10+ Contoh Surat Keterangan Penghasilan untuk Berbagai Keperluan

10+ Contoh Surat Keterangan Penghasilan untuk Berbagai Keperluan | Surat keterangan penghasilan adalah dokumen resmi yang menyatakan jumlah penghasilan seseorang dalam periode tertentu.

Dokumen ini sangat penting bagi seseorang dalam berbagai hal, seperti melamar pekerjaan, membuat aplikasi kredit, atau dalam hal-hal yang berhubungan dengan hukum.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak situasi dimana seseorang membutuhkan surat keterangan pendapatan. Oleh karena itu, memahami cara membuat dan menggunakan surat keterangan pendapatan menjadi hal yang penting bagi setiap orang.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai surat keterangan pendapatan dan contohnya untuk berbagai keperluan. Selain itu, artikel ini juga akan menjelaskan langkah-langkah membuat surat keterangan penghasilan yang benar dan resmi.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk membantu pembaca dalam memahami dan menggunakan surat keterangan pendapatan dengan baik dan tepat.

Pengertian Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan adalah dokumen resmi yang menyatakan jumlah penghasilan seseorang dalam periode tertentu. Dokumen ini diterbitkan oleh institusi atau perusahaan tempat seseorang bekerja dan mencantumkan informasi tentang gaji, bonus, dan pendapatan lain yang diterima seseorang.

Secara sederhana, surat keterangan penghasilan adalah dokumen yang membuktikan penghasilan seseorang. Dokumen ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, membuat aplikasi kredit, atau dalam hal-hal yang berhubungan dengan hukum.

Surat keterangan penghasilan memainkan peran penting dalam pengurusan keperluan apapun. Dokumen ini menyediakan informasi tentang penghasilan seseorang yang valid, yang akan membantu memutuskan apakah mereka memenuhi syarat untuk memenuhi tanggung jawab dari keperluan tersebut.

Misalkan, saat seseorang ingin membeli sepeda motor melalui kredit, perusahaan pembiayaan perlu tahu tentang penghasilan pembeli untuk memastikan bahwa mereka mampu membayar cicilan per bulan. Surat keterangan pendapatan membantu membuktikan kesanggupan pembeli.

Begitu juga, saat anak berprestasi ingin mendaftar beasiswa, salah satu syarat yang diminta adalah surat keterangan penghasilan orang tua. Yayasan pemberi beasiswa perlu memastikan bahwa beasiswa hanya diberikan pada anak yang membutuhkan dan orang tua yang memiliki penghasilan rendah.

Dengan demikian, surat keterangan pendapatan memainkan peran penting sebagai bukti penghasilan yang dapat memutuskan apakah seseorang memenuhi syarat untuk suatu keperluan.

Apa Bedanya Slip Gaji dan Surat Keterangan Penghasilan?

Slip gaji dan surat keterangan penghasilan adalah dua jenis dokumen yang berbeda yang menjelaskan tentang pendapatan seseorang.

Slip gaji adalah sebuah dokumen resmi yang diterbitkan oleh perusahaan yang menunjukkan rincian tentang gaji yang diterima oleh karyawan, seperti gaji pokok, tunjangan, pajak, dan potongan lain. Slip gaji biasanya diterima setiap bulan bersamaan dengan pembayaran gaji.

Sedangkan, surat keterangan penghasilan adalah sebuah dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan yang menyatakan informasi tentang pendapatan seseorang, biasanya untuk tujuan tertentu seperti melamar kredit atau memperoleh bantuan pemerintah.

Surat keterangan penghasilan memuat informasi lebih detail tentang pendapatan dan tidak selalu diterbitkan setiap bulan.

Jadi, slip gaji menunjukkan informasi tentang pembayaran gaji, sementara surat keterangan penghasilan menunjukkan informasi tentang pendapatan seseorang untuk tujuan tertentu.

Surat Keterangan Penghasilan Dibuat oleh Siapa?

