Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa?

Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa? Jurusan administrasi bisnis mempelajari masalah pengendalian kantor, baik secara fisik maupun organisasi.

Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa?

Bidang administrasi dalam urusan bisnis sering kali dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting. Banyak orang yang beranggapan bahwa pekerjaan administrasi adalah sesuatu yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Namun, sebenarnya bidang administrasi merupakan mata pelajaran yang penting dan bermanfaat, karena meliputi berbagai hal seperti pengendalian keuangan, pengendalian Sumber Daya Manusia (SDM), produksi, dan taktik promosi.

Selain itu, pelajar juga akan belajar bagaimana menciptakan nilai bisnis dan memasarkannya dengan lebih unggul dari pesaing-pesaingnya.

Materi yang dipelajari meliputi optimisasi fasilitas kantor, pengolahan data menjadi bermanfaat, dan pengelolaan informasi yang menjadi magnet bagi bisnis.

Dengan materi yang lengkap ini, seorang lulusan administrasi bisnis akan menjadi tenaga bisnis yang mumpuni.

Di masa yang akan datang, seorang lulusan ilmu administrasi bisnis dapat menjadi seorang pebisnis handal, bukan hanya sebagai karyawan.

Ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang merasa bahwa menjalankan bisnis adalah panggilan jiwanya daripada menjadi karyawan.

Jurusan administrasi bisnis adalah suatu program studi yang mempelajari berbagai peran dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Materi yang diajarkan di kuliah ini juga meliputi operasi bisnis, teori dan sikap organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, rencana dan replikasi bisnis, serta pengambilan keputusan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti program studi ini untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang administrasi bisnis.

Apa itu Jurusan Administrasi Bisnis?

Apa itu Jurusan Administrasi Bisnis?

Bagi lulusan SMA/sederajat, jurusan Administrasi Bisnis tidak hanya tersedia di jenjang S1, tetapi juga D3 dan D4.

Setelah menyelesaikan studi S1, kamu dapat melanjutkan studi di jurusan Administrasi Bisnis pada program pascasarjana (S2).

Dikenal juga dengan Ilmu Administrasi Bisnis, jurusan ini umumnya banyak dicari oleh calon mahasiswa yang bercita-cita menjadi wirausaha atau berwiraswasta.

Jika kamu ingin belajar cara memulai dan mengembangkan bisnis, pertimbangkan untuk mempelajari jurusan Administrasi Bisnis.

Mengapa Harus Jurusan Administrasi Bisnis?

Jurusan Administrasi Bisnis adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mempelajari cara mengelola sebuah bisnis secara efektif.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai aspek penting dari bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang teori dan sikap organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, dan pengambilan keputusan.

Dengan mengikuti program studi ini, kamu akan siap untuk memulai atau mengelola bisnis sendiri atau bergabung dengan perusahaan lain sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.

1. Banyak Pekerjaan yang Dapat Digeluti oleh Lulusan Ilmu Administrasi

Bidang pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan Ilmu Administrasi bisnis sangat bervariasi, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan passion atau minat masing-masing.

Lulusan Ilmu Administrasi bisnis dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan banyak lagi.

Selain itu, kamu juga dapat memulai bisnis sendiri atau bergabung dengan perusahaan lain sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.

2. Pengusaha dari Jurusan Administrasi Niaga (Bisnis)

Jika kamu tidak tertarik dengan pekerjaan kantoran dan lebih menyukai dunia bisnis, menjadi Pengusaha setelah lulus dari jurusan Administrasi Niaga (Bisnis) merupakan pilihan yang tepat.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai aspek penting dari bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang teori dan sikap organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, dan pengambilan keputusan.

Dengan mengikuti program studi ini, kamu akan siap untuk memulai bisnis sendiri atau bergabung dengan perusahaan lain sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.

3. Belajar Fokus di Bidang Administrasi Bisnis

Jika kamu memilih untuk fokus di bidang Administrasi bisnis, kamu akan memiliki bekal yang kuat dalam pengelolaan organisasi publik. Ini merupakan peluang besar untuk menjadi Aparatur Sipil Negara.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai aspek penting dari administrasi bisnis, seperti perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan kebijakan publik.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang teori dan sikap organisasi, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan dalam lingkungan publik.

Dengan mengikuti program studi ini, kamu akan siap untuk bergabung dengan perusahaan atau lembaga pemerintah sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.

4. Memiliki Peluang Melanjutkan Studi ke Jenjang Pascasarjana

Lulusan Ilmu Administrasi bisnis memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana.

Dengan mengikuti program pascasarjana, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam dalam bidang administrasi bisnis.

Ini merupakan peluang yang baik untuk mengembangkan karier profesional kamu dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi di perusahaan atau lembaga pemerintah.

Selain itu, kamu juga dapat memulai bisnis sendiri atau menjadi tenaga profesional independen dalam bidang administrasi bisnis.

Baca juga: Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? 15+ Pilihan

Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa?

Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa?

Administrasi Bisnis adalah pengetahuan tentang pengendalian sumber daya manusia, logistik, operasi, pemasaran, hingga manajemen perusahaan.

Di jurusan ini, anda akan belajar tentang langkah-langkah menciptakan dan memasarkan bisnis, mulai dari menciptakan nilai dan memiliki produk hingga memulai bisnis.

Mata Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis

Mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis belajar tentang kontrol fisik dan organisasi kantor, seperti masalah klarikal kantor, infrastruktur dan fasilitas kantor, pemrosesan data, dan kontrol administratif.

