5+ Contoh CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman

5+ Contoh CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman | Tentang CV Pelaut, banyak yang bilang itu seperti ‘paspor’ untuk para pelaut yang ingin menjelajahi dunia lautan. Seperti halnya paspor yang menunjukkan identitas seseorang, CV Pelaut pun menceritakan pengalaman, sertifikasi, dan kualifikasi para pelaut.

Dalam dunia yang kompetitif ini, CV Pelaut yang baik dapat menjadi kunci sukses para pelaut, terutama dalam memperebutkan posisi di kapal yang mereka impikan.

Di artikel ini, saya ingin membahas tentang Contoh CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman. Bagi para pelaut pemula, menulis CV yang baik dan menarik perhatian perusahaan pelayaran dapat menjadi tantangan tersendiri.

Namun, bagi para pelaut yang telah berpengalaman, membuat CV yang efektif dapat menjadi cara terbaik untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa mereka adalah kandidat terbaik untuk posisi yang tersedia.

Dalam artikel ini, saya akan membagikan contoh CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman serta memberikan tips dan saran untuk membuat CV Pelaut yang baik dan menarik.

Semoga artikel ini dapat membantu para pelaut dalam meraih impian mereka dan menginspirasi para pembaca untuk membuat CV Pelaut yang terbaik.

Cara Membuat CV Pelaut Pemula

Sebagai seorang pelaut pemula, menulis CV Pelaut yang baik dan efektif dapat menjadi tantangan tersendiri.

Namun, dengan beberapa panduan dasar, Anda dapat menunjukkan pengalaman, kualifikasi, dan sertifikasi Anda dengan cara yang menarik dan memikat perhatian perusahaan pelayaran.

Berikut ini adalah contoh CV Pelaut Pemula yang dapat dijadikan panduan dalam menulis CV yang efektif:

1. Identitas Diri

Nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email harus dicantumkan dengan jelas dan mudah terlihat. Pastikan Anda menggunakan alamat email yang profesional.

Identitas diri merupakan bagian penting yang harus disertakan dalam CV Pelaut Pemula.

Identitas diri memberikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan pelayaran untuk mengenal lebih dekat calon pelamar dan menilai apakah kualifikasi yang dimiliki sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Berikut adalah beberapa informasi yang harus disertakan dalam bagian Identitas Diri pada CV Pelaut Pemula:

a. Nama lengkap

Cantumkan nama lengkap Anda dengan benar dan jelas. Pastikan nama tersebut sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.

b. Jabatan

Sebagai CV Pelaut Pemula, Anda tidak perlu mencantumkan jabatan yang dimiliki saat ini. Namun, jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya dalam industri pelayaran, Anda dapat mencantumkan jabatan tersebut.

c. Nasionalitas

Tuliskan nasionalitas atau kewarganegaraan dengan jelas. Hal ini penting untuk mengetahui status visa dan izin kerja yang Anda butuhkan saat melamar pekerjaan di perusahaan pelayaran.

d. Tanggal Lahir

Cantumkan tanggal lahir dan tempat lahir dengan jelas. Hal ini akan membantu perusahaan pelayaran menilai usia dan kecocokan dengan posisi yang ditawarkan.

e. Alamat

Tuliskan alamat lengkap dengan jelas, termasuk nama jalan, nomor rumah, nama kota, dan kode pos. Hal ini akan memudahkan perusahaan pelayaran untuk menghubungi Anda jika Anda lolos seleksi.

f. Jenis Kelamin

Cantumkan jenis kelamin Anda, apakah laki-laki atau perempuan. Hal ini penting untuk menentukan kabin tempat Anda akan tinggal di atas kapal.

g. Email

Sertakan alamat email yang sering digunakan, sehingga perusahaan pelayaran dapat menghubungi Anda dengan mudah.

h. No. Telpon

Cantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi dengan mudah. Pastikan nomor telepon tersebut selalu aktif dan mudah dihubungi.

i. Status Pernikahan

Tuliskan status pernikahan Anda, apakah sudah menikah atau masih single. Hal ini penting untuk mengetahui status visa dan izin kerja.

j. Agama

Jika Anda merasa perlu, Anda dapat mencantumkan agama yang dianut. Namun, hal ini bersifat opsional dan tidak diwajibkan.

2. Pendidikan

Cantumkan gelar yang dimiliki, institusi pendidikan yang diikuti, dan tahun kelulusan. Jika Anda memiliki pelatihan yang relevan dengan pekerjaan di kapal, cantumkan juga informasi tersebut.

Pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam CV Pelaut Pemula. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai bagian Pendidikan pada CV Pelaut Pemula:

a. Tingkat Pendidikan

Cantumkan tingkat pendidikan yang sudah Anda selesaikan, seperti SMA/SMK atau D3/D4. Hal ini akan membantu perusahaan pelayaran untuk mengetahui latar belakang pendidikan Anda.

b. Nama Sekolah/Universitas

Sertakan nama sekolah atau universitas di mana Anda menyelesaikan pendidikan. Pastikan penulisan nama sekolah/universitas dan jurusan sudah benar dan jelas.

c. Jurusan

Cantumkan jurusan yang Anda ambil saat menempuh pendidikan di sekolah atau universitas. Hal ini akan membantu perusahaan pelayaran menilai kecocokan Anda dengan posisi yang ditawarkan.

d. Tahun Lulus

Tuliskan tahun lulus dengan jelas. Perusahaan pelayaran akan menilai apakah Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk posisi yang ditawarkan.

e. Nilai/IPK (jika perlu)

Jika memang diperlukan, Anda dapat mencantumkan nilai atau IPK yang Anda raih selama menempuh pendidikan di sekolah atau universitas. Hal ini akan membantu perusahaan pelayaran mengetahui kemampuan akademis Anda.

f. Sertifikat/SK (jika ada)

Jika Anda memiliki sertifikat atau SK terkait pelaut, misalnya sertifikat Basic Safety Training atau sertifikat Bahasa Inggris, sertakan juga di bagian ini. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada CV Pelaut Pemula Anda.

Pastikan untuk mencantumkan informasi pendidikan secara lengkap dan akurat pada CV Pelaut Pemula Anda.

Hal ini akan membantu perusahaan pelayaran untuk menilai kemampuan dan kualifikasi Anda sebagai calon kandidat yang potensial.

3. Sertifikasi

CV Pelaut harus mencantumkan sertifikasi yang dimiliki. Pastikan Anda menyebutkan sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan.

Dalam dunia kepelautan, terdapat dua jenis sertifikat yang perlu dimiliki oleh seorang pelaut.

  1. Sertifikat Keahlian Pelaut atau Certificate of Competency (COC) yang menunjukkan bahwa pelaut tersebut memiliki pengetahuan dan keahlian untuk berlayar. COC bisa berupa:
    • Sertifikat Keahlian Nautika
    • Sertifikat Keahlian Teknik Permesinan
    • Sertifikat Keahlian Pelaut Radio Elektronika
    • dan lain sebagainya.
  2. Sertifikat Keterampilan atau Certificate of Proficiency (COP). Sertifikat ini menunjukkan bahwa pelaut tersebut memiliki keterampilan khusus dalam bidang tertentu seperti penyelamatan, pelatihan dasar, dan kebakaran. Contoh dari Certificate of Proficiency ini antara lain:
    • Basic Safety Training (BST)
    • Advance Fire Fighting (AFF)
    • Medical First Aid (MFA)
    • Security Awareness Training (SAT)
    • ARPA Simulator
    • dan masih banyak lagi.

Dengan memiliki kedua jenis sertifikat tersebut, seorang pelaut akan memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai untuk menjalankan tugasnya di kapal dengan baik.

Hal ini akan membuat perusahaan pelayaran semakin tertarik untuk merekrutnya sebagai bagian dari kru kapal.

Sehingga, bagi para pelaut yang ingin memperluas kesempatan karirnya di dunia kepelautan, sangat penting untuk memiliki sertifikat kepelautan yang sesuai dengan bidang yang diminati.

4. Pengalaman Kerja

Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja di kapal, tidak masalah. Anda dapat mencantumkan pengalaman kerja di bidang yang relevan seperti jasa pelayaran atau bidang teknik. Jika Anda pernah bekerja di kapal, jelaskan tugas dan tanggung jawab Anda dengan detail.

Pada bagian pengalaman kerja dalam CV Pelaut Pemula, terdapat beberapa poin penting yang perlu disertakan agar profil pelaut terlihat lebih profesional dan menarik perhatian calon perekrut.

Berikut adalah beberapa tips dan poin yang perlu diperhatikan dalam pengalaman kerja:

a. Nama Perusahaan atau Kapal

Pastikan untuk mencantumkan nama perusahaan atau kapal tempat Anda bekerja. Hal ini akan membantu calon perekrut untuk melihat latar belakang dan pengalaman kerja Anda sebelumnya.

b. Jabatan atau Posisi

Jelaskan jabatan atau posisi apa yang Anda pegang selama bekerja di perusahaan atau kapal tersebut.

Sebutkan secara jelas apakah Anda bertanggung jawab sebagai AB (Able Body), cook, steward, engineer, atau posisi lainnya.

c. Periode atau Lamanya Bekerja

Sebutkan juga periode atau lamanya Anda bekerja di perusahaan atau kapal tersebut. Hal ini akan membantu calon perekrut untuk melihat seberapa lama pengalaman kerja Anda di dunia kepelautan.

d. Tugas atau Tanggung Jawab

Jelaskan tugas atau tanggung jawab yang Anda lakukan saat bekerja di sana. Sebutkan secara jelas jenis kapal yang Anda kerjakan seperti tanker, cargo, tug boat, atau kapal penumpang.

