10+ Contoh Usaha Jasa, Jenis dan Penjelasannya

Contoh Usaha Jasa, Jenis dan Penjelasannya | Kami akan melakukan semua langkah untuk menghasilkan pendapatan, tentu saja bagus. Banyak ide bisnis untuk meringankan masalah keuangan Anda. Sebelum Anda memikirkan ide tersebut, carilah informasi dalam diri Anda tentang apa keahlian Anda, apa yang dapat Anda lakukan.

Untuk memulai usaha, Anda perlu mempersiapkan dengan baik usaha yang ingin Anda jalani agar hasilnya optimal. Persiapan dimulai dengan modal. Modal usaha tergantung dari usaha apa yang ingin anda lakukan.

Sama halnya dengan usaha jasa, modal utama dari usaha jasa adalah keahlian kita sendiri. Tentu saja, jika Anda memiliki semangat atau keterampilan di bidang tertentu, Anda tahu usaha apa yang ingin Anda bangun.

Usaha Jasa Adalah…

Usaha Jasa Adalah

Usaha jasa adalah perusahaan dagang yang terbagi menjadi perorangan atau kelompok dan mempunyai tenaga ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya melakukan pekerjaan untuk kebutuhan konsumen.

Produk yang diberikan oleh perusahaan jasa bukanlah benda berwujud, melainkan sebuah karya atau keahlian yang diberikan kepada pelanggan.

Dalam usaha jasa, kepuasan pelanggan diutamakan. Namun, ini berbeda dengan bisnis lain.

Kepuasan pelanggan adalah hasil dari pelayanan yang kami berikan kepada pelanggan. Untuk mencapai kepuasan pelanggan kami, kami harus dapat melakukan pekerjaan yang sama sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, testimoni pelanggan menjadi kunci agar bisnis ini dikenal banyak orang. Testimoni ini hadir dalam bentuk kepercayaan konsumen yang loyal terhadap pengalaman layanan yang diberikan.

Karena perusahaan ini tidak menawarkan produk nyata, coba optimalkan kinerja untuk membuat pelanggan senang dan datang kembali, atau bahkan rekomendasikan usaha jasa Anda kepada beberapa teman mereka.

Pengertian Usaha Jasa Menurut Para Ahli

Beberapa definisi menurut ahli mengenai usaha jasa adalah sebagai berikut:

Pengertian Usaha Jasa Menurut Djaslim Saladin

Menurut Djaslim Saladin, usaha jasa adalah usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan pada pihak pelanggan.

Pengertian Usaha Jasa Menurut Normandia

Menurut Norman, usaha jasa adalah usaha yang beroperasi dalam bentuk kontak antara produsen dan pelanggan yang nilainya lebih dari sekedar hasil.

Pengertian Usaha Jasa Menurut Adrian Payne

Menurut Adrian Payne, usaha jasa adalah bisnis yang bergerak dalam kegiatan ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat yang tidak berwujud dalam hubungan dengan pelanggan atau barang yang tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan.

Pengertian Usaha Jasa Menurut Christian Gronross

Menurut Christian Gronross, usaha jasa adalah usaha yang kegiatannya dipecah menjadi rangkaian kegiatan yang tidak berwujud antara pekerja jasa dan konsumen untuk memecahkan suatu masalah.

Pengertian Usaha Jasa Menurut Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, usaha jasa adalah kesepakatan yang menawarkan perlakuan tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan produk.

Baca juga: Peluang Usaha Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Ciri

Karakteristik Usaha Jasa

Karakteristik Usaha Jasa

Penjelasan karakteristik usaha jasa adalah sebagai berikut:

Produk tak Berbentuk

Perusahaan jasa tidak menawarkan produk dalam bentuk atau berwujud, hanya dalam bentuk nilai. Nilai ini memiliki manfaat yang akan diperoleh konsumen.

Aktivitas inti Mereka Adalah Penjualan Jasa

Menurut pengertian yang telah dijelaskan, perusahaan jasa hanya menjual dan menawarkan jasa yang diberikan oleh pegawai jasa. Layanan dapat datang dalam bentuk tenaga, pemikiran, dan beberapa teknik khusus lainnya.

Harga untuk Jasa Tidak Pasti

Harga jual 1 produk jasa tidak bisa dibandingkan dengan jasa lainnya. Ini terkait dengan keterampilan staf jasa dan kebutuhan pelanggan.

