35 Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan

Apa saja Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan? Setiap hari ada orang yang tidak mudah menyerah untuk memulai usaha yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini mendorong pemikiran yang lebih inovatif dan kreatif untuk meningkatkan bisnis yang akan ditekuni.

Cukup sulit bagi seorang pemula untuk memutuskan usaha mana yang menjanjikan karena Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk memulainya.

Kami harap contoh peluang usaha berikut dapat membantu Anda sebagai pemula dalam memilih bisnis yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan

Terdapat banyak contoh peluang bisnis yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

1. Memproduksi Produk Ramah Lingkungan yang Inovatif

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Melindungi Lingkungan

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Memproduksi Produk Ramah Lingkungan yang Inovatif

Membuat produk yang bermanfaat sekaligus melindungi lingkungan adalah contoh peluang usaha yang menggiurkan.

Ini contoh Deasy Esterina, pemilik usaha ramah lingkungan Kreskros, membuat tas inovatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan besar. Pasar dari bisnis ini juga bersifat internasional.

Deasy memulai usahanya dengan modal Rp 10 juta untuk membeli berbagai peralatan. Ia memasarkan produknya melalui media sosial dengan meningkatkan kesadaran menggunakan produk ramah lingkungan. Selain itu, ia terus menekuni bisnisnya dengan lebih serius melalui website Kreskros.com.

Alhasil, omzet penjualannya kini mencapai Rp 60 juta/bulan.

2. Kursus Online

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil
Kebutuhan: Belajar dari rumah

Contoh peluang usaha selanjutnya yaitu kursus online.

Apakah Anda memiliki keterampilan di bidang tertentu? Memulai usaha kursus online jelas merupakan pilihan yang tepat.

Membuat kursus offline membutuhkan tempat khusus dan berbagai perlengkapan lainnya. Banyak persiapan dan persaingan usaha masih cukup banyak.

Kursus online berbeda. Selain bisa memulai usaha ini dari rumah, jenis keterampilan yang bisa dijual juga beragam.

Kursus yang biasa Anda temui berkaitan dengan bahasa asing atau mata pelajaran sekolah lainnya. Sebenarnya, itu tidak semua.

Contohnya aminono. Situs web ini menawarkan kursus pelatihan bordir online. Dengan mengikuti kursus yang ditawarkan, Anda bisa mempelajari berbagai keterampilan menyulam, mulai dari merajut dan merenda hingga yubiami.

Jadi, apakah Anda memiliki ide untuk kursus online Anda? Atau anda tertarik dengan contoh peluang usaha lainnya?

Baca juga: Peluang Usaha Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Ciri

3. Penyewaan Mobil

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Sedang – Besar
Kebutuhan: Moda transportasi

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Penyewaan Mobil

Penyewaan mobil bisa menjadi Contoh Peluang Usaha yang bisa anda pilih.

Anda mungkin telah menemukan banyak perusahaan persewaan mobil. Modal awal yang dibutuhkan juga cukup tinggi. Maka Anda mungkin tidak terlalu tertarik untuk mencoba.

Namun, Anda bisa mendapatkan ide dari Aldi Febian Mahabian, sebuah perusahaan persewaan mobil. Kisah pengusaha ini menunjukkan bahwa kreativitas adalah faktor kunci dalam memulai usaha, bukan hanya modal.

Saat itu, ia menemukan peluang usaha sebagai supir mobil sewaan ketika penduduk setempat menginginkan supir yang ramah dan mudah mempunyai wawasan yang luas. Dia mulai mempromosikan “layanan sewa pengemudi yang good looking” melalui Twitter.

Semakin lama, semakin besar kliennya. Dengan mekanisme bagi hasil, usahanya berkembang. Penghasilan bulanan yang ia terima juga bisa mencapai Rp 78 juta.

Contoh Peluang Usaha sewa mobil ini terbukti tidak hanya bisa dijalankan secara offline tetapi juga online, seperti yang ditunjukkan oleh drive.id.

4. Layanan Pembuatan Website

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Perusahaan atau bisnis yang membutuhkan website

Salah satu contoh peluang usaha menggiurkan yang bisa dilakukan dari rumah adalah jasa pembuatan web.

Jika Anda seorang developer, tidak ada salahnya untuk mendalami bisnis ini. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Sama halnya dengan perusahaan jasa lainnya, peluang keuntungan yang dihasilkan cukup besar.

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tidak hanya dari layanan pengembangan web, tetapi juga dari kerja sama dengan pihak lain.

Seperti yang Anda ketahui, web membutuhkan domain dan hosting untuk online. Oleh karena itu, Anda juga bisa menjadi reseller produk hosting dan domain. Untungnya, Anda dapat memulai kemitraan tanpa modal dan biaya pendaftaran.

5. Wedding Organizer

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Seseorang yang sibuk dan tidak sempat menyiapkan acara pernikahan

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Wedding Organizer

Setiap pasangan pengantin baru ingin acara spesial mereka berjalan dengan baik. Oleh karena itu, wedding organizer selalu dibutuhkan untuk menyelenggarakan berbagai acara.

Dari perspektif bisnis, ini jelas merupakan jenis peluang usaha yang menggiurkan.