Hal ini akan memudahkan calon perekrut untuk mengetahui latar belakang pekerjaan yang pernah Anda lakukan.

e. Pencapaian atau Prestasi

Jangan lupa mencantumkan pencapaian atau prestasi yang pernah Anda raih selama bekerja di perusahaan atau kapal tersebut.

Misalnya, apakah Anda pernah mendapat sertifikat atau penghargaan tertentu atas kinerja yang baik. Hal ini dapat menjadi nilai tambah dan menunjukkan kemampuan serta keunggulan yang dimiliki.

f. Kebenaran Informasi

Pastikan semua informasi yang tercantum dalam bagian pengalaman kerja adalah benar dan akurat.

Jangan menyembunyikan atau memalsukan informasi karena hal tersebut bisa merugikan Anda di kemudian hari.

Jujur dan transparan dalam mengungkapkan pengalaman kerja bisa menjadi modal awal untuk membangun karir yang sukses di dunia kepelautan.

5. Keahlian

Jelaskan keahlian yang dimiliki dengan detail dan cantumkan kemampuan bahasa asing yang Anda kuasai.

Keahlian adalah salah satu bagian penting dalam CV Pelaut Pemula. Dalam bagian ini, Anda bisa menunjukkan kemampuan atau keahlian yang dimiliki untuk menjadi pelaut yang kompeten dan profesional.

Berikut adalah beberapa penjelasan yang dapat membantu Anda menjelaskan keahlian secara rinci dan detail:

a. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis sangat penting bagi seorang pelaut karena pekerjaan di atas kapal membutuhkan kemampuan teknis yang mumpuni. Beberapa poin yang dapat dicantumkan di bagian keahlian adalah:

  • Kemampuan dalam menggunakan peralatan navigasi seperti radar, AIS, dan GPS.
  • Kemampuan dalam memperbaiki atau memelihara mesin kapal.
  • Kemampuan dalam memperbaiki atau memelihara peralatan keselamatan seperti lifeboat, life raft, dan fire fighting equipment.

b. Bahasa Asing

Sebagai seorang pelaut, kemampuan berbahasa asing juga sangat diperlukan. Beberapa poin yang dapat dicantumkan di bagian keahlian adalah:

  • Kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang menjadi bahasa internasional di atas kapal.
  • Kemampuan berbahasa lokal di negara-negara yang sering dijadikan tempat sandar kapal.

c. Kemampuan Manajerial

Sebagai seorang pelaut, Anda juga harus memiliki kemampuan manajerial yang baik. Beberapa poin yang dapat dicantumkan di bagian keahlian adalah:

  • Kemampuan dalam memimpin tim dan membuat keputusan yang tepat.
  • Kemampuan dalam mengorganisir tugas dan jadwal kerja.

d. Soft Skill

Selain keahlian teknis, soft skill juga sangat penting dalam dunia kepelautan. Beberapa poin yang dapat dicantumkan di bagian keahlian adalah:

  • Kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik dan efektif.
  • Kemampuan dalam bekerja sama dengan tim.
  • Kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Pastikan bahwa setiap keahlian yang dicantumkan dalam CV Pelaut Pemula adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan memiliki keahlian yang sesuai, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pelaut profesional.

7. Referensi

Cantumkan setidaknya dua referensi yang dapat dihubungi untuk memberikan informasi tentang Anda.

Bagian referensi dalam CV Pelaut Pemula adalah salah satu poin yang penting untuk menambahkan informasi tambahan tentang karakter dan keahlian yang dimiliki oleh pelaut.

Berikut ini beberapa poin yang dapat dijelaskan secara detail tentang referensi dalam CV Pelaut Pemula:

a. Kenalan atau Rekan Kerja

Poin pertama yang perlu dijelaskan dalam bagian referensi adalah kenalan atau rekan kerja yang dapat memberikan referensi tentang keahlian atau karakter Anda sebagai seorang pelaut.

Nama, jabatan, dan kontak orang tersebut dapat dicantumkan sehingga pihak perusahaan atau agen pelaut dapat menghubungi mereka jika diperlukan.

b. Dosen atau Pembimbing Akademik

Jika Anda merupakan lulusan baru dari program pelatihan kepelautan, Anda dapat mencantumkan dosen atau pembimbing akademik sebagai referensi.

Pihak perusahaan atau agen pelaut dapat menghubungi mereka untuk meminta informasi lebih lanjut tentang keahlian dan kemampuan Anda.

c. Referensi dari Perusahaan atau Kapal Sebelumnya

Jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda dapat mencantumkan referensi dari perusahaan atau kapal sebelumnya sebagai informasi tambahan.