Tidak ada Harga Pokok

Karena usaha jasa ini tidak menjual barang fisik, maka usaha ini tidak mensyaratkan penetapan harga bahan baku.

Laporan keuangan tahunan tidak dapat disaksikan dan dihitung dari harga pokok penjualan. Namun, harga jasa umumnya dibentuk oleh jasa yang diberikan dan jam terbang yang tinggi.

Jenis Usaha Jasa

Ada banyak jenis usaha yang mungkin cocok untuk Anda. Namun, hal ini harus disamakan dengan kemampuan masing-masing. Apakah Anda ingin tahu jenis usaha jasa apa yang ada di sana? Yuk, silahkan baca pembahasannya di bawah ini!

1. Jasa Transportasi

Jenis Usaha Jasa Transportasi

Transportasi sebagai langkah untuk memindahkan dan mengalihkan barang atau orang dari tempat asalnya ke tempat tujuan.

Semua faktor kehidupan memerlukan transportasi, mulai dari ekonomi, politik, pertahanan, keamanan dan sebagainya.

Pelayanan transportasi ini dibagi menjadi tiga bidang yaitu transportasi darat, transportasi laut dan transportasi udara.

Tentu saja, 3 sisi juga memiliki kendaraan yang berbeda. Jasa transportasi darat berupa mobil, sepeda motor, bus, truk dan kereta api. jasa angkutan laut dalam bentuk kapal dan perahu. jasa angkutan udara berupa pesawat terbang, pesawat jet dan helikopter.

Selain itu, contoh usaha jasa yang ditawarkan pada masing-masing moda transportasi juga berbeda.

Pada transportasi darat berupa taksi, ojek, bus umum dan angkutan umum, kereta api (KRL, MRT, LRT) dan bus untuk perjalanan luar atau dalam kota.

Kemudian transportasi laut memiliki jasa usaha berupa kapal. Untuk transportasi udara memiliki layanan bisnis pesawat dengan beberapa maskapai penerbangan, serta helikopter dan jet yang tersedia untuk disewa.

2. Jasa Layanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan adalah pelayanan bagi warga yang membutuhkan pemeriksaan, penyembuhan, pengobatan klinik, diskusi klinik, pengobatan dan penggunaan fasilitas klinik yang disediakan oleh pihak rumah sakit dan unit pelayanan kesehatan terkait.

Tidak hanya rumah sakit, puskesmas dan klinik juga merupakan salah satunya adalah jasa pelayanan kesehatan.

Perbedaannya hanya terletak pada kelengkapan fasilitas yang ada. Sebagai aturan, jika ingin fasilitas lengkap ada di rumah sakit.

Contoh jasa pengabdian masyarakat adalah dokter, perawat, klinik kesehatan, rumah bersalin, laboratorium kesehatan, dan sebagainya.

3. Jasa Layanan Pendidikan

Jenis Usaha Jasa Layanan Pendidikan

Layanan pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Keberhasilan layanan pendidikan ini akan ditentukan oleh kualitas layanan yang diberikan kepada siswa, murid atau mahasiswa. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik pula.

Jasa pendidikan tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, yaitu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jasa pendidikan.

Tujuannya agar ketika siswa membeli layanan ini, mereka langsung berhubungan dengan penyedia layanan

Selain memberikan pengetahuan, layanan pendidikan harus memberikan kenyamanan selama proses belajar mengajar. Kenyamanan dalam belajar menjadi kunci agar siswa dapat menyerap ilmu dengan baik.

Tentu Anda sudah mengetahui apa saja contoh usaha jasa pendidikan itu. Mereka adalah guru dan dosen. Guru dapat mencakup guru sekolah dan guru les.

4. Jasa Penulis

Penulis adalah penyedia jasa yang membuat kreasi tulis mereka seperti fiksi dan non-fiksi. Beberapa karya tersebut dibentuk dan dikembangkan dari ide, hati, dan pikiran pengarang.

Di era digital ini, penulis sangat dibutuhkan. Banyak penulis menulis untuk website perusahaan, media sosial perusahaan, menulis produk promosi, dan sebagainya.

Penulis bisa menjadi salah satu pilihan jenis usaha jasa. Penulis zaman sekarang tidak perlu mencetak tulisannya jika ingin dibaca oleh masyarakat luas.

