Mengenal Administrasi Perkantoran SMK

Lulusan Administrasi Perkantoran SMK Kerja Apa? Administrasi Perkantoran adalah salah satu kompetensi yang diajarkan dalam program keahlian Manajemen Perkantoran di bidang bisnis dan keahlian manajemen.

Administrasi Perkantoran merupakan salah mata pelajaran yang membahas tentang proses administrasi yang terkait dengan kepegawaian, termasuk perencanaan kebutuhan tenaga kerja, prosedur perekrutan pegawai, dan penilaian kinerja pegawai.

Siswa akan diajarkan tentang ruang lingkup administrasi keuangan, termasuk memahami fungsi-fungsinya, mengenal tujuan-tujuan yang ingin dicapai, dan mengetahui dasar-dasar administrasi keuangan sesuai dengan kondisi di dunia kerja.

Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK

Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK

Administrasi Perkantoran adalah sebuah jurusan di SMK yang mempelajari tentang ilmu administrasi perkantoran, yang meliputi berbagai macam hal seperti mengetahui dan mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak perkantoran, mengatur dan mengelola dokumen, serta menjalankan kegiatan operasional kantor secara efektif dan efisien.

Pelajar jurusan Administrasi Perkantoran SMK akan mempelajari berbagai macam keterampilan yang berguna untuk bekerja di dunia perkantoran.

Tujuan Umum Belajar Administrasi Perkantoran

Tujuan umum belajar Administrasi Perkantoran SMK adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di dunia perkantoran.

Pelajar akan mempelajari tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan administrasi perkantoran, seperti mengetahui dan mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak perkantoran, mengatur dan mengelola dokumen, serta menjalankan kegiatan operasional kantor secara efektif dan efisien.

Dengan memiliki keterampilan ini, diharapkan siswa dapat bekerja di dunia perkantoran dengan efektif dan efisien.

Tujuan Khusus Belajar Administrasi Perkantoran

Tujuan Khusus Belajar Administrasi Perkantoran

Tujuan khusus belajar Administrasi Perkantoran SMK antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mempelajari tentang teori-teori administrasi perkantoran dan menerapkannya dalam konteks nyata.
  2. Mengenal dan mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam dunia perkantoran.
  3. Memahami dan menguasai cara mengelola dan mengatur dokumen-dokumen di kantor, seperti mengisi formulir, menulis surat, dan lain-lain.
  4. Memahami dan menguasai cara menjalankan kegiatan operasional kantor secara efektif dan efisien, seperti mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.
  5. Memahami dan menguasai cara menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi dalam dunia perkantoran, seperti menangani konflik antar pegawai, menyelesaikan masalah teknis, dan lain-lain.

Dengan memiliki tujuan khusus ini, diharapkan siswa dapat memahami dan menguasai materi Administrasi Perkantoran dengan baik, sehingga dapat bekerja di dunia perkantoran dengan efektif dan efisien.

Baca juga: 10+ Prospek Kerja Administrasi Negara

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui dan mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam dunia perkantoran.
  2. Mengelola dan mengatur dokumen-dokumen di kantor, seperti mengisi formulir, menulis surat, dan lain-lain.
  3. Menjalankan kegiatan operasional kantor secara efektif dan efisien, seperti mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.
  4. Menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi dalam dunia perkantoran, seperti menangani konflik antar pegawai, menyelesaikan masalah teknis, dan lain-lain.

Dengan memiliki kompetensi keahlian ini, diharapkan siswa dapat bekerja di dunia perkantoran dengan efektif dan efisien, serta dapat mengatasi berbagai macam masalah yang mungkin terjadi di tempat kerja.

Materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Materi yang diajarkan di SMK jurusan Administrasi Perkantoran meliputi beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teori-teori administrasi perkantoran, seperti pengertian administrasi perkantoran, fungsi dan tugas administrasi perkantoran, dan prinsip-prinsip administrasi perkantoran.
  2. Perangkat keras dan perangkat lunak perkantoran, seperti komputer, printer, scanner, dan perangkat lunak perkantoran seperti Microsoft Office.
  3. Pengetahuan tentang dokumen-dokumen di kantor, seperti cara mengisi formulir, menulis surat, dan lain-lain.
  4. Kegiatan operasional kantor, seperti cara mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.
  5. Penanganan masalah-masalah yang mungkin terjadi di kantor, seperti menyelesaikan konflik antar pegawai, menyelesaikan masalah teknis, dan lain-lain.

Melalui materi ini, diharapkan siswa dapat memahami dan menguasai materi Administrasi Perkantoran SMK dengan baik, sehingga dapat bekerja di dunia perkantoran dengan efektif dan efisien.

Baca juga: 10+ Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menjanjikan

Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran

Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran SMK adalah sebagai berikut:

  1. Memahami dan menguasai teori-teori administrasi perkantoran, serta mampu menerapkannya dalam konteks nyata.
  2. Mampu mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam dunia perkantoran dengan efektif dan efisien.
  3. Mampu mengelola dan mengatur dokumen-dokumen di kantor dengan baik, serta mampu menulis surat dan mengisi formulir dengan benar.
  4. Mampu menjalankan kegiatan operasional kantor secara efektif dan efisien, serta mampu mengelola arsip dengan baik.
  5. Mampu menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi dalam dunia perkantoran dengan baik, serta mampu mengatasi konflik antar pegawai.