Nama perusahaan, jabatan, kontak, dan informasi lainnya yang dapat membantu perusahaan atau agen pelaut untuk menghubungi referensi tersebut.

d. Referensi dari Pelatihan atau Sertifikasi

Jika Anda telah mengikuti pelatihan atau memperoleh sertifikasi di bidang kepelautan, Anda dapat mencantumkan referensi dari pelatihan atau sertifikasi tersebut.

Nama lembaga, program pelatihan, instruktur atau pembimbing, serta kontak dapat dicantumkan sebagai informasi tambahan.

e. Pastikan Menghubungi Terlebih Dahulu

Sebelum mencantumkan nama-nama referensi di dalam CV Pelaut Pemula, pastikan untuk menghubungi mereka terlebih dahulu dan meminta persetujuan mereka.

Selain itu, berikan informasi tentang jenis pekerjaan atau posisi yang sedang Anda lamar sehingga mereka dapat memberikan referensi yang sesuai dan membantu memperkuat profil Anda sebagai pelaut pemula.

Dengan mencantumkan referensi dalam CV Pelaut Pemula, Anda dapat memberikan informasi tambahan yang dapat membantu pihak perusahaan atau agen pelaut dalam menilai kemampuan dan karakter Anda sebagai calon pelaut.

Namun, pastikan untuk mencantumkan informasi yang akurat dan relevan serta meminta persetujuan dari referensi sebelum memasukkan nama mereka ke dalam CV Anda.


Dalam menulis CV Pelaut, pastikan Anda mengikuti format standar dan membuatnya terlihat profesional.

Cantumkan informasi yang relevan dengan pekerjaan di kapal dan hindari informasi yang tidak perlu.

Dengan panduan dasar ini, Anda dapat menulis CV Pelaut yang efektif dan menarik perhatian perusahaan pelayaran.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

Cara Membuat CV Pelaut Berpengalaman

Bagi pelaut yang telah berpengalaman, CV Pelaut menjadi sangat penting dalam mencari pekerjaan di kapal yang mereka impikan.

Berikut ini adalah contoh CV Pelaut Berpengalaman yang dapat dijadikan panduan dalam menulis CV yang efektif:

1. Identitas Diri

Nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email harus dicantumkan dengan jelas dan mudah terlihat. Pastikan Anda menggunakan alamat email yang profesional.

a. Nama Lengkap

Cantumkan nama lengkap Anda sesuai dengan dokumen resmi seperti KTP atau paspor.

b. Jabatan

Sebutkan jabatan atau posisi yang pernah Anda pegang selama bekerja di kapal. Contoh: Kapten Kapal, Chief Engineer, Bosun, Cook, dan lain sebagainya.

c. Nasionalitas

Sebutkan kewarganegaraan atau negara asal Anda.

d. Tanggal Lahir

Cantumkan tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda.

e. Alamat

Sertakan alamat tempat tinggal Anda atau alamat surat menyurat yang dapat dihubungi.

f. Jenis Kelamin

Sebutkan jenis kelamin Anda.

g. Email

Cantumkan alamat email yang aktif dan mudah dihubungi.

h. No. Telpon

Sertakan nomor telepon yang mudah dihubungi, pastikan nomor tersebut masih aktif.

i. Universitas

Sebutkan universitas atau perguruan tinggi yang Anda tempuh dan jurusan yang Anda ambil.

j. Status Pernikahan

Sebutkan status pernikahan Anda seperti sudah menikah atau belum menikah.

k. Agama

Sertakan agama yang Anda anut.

Pastikan informasi yang Anda berikan dalam bagian identitas diri tersebut akurat dan terbaru. Ini akan memudahkan pihak perusahaan atau agen perekrutan dalam menghubungi Anda.

2. Dokumen Pribadi

Sebagai seorang pelaut, saya memahami bahwa dokumen pribadi atau personal documents sangatlah penting.

Saat melamar pekerjaan di kapal, saya harus menyertakan data-data travel document seperti passport, seaman’s book atau buku pelaut.

Selain itu, saya juga harus memberikan data kesehatan, termasuk hasil cek kesehatan dan vaksinasi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa saya memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan yang diperlukan untuk bekerja di kapal.

Saya selalu memastikan bahwa dokumen-dokumen pribadi saya selalu terjaga dengan baik dan up-to-date, sehingga saya siap untuk melamar pekerjaan di kapal kapan saja.

3. Pengalaman Kerja

Jelaskan pengalaman kerja Anda secara detail, termasuk nama kapal, jenis kapal, dan tugas yang Anda jalankan di kapal tersebut.

Jika Anda pernah memegang posisi kepemimpinan, cantumkan tugas dan tanggung jawab Anda secara rinci.

Tentu saja, bagian pengalaman kerja adalah salah satu bagian terpenting dalam CV pelaut berpengalaman.