  • Mata kuliah Filsafat dan Etika Administrasi
  • Mata kuliah Pengantar Perpajakan
  • Mata kuliah PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI
  • Mata kuliah TEORI ORGANISASI (P)
  • Mata kuliah Bisnis dan Negara
  • Mata kuliah Hukum dan Organisasi
  • Mata kuliah SISTEM ADMINISTRASI INDONESIA
  • Mata kuliah Pengantar Akuntansi 1
  • Mata kuliah PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA
  • Mata kuliah Pengantar Statistik Niaga
  • Mata kuliah Metode Analisis Kebijakan
  • Mata kuliah Inovasi Organisasi
  • Mata kuliah Evaluasi Proyek
  • Mata kuliah KEBIJAKAN DAN STRATEGI OPERASI
  • Mata kuliah Kelembagaan Bisnis
  • Mata kuliah Kebijakan Stratejik
  • Mata kuliah ANALISIS BISNIS
  • Mata kuliah Praktik Bisnis di Indonesia
  • Mata kuliah Manajemen Lintas Budaya
  • Mata kuliah PEMASARAN SOSIAL
  • Mata kuliah Pengantar Akuntansi 2
  • Mata kuliah Matematika Niaga Terapan
  • Mata kuliah Strategi Kompensasi
  • Mata kuliah Pengantar Perencanaan Keuangan
  • Mata kuliah PENGANTAR ILMU EKONOMI
  • Mata kuliah AGAMA
  • Mata kuliah MPK Seni Musik dan Vokal
  • Mata kuliah MPK Bahasa Inggris
  • Mata kuliah MANUSIA DAN MASYARAKAT INDONESIA
Note: Kemungkinan setiap universitas mempunyai beberapa mata kuliah berbeda.

Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Beberapa pengetahuan dan keahlian yang dapat dikembangkan di jurusan Administrasi Bisnis adalah:

  1. Memahami berbagai aspek penting dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.
  2. Mengerti tentang teori dan sikap organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, dan pengambilan keputusan.
  3. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam memulai atau mengelola bisnis sendiri.
  4. Memiliki kemampuan untuk bergabung dengan perusahaan lain sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.
  5. Dapat mengembangkan karier profesional dengan melakukan studi pascasarjana dalam bidang administrasi.
  6. Mampu memulai bisnis sendiri atau menjadi tenaga profesional independen dalam bidang administrasi.

Dunia Perkuliahan di Jurusan Administrasi Bisnis

Di jurusan Administrasi Bisnis, kamu akan belajar tentang berbagai aspek penting dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Materi yang diajarkan di kuliah akan mencakup teori dan praktik dalam bidang ini, sehingga kamu akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai atau mengelola bisnis sendiri.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang teori dan sikap organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, dan pengambilan keputusan.

Ini akan membantumu untuk memahami cara kerja bisnis dan bagaimana membuat keputusan yang tepat dalam mengelola bisnis.

Di jurusan Administrasi Bisnis, kamu juga akan memiliki peluang untuk belajar dari praktisi bisnis yang berpengalaman, baik melalui kegiatan kuliah maupun magang di perusahaan.

Ini akan membantumu untuk memahami kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh para pebisnis, serta mempersiapkanmu untuk bergabung dengan perusahaan setelah lulus.

Kesimpulannya, dunia perkuliahan di jurusan Administrasi Bisnis akan menyediakanmu dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis dengan sukses.

Gelar Jurusan Administrasi Bisnis

Gelar Jurusan Administrasi Bisnis

Setelah lulus dari jurusan Administrasi Bisnis, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Administrasi Bisnis atau S.A.B.

Gelar ini akan menunjukkan bahwa kamu telah lulus dari program studi yang mempelajari berbagai aspek penting dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Dengan memiliki gelar S.A.B., kamu akan memiliki peluang yang baik untuk bergabung dengan perusahaan atau lembaga pemerintah sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa seseorang dapat memilih jurusan administrasi bisnis sebagai pilihan karier mereka, di antaranya adalah:

  • Jurusan administrasi bisnis menawarkan kurikulum yang berkaitan dengan berbagai aspek bisnis, seperti manajemen, pemasaran, keuangan, hukum bisnis, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan siswa untuk memperoleh wawasan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia bisnis.
  • Karier di bidang administrasi bisnis cukup luas, sehingga lulusan jurusan ini memiliki banyak pilihan untuk berkarier di berbagai jenis perusahaan dan industri, mulai dari perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, hingga perusahaan keuangan dan perbankan.
  • Lulusan jurusan administrasi bisnis juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kariernya ke bidang lain, seperti manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, atau bahkan manajemen strategi.
  • Karier di bidang administrasi bisnis juga cenderung menjanjikan gaji yang kompetitif, terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang tepat. Dengan demikian, jurusan ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mengejar karier yang sukses dan menguntungkan.
  • Terakhir, jurusan administrasi bisnis juga memungkinkan siswa untuk mempelajari prinsip-prinsip bisnis yang berlaku secara universal, sehingga mereka dapat bekerja di berbagai negara dan kondisi pasar yang berbeda. Ini membuat lulusan jurusan ini cukup fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di dunia bisnis.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Administrasi Bisnis adalah suatu program studi yang mempelajari berbagai aspek penting dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Lulusan Administrasi Bisnis akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai atau mengelola bisnis sendiri atau bergabung dengan perusahaan lain sebagai tenaga profesional dalam bidang administrasi bisnis.

Dengan memilih untuk mengikuti program studi ini, kamu akan memiliki peluang yang baik untuk mengembangkan karier profesional kamu dan mencapai tujuan karier yang diinginkan.

Sekian artikel berjudul Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Apa?, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.