30+ Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend untuk Pemula

Apa Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar? Tertarik membuka bisnis namun terbatas dengan modal yang dimiliki ? Tidak perlu khawatir akan modal terbatas, karena dengan uang tersebut sudah cukup untuk memulai berbagai bisnis kecil kecilan di rumah.

Penasaran apa saja jenis usaha modal kecil yang dilakukan di rumah saja ? Silahkan simak ulasan singkat berikut.

Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Berikut adalah beberapa daftar ide bisnis rumahan yang cocok untuk pemula:

1. Print Foto dan Stiker

Estimasi pendapatan: Rp 100.000 per hari

Print Foto dan Stiker Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Modal terbatas bukanlah alasan tepat untuk berhenti bermimpi memiliki bisnis sendiri. Sebab Anda bisa memulainya dengan membuka jasa print foto dan stiker sebagai alternatifnya.

Dalam menjalankan Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula ini, Anda hanya perlu memiliki komputer atau laptop yang tersambung dengan printer berkualitas saja.

Bisnis ini akan semakin dilirik oleh masyarakat ketika Anda membukanya di sekitar kantor pelayanan pemerintah maupun lembaga pendidikan.

Demi memuaskan para pelanggan, sebaiknya lengkapi pula dengan kamera agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih bagus. Lambat laun bisnis print foto kecil kecilan dapat berkembang pesat tanpa diduga sebelumnya.

2. Bergabunglah dengan Program Afiliasi

Estimasi pendapatan: 10-70% dari total nilai transaksi bisnis

Bergabunglah dengan Program Afiliasi Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Program afiliasi juga bisa menjadi pilihan ide bisnis rumahan. Afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda mendapatkan komisi setelah Anda membuat seseorang membeli atau menggunakan suatu produk.

Besaran komisi juga bervariasi tergantung perusahaan yang Anda ikuti.nLalu bagaimana langkah-langkah menjalankan affiliate?

Penyedia program afiliasi akan memberi Anda alat promosi seperti tautan unik, kode kupon, dll.

Yang nantinya dapat diklik calon pelanggan. Cobalah beberapa skema affiliate marketing berikut untuk meningkatkan jumlah orang yang bergabung melalui media periklanan tersebut:

  • Gunakan blog;
  • Menggunakan media sosial;
  • Lakukan promosi di YouTube.

Jika promo Anda efektif dan tidak main-main, ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula ini bisa mendatangkan keuntungan hingga Rp30 juta/bulan.

3. Penulis Lepas

Estimasi Penghasilan: Rp 50.000/Artikel

Penulis Lepas Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Selain menulis artikel, penulis lepas dapat menawarkan layanan yang lebih luas, yaitu:

  • Artikel SEO;
  • Menulis bahasa Inggris;
  • Pembuatan makalah
  • Kontributor (yaitu kontributor di situs web lain);
  • Copywriting;
  • Dll.

Jadi, jika Anda tertarik dengan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula ini, pelajari berbagai jenis teknik menulis dan cari tahu mana yang menarik bagi Anda. Setelah ketemu, fokus berlatih di sana.

Jangan lupa untuk membuat penawaran jasa Anda agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan, perluas upaya promosi Anda dengan membuat situs web bisnis atau bergabung dengan situs web freelance.

Namun jika Anda ingin memiliki ide bisnis lain yang lebih bebas di rumah, Anda bisa berpikir untuk menjadi seorang blogger.

4. Membuat Bisnis Dropship

Estimasi penghasilan: tergantung jumlah barang yang terjual

Membuat Bisnis Dropship Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Selain minim modal, dropshipping memang merupakan bisnis rumahan yang mudah dijalankan.

Cara kerja bisnis dropshipping adalah Anda menjual produk dari pihak tertentu dengan harga eceran yang Anda tetapkan. Produsen kemudian mengirimkan barang. Dengan kata lain, dropshipper tampak seperti penjual pertama.

Karena mudahnya, banyak orang yang bergabung menjadi dropshipper. Itu sebabnya persaingan begitu ketat. Jadi, Anda harus tahu cara mempromosikan barang dropshipping yang efisien. Berikut tipsnya:

  • Promosi melalui media sosial;
  • Buat iklan untuk memastikan promosi mencapai target pasar yang tepat. Membuat iklan Facebook, iklan Instagram, iklan Google, dll.;
  • Bangun situs web eCommerce. Ini membuat toko Anda tampak lebih kompeten dan membuat kepercayaan dalam bisnis.