Karena ada internet dan beberapa database yang ada, penulis bisa mengupload tulisannya sendiri ke website pribadinya atau website perusahaan tempatnya bekerja.

Banyak sekali contoh jasa penulisan termasuk content writer yaitu orang yang menulis artikel berupa artikel di website atau website perorangan atau perusahaan.

Kemudian penulis SEO adalah penulis yang dapat mencocokkan konten tulisannya dengan teknik dari SEO (Search Engine Optimization). Lalu ada copywriter, yaitu orang yang menulis untuk produk yang akan diiklankan.

Contoh penulis diatas yaitu penulis non-fiksi. Kemudian penulis setelah itu adalah pengarang novel dan cerpen, seperti yang anda ketahui, pengarang novel dan cerpen ini biasanya memiliki buku cetak sendiri atau bisa mengunggahnya di platform tertentu.

Lalu ada penulis skenario, penulis ini menawarkan jasanya ke dunia perfilman. Dokumen yang dia tulis kemudian difilmkan.

5. Jasa Editor

Jenis Usaha Jasa Editor

Tentu saja, dengan proyek apa pun di dunia kreatif, anda membutuhkan jasa editor. Editor atau penyunting adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan dan memperbaiki suatu proyek agar tidak terjadi kesalahan ketika ingin menerbitkannya.

Editor disini bukan hanya untuk tugas menulis, tapi editor disini untuk tugas di dunia film atau fotografi. Karena memegang peranan penting, editor adalah seseorang yang terlibat dalam semua faktor yang dihadapi dalam sebuah proyek.

Contoh jasa editing ada banyak yaitu editor (pengeditan dokumen, ejaan, tanggal, dll), lalu editor film, editor foto dan ada juga editor suara.

6. Jasa Fotografi dan Videografi

Kedua jenis usaha jasa ini bergerak dalam industri yang sama, yaitu industri kreatif, seperti halnya usaha para penulis dan editor. Walaupun layanan foto dan videografi terdengar mirip, namun teknik yang digunakan tetaplah berbeda.

Jasa fotografi menawarkan jasa dengan keahliannya dalam memotret benda mati atau hidup, yang hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan individu pelanggan atau untuk kebutuhan bisnis.

Untuk jasa videography hampir sama dengan fotografi, namun seperti yang kita ketahui, videography lebih dari sekedar teknik merekam video, menggerakan kamera untuk menghasilkan video yang memenuhi keinginan konsumen.

Kedua layanan ini didukung oleh editor foto dan video masing-masing. Secara umum, fotografer atau videografer dapat mengedit videonya sendiri, namun tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan besar untuk berbagi dua jenis usaha jasa tersebut.

7. Jasa Servis Elektronik

Jenis Usaha Jasa Servis Elektronik

Membuka jenis usaha jasa servis elektronik atau bekerja di sektor layanan elektronik adalah pilihan yang baik saat ini.

Sebagian besar penduduk menggunakan gadget dan perangkat elektronik di tempat tinggal mereka. Bagaimana jika beberapa alat rusak?

Banyak orang yang mengira jika barangnya hancur di tempat tinggalnya maka perlu membeli kembali. Tapi jangan mengesampingkan seseorang yang ingin memperbaikinya lagi.

Tentunya jika anda ingin membuka service elektronik mandiri, selain skill, modal yang dibutuhkan adalah modal untuk sparepart berbagai barang elektronik sesuai dengan usaha jasa anda.

Namun ketika anda bekerja di perusahaan elektronik, tentu ia hanya mengandalkan modal skill.

Jenis usaha jasa servis elektronik ini sangat luas karena berbagai jenis barang elektronik digunakan oleh warga.

Mulai dari barang-barang rumah hingga barang-barang rumah tangga. Berikut adalah contoh jasa elektronik yang meliputi jasa perangkat (handphone, netbook, tablet, komputer), printer, televisi, DVD, radio, mesin cuci, kulkas, AC, alat musik, dll yang berhubungan dengan barang elektronik.

8. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis ini seringkali disukai oleh para pebisnis. Pebisnis menggunakan jasa ini untuk mendesain ikon, kartu nama, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.

Jenis usaha jasa desain grafis ini merupakan jasa perseorangan atau badan yang menawarkan keahliannya dalam hal artistik seperti gambar, ilustrasi dan yang berkaitan dengan desain sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Seorang desainer grafis yang menawarkan jasanya juga harus memiliki wawasan yang luas melebihi keahliannya saat membuat desain.

