena itu, selalu penting untuk melakukan riset dan verifikasi sebelum melamar pekerjaan.

Baca juga: 15+ Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Dimana Mendapatkan Lowongan Kerja Asli?

Job Fair Adalah Tempat untuk Mencari Kerja

Setelah mengetahui Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli, akan lebih baik jika kita dapat mendapatkan lowongan kerja asli dari beberapa sumber seperti:

1. Website Lowongan Kerja Resmi

Ada banyak website lowongan kerja resmi yang dikelola oleh pemerintah atau perusahaan yang memposting lowongan kerja yang asli. Beberapa contohnya seperti jobstreet.com, karir.com, atau loker.id. Website ini dipercaya sebagai sumber lowongan kerja yang asli dan terpercaya.

2. Karier Center Perusahaan

Beberapa perusahaan besar memiliki karier center yang menyediakan informasi lowongan kerja yang asli. Informasi lowongan kerja yang diterima dari karier center ini dipercaya sebagai lowongan kerja yang asli dan terpercaya.

3. Job Fair

Job fair adalah acara yang diadakan untuk mempertemukan perusahaan dengan calon pelamar kerja. Pada job fair ini, perusahaan akan menyediakan lowongan kerja yang asli dan terpercaya. Job fair biasanya diadakan pada waktu yang spesifik dan di tempat tertentu. Biasanya diadakan di kampus-kampus atau di kota-kota besar. Pada job fair, kita dapat bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan dan melamar pekerjaan secara langsung.

4. Rekrutmen dari Perusahaan yang Kita Inginkan

Beberapa perusahaan akan melakukan rekrutmen secara internal, kita dapat mengecek website perusahaan atau kontak HRD perusahaan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang asli. Ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan lowongan kerja di perusahaan yang kita inginkan.

5. Social Media

Beberapa perusahaan juga mengumumkan lowongan kerja di media sosial seperti LinkedIn, Facebook, atau Instagram. Namun, selalu penting untuk melakukan verifikasi dan riset sebelum melamar pekerjaan melalui media sosial.

6. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan seperti universitas atau sekolah tinggi juga dapat memberikan informasi lowongan kerja yang asli melalui kerja sama dengan perusahaan atau melalui karir center yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Banyak perusahaan yang mencari calon pegawai melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ciri-ciri lowongan kerja asli diantaranya adalah perusahaan yang jelas dan terverifikasi, deskripsi pekerjaan yang jelas, proses seleksi yang masuk akal, informasi kontak yang dapat dihubungi, tidak meminta bayaran, tawaran gaji yang masuk akal, persyaratan yang masuk akal, sertifikat yang diperlukan, proses yang transparan dan branding perusahaan yang jelas.

Lowongan kerja asli diperoleh dari sumber yang terpercaya seperti website lowongan kerja resmi, karier center perusahaan, job fair, rekrutmen dari perusahaan yang kita inginkan, social media dan lembaga pendidikan.

Itu adalah beberapa ciri-ciri lowongan kerja asli yang dapat dijadikan patokan untuk mengetahui lowongan kerja asli dan menghindari penipuan lowongan kerja. Namun, selalu penting untuk melakukan riset dan verifikasi sebelum melamar pekerjaan.

Sekian artikel berjudul 10 Ciri-ciri Lowongan Kerja Asli yang Perlu Diketahui, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!