Catatan penting jika memilih dropship menjadi ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula, karena Anda tidak dapat mengontrol kualitas produk dropship, harap jaga layanan pelanggan Anda dengan baik.

Oleh karena itu, konsumen lebih cenderung memilih untuk membeli dari Anda dibandingkan dengan dropshipper lainnya.

5. Menjual Aksesoris Wanita

Estimasi pendapatan: sekitar 50% dari modal

Menjual Aksesoris Wanita Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Masih terkait produk handmade, ada ide bisnis rumahan mudah lainnya. Ya, anda dapat menjalankan toko aksesoris wanita. Seperti gelang batu, kalung mutiara, jepit rambut, dll.

Jika Anda tertarik untuk memulai ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula ini, silakan ikuti panduan di bawah ini:

  • Melakukan riset pasar. Hingga Anda mengetahui passion target pasar dan trennya. Misalnya gelang manik-manik Korea;
  • Temukan pemasok yang tepat. Untuk mendapatkan manik-manik atau bahan yang unik dan berkualitas, lakukan survey dan temukan supplier yang tepat.
  • Jual melalui marketplace, web, dan platform digital lainnya;
  • Jalankan promosi. Buat promosi yang menarik untuk mendongkrak pemasaran. Giveaway, beli satu dapat dua dan lainnya.

Meski keuntungan per itemnya relatif kecil, namun umur bisnis aksesoris wanita cukup panjang. Karena aksesoris wanita selalu dibutuhkan dalam berbagai kurun waktu hingga peluang bisnis rumahan ini cukup tinggi.

6. Menjual Makanan Ringan

Estimasi pendapatan: 50% dari modal

Menjual Makanan Ringan Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Berbicara tentang kuliner, bisa dikatakan bahwa bisnis makanan ringan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati.

Mau kemana saja, kapan saja, sebagian orang seringkali membutuhkan cemilan. Entah kentang goreng, stik balado, jajanan kiloan, dan jajanan.

Itu sebabnya bisnis makanan ringan menjamur di mana-mana. Namun sayangnya tidak semua makanan ringan laku di pasaran. Bisa saja rasa kurang enak, jangkauan pasar rendah, iklan kurang maksimal, berbagai faktor lainnya.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk mengejar ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula ini, Anda harus bekerja keras dan konsisten. Untuk lebih mudahnya, silahkan ikuti panduan di bawah ini:

  • Mengetahui keunggulan produk agar tidak kalah saing dengan kompetitor;
  • Tentukan target pasar hingga Anda bisa membuat produk dan menyusun taktik pemasaran yang tepat.
  • Desain produk. Bukan hanya kemasan snack yang didesain menarik di bagian dalam yang menarik minat beli;
  • Promosi melalui online. Saya tidak tahu media sosial, web, marketplace dan lain-lain. Dengan demikian, jangkauan pasar Anda lebih besar.

Selain makanan ringan, Anda juga bisa menjual minuman segar seperti jus, puding, atau minuman modern seperti thai tea dan boba milk tea. Sebagai pedagang minuman modern, Anda tentu dapat memilih paket waralaba atau menggabungkannya sendiri.

7. Agen Pulsa Online

Estimasi pendapatan: Rp 2.000/transaksi bisnis

Agen Pulsa Online Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Jual pulsa dan token bisa jadi toko online jaman sekarang lho.

Tentu saja, menjadi agen pulsa online lebih mudah daripada menyewa kios sendiri. Selain memiliki modal yang lebih kecil, Anda juga tidak perlu duduk dan menjaga konter seharian. Oleh karena itu, ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula ini cocok sebagai usaha sampingan.

Lalu bagaimana trik menjadi agen pulsa online?

Caranya adalah dengan mengubah website bisnis menjadi counter digital. Di sini Anda dapat berdagang pulsa, data paket, token listrik, dan lainnya.

Sebagai panduan, carilah distributor pulsa yang berkualitas. Mulai dari customer service, lamanya waktu pengiriman pulsa dan harga pulsa yang dijual. Sehingga kepuasan pelanggan Anda tetap terjaga.

Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Berikut ini adalah ide bisnis rumahan yang lagi trend:

1. Distro Pakaian

Estimasi penghasilan: Rp 3 juta/bulan

Distro Pakaian Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Selain toko jahit, buka distro online untuk ide bisnis rumahan yang sedang tren. Tidak seperti toko pakaian biasa, toko distro menjual banyak produk dengan persediaan terbatas. Hingga meninggalkan kesan terbatas bagi para penggunanya.

Tentunya brand-brand seperti Erigo, Greenlight, 3Second sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Berikut adalah beberapa contoh t-shirt terkenal.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend, silakan ikuti panduan di bawah ini tentang cara memulai bisnis distro:

  • Tetapkan target pasar. Target pasar adalah dasar Anda untuk mengembangkan desain atau strategi bisnis;
  • Ciptakan produk yang unik. Pastikan produk Anda memiliki konsep dan nilai uniknya sendiri;
  • Pikirkan tentang jenis bisnis Anda. Putuskan apakah Anda ingin membuka toko offline, toko online atau keduanya;
  • Memperkuat branding dan memperkuat taktik pemasaran internet. Dengan strategi internet marketing yang kuat, brand Anda akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Seperti yang Anda ketahui, perusahaan distro membutuhkan kreativitas tingkat tinggi untuk menghasilkan produk yang luar biasa. Di sisi lain, Anda juga perlu membuat toko atau platform penjualan digital yang efisien.

2. Kedai Kopi

Estimasi pendapatan: 50% dari modal

Kedai Kopi Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Nongkrong sudah menjadi budaya Indonesia yang hingga kini masih dilestarikan oleh para generasi muda. Hal ini semakin terlihat dengan banyaknya Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend untuk kedai kopi terbaru yang bermunculan di berbagai sudut perkotaan.

Bahkan kedai kopi seakan tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya. Justru kedai kopi semakin ramai ketika matahari mulai terbenam.

Melihat antusias masyarakat untuk nongkrong santai, tampaknya bisa menjadi peluang bagus untuk memulai usaha kedai kopi. Agar pelanggan merasa betah berlama lama, tidak ada salahnya menambahkan konser live musik dengan mendatangkan musisi berbakat.

Alunan lagu yang begitu indah, dijamin membuat pelanggan tertarik berkunjung kembali di lain hari.

3. Angkringan

Estimasi pendapatan: 50% dari modal

Angkringan Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Membuka bisnis angkringan tidak kalah menarik untuk dilakukan. Selama ini, masyarakat menjadikan angkringan sebagai tempat favorit untuk menikmati kuliner lezat sambil nongkrong santai bersama dengan teman maupun keluarga.

Selain memanjakan perut yang kelaparan, disinilah pelanggan bisa menikmati waktu sejenak sebelum pulang ke rumah.

Berikanlah opsi menu sajian yang beragam untuk memudahkan pelanggan menemukan kuliner favoritnya. Uniknya lagi, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Sebab pada umumnya, angkringan banyak dicari ketika menjelang sore atau malam hari. Tertarik membuka usaha angkringan di depan rumah pribadi ?

Generasi milenial tampaknya mulai ada tertarik dengan dunia bisnis. Meski dengan modal yang terbatas sekalipun, Anda sudah bisa memulai membuka Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend sendiri.

Tidak apa jika harus memulainya dari bisnis kecil kecilan, karena nantinya Anda bisa mengembangkannya seiring berjalannya waktu.

4. Asisten Virtual

Estimasi Penghasilan: Rp 100.000 per Jam

Asisten Virtual Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Seperti namanya, asisten virtual bekerja untuk membantu klien menyelesaikan tugas dari jarak jauh. Misalnya: menjawab email, membuat agenda, membuat pembukuan dan sebagainya.

Karena dilakukan secara jarak jauh atau remote, sebagian besar klien potensial Anda adalah mereka yang bekerja secara digital. Misalnya pebisnis online, blogger, perusahaan jasa pemasaran dan masih banyak lagi.

Meski terlihat sederhana, ide bisnis rumahan ini membutuhkan kemampaun khusus, yaitu:

  • Kenali kemampuan Anda dan fokus pada penawaran: Jika Anda teliti dalam menangani masalah administrasi, Anda dapat menawarkan Jasa Entri Data Perusahaan;
  • Perkuat kehadiran online Anda. Pelanggan Anda bekerja secara digital, jadi gunakan platform online agar mereka dapat menemukan Anda dan menjadikan bisnis Anda lebih tepercaya dengan membuat website, media sosial dll

Jika Anda tertarik dengan ide bisnis rumahan ini, cobalah mencari pekerjaan melalui berbagai website freelancer seperti Upwork, PeoplePerHour dan masih banyak lagi.