Surat keterangan penghasilan diterbitkan oleh perusahaan tempat seseorang bekerja sebagai karyawan. Dokumen tersebut berisi detail tentang pendapatan seseorang, seperti gaji pokok, tunjangan, dan pembayaran lain.

Perusahaan harus memastikan bahwa informasi yang ditulis di dalam surat keterangan penghasilan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Fungsi Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan adalah sebuah dokumen yang memberikan informasi mengenai penghasilan seseorang. Fungsi utama dari surat keterangan pendapatan adalah sebagai bukti atau verifikasi penghasilan seseorang. Surat keterangan pendapatan sangat berguna dalam berbagai situasi dan keperluan, seperti:

1. Proses Kredit

Saat seseorang ingin membeli barang atau jasa melalui kredit, bank atau perusahaan pembiayaan akan meminta data mengenai penghasilan pembeli.

Surat keterangan penghasilan akan membantu membuktikan bahwa pembeli memiliki penghasilan yang memadai untuk membayar cicilan kredit secara rutin.

2. Beasiswa

Banyak yayasan atau organisasi yang memberikan beasiswa bagi anak berprestasi. Dalam proses pendaftaran beasiswa, orang tua dari anak berprestasi biasanya diminta untuk menunjukkan bukti penghasilan dengan menyertakan surat keterangan penghasilan.

3. Pinjaman Bank

Saat seseorang ingin meminjam uang dari bank, bank akan meminta data mengenai penghasilan peminjam sebagai bahan evaluasi. Surat keterangan penghasilan akan membantu membuktikan bahwa peminjam memiliki penghasilan yang memadai untuk membayar angsuran pinjaman.

4. Pembuatan Kartu Kredit

Dalam proses pembuatan kartu kredit, bank akan meminta data mengenai penghasilan pemegang kartu kredit. Surat keterangan penghasilan akan membantu membuktikan bahwa pemegang kartu kredit memiliki penghasilan yang memadai untuk membayar tagihan kartu kredit.

Dengan demikian, surat keterangan pendapatan memegang peran penting dalam berbagai situasi dan keperluan, karena memberikan bukti yang valid mengenai penghasilan seseorang.

Baca juga: Surat Paklaring Adalah: Arti, Fungsi, Syarat dan Struktur

Contoh Keperluan Surat Keterangan Penghasilan

Berbagai keperluan surat keterangan pendapatan sangat beragam, mulai dari keperluan pribadi hingga keperluan institusi. Berikut ini adalah beberapa contoh keperluan yang membutuhkan surat keterangan pendapatan:

1. Pembiayaan Kredit

Saat ingin membeli barang dengan cara kredit, perusahaan pembiayaan akan meminta surat keterangan pendapatan sebagai bukti bahwa kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan per bulan.

2. Beasiswa

Beasiswa dapat diterima oleh seseorang dengan syarat tertentu, salah satunya adalah memiliki penghasilan yang rendah. Oleh karena itu, pada saat mendaftar beasiswa, kamu akan diminta untuk menyertakan surat keterangan pendapatan.

3. Asuransi

Saat melakukan pendaftaran asuransi, perusahaan akan meminta surat keterangan pendapatan sebagai salah satu syarat. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar premi asuransi.

4. Pinjaman Bank

Saat membutuhkan pinjaman uang, bank akan meminta surat keterangan pendapatan sebagai salah satu syarat pendaftaran. Ini untuk memastikan bahwa kamu memiliki penghasilan yang stabil dan mampu membayar angsuran pinjaman.

5. Pembuatan Paspor

Dalam proses pembuatan paspor, seseorang mungkin diminta untuk membuktikan penghasilannya sebagai bahan pertimbangan dalam verifikasi identitas dan kemampuan finansial.

6. Kepentingan Institusi

Institusi seperti rumah sakit, sekolah, dan perusahaan juga mungkin membutuhkan surat keterangan pendapatan sebagai salah satu syarat administrasi.

Misalnya, saat mengajukan pembiayaan kesehatan atau mengajukan anakmu untuk sekolah, kamu mungkin akan diminta untuk menyertakan surat keterangan pendapatan.

