15 Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) Menjanjikan

Apa saja Contoh Usaha Kecil Menengah? Terdapat usaha fashion, usaha perawatan kulit dan kosmetik, usaha MUA, usaha otomotif, usaha agribisnis dan lainnya.

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM, dukungan UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai 60,34% pada tahun 2017. Artinya, sekitar 60% nilai barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia pada tahun 2017 berasal dari sektor UMKM.

Sebelum masuk ke tinjauan contoh UKM, lebih baik untuk mengetahui apa itu UKM. UMKM terdiri dari tiga jenis usaha yaitu usaha mikro, kecil dan menengah.

Perbedaan ketiga adalah jumlah aset dan pendapatan yang dihasilkan.

  • Usaha mikro adalah usaha produktif dengan aset kurang dari 50 juta rupiah dan omzet maksimal 300 juta rupiah.
  • Dan Usaha Kecil adalah usaha produktif dengan aset 50-500 juta rupiah dan omzet 300 juta hingga 2,5 miliar rupiah.
  • Usaha menengah merupakan usaha produktif dengan aset berkisar antara 500 juta hingga 10 miliar rupiah dan penjualan berkisar antara 2,5 miliar hingga 50 miliar rupiah.

Apa Saja Contoh Usaha Kecil Menengah?

UKM (Usaha Kecil Menengah) atau ada yang mengatakan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan atau unit usaha yang dimiliki oleh perorangan.

Perbedaan dengan usaha besar dapat dilihat dari total aset pelaku ekonomi dan hasil penjualan tahunan.

Terdapat Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Menjanjikan dan potensial untuk dicoba. Contoh UKM tersebut yaitu:

1. Usaha Fashion

Contoh Usaha Kecil Menengah Usaha Fashion

Contoh Usaha Kecil Menengah yang pertama yaitu usaha fashion.

Nampaknya perusahaan di bidang pakaian masih menjadi primadona di Indonesia, terutama yang sudah beroperasi secara online. Menurut The Jakarta Post, produk pakaian menjadi salah satu tujuan paling populer bagi masyarakat Indonesia saat berbelanja online.

Lingkup industri fashion sangat luas, mulai dari baju, celana, aksesoris hingga sepatu. Bagi Anda yang menggemari industri fashion, tidak ada alasan untuk mencoba bagi Anda ingin memulai usaha kecil menengah di industri fashion.

Anda bisa menjual produk branded populer atau juga membuat produk fashion brand sendiri. Merek pakaian lokal kini juga diminati masyarakat Indonesia.

Dengan membuat website toko online, pemilik brand fashion lokal dapat menjual produknya ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Sudah banyak contoh UKM brand clothing lokal yang sukses menjual produknya secara online seperti Nokha, Erigo dan Men’s Republic.

2. Usaha Perawatan Kulit dan Kosmetik

Contoh Usaha Kecil Menengah kedua yaitu usaha perawatan kulit dan kosmetik

Produk perawatan kulit dan kosmetik bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis kecil hingga menengah Anda. Pasalnya, industri perawatan kulit dan kosmetik di Indonesia memiliki masa depan cerah.

Menurut laporan Kementerian Perindustrian, industri kosmetik tumbuh sekitar 20% pada tahun 2017. Menurut laporan Kementerian Perindustrian, 95% industri kosmetik nasional dikuasai oleh industri kecil dan menengah.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, target pasar kini lebih luas, tidak hanya wanita tetapi pria kini menjadi pasar yang menjanjikan bagi industri kosmetik dan skin care. Selain itu, tren penggunaan bahan alami masih populer di kalangan konsumen kosmetik Indonesia.

Jadi jika Anda ingin memulai usaha kecil dan menengah di bidang kosmetik dan perawatan kulit, Anda harus mempertimbangkan pria sebagai kelompok sasaran dan menggunakan bahan-bahan alami.

3. Usaha Perlengkapan Bayi

Contoh Usaha Kecil Menengah Usaha Perlengkapan Bayi

Usaha perlengkapan bayi merupakan Contoh Usaha Kecil Menengah selanjutnya.

Usaha kecil menengah jenis ini bisa terlihat biasa saja. Namun menurut lembaga riset Sigma Research Indonesia, pasar produk ini senilai 88,1 triliun rupiah pada tahun 2017.

Dengan peluang bisnis yang besar di industri ini, Anda bisa memulai usaha kecil menengah dengan menjadi reseller berbagai produk bayi seperti botol susu, baju bayi, mainan bayi dan perlengkapan bayi.