5. Blogger

Estimasi penghasilan: Rp 150.000 hingga jutaan rupiah/bulan

Blogger Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Tidak seperti menjadi penulis lepas, menjadi blogger berarti memiliki situs web khusus tempat Anda dapat mempublikasikan konten artikel Anda. Temanya juga sepuasnya. Yang terpenting, Anda tahu ini sejak awal:

  • Situs web membutuhkan tujuan agar lebih terukur. Apa itu untuk belajar, meningkatkan keterampilan mengetik, berbagi informasi atau hal lainnya;
  • Tentukan tema website yang sama berdasarkan minat dan keahlian Anda agar branding Anda kuat di kemudian hari. Misalnya tema fashion, otomotif, parenting, bisnis kuliner dan lain-lain;
  • Anda memiliki situs web khusus. Bangun situs web dan gunakan tema yang sama sesuai merek Anda.
  • Hasilkan uang dari situs web dengan memasang Google AdSense, menjalankan afiliasi, endorse, dan sebagainya.

Bagi Anda yang baru mengenal dunia internet, menjadi blogger yang sukses mungkin sulit. Karena Anda tidak tahu harus mulai dari mana.

Setelah itu, kami menyarankan Anda untuk membuat pengalaman terlebih dahulu dengan membuat situs web.

Sehingga Anda bisa belajar merawat website sedikit demi sedikit untuk meningkatkan ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan potensial ini. Misalnya dengan mengikuti program kemitraan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ide bisnis rumahan selanjutnya.

6. Toko Buku Online

Estimasi penghasilan: Rp 20.000/buku

Toko Buku Online Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Tetap dekat dengan dunia kepenulisan, buka toko buku online menjadi potensi Usaha Rumahan yang Lagi Trend.

Tidak harus buku baru, Anda sebenarnya bisa menjual beberapa buku sisa yang Anda miliki. Bahkan, Anda juga bisa menjual kreasi Anda sendiri.

Kreasi tidak selalu dikirim ke penerbit, saat ini sudah banyak platform digital dimana Anda bisa memperdagangkan kreasi Anda secara mandiri. Misalnya, buat situs web e-book Anda sendiri.

Lo beneran bisa?

Pastikan untuk mencoba bisnis rumahan jika anda suka menulis! Terlebih lagi ketika Anda membangun situs web dengan WordPress. Masalahnya, WordPress menawarkan lusinan tema khusus toko buku.

Dan tidak hanya tema, ada juga plugin toko E-Book untuk menambah fungsi transaksi bisnis penjualan e-book. Misalnya, mengirim e-book yang dibeli melalui email ke konsumen.

Jadi, bukan tidak mungkin membuat toko buku digital menjadi peluang Usaha Rumahan yang Lagi Trend yang mudah dan menguntungkan.

Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Berikut ini adalah ide bisnis rumahan yang tidak ada matinya:

1. Laundry

Estimasi pendapatan: Rp 100.000 per hari

Laundry Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Masyarakat urban umumnya memiliki jadwal pekerjaan yang padat sehingga tidak sempat melakukan berbagai pekerjaan rumah, termasuk untuk sekedar mencuci pakaiannya sendiri.

Anda bisa memanfaatkan kondisi dengan membuka bisnis laundry dengan berbagai pilihan paket. Mulai dari mencuci pakaian biasa, mencuci selimut, hingga mencuci karpet kesayangan.

Jasa mencuci pakaian ini akan selalu dibutuhkan terutama jika tinggal di kota besar. Bahkan bisnis ini pun bisa dimulai dengan memanfaatkan salah satu ruangan untuk diubah menjadi ruang mencuci pakaian para pelanggan.

Hanya dengan berbekal beberapa mesin cuci dan lahan untuk menjemur pakaian, maka jenis Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya saja ini sudah bisa berjalan.

2. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Estimasi pendapatan: Rp 150.000 – Rp 1.000.000 per hari

Membuka Jasa Bimbingan Belajar Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Setiap orang tua tentu ingin memastikan si kecil mendapatkan pendidikan terbaik demi masa depan lebih cerah. Mendaftarkannya di sekolah bergengsi di kota Anda tidaklah cukup, karena kadangkala mereka masih belum memahami materi yang diberikan oleh guru.

Oleh sebab itu, jasa bimbingan belajar hingga saat ini terus berkembang pesat di setiap sudut perkotaan.

Anda bisa memulai Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya ini dengan bermodalkan anggaran terbatas dan ilmu yang dimiliki. Buatlah acara belajar menjadi lebih menyenangkan agar para peserta didik bisa memahami semua materi yang diberikan.

Anda juga bisa membiarkan peserta didik untuk bertanya dan saling memberikan masukan agar saling belajar bersama dengan santai.

3. Cuci Kendaraan

Estimasi pendapatan: Rp 100.000 per hari

Cuci Kendaraan Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Dewasa ini, memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Berkat adanya kendaraan pribadi, masyarakat dapat menjelajahi setiap sudut kota sesuai keinginan.

Sebagai sang pemilik kendaraan, tentu saja memberikan perawatan rutin seperti mencuci kendaraan adalah tugas utama yang tidak boleh dilupakan.

Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Sebab ada beberapa part kendaraan yang sulit dijangkau hanya dengan bermodalkan selang biasa.

Bahkan ada pula noda membandel yang membutuhkan perawatan berbeda. Kondisi ini bisa menjadi Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya yang bagus untuk memulai bisnis cuci kendaraan.

4. Toko Kelontong/Sembako

Estimasi penghasilan: Rp 25% dari modal

Toko Kelontong/Sembako Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Dimanapun Anda berada, toko kelontong selalu dibutuhkan. Sehingga bisa dikatakan target pasar dari ide bisnis rumahan ini cukup luas. Tidak aneh, beberapa orang membuka warung sembako.

Tentu ini menjadi kesulitan tersendiri bagi Anda yang baru ingin memulai Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya ini. Karena pesaing Anda sudah memiliki pelanggan.

Tapi tidak perlu khawatir. Ada banyak celah yang bisa Anda gunakan. Misalnya, tambahkan hal unik atau karakteristik yang membandingkan usaha Anda dengan jenis usaha rumahan lain.

Misalnya, sediakan program atau situs belanja online. Jadi masyarakat bisa memesan ketengan atau grosiran secara online dengan menggunakan layanan pesan antar.

Hal ini juga membuat berbelanja di toko kelontong Anda menjadi lebih jelas dan kepuasan pelanggan Anda juga bisa meningkat.

5. Memberikan Jasa Rias/MUA

Estimasi pendapatan: dari Rp 200.000 hingga jutaan rupiah per klien

Memberikan Jasa Rias/MUA Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Apakah makeup hobi Anda? Jika ya, maka ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya ini sangat cocok untuk Anda.

Bukan rahasia lagi bahwa jasa makeup artist (MUA) adalah karir yang dibutuhkan. Ideal untuk pre-wedding, kesepakatan tatap muka atau tujuan media sosial. Bahkan, sebagian orang rela membayar jutaan demi mendapatkan performa terbaik.

Tapi tentu saja, untuk sampai ke level itu, Anda harus benar-benar terjun ke bisnis ini. Sebagai gambaran, berikut adalah panduan cara memulai bisnis MUA:

  • Tingkatkan keterampilan rias wajah Anda. Anda dapat mencoba tutorial di YouTube, mengikuti kursus pelatihan, dan lainnya.
  • Ketahui tren dan berbagai jenis riasan untuk memenuhi setiap kebutuhan pelanggan;
  • Siapkan peralatan rias. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa dan membersihkan peralatan Anda dengan hati-hati.
  • Gunakan media sosial untuk promosi. Instagram, TikTok, dan sebagainya;
  • Kerjasama dengan berbagai pihak yang menawarkan dukungan. Seperti moment organizer, jasa foto dan lain-lain.

Catatan penting, MUA harus memiliki media sosial. Minimal Instagram, Alasannya adalah bahwa Instagram memungkinkan Anda memposting berbagai foto perawatan yang menarik.

Artinya, sebagian besar target pasar MUA ada di sini, yaitu mereka yang berusia 18-40 tahun.

Tapi jangan asal posting, gunakan teknik marketing Instagram. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang tertarik dengan layanan jasa MUA Anda.

Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Berikut kami berikan ide bisnis rumahan yang menjanjikan:

1. Fotokopian

Estimasi pendapatan: Rp 250.000 per hari

Fotokopian Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Rumah tempat tinggal Anda dekat dengan kawasan sekolah atau perguruan tinggi? Ide Usaha Rumahan adalah pilihan yang menarik, karena tampaknya lokasi tempat tinggal Anda bisa menjadi peluang menggiurkan untuk membuka fotokopian.

Karena lokasinya yang cukup strategis dan mudah ditemukan, otomatis para pelanggan akan berdatangan ke toko Anda.

Selain menyediakan fotokopi, Anda bisa mengembangkannya dengan menyediakan berbagai peralatan alat tulis mulai dari bolpoin hingga kertas gambar.

Semakin lengkap barang yang disediakan, kemungkinan pelanggan tertarik mengunjungi toko Anda. Sebab hanya dengan mendatangi satu toko saja, mereka sudah bisa mendapatkan segala keperluannya.

2. Katering Online

Estimasi pendapatan: 30% dari modal

Katering Online Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Saya masih mengulas ide bisnis rumahan seputar tema kuliner. Kali ini kita akan mengulas ide makanan berat yaitu usaha katering atau catering rumahan.

Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan ini cukup besar. Perlu diketahui bahwa saat ini semakin banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain sehingga tidak sempat menyiapkan makanan.

Tidak heran ketika Anda memulai bisnis katering, sebagian besar pelanggan Anda adalah pelajar atau pekerja kantoran. Saat lagi populer, pesanan untuk pernikahan, syukuran, atau perayaan lainnya berdatangan.

Namun penting untuk Anda ketahui bahwa usaha katering tentunya tidak semudah itu untuk diraih. Ada juga merek yang sudah ada yang lebih duluan memulai.

Oleh karena itu online’kan katering Anda. Terutama melalui media sosial, iklan atau website restoran online.

Basis digital ini juga memungkinkan Anda untuk menargetkan pasar di lokasi tertentu dengan detail. Sehingga promo Anda juga lebih efektif.

Baca juga: 4 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online

3. Menjalankan Usaha Frozen Food

Estimasi Penghasilan: 10% sampai 50% dari modal

Menjalankan Usaha Frozen Food Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Apakah Anda ingin menjalankan bisnis kuliner yang cukup kecil tapi laris? Anda bisa mencoba menjadi agen makanan beku.

Caranya adalah Anda cukup mendaftar sebagai agen kepada pemasok frozen food yang diinginkan.

Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan ini membuat Anda lebih rileks karena hanya perlu menjual makanan beku tanpa mengolahnya.

Namun demikian, sebagai pengecer makanan beku Anda membutuhkan modal yang cukup. Karena harus menyiapkan freezer sendiri dan rutin membayar biaya listrik yang bisa dibilang cukup tinggi.

Agar bisnis rumahan ini tidak menjadi merugi, Anda bisa menggenjot promo. Terutama online agar jangkauan pasar Anda lebih besar. Bisa dilakukan melalui Marketplace, Google Bisnisku, web atau media sosial.

4. Berjualan Peralatan Dapur

Estimasi pendapatan: mulai dari Rp 3 juta, tergantung jumlah penjualan

Berjualan Peralatan Dapur Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Seperti yang Anda tahu, bisnis kuliner sedang tren. Hasilnya, bisnis peralatan dapur juga berjalan dengan baik.

Tidak harus perangkat eksklusif, menjual perangkat yang biasa digunakan oleh beberapa orang memang memiliki kekuatan yang bagus. Jika kurang yakin, silahkan baca cerita Yoyok Rubiantono, seorang penjual kuali dari Bantul.

Dengan berjualan panci secara online, Yoyok berhasil mengantongi pendapatan hingga miliaran rupiah per bulan. Tak hanya promosi, Yoyok juga mengoptimalkan taktik pemasaran digitalnya. Mulai dari membangun website, memasang iklan Facebook, dll.

Jadi jika Anda ingin berhasil menerapkan ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan ini, Anda harus menggabungkan berbagai teknik pemasaran digital. Sehingga iklan Anda lebih optimal dan dapat menjangkau target pasar yang tepat.