Wawsan tersebut meliputi teknologi, budaya, filsafat, ilmu pengetahuan dan sosial. Karena ini tentang ide seperti apa yang harus dituangkan ke dalam sebuah gambar.

9. Jasa Keuangan

Jenis Usaha Jasa Keuangan

Jasa keuangan adalah jenis layanan yang disediakan oleh lembaga keuangan. Industri lembaga keuangan didefinisikan sebagai bank, perusahaan asuransi, pembiayaan konsumen, pembiayaan ekspor-impor, perusahaan sekuritas dan kartu kredit.

Dalam hal ini, jasa keuangan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK mengatur seluruh jasa keuangan di Indonesia yang terbagi atas perbankan, asuransi, pasar modal, dana pensiun, pembiayaan dan industri jasa keuangan lainnya.

Untuk anda yang memiliki pengetahuan di bidang keuangan, ini bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan.

10. Jasa Pariwisata

Agen pariwisata ini sangat menjanjikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak destinasi rekreasi dan keindahan alam Indonesia. Keindahan Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sektor pariwisata Indonesia berkembang dan tumbuh menjadi industri yang perlu menyumbang devisa negara.

Hal ini disebabkan meningkatnya jumlah wisatawan Indonesia dari luar negeri. Selain menambah devisa negara, budaya Indonesia dapat dengan mudah diperkenalkan.

Contoh jenis usaha pariwisata adalah penyedia penginapa, usaha persewaan kendaraan, perusahaan persewaan peralatan rekreasi, dan penyedia tempat rekreasi.

Baca juga: 30+ Contoh Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan

Tujuan Usaha Jasa

Perusahaan jasa atau perorangan memiliki tujuan untuk mencari keuntungan atau laba dari jasa yang dijual.

Untuk mendapatkan keuntungan, penting untuk memiliki catatan keuangan yang baik dalam bentuk laporan.

Selain manfaat bagi penyedia jasa, manfaat ini diberikan kepada konsumen karena adanya layanan yang memberikan kepuasan bagi penyedia jasa atas kebutuhan yang dicari oleh konsumen.

Usaha jasa ini memiliki orientasi sebagai pemasok barang. Dimana dalam dunia bisnis diperlukan akses untuk membeli barang. Biasanya, sebuah perusahaan berkonsultasi untuk membeli dan menjual barang tertentu.

Ketenagakerjaan merupakan tujuan dari usaha jasa ini. Semakin banyak perusahaan jasa berkembang, semakin banyak lapangan kerja yang tercipta. Usaha jasa ini menyerap tenaga kerja dari warga.

Contoh Usaha Jasa

Beberapa contoh usaha jasa adalah sebagai berikut:

1. Jasa Perbaikan Laptop

Contoh Usaha Jasa Perbaikan Laptop

Jika Anda memiliki keahlian untuk memperbaiki laptop, Anda dapat memulai bisnis jasa perbaikan yang menguntungkan.

Laptop saat ini adalah perangkat penting. Tak kurang dari 67% penggunaannya untuk mendukung pekerjaan. Artinya laptop harus selalu dalam kondisi prima.

Jika ada masalah, orang akan berusaha mencari jasa untuk perbaikan. Dalam hal ini, peran Anda sebagai teknisi laptop sangat dibutuhkan.

Jadi pastikan Anda mempromosikan keterampilan ini secara baik. Cara ini bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan yang membutuhkan jasa Anda. Bisa melalui promosi offline, iklan, media sosial bisnis hingga website individual.

Semakin banyak orang menggunakan layanan Anda, semakin besar keuntungan yang Anda hasilkan.

2. Layanan Pijat Bayi

Memberikan keterampilan saja mungkin tidak cukup. Anda harus mengenali kebutuhan pasar dengan tepat. Salah satunya, sejauh menyangkut tren kesehatan, bukan hanya kesehatan orang dewasa.

Jika Anda memiliki keahlian memijat, membuka usaha jasa pijat bayi menjadi pilihan usaha jasa yang unik. Penggemarnya semakin besar dan kompetisi tidak cukup besar.

Bahkan, potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini bisa mencapai hingga 80% dari investasi yang Anda lakukan!