Jangan beranggapan bahwa bisnis ini tidak memiliki prospek sementara di saat yang sama jumlah wedding organizer semakin banyak. Padahal, nilai industri bisnis pernikahan tahun ini saja sudah mencapai Rp 500 triliun.

Tentunya contoh peluang usaha ini bisa menjadi referensi bagi anda.

Sekali lagi, kreativitas Anda adalah kunci dalam mengetahui pasar. Berikut dituturkan oleh Fitri Aulia Abdullah yang menawarkan jasa wedding organizer dengan ide Syar’i.

Apakah modal yang dibutuhkan sangat besar? Tidak terlalu. Fitri mengaku memulai usahanya tanpa modal. Wedding organizer lain bernama Yupitirani menggunakan uang Rp 3 juta untuk memulai bisnis ini.

Contoh Peluang Usaha ini dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin memulai membuka jasa Wedding Organizer.

6. Affiliate Marketing

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil
Kebutuhan: Orang yang membutuhkan saran ketika ingin membeli barang

Affiliate Marketing memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan mempromosikan produk pihak lain. Jadi ini jelas merupakan contoh peluang usaha yang menggiurkan. Karena dengan affiliate anda bisa memulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal.

Langkah-langkahnya juga cukup sederhana. Jika ada yang membeli produk dengan kode referral yang Anda berikan, maka Anda akan menerima komisi yang sama sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati.

7. Usaha Kerajinan Tangan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Sebagai oleh-oleh khas dari daerah anda

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Usaha Kerajinan Tangan

Kemampuan mengolah suatu bahan menjadi kerajinan merupakan bisnis yang menggiurkan. Usaha kerajinan tangan merupakan Contoh Peluang Usaha yang bisa anda coba.

Anda juga tidak harus memulai dengan modal yang banyak. Anda bisa mulai dengan beberapa ratus ribu saja. Yang terpenting adalah kesabaran dan ketelitian untuk mengidentifikasi peluang usaha.

Demikian pesan I Nyoman Besar Sumaartha, seorang pengusaha kerajinan asal Bali. Saat memulai usaha menjual produk, ia merasa kualitas bahan supplier kurang bagus.

Untuk itu ia berinisiatif memproduksi produknya sendiri untuk menjamin kepuasan pelanggannya.

Hasil kreasinya terbukti dicintai bahkan diekspor ke luar negeri. Berapa omzet usaha/bulan? Mencapai 700 juta rupiah.

Anda juga bisa belajar dari keberhasilan Galeri Yanis Yogyakarta dalam memasuki pasar ekspor dengan memanfaatkan internet sebagai media promosi. Berbagai penghargaan juga telah diterima atas kesabarannya dalam berbisnis.

8. Menjadi Dropshipper

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil
Kebutuhan: Konsumen yang membutuhkan barang

Seperti yang anda ketahui bahwa Contoh Peluang Usaha untuk Dropshipper sudah cukup banyak.

Bisnis dropship memungkinkan Anda memulai bisnis tanpa modal. Tapi jangan salah, potensi penghasilannya tidak bisa diremehkan.

Model bisnis dropship mirip dengan jual kembali. Keuntungan berasal dari selisih harga yang Anda terima dari konsumen untuk membeli produk dari penjual.

Perbedaannya adalah sebagai dropshipper Anda tidak harus memiliki gudang sendiri. Karena memang seller yang mau mengirimkan barang ke customer.

Aprie Angeline adalah orang sukses dari bisnis dropshipping. Tentu saja Contoh Peluang Usaha untuk Dropshipper ini cukup menarik.

Ia mulai menjual produk pakaian yang ternyata tidak terlalu sukses. Setelah pindah menjadi reseller produk kecantikan, penghasilannya meningkat signifikan. Dia bisa mendapatkan puluhan juta dalam hitungan saat.

9. Penjualan Perangkat Lunak / Software

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang membutuhkan jasa di bidang pemrograman

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Penjualan Perangkat Lunak / Software

Teknologi informasi berkembang pesat dan tidak tinggal diam. Bagi Anda yang kuat di bidang pemrograman, Anda bisa mencoba upaya pemasaran perangkat lunak.

Sudah banyak tokoh yang sukses di bisnis ini. Anda bisa menjadi salah satunya. Contoh Peluang Usaha dalam bidang penjualan software di indonesia belum cukup banyak.

Sebut saja nama Donny Kris Puriyono. Alumni STIKI Malang ini membuat banyak sekali software mulai dari software lab bahasa hingga administrasi sekolah. Usahanya cukup berhasil menembus pasar ekspor. Bahkan, ia berhasil memulai perusahaan IT sendiri.

10. Usaha Potong Rambut

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang membutuhkan penataan rambut

Pernah lihat acara The Cuts Indonesia yang tayang di TV? Sebuah acara untuk menemukan penata rambut terbaik. Acara tersebut menunjukkan bahwa seni tata rambut telah menjadi tren gaya hidup masyarakat saat ini.

Bagi para pelaku bisnis, ini merupakan contoh peluang usaha yang paling menjanjikan. Karena prospek perkembangannya sangat cerah.

Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis ini. Misalnya, Nikasius Dirgahayu hanya membutuhkan uang Rp2 juta saat syuting Nick The Barbership. Dana tersebut digunakan untuk membeli alat cukur rambut, peralatan pendukung, dan biaya iklan awal.

Jika sudah berkembang, Anda bisa mengikuti jejak Arfa Barber Shop dan Toekang Tjoekoer untuk memulai bisnis waralaba. Anda harus menjadi pemilik waralaba.

Namun perlu diingat bahwa Contoh Peluang Usaha ini memerlukan pelatihan terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

11. Jasa Penitipan Anak

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Sedang – Besar
Kebutuhan: Orang tua yang sibuk dengan berbagai aktivitas.

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Jasa Penitipan Anak

Apakah Anda menyukai anak-anak dan ingin memulai bisnis dari rumah? Membuka penitipan anak adalah pilihan yang menarik.

Usaha ini sangat cocok dijalankan di beberapa kota besar. Kegiatan orang tua yang bekerja seringkali mengharuskan anak untuk dititipkan kepada golongan lain. Ini bisa saja menjadi peluang bisnis.

Sebelum itu, Anda mungkin perlu mengalokasikan modal untuk merenovasi rumah Anda. Artinya, jadikan rumah Anda tempat bermain yang menyenangkan. Juga, Anda perlu membeli peralatan taman bermain untuk anak-anak dan mempromosikan bisnis Anda.

Contoh Peluang Usaha untuk jasa penitipan anak sangat cocok bagi anda yang menyukai anak-anak.

Misalkan biaya penitipan anak Rp 500.000 per bulan. Jika Anda mengambil 10 anak, pendapatan bulanan Anda akan menjadi Rp 5 juta.

Bisa juga meningkat jika Anda juga membawa anak-anak yang membutuhkan pengawasan khusus, seperti balita atau bayi. Pasti penghasilan anda akan bertambah.

Tidak hanya itu, jika Anda mempromosikannya dengan baik melalui internet, Anda pasti dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Salah satunya contohnya adalah KideeChildCare.

12. Menjual Makanan Ringan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang mencari keunikan produk

Menjual makanan ringan juga merupakan salah satu Contoh Peluang Usaha yang cukup menarik.

Makanan ringan tidak mati. Khususnya produk snack atau makanan ringan. Meski banyak produk baru yang diperkenalkan, minat untuk mencobanya cukup tinggi. Konon, potensi usahanya masih cukup besar.

Jika ingin mencoba toko jajanan atau makanan ringan ini, kualitas dan keunikan produk adalah kuncinya. Kemudian, untuk lebih meningkatkan pemasaran, Anda bisa memasarkannya secara online.

Memulai bisnis ini tidak perlu memiliki modal yang besar. Anda bahkan dapat menjalankannya dari rumah.

Contoh keberhasilan bisnis ini adalah Lidi Geli. Berangkat dari keinginan untuk memperkenalkan makanan tradisional, Famela Nurul Islami memproduksi jajanan mie lidi dengan pangsa pasar yang masih muda.

Dengan modal awal hanya Rp 1 juta, Famela mengaku margin keuntungannya bisa mencapai 50% dari modal awal yang dikeluarkannya. Bisnisnya semakin berkembang, apalagi setelah memasarkannya melalui website Lidi Geli.

Tertarik mencoba Contoh Peluang Usaha untung besar ini?

13. Bisnis Waralaba

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Pemilik usaha yang mencari kemitraan

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Bisnis Waralaba

Contoh Peluang Usaha yang sedang trend saat ini yaitu bisnis waralaba.

Bisnis franchise merupakan jenis usaha yang digerakkan dengan model kemitraan. Bekerja dengan perusahaan yang produknya sudah terkenal pasti akan mendatangkan pelanggan lebih cepat.

Potensi usaha yang dijual cukup baik dan berkembang. Namun, sebagian orang melihat bahwa waralaba harus memiliki modal yang besar dan hanya untuk bisnis makanan saja.

Bahkan, beberapa pilihan waralaba dimulai dengan modal kecil. Selain itu, saat ini ada pilihan waralaba lainnya seperti laundry, home delivery, training dan lain-lain. Bahkan, ada juga kerjasama bisnis tambal ban dan angin lainnya, seperti yang ditawarkan oleh Green Nitrogen.

Kunci dari usaha ini adalah dengan cermat meninjau peluang usaha terbaru dan memilih jenis kesepakatan dan mitra bisnis yang layak dan potensial.

Sekali lagi, jangan khawatir, tidak semua waralaba mengharuskan Anda memiliki modal yang besar.

14. Jasa Terjemahan

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil
Kebutuhan: Konsumen yang membutuhkan untuk menerjemahkan dokumen.

Contoh Peluang Usaha selanjutnya yaitu jasa terjemahan.

Pengetahuan bahasa asing dapat membantu Anda memperoleh penghasilan tinggi. Anda dapat memulai bisnis jasa terjemahan dengan pendapatan hingga $500/bulan. Menariknya, Anda bisa melakukannya dari rumah.