5. Jasa Sewa

Estimasi penghasilan: Rp 50.000 sampai Rp 1.000.000 (Tergantung Barang)

Jasa Sewa Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Kamu punya koleksi barang yang jarang dipakai tapi masih berharga? Jika Anda tidak ingin menjualnya sebagai sisa, Anda bisa membuka persewaan.

Tidak harus sewa motor, mobil atau produk lain yang membutuhkan modal besar, Anda bisa membuka persewaan kecil-kecilan seperti buku kuliah, komik, dll.

Tetapi apakah Anda harus memiliki toko untuk itu?

Jawabannya adalah Anda tidak perlu melakukannya. Pada titik ini, internet dapat membuat lapak Anda online. Dimulai dengan membuat website persewaan atau memasarkannya melalui media sosial.

Namun karena ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan ini adalah sewa, maka jangkauan lokasinya cukup terbatas yaitu di kota tempat tinggal Anda. Karena itu, promonya juga sedikit berbeda.

Anda juga seharusnya memasang iklan. Dapat menggunakan iklan Facebook, iklan Instagram, iklan Google dll.

Karena beberapa iklan digital ini memungkinkan iklan Anda menjangkau target pasar tertentu. Misalnya anak muda dari usia 17 tahun di Jakarta.

Dengan begitu, orang yang menemukan iklan Anda sebenarnya adalah orang yang berpotensi untuk menyewa dari barang sewaan Anda.

Baca juga: 50+ Daftar Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Apakah Anda ingin tahu cara menghasilkan uang di rumah, juga dikenal sebagai usaha di rumah? Jika iya, Anda perlu mengorek berbagai ide usaha rumahan yang bisa segera Anda mulai.

Meski bisnis rumahan, bukan berarti keuntungannya kecil lho. Tengok saja Lanny Wijaya, pendiri Sambal Bu Rudy. Apa yang dimulai dengan membuat sambal untuk suami sekarang menjadi usaha kuliner nasional dengan omset Rp 2 miliar per bulan.

Tentunya untuk membangun Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang sukses, Anda perlu menerapkan ide bisnis yang tepat.

1. Penjahit

Estimasi pendapatan: Rp 100.000 per hari

Penjahit Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan pundi pundi pendapatan, salah satunya dengan memanfaatkan kemampuan unik yang Anda miliki.

Misalnya jika Anda memiliki bakat untuk membuat pakaian atau menjahit sesuai pesanan pelanggan, maka membuka jasa jahit bisa menjadi alternatifnya.

Cukup dengan bermodalkan mesin jahit dan peralatan lainnya, bisnis ini pun sudah bisa segera dioperasikan sekarang juga. Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar ini dikatakan tidak akan pernah mati, karena manusia tentu membutuhkan pakaian dan kebutuhan lainnya terkait dengan jahit menjahit.

Bahkan Anda bisa mendapatkan pelanggan tetap apabila hasil jahitan mampu memuaskan pelanggan.

2. Jasa Pengetikan

Estimasi pendapatan: Rp 100.000 per hari

Jasa Pengetikan Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Memiliki laptop atau komputer namun tidak lagi produktif ? Jangan biarkan peralatan elektronik tersebut hanya berakhir menjadi hiasan di dalam rumah semata.

Sebagai orang yang kreatif, tentunya peralatan elektronik tersebut dapat disulap menjadi sebuah bisnis yang mampu datangkan keuntungan berlipat.

Membuka jasa pengetikan misalnya, dimana bisnis satu ini tentu sangat dibutuhkan di era canggih seperti sekarang. Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar ini akan semakin dikenal jika tempat tinggal Anda di daerah sekitar kampus.

Sebab mahasiswa umumnya memiliki tugas berlimpah dengan deadline yang bisa membuat siapapun geleng geleng kepala.

3. Jasa Penerjemah

Estimasi pendapatan: Rp 150.000 per hari

Jasa Penerjemah Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Apakah Anda memiliki kemampuan berbahasa asing? Tampaknya bakat tersebut bisa dijadikan sebagai modal terbaik untuk memulai usaha jasa penerjemah.

Jenis Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar satu ini pun bisa Anda mulai segera tanpa modal sedikitpun. Cukup dengan memanfaatkan laptop atau smartphone di genggaman, aktivitas menerjemahkan pun bisa berjalan.