Dengan demikian, surat keterangan pendapatan memiliki peran penting dalam menjawab berbagai keperluan dan membantu menentukan apakah seseorang memenuhi syarat tertentu. Oleh karena itu, penting untuk memiliki surat keterangan pendapatan yang valid dan up-to-date.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan adalah salah satu jenis surat yang sering digunakan untuk membuktikan pendapatan seseorang. Dalam dunia bisnis, surat ini sering digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk proses pengajuan kredit, pendaftaran kuliah, dan beberapa keperluan lainnya.

Berikut ini adalah kumpulan contoh surat keterangan pendapatan yang akan membantu Anda memahami bagaimana surat ini harus dibuat dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja

Surat keterangan penghasilan kerja adalah surat yang dibuat oleh seorang karyawan atau perusahaan untuk menjelaskan dan membuktikan informasi tentang gaji dan penghasilan seorang karyawan.

Surat ini biasanya diminta oleh bank atau lembaga keuangan saat pengajuan kredit, sewa rumah atau untuk keperluan lain yang membutuhkan informasi tentang penghasilan.

Berikut adalah informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan penghasilan kerja:

  • Nama dan jabatan pihak yang membuat surat
  • Nama dan jabatan karyawan yang bersangkutan
  • Tanggal mulai bekerja karyawan
  • Detail informasi tentang penghasilan karyawan, seperti gaji pokok, uang makan, transportasi, kesehatan dan lain-lain.
  • Tujuan pembuatan surat keterangan
  • Tanggal dan tanda tangan pihak yang membuat surat

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja:

Kepada Yth,
[Nama Instansi/Bank] [Alamat Instansi/Bank]

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama : [Nama Pemohon]
  • Jabatan : [Jabatan Pemohon]

Menerangkan bahwa:

  • Nama : [Nama Karyawan]
  • Jabatan : [Jabatan Karyawan]

Adalah benar merupakan karyawan [Nama Perusahaan] sejak [Tanggal Mulai Kerja] hingga saat ini. Berikut adalah perincian gaji yang diterima oleh [Nama Karyawan] setiap bulan, khususnya pada bulan [Bulan Terkait]:

  • Gaji Pokok : [Jumlah Gaji Pokok]
  • Tunjangan Makan : [Jumlah Tunjangan Makan]
  • Tunjangan Transport : [Jumlah Tunjangan Transport]
  • Tunjangan Kesehatan : [Jumlah Tunjangan Kesehatan]
  • Lain-Lain : [Jumlah Lain-Lain (jika ada)]

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengajuan [Nama Kredit/Pembiayaan] yang akan dilakukan oleh yang bersangkutan.

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

[Tanda Tangan dan Nama Jelas Pemohon]

Contoh 2:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja

Contoh Surat Keterangan Penghasilan untuk Membeli Barang Melalui Kredit

Surat keterangan penghasilan biasanya dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan untuk membeli barang melalui kredit. Dalam hal ini, pihak perusahaan pembiayaan ingin memastikan bahwa pembeli memiliki penghasilan yang stabil dan cukup untuk membayar cicilan per bulan.

Informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan pendapatan untuk membeli barang melalui kredit antara lain:

  1. Nama pemohon: Nama lengkap pemohon surat keterangan
  2. Jabatan: Jabatan yang dicantumkan dalam surat keterangan
  3. Nama perusahaan: Nama perusahaan tempat pemohon bekerja
  4. Alamat perusahaan: Alamat lengkap perusahaan tempat pemohon bekerja
  5. Nominal penghasilan: Jumlah penghasilan bulanan pemohon
  6. Tanggal surat: Tanggal surat dibuat
  7. Tanda tangan: Tanda tangan dari pihak perusahaan atau pimpinan perusahaan yang mengeluarkan surat keterangan

Penting untuk diingat bahwa surat keterangan pendapatan harus dibuat oleh pihak perusahaan atau pimpinan perusahaan yang sah dan dalam bentuk asli. Pencantuman informasi yang lengkap dan benar juga sangat penting untuk memastikan validitas surat tersebut.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan penghasilan untuk membeli barang melalui kredit:

Tanggal: [tanggal surat dibuat] Kepada Yth,
[Nama perusahaan pembiayaan] [Alamat perusahaan pembiayaan]

Dengan hormat,

Saya [nama pemohon], dengan ini memohon pembiayaan untuk membeli barang [nama barang] melalui kredit. Dalam hal ini, saya menyertakan surat keterangan penghasilan sebagai bukti bahwa saya memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kewajiban membayar cicilan per bulan.