Ya, begitulah penuturan Reni Heryani yang terjun ke dunia terjemahan online. Ia adalah seorang pekerja lepas yang sering mendapatkan pekerjaan paruh waktu dari berbagai freelancer.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini secara full time, hasilnya pasti akan lebih baik lagi.

Lebih penting lagi, jika Anda memiliki portofolio web yang menunjukkan keahlian yang Anda miliki, sama seperti Desi Mandarini.

15. Membuka Toko Online

Jenis Bisnis: Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang membutuhkan barang tertentu

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Membuka Toko Online

Sekarang semakin mudah bagi seseorang untuk membuat toko web online. Jenis produk yang dipasarkan juga semakin beragam. Modal yang dibutuhkan tidak besar.

Padahal, contoh peluang usaha ini adalah yang paling menjanjikan. Pasalnya, kekuatan transaksi bisnisnya sendiri mencapai Rp 77 triliun pada 2018. Oleh karena itu, peluang sukses toko online masih terbuka lebar.

Ketelitian Anda dalam memonitor gap di pasar sangat dibutuhkan. Jarak di pasar adalah peluang usaha terbaru yang belum diambil tetapi sering dibutuhkan oleh pelanggan.

Contoh yang menarik adalah toko aksesoris boneka. Salah satu toko online yang menjalankan bisnis unik ini adalah Barbie House. Website ini menawarkan berbagai barang unik berupa rumah Barbie dan perabot mini lainnya.

Apa potensi peluang usahanya? Secara umum, bisnis aksesoris dan boneka custom masih cukup menjanjikan. Bahkan, omzetnya bisa mencapai Rp 50 juta/bulan.

Hal serupa juga dirasakan Solihin, pengusaha boneka Barbie asal Jakarta. Diakuinya, usahanya hanya berkembang dengan modal lima juta rupiah. Bahkan, pada kesempatan-kesempatan tertentu ia harus menambah jumlah pekerja.

Pernahkah Anda berpikir tentang apa yang harus dilakukan dengan toko online?

16. Usaha Katering

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang tidak sempat masak

Apalagi bagi Anda yang tinggal di kota besar, mencoba usaha catering masih menjadi contoh peluang usaha yang menggiurkan di tahun ini.

Karena usaha Anda bisa menjadi jalan keluar bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang enak dan mudah ditemukan.

Selain itu, jenis usaha catering ini sendiri bisa saja baru dikembangkan. Misalnya catering khusus untuk menu sehat seperti dari Gorry Gourmet dan My Meal.

Anda hanya perlu berkreasi dengan menu dan opsi bisnis Anda sendiri.

Untuk usaha catering, Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Berikut tampilan Riezka Sari membuat Halal Food hanya dengan Rp 3 juta.

Namun, kegigihannya dalam menjalankan usaha tersebut menghasilkan penjualan hingga beberapa ratus juta rupiah setiap bulannya.

17. Penjualan Tema Website

Jenis Bisnis: Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Blogger atau pemilik website yang membutuhkan design baru

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Penjualan Tema Website

Beberapa pemilik website sering mengganti tema agar website lebih menarik. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan faktor peranan dan optimalisasi SEO.

Jadi jika Anda jago membuat tema website seperti Mas Sugeng, jualan tema website tetap menawarkan contoh peluang usaha yang menggiurkan.

Tentu saja, Anda perlu memahami persyaratan tema situs web yang bagus seperti ramah seluler, dioptimalkan untuk SEO, memuat cepat, dan bentuk menarik.

Tidak terbatas pada tema Blogger, Anda juga dapat membuat berbagai tema situs web untuk WordPress karena banyak pengguna platform ini. Anda bisa melihat contoh yang dibuat oleh ID Theme atau situs asing seperti Themeforest.

Yang terpenting, memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal dan bisa dioperasikan dari rumah. Contoh Peluang Usaha ini bisa dijadikan sampingan dari pekerjaan utama anda.

Apakah Anda ingin melakukannya paruh waktu atau full time? Itu semua tergantung pada pilihan Anda.

18. Tata Rias Pengantin

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Calon pengantin yang membutuhkan tata rias

Jika Anda memiliki keterampilan merias maka menjadi penata rias pengantin patut dicoba. Contoh Peluang Usaha ini cocok bagi anda yang senang dengan seni tata rias.

Untuk memulai bisnis ini Anda membutuhkan modal berkisar antara 10 hingga 20 juta rupiah tergantung besar kecilnya bisnis yang ingin Anda bangun.

Sebagian modal digunakan untuk membeli alat rias, pakaian pendukung, dan biaya promo awal.

Peluang usaha ini cukup besar karena beberapa pengusaha mengaku dapat mengembalikan investasinya (Break Even Point) hanya dalam waktu 3-4 bulan. Contohnya adalah tari Hartono. Penata rias pengantin ini berhasil mendapatkan penghasilan hingga Rp 15 juta per bulan.

Yuyuk Endi, penata rias pengantin yang sudah lama berkecimpung dalam perawatan manten tradisional, menjelaskan omzet usaha perawatan pengantin sekitar 50-70% dari total modal yang dikeluarkan.

Tentu saja, Anda bisa mendapatkan hasil yang sama dengan Tari atau bahkan lebih besar.

