12+ Contoh Personal Selling di Berbagai Situasi

12+ Contoh Personal Selling di Berbagai Situasi | Personal selling adalah proses penjualan yang dilakukan secara personal, yaitu dengan melakukan komunikasi langsung dengan calon pembeli. Personal selling dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tatap muka, melalui telepon, video call, atau media lain yang memungkinkan kedua belah pihak untuk berkomunikasi dua arah.

12+ Contoh Personal Selling di Berbagai Situasi

Dalam proses personal selling, sales atau penjual akan memberikan penjelasan dan solusi terbaik untuk calon pembeli, serta menciptakan suatu hubungan yang baik dengan calon pembeli untuk mencapai tujuan penjualan yang diinginkan.

Contoh-contoh dari personal selling antara lain penjualan door-to-door, penjualan di toko kelontong, penjualan di retail, penjualan melalui telemarketing, penjualan di pertemuan bisnis, penjualan di pameran, penjualan melalui website, dan penjualan melalui media sosial.

Setiap contoh tersebut menunjukkan bagaimana personal selling diterapkan dalam berbagai situasi dan konteks untuk menjelaskan produk atau jasa kepada calon pembeli, menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan, dan mencari solusi terbaik untuk calon pembeli.

Dalam proses personal selling, sales harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.

Personal selling adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Namun, dalam era digital yang semakin berkembang, personal selling juga harus diikuti dengan perkembangan teknologi dan adaptasi dengan media digital, seperti e-commerce, website, dan media sosial.

Penerapan personal selling yang efektif akan membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Contoh Personal Selling

Contoh Personal Selling

Terdapat beberapa Contoh Personal Selling di berbagai situasi dan konteks yaitu sebagai berikut:

Personal Selling Secara Door-to-door

Contoh personal selling door-to-door adalah ketika seorang salesmen atau penjual datang ke rumah calon pembeli untuk menawarkan produk atau jasa.

a. Contoh Personal Selling Secara Door-to-door untuk Menawarkan Paket Pembayaran Listrik

Contoh lain dari personal selling door-to-door adalah ketika seorang penjual dari perusahaan listrik datang ke rumah calon pelanggan untuk menawarkan paket pembayaran listrik yang lebih hemat atau menjelaskan program pembayaran yang fleksibel.

b. Contoh Personal Selling Secara Door-to-door untuk Menawarkan Produk Asuransi

Atau ketika seorang penjual dari perusahaan asuransi datang ke rumah calon pelanggan untuk menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan.

Secara umum personal selling door-to-door diterapkan oleh sales atau penjual yang bertugas untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli yang tinggal di rumah yang di kunjungi, serta memberikan penjelasan dan solusi terbaik untuk calon pembeli tersebut.

Personal Selling di Toko Kelontong

Contoh personal selling di toko kelontong adalah ketika seorang penjual menyapa calon pembeli yang baru saja masuk ke toko, menanyakan apakah dia membutuhkan bantuan dalam mencari produk tertentu, atau menyarankan produk yang cocok dengan kebutuhan calon pembeli.

Contoh lain dari personal selling di toko kelontong adalah ketika seorang penjual menjelaskan tentang promo atau diskon yang sedang berlangsung di toko, atau menyarankan produk-produk baru yang tersedia di toko.

Ketika seorang penjual juga dapat menawarkan produk-produk yang sedang dalam kondisi diskon atau harga khusus, atau menjelaskan manfaat dari produk yang dijual di toko.

Secara umum personal selling di toko kelontong diterapkan oleh sales atau penjual yang bertugas untuk menjelaskan produk dan menjawab pertanyaan dari calon pembeli serta memberikan solusi terbaik untuk calon pembeli.

Personal Selling di Retail

a. Contoh Personal Selling di Retail Pakaian

Contoh personal selling dalam retail adalah ketika seorang penjual di toko pakaian menyapa calon pembeli yang baru saja masuk ke toko, menanyakan apakah dia membutuhkan bantuan dalam mencari produk tertentu, atau menyarankan produk yang cocok dengan gaya atau kebutuhan calon pembeli.

b. Contoh Personal Selling di Retail Elektronik

Contoh lain dari personal selling dalam retail adalah ketika seorang penjual di toko elektronik menjelaskan fitur dan keuntungan dari produk televisi yang ingin dibeli oleh calon pembeli.