Berikut adalah informasi penghasilan saya:

  • Nama: [nama pemohon]
  • Pekerjaan: [pekerjaan pemohon]
  • Alamat tempat bekerja: [alamat tempat bekerja pemohon]
  • Penghasilan bulanan: [jumlah penghasilan bulanan pemohon]

Dengan demikian, saya menyatakan bahwa informasi tersebut adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Saya berharap pembiayaan ini dapat segera diberikan untuk memenuhi kebutuhan saya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

[Tanda tangan pemohon] [Nama pemohon]

Contoh 2:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan untuk Membeli Barang Melalui Kredit

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua untuk Daftar Kuliah

Surat keterangan penghasilan orang tua adalah surat yang dibuat oleh orang tua sebagai bukti bahwa mereka memiliki penghasilan dan bisa memenuhi kebutuhan finansial anak mereka selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Berikut adalah informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan penghasilan orang tua untuk daftar kuliah:

Identitas pembuat surat: Nama, usia, pekerjaan, dan alamat lengkap pembuat surat.

  • Identitas anak: Nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan alamat lengkap anak.
  • Pernyataan bahwa pembuat surat adalah orang tua dari anak tersebut.
  • Penjelasan mengenai penghasilan pembuat surat: Jumlah penghasilan bulanan atau tahunan dan sumber penghasilan.
  • Tanda tangan dan stempel pembuat surat.
  • Tanggal dan nomor surat.

Sertakan informasi lain yang diperlukan oleh perguruan tinggi tempat anak akan mendaftar, misalnya nomor identitas pembuat surat atau anak, dan lain sebagainya.

Dengan memasukkan informasi ini, surat keterangan penghasilan orang tua akan menjadi surat yang lengkap dan dapat membantu anak mendaftar kuliah dengan mudah dan cepat.

Berikut adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk daftar kuliah:

Kepada Yth,

Pihak Universitas
Jalan Universitas No. 1
Kota, Propinsi
Indonesia

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama : [Isikan nama lengkap]
  • Umur : [Isikan umur]
  • Pekerjaan : [Isikan pekerjaan saat ini]
  • Alamat : [Isikan alamat lengkap]

Menyatakan bahwa saya adalah orang tua dari :

  • Nama : [Isikan nama lengkap anak]
  • Jenis Kelamin : [Isikan jenis kelamin anak]
  • TTL (Tempat, Tanggal Lahir) : [Isikan tempat dan tanggal lahir anak]
  • Pekerjaan : [Isikan pekerjaan anak]
  • Alamat : [Isikan alamat anak]

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya memiliki penghasilan bulanan sekitar [Rp. xxx.xxx,-] untuk membiayai kebutuhan hidup dan pendidikan anak saya.

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk proses pendaftaran anak saya di Universitas.

Hormat kami,

[Isikan tanda tangan dan nama jelas orang tua] [Isikan tanggal pembuatan surat]

Contoh 2:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua untuk Daftar Kuliah

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua untuk UKT

Surat keterangan penghasilan orang tua untuk UKT merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan saat mendaftar UKT (Uang Kegiatan Tahunan) di perguruan tinggi. Berikut adalah informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan penghasilan orang tua untuk UKT:

  • Judul Surat: Dapat berupa “Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua” atau “Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua”.
  • Informasi Pengirim: Nama lengkap, pekerjaan, dan alamat pengirim selaku orang tua.
  • Informasi Penerima: Nama lengkap dan alamat dari pihak yang menerima surat, seperti perguruan tinggi yang bersangkutan.
  • Tujuan Surat: Menyatakan bahwa surat ini dibuat untuk keperluan mendaftar UKT.
  • Penjelasan Penghasilan: Menguraikan jumlah penghasilan bulanan orang tua dan sumber penghasilannya.
  • Tanda Tangan: Ditandatangani oleh orang tua dan dilengkapi dengan nomor telepon dan tanggal pembuatan surat.
  • Informasi Terkait: Dapat mencantumkan informasi lain seperti jumlah tanggungan, rincian biaya hidup, dan lain-lain.

Informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan penghasilan orang tua untuk UKT adalah informasi tentang pengirim, penerima, dan penghasilan. Jadi, sangat penting untuk memastikan bahwa semua informasi yang diberikan benar dan jelas.

Berikut adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk UKT (Uang Kuliah Tunggal):

Kepada yang terhormat,

Universitas X
Jalan Y
Kota Z

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama : [Nama Orang Tua]
  • Alamat : [Alamat Orang Tua]
  • Pekerjaan : [Pekerjaan Orang Tua]

Dengan ini menyatakan bahwa anak saya yang bernama :

  • Nama : [Nama Anak]
  • Tempat, tanggal lahir : [Tempat, Tanggal Lahir Anak]
  • Sekarang sedang bersekolah di : [Nama Perguruan Tinggi]

Dengan ini saya menyatakan bahwa penghasilan bulanan saya sebesar : [Jumlah Penghasilan Bulanan]

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagai keperluan yang berkaitan.

Hormat saya,

[Nama Orang Tua] [Tanda Tangan Orang Tua] [Tanggal]

Contoh 2:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua untuk UKT

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk KPR

Surat keterangan penghasilan adalah dokumen yang menjelaskan tentang penghasilan seorang individu atau keluarga. Dalam hal ini, surat keterangan pendapatan dibuat untuk memenuhi kebutuhan dalam proses pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Berikut ini adalah informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan pendapatan untuk KPR:

  • Nama lengkap: Nama lengkap pemohon harus dicantumkan secara jelas dan terbaca.
  • Alamat: Alamat tempat tinggal pemohon harus dicantumkan dengan lengkap termasuk kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.
  • Pekerjaan: Dicantumkan jenis pekerjaan dan nama perusahaan tempat bekerja.
  • Penghasilan: Rincian penghasilan bulanan dan sumber penghasilan seperti gaji, usaha, atau pensiun harus dicantumkan.
  • Tanggal diterbitkan: Tanggal diterbitkan surat keterangan pendapatan harus jelas dicantumkan.
  • Tanda tangan: Surat harus ditandatangani oleh pemohon atau orang yang berwenang mewakili pemohon.
  • Nomor surat: Nomor surat harus dicantumkan untuk mempermudah identifikasi surat.

Berikut adalah contoh surat keterangan penghasilan untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah) :

Tanggal : [Tanggal Surat Dibuat]

Kepada Yth,

Bank [Nama Bank] [Alamat Bank]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : [Nama Pemohon]
  • Alamat : [Alamat Pemohon]
  • Pekerjaan : [Pekerjaan Pemohon]

Telah memohon KPR pada Bank [Nama Bank] untuk membeli sebuah rumah. Dalam rangka memenuhi syarat yang dibutuhkan, bersama ini kami sampaikan Surat Keterangan Penghasilan sebagai berikut :

Sebagai [Pekerjaan Pemohon], saya memiliki penghasilan bulanan sebesar [Jumlah Penghasilan Bulanan]. Penghasilan ini sudah termasuk semua sumber pendapatan yang saya miliki dan saya terima setiap bulan.

Surat keterangan penghasilan ini saya buat dengan sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagai salah satu syarat pengajuan KPR.

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

[Nama Pemohon]

Contoh 2:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk KPR

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Wiraswasta

Surat keterangan penghasilan wiraswasta adalah dokumen yang diterbitkan oleh seorang wiraswasta untuk menunjukkan pendapatan yang mereka peroleh dari usaha mereka. Surat keterangan penghasilan wiraswasta biasanya dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti melamar kredit atau memperoleh bantuan pemerintah.