Jika Anda ingin membangun usaha ini, Anda dapat menghitung terlebih dahulu kebutuhan modal yang dibutuhkan sebelum memulai.

19. Bisnis Sewa Kasur

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen perantauan yang tidak membawa kasur

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Bisnis Sewa Kasur

Contoh Peluang Usaha yang jarang terpikirkan yaitu bisnis sewa kasur.

Pernahkah Anda mendengar tentang Clara Almabella Bamanty? Wanita asal Jogja ini adalah sosok dibalik kesuksesan sewakasur.com.

Ya, Anda tidak salah dengar. Clara memulai bisnis persewaan kasur yang jarang diketahui orang. Bahkan, omzet yang didapat bisa mencapai Rp 2,1 miliar/tahun. Wow!

Saat itu, Clara memulai dengan modal Rp 200.000 untuk membeli kasur busa dan menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan barang ke pelanggan. Juga mekanisme promo yang diterapkan masih konservatif dari mulut ke mulut.

Namun, dengan peningkatan web yang dikelola dengan baik. Kini bisnis ini sudah merambah ke kota-kota lain. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba usaha ini karena sedikit yang terlibat di dalamnya.

20. Membeli dan Menjual Barang Antik

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang mencari barang-barang antik.

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Membeli dan Menjual Barang Antik

Di era modern ini, barang unik bisa mendatangkan keuntungan? Jawabannya: pasti bisa! Contoh Peluang Usaha yang satu ini masih memiliki cukup pangsa pasar.

Ada banyak orang yang bersemangat membeli barang-barang unik. Jenis barang yang dipasarkan juga sangat beragam.

Menariknya, sebagian besar toko barang unik ini bermula dari hobi. Jadi, jika Anda memiliki preferensi yang sama, kesepakatan semacam ini layak untuk dicoba.

Tahukah Anda berapa omzet bisnis ini? Sinta Dewi Nugraheni asal Bawen, Jawa Tengah mengaku berpenghasilan Rp 400 juta per bulan dengan menjual berbagai barang unik.

Persyaratan modal untuk bisnis ini tidak harus besar. Anda bisa mulai dengan barang yang kurang berharga terlebih dahulu.

Selama pelanggan mengharapkan bagian yang unik, bisnis terus berlanjut. Oleh karena itu, promosi yang baik harus terus dilakukan.

Anda bisa menggunakan media sosial dan website resmi untuk melihat semua koleksi barang unik yang Anda jual.

Baca juga: Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak pada Wirausaha

21. Bisnis Food Truck

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang mencari makanan ringan.

Contoh Peluang Usaha di bidang kuliner yang bisa anda coba yaitu Food Truck.

Di Indonesia, bisnis food truck mungkin belum terlalu dikenal. Model bisnis ini berasal dari luar negeri yang awalnya dikenal menjual es krim.

Namun, kini banyak orang yang mulai mencoba bisnis food truck ini. Sifat bisnisnya tidak beragam, masih berpusat pada minuman dan makanan cepat saji.

Mulai dari sosis bakar, takoyaki hingga aneka jus. Kemudian Anda dapat menemukan peluang bisnis lainnya.

Alih-alih menggunakan modal Anda untuk menyewa toko, Anda bisa menggunakannya untuk mengubah kendaraan Anda menjadi truk makanan.

Selanjutnya, Anda dapat memulai bisnis menggunakan promosi berkelanjutan melalui media sosial atau situs web individu. Anda juga dapat bergabung dengan AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia) untuk mencari lebih banyak mitra.

Omzet bisnis ini lumayan. Heri Poerjanto Noegroho asal Semarang mengaku mengantongi Rp 6-7 juta dari bisnis ini.

22. Menjadi Penulis Online

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil
Kebutuhan: Website yang membutuhkan artikel

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Menjadi Penulis Online

Semangat Anda untuk menulis bisa menjadi contoh peluang usaha yang menggiurkan. Anda menjadi penulis online. Bisnis ini dapat dijalankan dari rumah dan tanpa investasi apapun.

Anda dapat memilih untuk menjadi penulis online paruh waktu atau penuh waktu. Beberapa platform yang bisa membantu Anda mendapatkan project adalah Sribulancer dan Upwork.

Namun, Anda juga bisa mencoba platform seperti Wattpad jika Anda pandai menulis narasi fiksi.

Begitulah cara Ericca Febriani menulis novel berjudul “Dear Nathan”. Novel tersebut tidak hanya digandrungi oleh beberapa kalangan, tetapi juga diadaptasi ke layar lebar.

Apa bidang keahlian menulis Anda, menjadi penulis online masih menjadi prospek terbaik di tahun ini. Penulis online merupakan salah satu Contoh Peluang Usaha yang bisa dilakukan sacara full time maupun part time.

23. Bisnis Tour Wisata

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang mencari paket wisata

Bisnis Tour Wisata bisa menjadi Contoh Peluang Usaha pada saat ini, karena potensi wisata di Indonesia sendiri cukup banyak.

Bagi Anda yang hobi traveling seperti Ricky Surya, pemilik perusahaan tour online LetsGetLostID, menjajal peruntungan di bisnis travel menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.