4. Usaha MUA

Contoh Usaha Kecil Menengah keempat yaitu usaha MUA.

Jika Anda tidak begitu tertarik dengan usaha kecil menengah yang menjual produk, ada juga usaha jasa, salah satunya adalah Make Up Artist (MUA). Bisnis ini menjadi terkenal karena semakin banyak wanita yang ingin tampil lebih cantik dengan make up profesional.

Jasa ini umumnya dibutuhkan pada acara-acara seperti wisuda, lamaran, pernikahan, pemotretan dan beberapa acara besar lainnya. Selain itu, jika Anda tahu kebutuhan sekitar, Anda juga dapat menyelenggarakan kursus atau pelatihan tata rias.

Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, Anda harus hadir secara online dengan mendaftar di direktori penata rias seperti HelloBeauty atau Go Glam. Anda lebih baik lagi, jika membuat website.

5. Usaha Kuliner

Contoh Usaha Kecil Menengah Usaha Kuliner

Usaha kuliner termasuk dalam Contoh Usaha Kecil Menengah.

Bisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya. Di Indonesia sendiri, bisnis kuliner menyumbang 41,40% produk domestik bruto terhadap ekonomi kreatif Indonesia senilai 383 triliun rupiah.

Karena ada layanan antar bahan makanan seperti Go Food dan Grab Food, ide bisnis rumahan menjadi semakin populer di ruang online. Layanan pesan antar makanan ini memungkinkan konsumen memesan makanan secara online dan makanan akan diantar ke lokasi pelanggan.

Dengan memanfaatkan layanan pesan antar makanan online, Anda memudahkan mereka yang sibuk atau mungkin tidak bisa langsung ke toko. Go Food sendiri telah bekerja sama dengan lebih dari 100.000 mitra, 80% di antaranya adalah usaha kecil dan menengah.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil hingga menengah di bidang kuliner, bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan online adalah suatu keharusan. Dengan cara ini, bisnis kuliner Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan secara online.

Baca juga: 10+ Contoh Usaha Jasa, Jenis dan Penjelasannya

6. Usaha Furnitur

Contoh Usaha Kecil Menengah keenam yaitu usaha furnitur.

Bisnis furniture memang tidak sepopuler jenis bisnis lainnya di dunia maya. Namun, bisnis furnitur menyumbang 16,9% dari penjualan e-commerce Indonesia pada 2017.

Kini pelanggan tidak lagi harus datang langsung ke toko untuk membeli furniture yang diinginkan.

Pelanggan dapat melihat furnitur yang ingin dibeli secara online dan juga membelinya secara online. Atau pelanggan juga bisa melihat furnitur secara online dan membelinya di toko.

Bagi mereka yang ingin memulai bisnis kecil hingga menengah di bidang ini, Anda harus memulainya dengan pemasaran online.

Anda dapat membuat web toko furnitur online Anda sendiri dan bekerja dengan pasar khusus furnitur. Contoh UKM dari industri furniture yang sukses memasarkan produknya secara online adalah NovaSolo.

7. Usaha Penginapan

Contoh Usaha Kecil Menengah Usaha Penginapan

Contoh Usaha Kecil Menengah ketujuh yaitu usaha penginapan.

Tren backpacker di Indonesia telah meningkatkan keinginan untuk penginapan murah seperti hostel dan wisma.

Bagi Anda yang tinggal di kawasan wisata, usaha kecil menengah bisa dicoba membuka penginapan di kawasan ini.

Dibandingkan dengan hotel, hostel dan wisma tidak membutuhkan banyak uang karena fasilitas yang disediakan umumnya hanya mencakup tempat tidur, kamar mandi, sarapan, dan fasilitas dasar lainnya.

Jika Anda tidak dapat memulai hostel atau losmen, Anda dapat menggunakan aplikasi berbagi rumah seperti AirBnB. Aplikasi ini memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan menyewakan rumah Anda kepada turis.

8. Usaha Jasa Foto dan Video

Contoh Usaha Kecil Menengah kedelapan yaitu usaha jasa foto dan video.

Layanan video dan foto akan dipertimbangkan untuk menjadi bisnis kecil dan menengah Anda. Meskipun hampir semua orang dapat menggunakan kamera akhir-akhir ini, namun mampu menghasilkan video dan foto yang bagus tidak dijamin.