Dalam bagian ini, kamu perlu menjelaskan pengalaman kerjamu secara detail dan rinci, dengan memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Berikut adalah beberapa sub judul yang perlu diperhatikan saat menulis bagian pengalaman kerja pada CV Pelaut Berpengalaman:

a. Nama Perusahaan atau Kapal

Sebutkan dengan jelas nama perusahaan atau kapal tempat kamu bekerja. Jika kamu telah bekerja di beberapa perusahaan atau kapal, pastikan untuk membagi bagian ini menjadi beberapa sub bagian, dengan setiap sub bagian menjelaskan pengalaman kerjamu di perusahaan atau kapal yang berbeda.

b. Jabatan atau Posisi

Jelaskan jabatan atau posisi apa yang kamu pegang selama bekerja di perusahaan atau kapal tersebut.

Sebutkan juga level jabatan atau posisi, misalnya level officer atau level crew. Pastikan untuk menjelaskan dengan jelas tanggung jawab dan tugas-tugas yang kamu emban selama bekerja di posisi tersebut.

c. Periode atau Lamanya Bekerja

Sebutkan juga periode atau lamanya kamu bekerja di perusahaan atau kapal tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal awal dan tanggal akhir bekerja di perusahaan atau kapal tersebut.

d. Tugas atau Tanggung Jawab

Jelaskan tugas atau tanggung jawab yang kamu lakukan saat bekerja di sana. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis kapal yang kamu kerjakan seperti tanker, cargo, tug boat, atau kapal penumpang.

Pastikan untuk menjelaskan dengan jelas tugas-tugas yang kamu emban, serta pencapaian atau prestasi apa saja yang pernah kamu raih selama bekerja di perusahaan atau kapal tersebut.

Pastikan untuk menyusun bagian pengalaman kerja dengan rapi dan terstruktur. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi yang relevan dan akurat, serta menghindari informasi palsu atau tidak benar.

Semua informasi yang tercantum dalam bagian pengalaman kerja harus mudah dipahami dan memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan dan pengalaman kerjamu di dunia kepelautan.

4. Sertifikasi

Cantumkan semua sertifikasi yang Anda miliki, termasuk sertifikasi pelaut dan sertifikasi lainnya yang relevan dengan pekerjaan di kapal.

Dalam dunia kepelautan, terdapat dua jenis sertifikat yang perlu dimiliki oleh seorang pelaut.

  1. Sertifikat Keahlian Pelaut atau Certificate of Competency (COC) yang menunjukkan bahwa pelaut tersebut memiliki pengetahuan dan keahlian untuk berlayar. COC bisa berupa:
    • Sertifikat Keahlian Nautika
    • Sertifikat Keahlian Teknik Permesinan
    • Sertifikat Keahlian Pelaut Radio Elektronika
    • dan lain sebagainya.
  2. Sertifikat Keterampilan atau Certificate of Proficiency (COP). Sertifikat ini menunjukkan bahwa pelaut tersebut memiliki keterampilan khusus dalam bidang tertentu seperti penyelamatan, pelatihan dasar, dan kebakaran. Contoh dari Certificate of Proficiency ini antara lain:
    • Basic Safety Training (BST)
    • Advance Fire Fighting (AFF)
    • Medical First Aid (MFA)
    • Security Awareness Training (SAT)
    • ARPA Simulator
    • dan masih banyak lagi.

5. Keahlian

Jelaskan keahlian yang dimiliki dengan detail dan cantumkan kemampuan bahasa asing yang Anda kuasai.

a. Bahasa Asing

Sebagai pelaut berpengalaman, Anda mungkin memiliki pengalaman bekerja dengan kru kapal dari berbagai negara yang berbicara bahasa yang berbeda.

Jadi, kemampuan berbahasa asing bisa menjadi keahlian yang penting untuk disertakan dalam CV. Sebutkan bahasa asing yang Anda kuasai dan tingkat kemampuan Anda dalam berbicara, membaca, dan menulis bahasa tersebut.

b. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis juga menjadi keahlian yang penting untuk disertakan dalam CV Pelaut Berpengalaman.

Sebutkan keterampilan teknis yang Anda kuasai seperti pengoperasian mesin, pengaturan navigasi, pemeliharaan kapal, dan keahlian teknis lainnya yang relevan dengan posisi pelaut yang Anda lamar.

c. Kemampuan Manajerial

Sebagai seorang pelaut, Anda juga harus memiliki kemampuan manajerial yang baik. Beberapa poin yang dapat dicantumkan di bagian keahlian adalah:

  • Kemampuan dalam memimpin tim dan membuat keputusan yang tepat.
  • Kemampuan dalam mengorganisir tugas dan jadwal kerja.

d. Soft Skill

Selain keahlian teknis, soft skill juga sangat penting dalam dunia kepelautan. Beberapa poin yang dapat dicantumkan di bagian keahlian adalah:

  • Kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik dan efektif.
  • Kemampuan dalam bekerja sama dengan tim.
  • Kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Pastikan untuk menjelaskan dengan rinci setiap keahlian yang Anda cantumkan dalam CV. Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan setiap keahlian yang Anda miliki.