Saat itu, Ricky memulai bisnis onlinenya dengan modal netbook. Melalui websitenya, ia menawarkan paket perjalanan ke Indonesia untuk wisatawan mancanegara. Omzetnya saat itu mencapai Rp 60 juta/bulan.

Anda juga bisa memulai bisnis sendiri dengan paket rekreasi yang unik.

Padahal, potensi bisnis wisata masih kuat hingga Rp 4 triliun/tahun. Selain itu, pemerintah terus mendorong pengembangan rekreasi, baik infrastruktur transportasi maupun tempat wisata.

24. Menjual E-book

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang mencari buku elektronik

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Menjual E-book

Contoh Peluang Usaha yang bisa anda coba yaitu menjual E-Book.

Peran buku sebagai sumber informasi perlahan digantikan oleh eBook (buku elektronik). Salah satu alasannya adalah kemudahan konsumen untuk dapat membacanya kapan saja melalui media yang berbeda seperti ponsel atau tablet.

Jika Anda memiliki keterampilan dalam satu bidang, Anda dapat dengan mudah meringkasnya dalam sebuah buku. Proses pembuatannya relatif sederhana. Setelah menyelesaikan proses penulisan, Anda cukup menyimpannya dalam bentuk digital (PDF).

Anda bisa memasarkannya melalui website sendiri atau bermitra dengan toko buku online yang sudah ada.

Hasil penjualannya mungkin tidak sebaik Darren Rowse yang menghasilkan 756 juta rupiah dari 1 e-book dalam seminggu. Tapi potensinya masih besar.

25. Bisnis Laundry

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang sibuk, sehingga memilih mencari laundry

Contoh Peluang Usaha di lingkungan kampus atau kos-kosan yaitu bisnis laundry.

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan bisnis laundry yang masuk dalam daftar ini, bukan? Nyatanya, bisnis cleaning service masih menjadi salah satu jenis bisnis yang paling menggiurkan.

Andry Tri Kurniadi adalah salah satu contoh pengusaha laundry sukses dengan omzet hingga Rp 300 juta/bulan.

Awalnya, bisnisnya didasarkan pada “banyaknya cucian yang dibersihkan seringkali berasal dari pembelian pakaian”. Karena itu, ia mengurungkan niat awalnya untuk menjual baju.

Untuk usaha laundry, modal awal yang dibutuhkan tergantung dari seberapa besar usaha laundry yang akan Anda bangun. Bahkan, Anda juga bisa mulai dari rumah dulu.

Jika Anda ingin mengembangkan usaha, Anda juga dapat menggunakan teknologi. Artinya, selain menjangkau lebih banyak orang, Anda menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan.

Misalnya, salah satunya adalah KliknKlin yang menawarkan layanan laundry melalui situs web Android, iOS, dan aplikasi.

26. Berjualan Minuman Kesehatan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Konsumen yang mencari minuman kesehatan

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Berjualan Minuman Kesehatan

Kini trend hidup sehat di masyarakat mulai berkembang. Tidak hanya olahraga teratur, pola makan juga sangat penting. Berjualan minuman sehat dapat menjadi Contoh Peluang Usaha.

Peluang bisnis ini diraih Nova Budi Setiabudi saat membangun usaha minuman kesehatan. Ia terus mengedukasi warga tentang manfaat minum jamu dengan bahan alami melalui website SuweOraJamu.

Menurut Nova, bisnisnya tumbuh hingga 20% setiap tahunnya. Didukung dengan dibukanya Jamu Cafe, penjualan mencapai Rp 90 juta/bulan.

Masyarakat Indonesia masih bergantung pada jamu sebagai minuman kesehatan. Padahal, di era modern ini banyak pelanggan yang ingin menyantap makanan yang tidak hanya enak tapi juga sehat.

Artinya, jika Anda memiliki pengetahuan mengolah minuman kesehatan lainnya, Anda juga bisa masuk ke bisnis ini. Anda bisa melakukan pemasaran secara offline maupun online.

Selain itu, dalam kondisi wabah saat ini, kebutuhan akan pola makan yang sehat sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kami percaya usaha ini adalah jenis bisnis yang menguntungkan di masa depan.

Contoh Peluang Usaha ini dapat anda lakukan dengan membuka bisnis secara offline maupun online.

27. Jasa Jahit Pakaian

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil
Kebutuhan: Calon konsumen yang membutuhkan produk fashion custom

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Jasa Jahit Pakaian

Apakah Anda ingin membangun bisnis dari keterampilan menjahit? Anda dapat melakukan ini.

Bisnis fashion di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Bahkan, nilai ekspor bisnis ini mencapai Rp 122 triliun tahun lalu! Hal ini menjadikannya salah satu contoh peluang usaha terbaik di tahun ini.

Berbekal keterampilan menjahit dan pemilihan bahan terbaik yang cermat, Anda dapat membuat berbagai produk pakaian yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, salah satunya adalah toko baju muslim.

Bahkan secara detail, Anda bisa membuat jilbab seperti yang dilakukan Atina Maulina. Ia membuat vanilla hijab tanpa modal sepeser pun karena menggunakan mekanisme pre-order.