Informasi yang harus dicantumkan dalam surat keterangan penghasilan wiraswasta meliputi:

  • Identitas wiraswasta, termasuk nama lengkap, alamat, dan nomor telepon.
  • Nama dan alamat usaha yang dimiliki, termasuk jenis usaha dan produk/jasa yang dijual.
  • Perincian pendapatan, termasuk penjualan, pemasukan dari sumber lain, dan pengeluaran.
  • Tanda tangan wiraswasta dan stempel usaha.
  • Tanggal diterbitkan dan nomor surat.

Surat keterangan penghasilan wiraswasta harus dibuat dengan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini harus menunjukkan bahwa wiraswasta memiliki pendapatan yang stabil dan dapat memenuhi kewajiban keuangan yang diperoleh.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan penghasilan untuk wiraswasta:

Tanggal: [tanggal]

Kepada Yth,
[Nama Instansi atau Bank yang bersangkutan] [Alamat Instansi atau Bank]

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama: [Nama Wiraswasta]
  • Jabatan: [Jabatan dalam usaha/perusahaan]
  • Alamat: [Alamat usaha/perusahaan]

Menerangkan bahwa:

  • Nama: [Nama Wiraswasta]
  • Alamat: [Alamat Wiraswasta]

Adalah benar seorang wiraswasta yang memiliki usaha [Nama Usaha] sejak [Tahun Berdiri Usaha].

Berdasarkan rekaman keuangan perusahaan, pendapatan bulanan [Nama Wiraswasta] pada bulan [Bulan] tahun [Tahun] sebesar [Jumlah Pendapatan].

Surat keterangan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai bukti pendapatan oleh [Nama Wiraswasta] dalam proses pengajuan [tujuan pengajuan].

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hormat kami,

[TTD dan Nama Wiraswasta]

Contoh 2:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Wiraswasta

Langkah Membuat Surat Keterangan Penghasilan

  1. Tentukan tujuan pembuatan surat keterangan penghasilan, apakah untuk keperluan pendidikan, pengajuan kredit, atau keperluan lainnya.
  2. Buatlah header yang berisi nama dan alamat pengirim.
  3. Tuangkan identitas pihak yang menyatakan atau membuat surat keterangan penghasilan, seperti nama dan jabatan.
  4. Tuliskan identitas penerima surat, yaitu nama dan alamat lengkap.
  5. Tuliskan identitas karyawan yang akan diterangkan penghasilannya, seperti nama dan jabatan.
  6. Tentukan periode waktu yang akan diterangkan penghasilannya, misalnya sejak bulan dan tahun hingga saat ini.
  7. Tuliskan rincian penghasilan karyawan, seperti gaji pokok, uang makan, transportasi, kesehatan, dan lain-lain.
  8. Tentukan tujuan pembuatan surat keterangan penghasilan, misalnya sebagai syarat pengajuan kredit.
  9. Tuliskan tanggal dan tempat pembuatan surat.
  10. Tandatangani surat oleh pihak yang membuat surat keterangan penghasilan.
  11. Jika diperlukan, lampirkan dokumen pendukung seperti slip gaji atau bukti pembayaran.

Kesimpulan

Surat keterangan penghasilan merupakan dokumen penting yang berisi informasi tentang pendapatan seseorang. Surat tersebut dapat diterbitkan oleh perusahaan tempat seseorang bekerja sebagai karyawan atau oleh wiraswasta sendiri.

Surat keterangan penghasilan biasanya dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti melamar kredit, memperoleh bantuan pemerintah, atau membuktikan pendapatan seseorang.

Dalam membuat surat keterangan penghasilan, perlu diperhatikan informasi yang dicantumkan, seperti nama, tanggal, dan alamat perusahaan, nama dan alamat pemohon, serta rincian pendapatan.

Sekian artikel berjudul Contoh Surat Keterangan Penghasilan untuk Berbagai Keperluan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.