Bisnis jasa pijat bayi ini bisa Anda mulai sebagai ide bisnis rumahan. Artinya, Anda tidak perlu khawatir tentang lokasi tertentu saat membuka usaha jasa ini.

Namun, jika modal Anda cukup besar, Anda bisa membuka usaha baby spa yang hadir dengan berbagai pilihan layanan. Tentu saja, potensi keuntungannya juga berlipat ganda.

Apapun yang Anda pilih, kuncinya adalah memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Jangan hanya mencoba mempromosikan jenis usaha jasa ini agar semakin banyak orang yang tahu tentang usaha jasa Anda.

3. Jasa Riset Pasar

Contoh Usaha Jasa Riset Pasar

Bisnis menuntut rencana yang baik dengan data yang tepat. Namun, tidak banyak pebisnis yang mampu melakukan riset dengan baik. Masalah dapat berasal dari waktu atau implementasi teknis.

Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk memulai usaha jasa riset bisnis. Tentu saja Anda harus memiliki keterampilan yang baik, bukan?

Secara umum, bisnis jasa Anda membantu pelanggan memperhatikan pangsa pasar bisnis yang coba mereka bangun.

Misalnya, klien Anda ingin memulai bisnis kuliner seafood di lokasi tertentu. Riset yang Anda lakukan dapat berkisar dari peluang penjualan hingga analisis persaingan. Anda dapat mengumpulkan data secara manual atau mewawancarai banyak orang.

Karena calon klien Anda adalah pebisnis yang serius ingin memulai bisnis, Anda perlu menampilkan diri Anda sebagai seorang profesional.

Promosi yang Anda jalankan harus dilakukan melalui website yang menarik. Bukan dengan sumpah atau semacamnya. Selain memudahkan calon pelanggan menemukan Anda, tentunya lebih mudah memberikan kesan kredibel terhadap usaha jasa Anda.

4. Layanan Terjemahan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis usaha di bidang jasa yang satu ini. Padahal, bisnis jasa terjemahan masih cukup menjanjikan.

Meskipun sekarang Google Translate sudah ada, tidak perlu khawatir. Usaha jasa penerjemah tetap dibutuhkan.

Akurasi Google Terjemahan belum yang terbaik. Jadi, untuk berbagai dokumen atau informasi yang membutuhkan ketelitian, jasa terjemahan bahasa manusia tetap menjadi fokus.

Untuk memulai jenis usaha jasa ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dilengkapi dengan netbook dan akses internet, Anda dapat mengatur bisnis jasa Anda.

Sebagai sarana periklanan, Anda bisa bergabung dengan berbagai platform freelance seperti Freelancer Indonesia atau Upwork.

Namun, ini hanya langkah pertama. Karena ketika usaha jasa Anda berkembang, membuat portofolio web pasti lebih baik. Artinya, untuk memastikan kredibilitas Anda sebagai penerjemah.

5. Jasa Penulisan Artikel

Contoh Usaha Jasa Penulisan Artikel

Apakah Anda memiliki keterampilan menulis yang baik? Tidak bisa hanya menjadikannya hobi. Anda dapat menggunakan keterampilan ini untuk mendapatkan uang. Salah satunya dengan menjadi penulis artikel.

Seperti perusahaan jasa penerjemahan, jasa penulisan artikel sering kali dibutuhkan oleh banyak freelancer. Topik yang dibutuhkan juga beragam. Mulai dari kesehatan hingga teknologi.

Selain itu, selain mengembangkan konten pemasaran untuk memasarkan produk, banyak perusahaan memerlukan artikel berkualitas tinggi untuk situs web mereka. Karena website merupakan sumber pelanggan baru.

Sayangnya, beberapa orang berjuang untuk membuat konten yang menarik. Inilah peluang yang bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda ingin menjalankan jenis usaha jasa semacam ini, Anda bisa bergabung dengan platform Freelancer di langkah pertama. Tidak ada biaya pendaftaran. Namun, Anda harus membagi penghasilan melalui mekanisme komisi.

Jadi jika Anda ingin menambah penghasilan, mulailah bisnis jasa Anda sendiri. Bangun situs web profesional yang menampilkan kreasi Anda. Kemudian gunakan untuk mempromosikan usaha jasa Anda.

6. Jasa Pengembangan Web

Kebutuhan akan web sebagai identitas online semakin meningkat. Baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Tak heran jika jumlah website di seluruh dunia sudah mencapai hampir 2 miliar.