Semua keahlian dan pengalaman yang tercantum di CV Pelaut Berpengalaman harus dapat mendukung profil Anda sebagai pelaut yang berkualitas dan berpengalaman di industri kepelautan.

6. Prestasi

Jika Anda pernah mendapatkan penghargaan atau prestasi di kapal, cantumkan informasi tersebut dan jelaskan secara singkat.

a. Prestasi yang Dapat Dicantumkan dalam CV Pelaut Berpengalaman

Berikut ini adalah beberapa contoh prestasi yang dapat dicantumkan dalam CV Pelaut Berpengalaman:

  • Pernah mendapatkan penghargaan atau sertifikat atas kinerja yang baik dari perusahaan atau kapal yang pernah dijalani
  • Mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu, terutama dalam kondisi darurat
  • Berhasil menyelesaikan tugas yang dianggap sulit atau kompleks
  • Terlibat dalam proyek atau operasi yang sukses dalam dunia kepelautan

b. Cara Menuliskan Prestasi dalam CV Pelaut Berpengalaman

Berikut adalah beberapa tips untuk menuliskan prestasi dalam CV Pelaut Berpengalaman:

  • Cantumkan prestasi dalam bagian yang terpisah dengan pengalaman kerja sebelumnya
  • Deskripsikan secara jelas dan singkat prestasi yang telah dicapai, seperti penghargaan yang pernah diterima, proyek yang sukses, atau tugas sulit yang berhasil diselesaikan
  • Sertakan informasi tambahan yang relevan, seperti tanggal atau tahun prestasi diraih, perusahaan atau kapal yang terkait, atau dampak positif yang dihasilkan dari prestasi tersebut
  • Pastikan informasi yang disertakan benar dan akurat, sehingga prestasi yang telah dicapai dapat memberikan dampak positif pada proses rekrutmen atau perekrutan pekerjaan di dunia kepelautan.

Dalam menuliskan prestasi dalam CV Pelaut Berpengalaman, penting untuk mengungkapkan prestasi dengan jujur dan transparan.

Hal ini dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi yang diinginkan di dunia kepelautan.

7. Referensi

Cantumkan setidaknya dua referensi yang dapat dihubungi untuk memberikan informasi tentang Anda.

Referensi merupakan orang-orang yang dapat memberikan informasi mengenai Anda dan kualitas kerja Anda. Mereka biasanya adalah atasan atau rekan kerja yang pernah bekerja bersama dengan Anda.

Mencantumkan referensi dalam CV dapat memberikan nilai tambah bagi profil Anda sebagai calon pelaut profesional. Referensi dapat memberikan kesan positif kepada calon pemberi kerja mengenai kualitas kerja Anda.

a. Siapa saja yang bisa dijadikan referensi?

Anda bisa memilih orang-orang yang Anda anggap dapat memberikan informasi yang positif mengenai Anda dan kualitas kerja Anda.

Idealnya, referensi merupakan orang-orang yang pernah bekerja bersama dengan Anda atau mengenal Anda dengan baik dalam bidang pekerjaan.

b. Apa saja yang perlu dicantumkan dalam bagian referensi?

Dalam bagian referensi pada CV Pelaut Berpengalaman, sebaiknya mencantumkan nama, jabatan, dan kontak (nomor telepon dan/atau email) dari orang-orang yang Anda jadikan sebagai referensi.

Anda juga bisa menambahkan keterangan mengenai hubungan Anda dengan orang tersebut, misalnya atasan langsung atau rekan kerja selama 3 tahun terakhir.


Dalam menulis CV Pelaut Berpengalaman, pastikan Anda menyoroti pengalaman kerja dan sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan di kapal.

Cantumkan informasi dengan rinci dan jelas, serta gunakan bahasa yang profesional. Dengan panduan ini, Anda dapat menulis CV Pelaut Berpengalaman yang efektif dan menarik perhatian perusahaan pelayaran.

Perbandingan CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman

Perbedaan antara CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman cukup signifikan. Berikut adalah perbandingan antara CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman:

1. Pengalaman Kerja

Pada CV Pelaut Pemula, pengalaman kerja biasanya sangat terbatas atau bahkan belum memiliki pengalaman sama sekali. Sedangkan pada CV Pelaut Berpengalaman, pengalaman kerja menjadi salah satu aspek paling penting untuk menarik perhatian perusahaan pelayaran.

2. Sertifikasi

CV Pelaut Pemula biasanya memiliki sertifikasi yang terbatas, seperti Basic Safety Training (BST) dan sebagainya, sedangkan pada CV Pelaut Berpengalaman, sertifikasi pelaut yang dimiliki biasanya lebih lengkap dan spesifik, tergantung pada pengalaman dan spesialisasi pelaut tersebut.