Bahkan, ia kini bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 500 juta per bulan dari hasil penjualan dan bisnisnya. Ini karena pemasaran unik yang dia lakukan secara online, baik melalui web atau Instagram.

28. Toko Hewan Peliharaan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Calon konsumen yang membutuhkan peralatan yang berkaitan dengan hewan peliharan

Bagi pecinta hewan, membuka usaha Pet Shop bisa menjadi contoh peluang usaha yang menarik.

Salah satu pengusaha sukses dalam bisnis ini adalah Lely H. Musar. Ia membuka pet shop dengan modal awal Rp 10 juta dan kini mampu menghasilkan pendapatan hingga beberapa ratus juta rupiah per bulan.

Anda tidak harus memulai dengan jumlah ini untuk membeli berbagai item hewan peliharaan seperti makanan dan peralatannya.

Mungkin fokus pada layanan perawatan hewan peliharaan terlebih dahulu. Jika keuntungan sudah didapat, itu bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang dipasarkan di toko Anda.

Potensi pasar masih terbuka. Karena kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan hewan peliharaan semakin meningkat. Selain itu, saat ini banyak komunitas penyayang binatang seperti Jakarta Dog Lover dan Meow Holic.

Anda bisa memasarkan bisnis Pet Shop Anda secara online, baik melalui website seperti petshopindonesia.com maupun media sosial.

Contoh Peluang Usaha ini akan lebih bagus lagi jika ditambah dengan jasa perawatan hewan peliharaan.

29. Penyewaan Pakaian

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Calon karyawan yang membutuhkan pakaian tertentu.

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Penyewaan Pakaian

Sewa pakaian merupakan Contoh Peluang Usaha yang cocok jika anda tertarik dengan bidang fashion.

Beberapa momen seperti peringatan Hari Kartini seringkali membutuhkan dress code berupa pakaian daerah. Ini bisa menjadi peluang bisnis baru yang menggiurkan. Karena mayoritas orang selalu bingung bagaimana cara mendapatkan baju yang sesuai dengan daerahnya.

Anda bisa mengambil contoh Tia Amalia. Peluang ini ia lihat saat mendirikan bisnis sewa pakaian online sewaajah.com. Melalui website, pengunjung dapat memilih pakaian yang diinginkan dan menyewanya secara online.

Penting untuk diingat bahwa peluang usaha ini masih besar. Anda bisa berkreasi dengan jenis perusahaan persewaan pakaian lainnya. Kuncinya adalah melihat peluang pasar yang bagus sesuai dengan trend yang ada.

Setiap bulan bisnis ini menjanjikan omzet puluhan juta rupiah. Apalagi di momen besar, omzet bisa meningkat hingga 3 kali lipat.

30. Penyewaan Peralatan Pendakian

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Para pencita alam yang senang mendaki gunung

Semakin banyak orang menikmati mendaki gunung. Anda tidak hanya dapat menikmati menghabiskan waktu bersama teman, tetapi Anda juga bisa mendapatkan beberapa foto Instagram.

Ini adalah contoh peluang usaha yang menarik. Usaha persewaan peralatan pendakian masih cukup menjanjikan.

Bahkan, Dwi Widyastuti mengaku sudah meraup pendapatan Rp 5 hingga 6 juta per bulan dari usaha yang dibangunnya bernama Avaya Outdoor.

Awalnya, ia memulai usaha ini berdasarkan pengalaman pribadi ketika kesulitan mencari perlengkapan mendaki yang dibutuhkannya.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda bisa melihat dulu potensi pasarnya. Apakah Anda ingin bisnis persewaan yang lengkap untuk berbagai peralatan atau khusus untuk satu jenis peralatan misalnya. misalnya tenda kemah, seperti yang dilakukan tendakemping.com?

31. Bisnis Cuci Sepatu

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Calon konsumen yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci sepatu

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Bisnis Cuci Sepatu

Mayoritas masyarakat Indonesia masih mencuci sepatu sendiri, namun bukan berarti membersihkan sepatu bukanlah peluang usaha yang menggiurkan.

Contoh Peluang Usaha ini dapat dijalankan dengan modal Rp 100.000, perusahaan ini bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp 500 juta/bulan. Ya, Anda tidak salah dengar. Narasi ini berasal dari Refaldy Fauzi, tokoh dibalik Sneaklin.

Berdasarkan pekerjaan kuliahnya, ia memiliki ide tentang jasa pembersih sepatu. Tak disangka, respon pelanggan cukup baik. Selain itu, perusahaan semakin berkembang menjadi laundry sepatu premium.

Kesuksesan bisnis Refaldy terbantu dengan keseriusannya terjun ke bisnis digital melalui websitenya. Tren ini dimulai seperti kedatangan iShoeLaundry. Namun, potensi bisnis ini sendiri masih cukup terbuka.

32. Toko Mainan Anak

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Sedang
Kebutuhan: Orang tua yang mempunyai anak

Mereka pasti tidak yakin menjual mainan saja bisa menghasilkan pendapatan miliaran rupiah. Contoh Peluang Usaha bisa menjadi pilihan anda.

Itulah yang dialami Fahrudin saat ia keluar dari pekerjaannya sebagai cleaning service dan memulai bisnis online, Juragan Mainan.