Dengan memiliki kompetensi lulusan ini, diharapkan siswa dapat bekerja di dunia perkantoran dengan baik, serta dapat mengatasi berbagai macam masalah yang mungkin terjadi di tempat kerja.

Lulusan Administrasi Perkantoran SMK Kerja Apa?

Lulusan Administrasi Perkantoran SMK Kerja Apa?

Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Lulusan Administrasi Perkantoran SMK diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Admin atau Sekretaris di Perusahaan

Admin atau sekretaris di perusahaan adalah pekerjaan yang meliputi berbagai macam tugas administratif di suatu perusahaan.

Admin atau sekretaris bertugas untuk mengatur dan mengelola dokumen-dokumen di kantor, mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.

Admin atau sekretaris juga sering dipercaya untuk menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi di kantor, seperti menyelesaikan konflik antar pegawai atau menyelesaikan masalah teknis.

2. Pegawai di Kantor Pemerintahan

Kantor Pemerintahan adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan pemerintahan di suatu wilayah.

Kantor Pemerintahan biasanya terdiri dari berbagai macam divisi atau bagian yang bertugas untuk mengelola berbagai macam kegiatan pemerintahan, seperti pembangunan, perizinan, pengawasan, dan lain-lain.

Lulusan Administrasi Perkantoran SMK dapat bekerja di Kantor Pemerintahan sebagai pegawai yang bertugas untuk mengatur dan mengelola dokumen-dokumen di kantor, mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.

3. Pegawai di Kantor Pos

Pegawai di Kantor Pos adalah pekerjaan yang meliputi berbagai macam tugas di suatu Kantor Pos.

Pegawai di Kantor Pos bertugas untuk mengatur dan mengelola dokumen-dokumen di kantor, mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.

Pegawai di Kantor Pos juga sering dipercaya untuk menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi di kantor, seperti menyelesaikan masalah teknis.

Selain itu, pegawai di Kantor Pos juga bertugas untuk mengirim dan menerima surat atau paket dari pelanggan, serta memberikan informasi dan bantuan kepada pelanggan yang membutuhkan.

4. Penyedia Jasa Administrasi Perkantoran

Penyedia jasa administrasi perkantoran, seperti mengurus surat-surat untuk klien atau mengelola arsip untuk perusahaan.

Penyedia Jasa Administrasi Perkantoran adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa administrasi perkantoran untuk perusahaan atau individu.

Penyedia Jasa Administrasi Perkantoran biasanya memiliki tim yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki keterampilan administrasi perkantoran.

Tim ini bertugas untuk mengurus surat-surat untuk klien, mengelola arsip untuk perusahaan, atau melakukan tugas-tugas administratif lainnya sesuai dengan kebutuhan klien.

Lulusan Administrasi Perkantoran SMK dapat membuka usaha sendiri sebagai Penyedia Jasa Administrasi Perkantoran, sehingga dapat bekerja secara mandiri dan memiliki penghasilan yang lebih baik.

5. Pegawai di bank atau Perusahaan Keuangan Lainnya

Pegawai di bank atau Perusahaan Keuangan Lainnya adalah pekerjaan yang meliputi berbagai macam tugas di sektor keuangan.

Pegawai di bank atau Perusahaan Keuangan Lainnya bertugas untuk mengatur dan mengelola dokumen-dokumen di kantor, mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.

Pegawai di bank atau Perusahaan Keuangan Lainnya juga sering dipercaya untuk menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi di kantor, seperti menyelesaikan masalah teknis.

Selain itu, pegawai di bank atau Perusahaan Keuangan Lainnya juga bertugas untuk menangani transaksi-transaksi keuangan, seperti mengurus penarikan dan penyetoran dana, serta memberikan informasi dan bantuan kepada nasabah yang membutuhkan.

6. Pegawai di Sektor Pariwisata

Pegawai di Sektor Pariwisata adalah pekerjaan yang meliputi berbagai macam tugas di sektor pariwisata.

Pegawai di Sektor Pariwisata bertugas untuk mengatur dan mengelola dokumen-dokumen di kantor, mengatur jadwal kerja, mengatur meja kerja, dan mengelola arsip.

Pegawai di Sektor Pariwisata juga sering dipercaya untuk menangani masalah-masalah yang mungkin terjadi di kantor, seperti menyelesaikan masalah teknis.

Selain itu, pegawai di Sektor Pariwisata juga bertugas untuk mengatur dan mengelola kegiatan-kegiatan pariwisata, seperti mengurus reservasi hotel, mengatur perjalanan, dan memberikan informasi dan bantuan kepada wisatawan yang membutuhkan.

Lulusan Administrasi Perkantoran SMK juga dapat membuka usaha sendiri sebagai penyedia jasa administrasi perkantoran, sehingga dapat bekerja secara mandiri dan memiliki penghasilan yang lebih baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jurusan Administrasi Perkantoran SMK adalah salah satu jurusan yang mengajarkan tentang kegiatan administratif di suatu kantor.

Siswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari teori-teori administrasi perkantoran, perangkat keras dan perangkat lunak perkantoran, pengetahuan tentang dokumen-dokumen di kantor, kegiatan operasional kantor, dan penanganan masalah-masalah yang mungkin terjadi di kantor.

Dengan memiliki kompetensi yang diajarkan di jurusan ini, diharapkan siswa dapat bekerja di dunia perkantoran dengan efektif dan efisien.

Sekian artikel berjudul Mengenal Administrasi Perkantoran SMK, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.