3. Keahlian

Pada CV Pelaut Pemula, keahlian yang dimiliki biasanya masih terbatas dan umum, seperti kemampuan bahasa asing dan keterampilan dasar di kapal, sedangkan pada CV Pelaut Berpengalaman, keahlian yang dimiliki biasanya lebih spesifik dan terkait dengan pekerjaan di kapal.

4. Prestasi

Pada CV Pelaut Pemula, biasanya belum ada pengalaman atau prestasi signifikan di kapal yang dapat dicantumkan, sedangkan pada CV Pelaut Berpengalaman, biasanya terdapat beberapa prestasi dan pengalaman yang dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

5. Referensi

Pada CV Pelaut Pemula, biasanya sulit untuk mencantumkan referensi yang relevan karena masih terbatasnya pengalaman, sedangkan pada CV Pelaut Berpengalaman, biasanya mudah untuk mencantumkan referensi yang dapat memberikan informasi tentang kemampuan dan pengalaman kerja.

Dalam menulis CV Pelaut, baik untuk Pemula maupun Berpengalaman, pastikan Anda menonjolkan pengalaman, sertifikasi, keahlian, prestasi, dan kepribadian yang relevan dengan pekerjaan di kapal.

Gunakan bahasa yang profesional dan hindari kesalahan penulisan yang umum terjadi dalam menulis CV. Dengan memperhatikan perbedaan antara CV Pelaut Pemula dan Berpengalaman, Anda dapat menulis CV yang efektif dan menarik perhatian perusahaan pelayaran.

Contoh CV Pelaut

Contoh CV Pelaut Pemula

Nama Lengkap: Ahmad Nur Fauzi
Alamat: Jl. Mawar No. 23, RT 05/RW 03, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan
Email: [email protected]
Nomor Telepon: 08123456789

Pendidikan:

  • SMA Negeri 1 Tangerang Selatan (2017-2020)
  • SMK Teknik Perkapalan Tangerang Selatan (2020-2023)

Sertifikat:

  • Basic Safety Training (BST)
  • Proficiency in Survival Craft and Rescue Boats (PSCRB)
  • Medical First Aid (MFA)
  • Tanker Familiarization (TF)

Pengalaman Kerja:

  • Kapal MV Jaya Makmur sebagai AB (Able Body) (Juni 2023 – Agustus 2023)
    • Bertanggung jawab dalam mengoperasikan mesin bantu kapal.
    • Memastikan keselamatan penumpang dan kru kapal.
    • Melakukan pemeliharaan rutin pada mesin bantu kapal.
    • Kapal jenis Cargo.
  • Kapal MT Bumi Menara sebagai Cook (September 2023 – Desember 2023)
    • Menyiapkan makanan untuk kru kapal.
    • Menjaga kebersihan dapur kapal.
    • Menyediakan persediaan makanan dan minuman untuk kru kapal.
    • Kapal jenis Tanker.

Keahlian:

  • Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dan Indonesia.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan dalam situasi darurat.
  • Mampu bekerja secara tim maupun individu.
  • Mampu mengoperasikan peralatan navigasi dan komunikasi di kapal.

Referensi:

  • Capt. Irfan Santoso, Kapten kapal MT Bumi Menara, email: [email protected], nomor telepon: 08123456788
  • Bapak Satria, Kepala Sekolah SMK Teknik Perkapalan Tangerang Selatan, email: [email protected], nomor telepon: 08123456787
Catatan: Contoh di atas hanya untuk tujuan ilustrasi. Anda bisa menyesuaikan format dan konten CV Pelaut Pemula Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman yang dimiliki.

Contoh CV Pelaut Berpengalaman

Nama Lengkap: John Doe
Alamat: Jl. Pelabuhan No. 12, Jakarta
No. Telepon: 08123456789
Email: [email protected]

Identitas Diri:

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Januari 1990
Status Pernikahan: Belum Menikah
Agama: Islam

Keahlian:

  • Memiliki sertifikat BST, AFF, MEFA, MC, dan SCRB
  • Memiliki pengalaman mengoperasikan berbagai jenis alat navigasi dan komunikasi di kapal
  • Mampu bekerja dalam tim dan di bawah tekanan
  • Memiliki kemampuan memperbaiki mesin dan peralatan kapal
  • Memahami prosedur keselamatan di kapal dan penerapannya

Pengalaman Kerja

  1. PT. ABC Shipping (Kapal Tanker), AB, 2010-2012
    • Bertanggung jawab dalam menangani proses bongkar muat barang di kapal
    • Melakukan perawatan rutin pada mesin dan peralatan kapal
    • Memastikan keamanan dan keselamatan selama pelayaran
    • Menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan di sekitar kapal
  2. PT. XYZ Shipping (Kapal Cargo), Chief Officer, 2012-2015
    • Memimpin tim AB dan Deckhand dalam menangani proses bongkar muat barang di kapal
    • Bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan selama pelayaran
    • Memastikan kelengkapan dokumen kapal dan kargo
    • Melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti otoritas pelabuhan, agen, dan klien
  3. PT. KLM Shipping (Kapal Penumpang), Captain, 2015-2020
    • Memimpin seluruh kru dan bertanggung jawab atas keselamatan penumpang dan kargo
    • Melakukan perencanaan pelayaran dan mengkoordinasikan kegiatan operasional kapal
    • Memastikan kelengkapan dokumen kapal dan penumpang
    • Mampu menangani situasi darurat dan bencana di atas kapal