Atau ketika seorang sales di toko komputer memberikan demonstrasi dan menjelaskan fitur dan keuntungan dari laptop yang akan dibeli oleh calon pembeli.

Secara umum personal selling di retail dapat terjadi di setiap toko atau tempat penjualan barang, yang diterapkan oleh sales atau penjual yang bertugas untuk menjelaskan produk dan menjawab pertanyaan dari calon pembeli serta memberikan solusi terbaik untuk calon pembeli.

Personal Selling secara Telemarketing

Contoh personal selling di telemarketing adalah perusahaan yang menggunakan telepon untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli.

Dalam proses ini, perusahaan menyediakan tim telemarketing yang ditugaskan untuk melakukan panggilan kepada calon pembeli dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.

a. Contoh Personal Selling secara Telemarketing untuk Menawarkan Layanan Internet

Salah satu contoh dari personal selling di telemarketing adalah perusahaan yang menawarkan layanan internet. Tim telemarketing perusahaan tersebut akan melakukan panggilan kepada calon pembeli yang terdaftar dan menawarkan layanan internet dengan kecepatan yang lebih tinggi dan harga yang lebih kompetitif.

b. Contoh Personal Selling secara Telemarketing untuk Menawarkan Produk Kesehatan

Contoh lain dari personal selling di telemarketing adalah perusahaan yang menjual produk kesehatan. Tim telemarketing perusahaan tersebut akan melakukan panggilan kepada calon pembeli yang terdaftar dan menawarkan produk kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.

Dalam proses ini, tim telemarketing akan menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon pembeli dan memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan pembelian.

Personal Selling di Pertemuan Bisnis

Contoh personal selling di pertemuan bisnis adalah ketika perusahaan mengatur pertemuan dengan calon pembeli untuk menjual produk atau jasa mereka. Dalam proses ini, perusahaan akan menentukan calon pembeli yang sesuai dengan kebutuhan produk atau jasa yang ditawarkan.

a. Contoh Personal Selling di Pertemuan Bisnis untuk Menjual Sofware

Contohnya, perusahaan yang menjual software akan mengatur pertemuan dengan calon pembeli yang membutuhkan solusi untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Dalam pertemuan tersebut, perusahaan akan menunjukkan fitur software yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli dan memberikan demonstrasi bagaimana software tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis calon pembeli.

b. Contoh Personal Selling di Pertemuan Bisnis untuk Menjual Alat Berat

Contoh lainnya, perusahaan yang menjual alat-alat berat akan mengatur pertemuan dengan calon pembeli yang membutuhkan alat untuk meningkatkan produktivitas proyek mereka.

Dalam pertemuan tersebut, perusahaan akan menunjukkan fitur alat-alat berat yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli dan memberikan demonstrasi bagaimana alat-alat tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas proyek calon pembeli.

Perusahaan juga akan menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon pembeli dan memberikan informasi tambahan yang diperlukan untuk membuat keputusan pembelian.

Personal Selling di Pameran

Personal selling di pameran adalah teknik yang digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa mereka kepada banyak calon pembeli sekaligus. Dalam proses ini, perusahaan akan menyewa sebuah booth di pameran yang sesuai dengan target pasar mereka dan menampilkan produk atau jasa mereka kepada para pengunjung pameran.

a. Contoh Personal Selling di Pameran untuk Produk Elektronik

Contohnya, sebuah perusahaan yang menjual produk elektronik dapat menyewa sebuah booth di pameran teknologi yang diadakan setiap tahun dan menampilkan produk-produk terbaru mereka kepada pengunjung pameran. Dalam booth tersebut, perusahaan akan menyediakan demonstrasi produk dan menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pengunjung pameran.

b. Contoh Personal Selling di Pameran Olahraga

Sementara itu, sebuah perusahaan yang menjual peralatan olahraga dapat menyewa sebuah booth di pameran olahraga yang diadakan setiap tahun dan menampilkan produk-produk terbaru mereka kepada pengunjung pameran.

Dalam booth tersebut, perusahaan juga harus memiliki tim yang terlatih dan berpengalaman dalam menjalankan personal selling di pameran agar dapat menyampaikan informasi produk dengan baik dan menjawab pertanyaan pengunjung dengan tepat.