Keputusan itu bukan keputusan tegas. Selain belajar untuk membuktikan kekuatan usahanya, Fahrudin juga sempat mengunjungi beberapa instansi untuk mendapatkan data bisnis yang ingin digelutinya.

Jika Anda memiliki ide untuk memulai bisnis mainan, Anda bisa memulainya hari ini. Jelajahi target pasar Anda dan dapatkan data dari berbagai sumber tentang potensi peluang usaha.

Ingatlah bahwa Anda dapat memulai bisnis sesuai dengan modal yang Anda miliki. Kemudian tumbuh seiring dengan keuntungan yang Anda terima. Karena usaha ini tidak mengharuskan Anda untuk segera memiliki bisnis fisik.

Anda bisa memulainya secara online seperti yang ditunjukkan oleh Fahrudin atau beberapa toko lainnya seperti tokomainanonline.com.

33. Sewa Perlengkapan Bayi

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Orang tua yang membutuhkan perlengkapan bayi

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Sewa Perlengkapan Bayi

Semua orang tua harus melakukan yang terbaik untuk pertumbuhan bayi mereka. Salah satunya dengan menyediakan peralatan yang diperlukan. Namun terkadang, jangka waktu penggunaannya terlalu singkat, sehingga orang tua lebih cenderung memilih untuk menyewa.

Itulah mengapa membuka usaha persewaan perlengkapan bayi merupakan salah satu contoh peluang usaha yang menggiurkan.

Meilisa Nurinda adalah contoh dari usaha ini. Dengan modal awal Rp 10 juta, ibu rumah tangga ini sukses mendirikan usaha yang omzetnya saat ini mencapai Rp 7 juta per bulan.

Tentunya modal awal yang besar bisa membantu menambah jumlah koleksi Anda. Namun, ini tidak selalu terjadi. Anda bisa memulainya dengan beberapa perlengkapan bayi yang paling dibutuhkan seperti: kereta dorong

Tidak hanya itu, ketika bisa dimulai dari rumah tentunya tidak perlu menyewa toko untuk menyimpan perlengkapan bayi yang dimiliki.

Anda juga bisa memasarkannya secara online melalui website Anda seperti yang telah dilakukan dengan sewaperalatanbayi.com

34. Fotografi untuk Stok Foto

Jenis Bisnis: Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Website atau designer yang membutuhkan foto

Menjual stok foto bisa menjadi Contoh Peluang Usaha bagi yang senang fotografi.

Jika Anda dapat mengabadikan peristiwa luar biasa atau mengambil foto keluarga baru-baru ini, jadilah fotografer dengan mendaftarkan kepemilikan perseorangan atas nama Anda.

Perusahaan seperti Shutterstock, Adobe Stock dan sejenisnya selalu mencari gambar yang menarik. Anda dapat mulai mendaftarkan beberapa foto Anda di platform ini.

Setelah Anda mengirim foto Anda, tunggu orang lain mengambilnya. Sebagian besar situs fotografi stok membayar Anda royalti untuk setiap unduhan di platform mereka.

Pilihan lainnya adalah memulai situs web fotografi Anda sendiri dan menjual gambar langsung ke orang-orang, yang hanya mungkin jika Anda memiliki sumber daya untuk berinvestasi dalam pemasaran.

35. Editor Video

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal : Kecil – Sedang
Kebutuhan: Youtuber atau perusahaan yang membutuhkan editing video

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan Editor Video

Editor video menjadi salah satu Contoh Peluang Usaha yang sedang trend akhir-akhir ini.

Dengan semakin banyak video yang ditonton dari awal, pasti ada kebutuhan akan orang yang dapat merekam, mengonversi, memotong, dan menerbitkan video.

Oleh karena itu, memulai perusahaan produksi video bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Investasi awalnya dalam usaha ini adalah kit pencahayaan dasar, mikrofon nirkabel, satu atau dua kamera (dan lensa), dan perangkat lunak editing seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro.

Anda dapat menawarkan untuk memproduksi konten video untuk saluran YouTube perusahaan, membuat video kelulusan dan pernikahan, dan banyak lagi.

Apa Contoh Peluang Usaha yang Menarik Bagi Anda?

Ada cukup banyak jenis usaha dan peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Satu kesamaan dari semua contoh peluang usaha yang telah kita diskusikan adalah bahwa mereka akan menjadi bisnis yang menguntungkan di masa depan!

Untuk memulai bisnis, Anda bisa memulainya dengan hal-hal yang paling Anda sukai. Dengan kata lain, ikuti semangat Anda.

Kemudian Anda dapat pengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi dengan online. Dan yang juga sangat penting adalah selalu mempelajari potensi pasar usaha dengan data yang cukup.

Jika Anda sudah menemukan rencana usaha dari Contoh Peluang Usaha diatas yang ingin Anda kejar, sekarang saatnya untuk memulai.

Berapa modal yang Anda miliki adalah poin penting selanjutnya setelah ketelitian, kreatifitas dan keuletan Anda menerapkan langkah-langkah jitu memulai usaha dari 0.

Sekian artikel berjudul 35 Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!