Prestasi:

  • Mendapatkan penghargaan sebagai kru terbaik di PT. ABC Shipping pada tahun 2011
  • Memperoleh sertifikat penghargaan atas kinerja yang baik dari PT. KLM Shipping pada tahun 2017

Referensi:

  • Bapak Ali, Manager PT. ABC Shipping, no. telepon: 08123456789
  • Ibu Rita, HRD PT. XYZ Shipping, no. telepon: 08123456788
  • Bapak Rahmat, Owner PT. KLM Shipping, no. telepon: 08123456787
Catatan: Contoh CV di atas hanya sebagai gambaran umum, dan dapat disesuaikan dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Pastikan untuk menyertakan informasi yang relevan dan benar serta hindari menyembunyikan atau memalsukan informasi.

Contoh CV Pelaut Bahasa Inggris

Contoh CV Pelaut Bahasa Inggris

Baca juga: 5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

Contoh CV Pelaut Rating

Contoh CV Pelaut Rating

Contoh CV Pelaut Indonesia

Contoh CV Pelaut Indonesia

Contoh CV Pelaut Menarik

Contoh CV Pelaut Menarik

Tips Membuat CV Pelaut Berpengalaman

Bagi seorang pelaut yang telah memiliki pengalaman di kapal, CV Pelaut Berpengalaman sangatlah penting untuk memperlihatkan kemampuan dan prestasi kerja selama bertugas di kapal. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat CV Pelaut Berpengalaman:

1. Jelaskan Pengalaman Kerja dengan Jelas

Pastikan Anda menjelaskan pengalaman kerja secara detail dan jelas, termasuk posisi yang pernah dipegang, tugas dan tanggung jawab yang diemban, dan jenis kapal yang pernah dijadikan tempat bekerja. Hal ini akan memudahkan perusahaan pelayaran untuk mengevaluasi kemampuan dan pengalaman Anda di bidang pelaut.

2. Sertifikasi Pelaut

Sertifikasi pelaut yang dimiliki juga perlu dijelaskan dengan jelas. Pastikan untuk mencantumkan semua sertifikasi yang dimiliki, terutama sertifikasi yang spesifik dengan posisi yang ingin diambil. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda dalam memperoleh pekerjaan di kapal.

3. Prestasi

Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi yang pernah diraih selama bekerja di kapal. Prestasi tersebut dapat berupa pencapaian target, peningkatan kinerja, dan penghargaan yang pernah diterima. Prestasi ini akan menjadi bukti kemampuan dan keterampilan Anda di kapal.

4. Referensi

Cantumkan referensi yang dapat memberikan informasi tentang kemampuan dan pengalaman kerja Anda. Pastikan referensi tersebut dapat memberikan rekomendasi yang positif tentang kinerja dan kemampuan Anda di kapal.

5. Hindari kesalahan penulisan

Pastikan CV Pelaut Berpengalaman Anda tidak mengandung kesalahan penulisan yang dapat merusak citra profesionalisme Anda. Periksa kembali setiap informasi yang dicantumkan dan pastikan tidak ada kesalahan dalam menuliskannya.

Dalam menulis CV Pelaut Berpengalaman, pastikan untuk menonjolkan pengalaman, sertifikasi, prestasi, dan kepribadian yang relevan dengan pekerjaan di kapal.

Selain itu, hindari penggunaan bahasa yang informal dan berikan informasi dengan jelas dan akurat. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat CV Pelaut Berpengalaman yang efektif dan menarik perhatian perusahaan pelayaran.

Kesimpulan

Sebuah CV yang baik dan menarik akan menjadi modal awal untuk menarik perhatian perusahaan pelayaran. Dalam pembuatan CV pelaut, baik itu pelaut pemula maupun berpengalaman, terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, seperti identitas diri, pengalaman kerja, keahlian, prestasi, dan referensi.

Bagi pelaut pemula, pengalaman kerja sebelumnya dapat menjadi nilai tambah yang mampu memperkuat profil sebagai calon pelaut profesional. Oleh karena itu, perlu disertakan secara rinci dalam CV.

Sementara itu, bagi pelaut berpengalaman, pengalaman kerja yang telah dimiliki perlu disajikan dengan jelas dan padat agar mudah dibaca oleh pihak perusahaan.

Selain pengalaman kerja, keahlian juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam CV. Keahlian yang relevan dengan pekerjaan di kapal perlu disertakan, seperti kemampuan baha