Bahkan terkadang tidak mudah bagi sebagian orang untuk membuat website sendiri. Maka Anda harus meminta bantuan dari pihak lain.

Jika Anda memiliki keterampilan pemrograman yang baik adalah pilihan karir yang tepat.

Untuk memulai bisnis jasa jenis ini, yang Anda butuhkan hanyalah sebuah laptop. Meski begitu, potensi keuntungannya sangat besar. Apalagi jika bisa melayani segmen pasar lain. Mulai dari website perorangan, toko online hingga website perusahaan.

7. Jasa Antar Jemput Sekolah

Contoh Usaha Jasa Antar Jemput Sekolah

Kalau bicara bisnis transportasi, pasti tahu kisah sukses startup yang bergelar Decacorn, kan? Itu benar. Potensi jenis usaha jasa jenis ini cukup menjanjikan.

Padahal, sebenarnya banyak ceruk pasar bisnis jasa transportasi yang bisa digarap. Salah satunya adalah bisnis jasa antar jemput sekolah. Usaha jasa ini bukanlah hal baru. Beberapa dari Anda mungkin pernah menggunakannya.

Jika Anda tertarik terjun ke bisnis jasa ini, Anda perlu membuat beberapa rencana. Yang pertama berkaitan dengan mobil sebagai opsi penjemputan. Apakah Anda akan membeli atau menggunakan jasa persewaan dengan mekanisme bagi keuntungan?

Juga, Anda perlu melakukan promo. Target pasar yang akan ditentukan jelas adalah anak sekolah. Jadi Anda harus memutuskan apakah akan mendistribusikan surat edaran atau bekerja sama dengan pihak sekolah?

Jika Anda memulai usaha jasa transportasi, Anda bisa melakukannya sendiri. Jika Anda sudah memulai banyak klien, Anda dapat mengundang mitra Anda untuk berkolaborasi. Bahkan, Anda juga bisa membuat mekanisme terprogram agar bisnis jasa Anda berjalan lancar.

8. Tambal Ban Keliling

Jika Anda tinggal di tempat yang dilalui banyak kendaraan, membuka tambal ban bisa menjadi contoh usaha jasa yang akurat.

Untuk ikut serta dalam bisnis jasa ini, Anda pasti membutuhkan keterampilan yang baik. Karena harus bisa bekerja dengan cepat dan tepat.

Usaha jasa ini mengharuskan Anda memiliki modal yang cukup di awal usaha. Terutama untuk membeli kompresor, alat pres dan alat pendukung lainnya. Anda juga perlu menyiapkan modal untuk kebutuhan operasional.

Namun, peluang usaha jasa tambal ban sendiri sangat menarik. Bahkan ada pengusaha yang mampu memulai usaha tambal ban ini dengan omzet hingga miliaran rupiah.

Jika tidak memungkinkan untuk membuka usaha di lokasi Anda, Anda dapat menyewa lokasi, yang penting jika Anda memiliki modal yang cukup.

Atau coba jasa tambal ban keliling. Ini memungkinkan Anda untuk melayani penduduk di lokasi tertentu dengan lebih fleksibel. Anda dapat menjalankan promosi untuk contoh usaha jasa secara offline, media sosial, dan bahkan web.

9. Les Privat

Contoh Usaha jasa Les Privat

Adakah bisnis jasa yang sebenarnya tidak membutuhkan modal?

Contoh usaha jasa adalah tutor privat. Usaha jasa ini mengandalkan kemampuan mengajar yang baik. Jadi, kebutuhan modal bukanlah aspek terpenting, meski bisa segera mendukung perkembangannya.

Misalnya, Anda bisa memulai bisnis jasa ini dari rumah dan menggunakan salah satu ruangan yang nyaman untuk belajar. Alternatif lain adalah dengan mengajar langsung di rumah siswa (door to door).

Itu semua tergantung pada taktik usaha jasa yang ingin Anda terapkan.

Bergantung pada target pasar, Anda dapat mengajar semua mata pelajaran atau hanya satu mata pelajaran, misalnya bahasa Inggris. Sesuaikan keterampilan Anda.

Di sisi lain, membuka bisnis bimbingan belajar juga bisa dilakukan secara online. Bukan hanya untuk tujuan promosi, tetapi sebagai kegiatan utama.