Tim ini juga harus dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menarik bagi pengunjung pameran agar dapat membuat pengunjung merasa tertarik untuk melakukan pembelian.


Personal selling di pameran juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaring calon pelanggan baru. Perusahaan dapat mengumpulkan data dari pengunjung pameran yang berminat dengan produk mereka dan mengirimkan informasi produk dan penawaran khusus secara periodik. Hal ini dapat meningkatkan peluang pembelian dari calon pelanggan baru dan memperluas jangkauan pasar perusahaan.

Personal Selling di Website

Personal Selling di Website

Contoh personal selling di website adalah perusahaan yang menggunakan website sebagai sarana untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli.

Dalam proses ini, perusahaan akan membuat website yang menyajikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, fitur-fitur yang ditawarkan, harga, dan cara pemesanan.

a. Contoh Personal Selling di Website untuk Produk Fashion

Salah satu contoh dari personal selling di website adalah perusahaan yang menjual produk fashion. Perusahaan tersebut akan membuat website yang menyajikan informasi tentang produk-produk terbaru mereka, fitur-fitur yang ditawarkan, harga, dan cara pemesanan.

Dalam website tersebut, perusahaan akan menyediakan foto produk yang jelas dan detail, serta memberikan pilihan untuk mencoba produk virtual dan memberikan diskon khusus untuk pembelian melalui website.

Perusahaan juga akan menyediakan fitur chat atau email untuk membantu calon pembeli dalam menentukan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Personal Selling Melalui Social Media

Contoh personal selling melalui media sosial adalah perusahaan yang menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk menawarkan produk atau jasa mereka kepada calon pembeli.

Dalam proses ini, perusahaan akan membuat akun media sosial dan mengunggah konten yang menarik, seperti foto produk, video demonstrasi, atau testimonial dari pelanggan yang sudah pernah membeli produk mereka.

a. Contoh Personal Selling Melalui Social Media untuk Produk Fashion

Salah satu contoh dari personal selling melalui media sosial adalah perusahaan yang menjual produk fashion. Perusahaan tersebut akan membuat akun Instagram dan mengunggah foto produk-produk terbaru mereka dengan caption yang menarik.

Dalam akun tersebut, perusahaan akan menampilkan model-model yang mengenakan produk-produk mereka dan menyertakan link untuk membeli produk tersebut.

b. Contoh Personal Selling Melalui Social Media untuk Produk Kesehatan

Contoh lain dari personal selling melalui media sosial adalah perusahaan yang menjual produk kesehatan. Perusahaan tersebut akan membuat akun Facebook dan mengunggah video demonstrasi produk-produk terbaru mereka.

Dalam akun tersebut, perusahaan akan menampilkan testimonial dari pelanggan yang sudah pernah membeli produk mereka dan menyertakan link untuk membeli produk tersebut. Selain itu, perusahaan juga akan menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon pembeli.

Contoh Teknik Personal Selling

Contoh Teknik Personal Selling

1. Field Selling

Field Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan oleh sales representatives yang berada di lapangan. Sales representatives ini akan berinteraksi langsung dengan calon konsumen dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang mengunjungi kantor-kantor perusahaan untuk menawarkan software kepada klien potensial.

2. Retail Selling

Retail Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan oleh sales representatives di toko atau counter penjualan. Sales representatives ini akan berinteraksi langsung dengan konsumen yang datang ke toko dan memberikan informasi tentang produk atau jasa yang dijual.

Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang berada di counter penjualan perhiasan yang memberikan informasi tentang produk-produk perhiasan kepada konsumen yang ingin membeli.

3. Executive Selling

Executive Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan oleh sales representatives yang berfokus pada penjualan produk atau jasa kepada konsumen di level eksekutif atau manajemen.

Sales representatives ini akan berinteraksi langsung dengan konsumen yang memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa dan menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menawarkan solusi IT kepada manajer perusahaan.

4. Direct Selling

Direct Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan oleh sales representatives yang menjual produk atau jasa secara langsung kepada konsumen, tanpa melalui toko atau counter penjualan.

Sales representatives ini akan berinteraksi langsung dengan konsumen melalui telepon, internet, atau melalui presentasi yang dilakukan di rumah konsumen.

Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menjual produk kecantikan atau suplemen melalui presentasi yang dilakukan di rumah konsumen.

5. Telemarketing

Telemarketing adalah teknik personal selling yang dilakukan melalui telepon. Sales representatives akan berinteraksi langsung dengan konsumen melalui telepon dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menawarkan layanan telepon genggam kepada konsumen melalui telepon.

6. Personal Presentation

Personal Presentation adalah teknik personal selling yang dilakukan melalui presentasi yang dilakukan oleh sales representatives di depan konsumen.

Sales representatives akan menyajikan produk atau jasa yang dijual dan memberikan informasi yang diperlukan konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menyajikan presentasi tentang produk asuransi kepada konsumen.

7. Trade Show Selling

Trade Show Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan di pameran atau acara-acara perdagangan. Sales representatives akan berinteraksi langsung dengan konsumen dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menjual peralatan elektronik di pameran elektronik.

8. Consultative Selling

Consultative Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan dengan cara memberikan solusi atau saran kepada konsumen tentang produk atau jasa yang dijual.

Sales representatives akan berinteraksi langsung dengan konsumen dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang memberikan solusi tentang manajemen keuangan kepada konsumen.

9. Solution Selling

Solution Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan dengan menawarkan solusi atau paket produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sales representatives akan berinteraksi langsung dengan konsumen dan menyajikan solusi yang dapat menyelesaikan masalah konsumen. Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menawarkan solusi perangkat lunak keamanan komputer kepada perusahaan.

10. Value Selling

Value Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan dengan menunjukkan nilai atau manfaat yang dapat diperoleh konsumen dari produk atau jasa yang dijual.

Sales representatives akan berinteraksi langsung dengan konsumen dan menunjukkan bagaimana produk atau jasa dapat membantu konsumen dalam mencapai tujuannya. Contoh Teknik Personal Selling ini seperti sales representatives yang menunjukkan manfaat dari produk asuransi kesehatan kepada konsumen.

11. Relationship Selling

Relationship Selling adalah teknik personal selling yang dilakukan dengan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Sales representatives akan berinteraksi langsung dengan konsumen dan berusaha untuk memahami kebutuhan konsumen secara mendalam. Contohnya seperti sales representatives yang membangun hubungan dengan konsumen melalui program loyalty atau program keanggotaan.

Contoh Personal Selling Wardah

Wardah, sebuah perusahaan produk kecantikan lokal menggunakan teknik personal selling untuk menjual produknya. Seperti Tupperware, Wardah menggunakan strategi bertemu langsung dengan calon pembeli untuk menjual produknya.

Dalam upaya untuk meningkatkan performa sales representatives (SPG) nya, Wardah mengevaluasi berbagai metode penjualan. Salah satu metodenya adalah dengan mengunjungi universitas dan mengadakan seminar.

Pada acara tersebut, Wardah diberikan kesempatan untuk memperkenalkan produknya secara langsung dan menjelaskan manfaat yang dapat diperoleh dari produk Wardah.

Contoh Personal Selling Tupperware

Teknik penjualan personal yang diterapkan oleh Tupperware merupakan contoh Personal Selling. Perusahaan peralatan rumah tangga menggunakan jaringan di masyarakat untuk mempromosikan produknya. Metode ini sangat efektif dalam mempengaruhi calon pelanggan untuk mencoba produk yang ditawarkan.

Teknik penjualan personal ini sangat efektif dalam sistem pemasaran Tupperware dan dapat menghasilkan transaksi yang berujung pada keuntungan besar. Dengan menjual produk secara personal, Tupperware dapat meningkatkan kesempatan untuk menjual produk dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Contoh Personal Selling Yakult

Yakult menggunakan teknik personal selling untuk menjual produknya. Sales representatives Yakult akan bertemu dengan calon konsumen secara langsung dan menawarkan produk Yakult.

Sales representatives Yakult akan mengunjungi rumah-rumah atau kantor-kantor untuk menjual produk. Selain itu, produk Yakult juga dijual melalui gerai-gerai di pasar atau toko-toko yang ditunjuk oleh Yakult.

Sales representatives di gerai-gerai tersebut akan bertemu dengan calon konsumen dan menjelaskan manfaat produk serta cara mengonsumsinya.

Sekian artikel berjudul 12+ Contoh Personal Selling di Berbagai Situasi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.