Pada umumnya ide bisnis jasa video dan foto sangat diminati untuk mendokumentasikan momen-momen penting seperti prewedding, pernikahan, wisuda, ulang tahun atau anniversary. Mereka sudah terkenal di Instagram untuk foto pernikahan dengan tagar #weddingphotography.

Contoh UKM layanan video dan foto yang sukses adalah Bernardo Pictura.

9. Digital Marketing Agency

Contoh UKM Digital Marketing Agency

Contoh Usaha Kecil Menengah kesembilan yaitu digital marketing agency.

Sekarang sebagian besar pengalaman berbelanja dimulai dari mesin perayap Google atau dari media sosial. Namun, strategi pemasaran adalah hal yang sangat sedikit diketahui oleh pemilik usaha kecil dan menengah. Salah satunya adalah pemasaran digital.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan tentang bisnis digital marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), Content Writing, Copywriting di Internet, disarankan untuk memulai bisnis skala kecil hingga menengah di bagian ini.

10. Usaha Jual Buku

Contoh Usaha Kecil Menengah kesepuluh yaitu usaha jual buku.

Karena adanya internet, membeli buku tidak lagi harus langsung ke toko buku. Konsumen dapat membeli buku secara online melalui internet, media sosial atau marketplace.

Untuk usaha kecil hingga menengah tersebut, Anda bisa menjual buku secara online saja atau mendirikan toko fisik juga.

Tapi pertama-tama, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar bisa menawarkan harga dan layanan yang kompetitif dibandingkan toko buku mainstream.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui buku apa saja yang sulit ditemukan di toko buku mainstream, misalnya buku impor atau buku sangat langka yang dicari banyak orang. Maka toko buku online Anda bisa bersaing dengan toko buku mainstream.

Baca juga: 30+ Contoh Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan

11. Usaha Otomotif

Contoh UKM Usaha Otomotif

Contoh Usaha Kecil Menengah selanjutnya yaitu usaha otomotif.

Terdapat beberapa peluang usaha bagi UKM di bidang otomotif antara lain jual beli suku cadang kendaraan, persewaan sepeda motor atau mobil, bengkel mobil, dan jasa pembersihan kendaraan.

Bisnis ini memiliki masa depan yang sangat menjanjikan seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan. Rata-rata pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor adalah 5,3%/tahun.

12. Usaha Agribisnis

Sebagai kebutuhan primer, peluang usaha di bidang agribisnis, yaitu perusahaan di bidang pertanian dan peternakan, sangat terbuka lebar. Namun pelaku UKM masih didominasi oleh orang tua.

Beberapa contohnya adalah ayam pedaging atau ayam petelur, menanam tanaman rempah, menjual sayuran organik dan menjual bibit tanaman.

13. Usaha Tour dan Travel

Contoh UKM Usaha Tour dan Travel

Usaha tour dan travel dapat menjadi Contoh Usaha Kecil Menengah yang menarik jika anda berada di lingkungan wisata.

Bisnis tour and travel sangat menjanjikan, terutama di bidang pariwisata. Mereka bisa menawarkan paket wisata dengan fasilitas tambahan yang memudahkan wisatawan.

Usaha ini meliputi fasilitas jasa seperti paket wisata, travel dan lain-lain. Ada juga toko suvenir yang menarik, baik makanan maupun produk khusus.

14. Usaha Produk Kreatif

Berbagai produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki harga jual yang tinggi. Keunggulannya terletak pada keunikan dan sisi artistiknya.

Ada beberapa peluang usaha kecil dan menengah di daerah ini, mulai dari pembuatan produk fashion hingga aksesoris dan dekorasi rumah.

15. Usaha Jasa Kebersihan

Contoh UKM Usaha Jasa Kebersihan

Contoh Usaha Kecil Menengah terakhir yaitu usaha jasa kebersihan.

Usaha jasa kebersihan seperti: laundry, merupakan kebutuhan warga saat ini. Anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil. Selain cucian, kamu juga bisa meningkatkan jenis lain seperti: membersihkan sepatu, helm atau rumah.

Penutup

Usaha Kecil Menengah (UKM) atau istilah lainnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha yang dijalankan dengan modal kecil bagi siapa saja yang ingin memulai usaha.

Hal ini didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan dan lain-lain. Dengan modal kecil, UMKM awalnya bisa dijalankan dari rumah.

Contoh UKM diatas cukup potensial, jika diikuti dengan baik dan cermat, UMKM pasti akan menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan besar.

Sekian artikel berjudul 15 Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) Menjanjikan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.