Setiap pelajaran dapat disampaikan melalui WA atau aplikasi pendukung lainnya. Ini dapat berupa obrolan, telepon, atau panggilan video. Lagi-lagi tergantung mekanisme usaha jasa yang ingin dibangun.

10. Jasa Foto Pernikahan

Kemampuan fotografinya tidak bisa diremehkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai usaha jasa foto yang menghasilkan cukup banyak.

Salah satunya adalah jasa foto pernikahan yang kini semakin dibutuhkan. Karena semua orang ingin acara spesialnya didokumentasikan dengan baik.

Memang untuk memulai bisnis jasa ini, peralatan yang dibutuhkan tidaklah murah. Namun, Anda tetap bisa bertahan dengan modal yang terbatas. Bisa dengan menyewa peralatan dan memulai dengan kamera terlebih dahulu.

Hal terpenting dalam menjalankan henis usaha jasa foto ini adalah kemampuan Anda dalam mengambil foto terbaik.

Bisnis ini sudah terbukti menjanjikan keuntungan yang besar. Salah satunya misalnya Ardian Ferry. Ia adalah pemilik Boeloe Photography, yang berhasil membangun bisnis fotografi meski secara otodidak keahliannya.

Memulai usaha jasa fotografi pernikahan membutuhkan strategi jitu.

Pertama, tentukan jenis layanannya, apakah itu prewedding, dokumentasi pernikahan, atau model paket.

Kedua, gunakan metode periklanan yang ditargetkan, baik melalui media sosial, dari mulut ke mulut, atau situs web portofolio.

Ketiga, pasarkan harga terbaik sesuai dengan kualitas yang dijual.

11. Jasa Laundry

Contoh Usaha Jasa Laundry

Jasa cuci pakaian atau laundry bukanlah jenis usaha jasa yang baru. Meski begitu, contoh bisnis jasa ini menjanjikan potensi profit yang besar. Banyak orang masih menginginkan hasil pembersihan yang cepat, bersih, dan hemat biaya.

Anda dapat menggunakan kesempatan ini. Bahkan jika Anda belum memiliki tempat usaha. Jasa laundry memang menjadi bisnis rumahan masa depan.

Contoh sukses dari usaha jasa ini cukup banyak. Salah satunya Grant, seorang pengusaha laundry yang mampu membangun bisnis dengan omzet Rp 25 juta/bulan. Grant mengaku bisa mengembalikan investasinya hanya dalam waktu tiga bulan setelah memulai bisnisnya.

Investasi khusus dari bisnis jasa ini tentunya mesin cuci. Selain itu, untuk pengoperasiannya Anda membutuhkan peralatan pendukung, perlengkapan kebersihan, setrika dan lain-lain. Anda dapat menyesuaikan jumlah modal Anda.

Temukan peluang pasar di dekat Anda. Kemudian lakukan metode promo yang akurat. Jika Anda mampu memberikan hasil terbaik tepat waktu, pelanggan Anda pasti akan bertambah.

Baca juga: 30+ Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend untuk Pemula

Penutup

Usaha jasa adalah perusahaan perdagangan yang terdiri dari individu atau kelompok dengan keterampilan di bidang tertentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Perusahaan jasa ini tidak menawarkan produk tertentu kepada pelanggannya, melainkan hanya menawarkan tenaga atau keterampilan di bidang tertentu yang dibutuhkan oleh pelanggannya.

Perusahaan-perusahaan jasa ini tidak memiliki harga pokok produksi karena mayoritas tidak memerlukan modal berupa barang untuk mengalihkan kepemilikannya.

Modal untuk perusahaan jasa umumnya hanya terdiri dari keterampilan dan passion. Namun, beberapa perusahaan jasa menawarkan persewaan barang yang modalnya adalah pemeliharaan barang tersebut.

Tentunya bisnis jasa ini memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau profit bagi dirinya atau perusahaannya. Keuntungan ini dikembalikan ke pelanggan melalui keterampilan penyedia layanan ini.

Menjadi perusahaan jasa, kesempatan kerja terbuka lebar. Semakin banyak perusahaan jasa berkembang, semakin banyak kesempatan kerja akan muncul.

Sekian artikel berjudul 10+ Contoh Usaha Jasa, Jenis dan Penjelasannya, semoga bermanfaat.