Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3? ini Penjelasannya

Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3? ini Penjelasannya | Kegiatan kerja bakti adalah cara masyarakat bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekitar. Kegiatan ini merupakan pengamalan dari nilai Pancasila sila ke-3 yaitu “persatuan Indonesia”.

Gotong royong adalah kebiasaan dalam berbagai kegiatan masyarakat dan menciptakan rasa kebersamaan dalam setiap pekerjaan. Contohnya, kegiatan kerja bakti.

Kegiatan kerja bakti bisa membuat lingkungan sekitarmu lebih rapi dan sehat. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan.

Kegiatan ini lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, kerja bakti harus dilakukan secara teratur.

Lingkungan yang bersih dan sehat dapat menjaga kesehatan kita. Selain itu, tujuan dari kegiatan kerja bakti adalah untuk meningkatkan hubungan sosial antar warga.

Untuk lebih jelas mengenai gotong royong sila ke-3 simak penjelasan dibawah ini

Pancasila Sila Ke-3 itu Apa?

Pancasila Sila Ke-3 itu Apa?

Pancasila Sila ke-3 adalah Persatuan Indonesia. Sila ini menyatakan bahwa setiap warga negara harus bekerja sama dan saling membantu untuk mencapai persatuan dan kesatuan bangsa.

Ini berarti bahwa persatuan dan kesatuan negara harus menjadi prioritas utama dalam segala aktivitas warga negara, di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Persatuan Indonesia harus diwujudkan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Butir-Butir Pengamalan Pancasila Sila ke-3

Sebelum masuk ke jawaban “Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3?” pahami terlebih dahulu butir pengamalan dari Persatuan Indonesia. Butir-butir pengamalan Pancasila Sila ke-3 adalah sebagai berikut:

  1. Menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai prioritas utama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  2. Siap dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa jika diperlukan.
  3. Memperkuat rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  4. Menumbuhkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
  5. Memelihara ketertiban dunia yang didasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
  6. Memajukan persatuan Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika dan meningkatkan pergaulan untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3?

Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3?

Gotong royong adalah sebuah kegiatan dimana sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam gotong royong, setiap orang diajak untuk bekerja sama dan saling membantu. Kegiatan ini sangat membantu dalam menciptakan rasa kebersamaan dan solidaritas di kalangan masyarakat. Masyarakat dapat belajar bagaimana bekerja sama dan mengatasi masalah bersama.

Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3? Sila ke-3 Pancasila sendiri mengatur tentang persatuan Indonesia, yang menyatakan bahwa setiap warga harus bekerja sama dan saling membantu untuk mencapai persatuan.

Gotong royong sangat sesuai dengan nilai-nilai dari sila ke-3 Pancasila karena gotong royong dapat mempererat hubungan sosial antar warga dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat.

Oleh karena itu, gotong royong dianggap sebagai bentuk pengamalan dari sila ke-3 Pancasila.

Baca juga: Gotong Royong: Arti, Manfaat, Jenis, Nilai dan Karakteristik

Apa Hubungan Pancasila Sila ke-3 dengan Gotong Royong?

Apa Hubungan Pancasila Sila ke-3 dengan Gotong Royong?

Untuk lebih jelas mengenai pemahaman Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3, berikan kami berikan hubungan pancasila sila ke-3 dengan gotong royong.

Hubungan Pancasila Sila ke-3 dengan Gotong Royong adalah keduanya memiliki prinsip yang sama yaitu persatuan dan kesatuan.

Pancasila Sila ke-3 mengatur bahwa setiap warga negara harus bekerja sama dan saling membantu untuk mencapai persatuan dan kesatuan bangsa, sementara gotong royong adalah sebuah kegiatan dimana sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan begitu, gotong royong dapat dianggap sebagai salah satu bentuk pengamalan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila Sila ke-3 yaitu persatuan Indonesia.

Melalui gotong royong, masyarakat dapat belajar bagaimana bekerja sama dan mengatasi masalah bersama, yang akan memperkuat persatuan bangsa.

Kegiatan Pancasila Sila ke-3 yang Berhubungan dengan Gotong Royong

Kegiatan Pancasila Sila ke-3 yang Berhubungan dengan Gotong Royong

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3,berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengamalkan Pancasila Sila ke-3 yang berhubungan dengan Gotong Royong adalah:

  1. Kerja bakti lingkungan: Masyarakat dapat bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekitar, yang dapat meningkatkan rasa persatuan dan solidaritas serta memupuk rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.
  2. Pembangunan desa: Masyarakat dapat bekerja sama untuk membangun fasilitas-fasilitas umum, seperti jalan, irigasi, dan fasilitas kesehatan di desa.
  3. Pertanian Gotong Royong: Masyarakat dapat bekerja sama untuk mengelola lahan pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian.
  4. Pembangunan sarana prasarana: Masyarakat dapat bekerja sama untuk membangun sarana prasarana umum, seperti gedung-gedung umum, jembatan, jalan raya, dan lain-lain.
  5. Pemeliharaan dan pengembangan budaya: Masyarakat dapat bekerja sama untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah, yang dapat meningkatkan rasa persatuan dan kekeluargaan serta meningkatkan rasa cinta tanah air.
  6. Kegiatan sosial: Masyarakat dapat bekerja sama untuk mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, seperti pengobatan gratis, bantuan bencana, dll. yang akan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.
  7. Kegiatan Pendidikan: Masyarakat dapat bekerja sama untuk mengadakan kegiatan pendidikan, seperti pengajaran bahasa, kewirausahaan, dll. untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kesempatan kerja dan hidup yang lebih baik.
  8. Kegiatan olahraga: Masyarakat dapat bekerja sama untuk mengadakan kegiatan olahraga, seperti turnamen, lomba, dll. yang akan meningkatkan rasa persatuan dan solidaritas serta meningkatkan kesehatan masyarakat.
  9. Kegiatan kultural: Masyarakat dapat bekerja sama untuk mengadakan kegiatan kultural, seperti pementasan teater, pertunjukan musik, dll. yang akan meningkatkan rasa persatuan dan kekeluargaan serta meningkatkan kesadaran budaya dan sejarah bangsa.
  10. Kegiatan pengabdian masyarakat: Masyarakat dapat bekerja sama untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, seperti pembangunan jalan, air bersih, dan fasilitas kesehatan di komunitas yang kurang mampu.
  11. Kegiatan pelestarian lingkungan: Masyarakat dapat bekerja sama untuk melestarikan lingkungan, seperti reboisasi, pembuatan taman, dll. yang akan meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat.
  12. Kegiatan-kegiatan lain yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, seperti pengabdian pada negara, kegiatan pengembangan sumber daya manusia, dll. yang dapat diorganisasikan melalui gotong royong.

Jadi kesimpulannya gotong royong sila ke-3 karena kegiatan persatuan indonesia salah satunya adalah gotong royong.

Sekian artikel berjudul Mengapa Gotong Royong Termasuk Sila Ke-3? ini Penjelasannya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!