Jasa penerjemah umumnya dibutuhkan bagi mereka yang tengah mengerjakan tugas akhir seperti skripsi, tesis, atau disertasi.

Dengan kata lain, jenis bisnis satu ini akan selalu dicari karena akan dibutuhkan oleh beberapa kalangan. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas atau platform penerjemah online untuk saling memberikan kritik dan saran.

4. Jual Beli Barang Bekas

Estimasi Penghasilan: 10%-30% dari Modal

Jual Beli Barang Bekas Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Selain dropshipping, jual beli barang bekas merupakan ide bisnis rumahan yang menjanjikan tanpa modal. Selain itu, jika yang Anda menjual barang unik atau bermanfaat.

Namun mencari konsumen barang bekas atau preloved jelas tidak semudah mencari produk baru.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam mempromosikan ide usaha rumahan ini agar nilainya tetap tampak lebih tinggi meski barang yang dijual merupakan barang bekas.

Berikut panduan membangun bisnis barang bekas:

  • Tentukan tema toko. Misalnya target penjualan buku sisa, baju sisa, barang unik, dll;
  • Gunakan kata kunci yang tepat untuk branding. Kiky Preloved misalnya. Agar brand Anda lebih mudah ditemukan dan orang langsung tahu bahwa Anda menjual barang bekas;
  • Pastikan sumber daya Anda dengan usia toko lama. Anda juga dapat membeli dan menjual kembali sisa barang seseorang;
  • Penawaran secara digital. Mendirikan toko online dan mendesainnya secara profesional agar ide usaha rumahan ini terlihat lebih mumpuni.

Ya, meski barangnya sisa, lakukan ide usaha rumahan ini dengan cara modern. Anda bisa membuat web toko online yang menarik agar konsumen merasa seperti sedang berbelanja di e-commerce yang populer. Ini juga akan meningkatkan daya tarik toko Anda.

5. Souvenir Handmade

Estimasi pendapatan: 40% dari modal

Souvenir Handmade Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Jika Anda memiliki kreasi kerajinan tangan untuk diutak-atik, kreasi Anda dapat menjadi ide bisnis rumahan atau usaha potensial bagi mahasiswa.

Alasannya, souvenir buatan tangan memiliki kesan unik dan terbatas karena sulit ditiru. Selain itu, orang juga suka ketika mereka dapat menyesuaikan desain mereka sendiri. Misalnya karangan bunga, barang sisa rumah tangga dan banyak lagi.

Nah, untuk memaksimalkan pemasaran souvenir buatan tangan Anda, siapkan website untuk pengalaman berbelanja yang lebih ringkas dan memuaskan.

Di website, Anda dapat membuat menu layanan yang sama sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk Pernikahan, Syukuran, Aqiqah, dll. Jika Anda menawarkan desain custom, jangan lupa sediakan fitur live chat. Sehingga calon pelanggan dapat berbicara dengan Anda lebih cepat melalui live chat.

6. Membuat Lilin Aromaterapi

Estimasi penghasilan: Rp 2 juta/bulan

Membuat Lilin Aromaterapi Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis lilin terapi aroma dapat diidentifikasi sebagai usaha rumahan yang potensial. Karena beberapa orang membutuhkannya untuk relaksasi atau sebagai hadiah.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis lilin terapi aroma atau lilin beraroma, silakan ikuti beberapa panduan di bawah ini:

  • Kenali produknya. Berbeda dengan lilin biasa, lilin aromaterapi menawarkan manfaat lebih. Namun, setiap jenis lilin aromaterapi memiliki efek yang berbeda;
  • Pelajari langkah-langkah membuat lilin aromaterapi. Agar produk Anda berkualitas tinggi, Anda akan mempelajari bahan, peralatan, dan teknik produksi yang tepat untuk lilin aromaterapi;
  • Mempromosikan produk. Karena para pecinta lilin aromaterapi biasanya adalah warga modern yang menyukai hal-hal sederhana, mereka menggunakan berbagai platform digital untuk memudahkan transaksi bisnis dan memperluas jangkauan pasar.

Jika Anda memasarkan ide usaha rumahan ini melalui internet atau platform lainnya, pastikan untuk menuliskan deskripsi produk secara akurat. Agar calon pelanggan Anda mengetahui secara pasti kelebihan dari setiap varian produk.

Sekian artikel berjudul 30+ Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend untuk Pemula, semoga bermanfaat.