CV ATS Friendly: Arti, Karakteristik, dan Cara Membuatnya

CV ATS Friendly: Arti, Karakteristik, dan Cara Membuatnya | Hai! Apakah kamu pernah mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email dan tidak mendapatkan balasan dari perusahaan? Atau mungkin kamu sering gagal saat tahap seleksi awal? Salah satu faktornya bisa jadi karena CV-mu tidak ATS-friendly.

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Apa itu CV ATS Friendly?” Tenang, saya akan menjelaskannya untukmu. CV ATS Friendly adalah curriculum vitae yang didesain khusus agar lolos seleksi applicant tracking system. ATS sendiri adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan seleksi awal dari berbagai lamaran yang masuk.

Jadi, apa yang membuat CV ATS-friendly berbeda dari CV biasa? Dan mengapa kamu perlu memiliki CV ATS Friendly? Akan kita bahas lebih dalam di artikel ini. Selamat membaca!

Apa itu Applicant Tracking System (ATS)?

Apa itu Applicant Tracking System (ATS)?

ATS merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu dalam proses seleksi awal kandidat yang melamar pekerjaan. Sistem ini secara otomatis mengumpulkan, menyimpan, dan menilai data yang ada di dalam CV dan surat lamaran yang diterima.

Cara Kerja ATS

ATS bekerja dengan cara mencari kata kunci tertentu yang diatur oleh perusahaan. Jika kata kunci tersebut ditemukan di dalam CV atau surat lamaran, maka sistem akan menilai CV tersebut sebagai relevan dan akan memasukkannya ke dalam tahap seleksi berikutnya. Namun, jika kata kunci tersebut tidak ditemukan, maka CV tersebut akan otomatis tereliminasi dari proses seleksi.

Mengapa ATS Digunakan oleh Perusahaan

Dalam proses perekrutan, perusahaan biasanya menerima ratusan hingga ribuan lamaran pekerjaan. Dengan menggunakan ATS, perusahaan dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses seleksi awal.

Sistem ini juga dapat membantu mengurangi bias dalam proses seleksi, karena seleksi dilakukan secara otomatis dan obyektif.

Jadi, mengapa penting untuk memiliki CV ATS Friendly? Karena jika format CV-mu kurang sesuai dengan yang diinginkan oleh ATS, maka kemungkinan besar CV-mu akan tereliminasi dari proses seleksi awal.

Sehingga, penting untuk memastikan bahwa CV-mu dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh ATS. Selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut tentang karakteristik CV ATS Friendly yang perlu kamu perhatikan.

Apa itu CV ATS Friendly?

Arti CV ATS Friendly adalah sebuah curriculum vitae yang didesain khusus agar dapat lolos seleksi pada sistem Applicant Tracking System (ATS).

CV ATS Friendly memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya lebih mudah terbaca oleh sistem ATS. Dengan demikian, CV ATS-friendly akan mempermudah perusahaan dalam melakukan seleksi awal calon karyawan.

Dengan membuat CV ATS Friendly, peluangmu untuk lolos seleksi awal dalam proses perekrutan akan semakin meningkat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan karakteristik dan cara membuat CV ATS-friendly agar dapat bersaing dengan calon karyawan lainnya.

Mengapa Penting Memiliki CV ATS-friendly?

Mengapa Penting Memiliki CV ATS Friendly?

Sekarang, kita telah memahami tentang ATS dan bagaimana cara kerjanya. Selanjutnya, mari kita bahas mengapa penting untuk memiliki CV ATS-friendly.

1. Meningkatkan Peluang untuk Lolos Seleksi Awal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ATS mencari kata kunci tertentu dalam CV dan surat lamaran yang masuk. Jika CV-mu tidak sesuai dengan kata kunci tersebut, maka kemungkinan besar CV-mu akan tereliminasi dari proses seleksi awal. Oleh karena itu, dengan memiliki CV ATS Friendly, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk lolos seleksi awal.

2. Memperlihatkan Kemampuanmu dalam Mengikuti Instruksi

Jika perusahaan menginstruksikan agar CV dan surat lamaran dikirim dalam format tertentu, maka sangat penting untuk mengikuti instruksi tersebut.

Jika format CV-mu kurang sesuai, ATS bisa kesulitan membacanya. Ini dapat mengurangi peluangmu untuk melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

3. Meningkatkan Profesionalisme dan Kredibilitas

Dengan memiliki CV ATS-friendly, kamu dapat meningkatkan kesan profesional dan kredibilitasmu di mata perusahaan. CV yang rapi dan mudah dibaca akan membuat perusahaan terkesan dengan kemampuanmu untuk merancang dokumen dengan baik dan efektif.

4. Menunjukkan Kemampuanmu dalam Beradaptasi dengan Teknologi

Dalam era digital seperti sekarang, kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi menjadi penting dalam dunia kerja. Dengan memiliki CV ATS-friendly, kamu dapat menunjukkan kemampuanmu dalam menggunakan teknologi dan memenuhi standar yang diperlukan dalam perekrutan modern.

Jadi, itu dia beberapa alasan mengapa penting untuk memiliki CV ATS-friendly. Dalam artikel selanjutnya, kita akan membahas tentang karakteristik CV ATS Friendly yang perlu kamu perhatikan agar CV-mu dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh ATS.

Karakteristik CV ATS Friendly

Setelah memahami pentingnya memiliki CV ATS-friendly, selanjutnya kita akan membahas karakteristik apa saja yang perlu diperhatikan agar CV-mu mudah dibaca oleh ATS. Berikut adalah beberapa poin yang perlu kamu perhatikan:

1. Gunakan Format yang Tepat

Pilih format CV yang sederhana dan mudah dipahami oleh ATS. Gunakan font yang standar dan ukuran yang mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 10-12. Gunakan judul yang jelas untuk setiap bagian, seperti “Pendidikan” dan “Pengalaman Kerja”.

2. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Sesuaikan kata kunci pada CV-mu dengan persyaratan pekerjaan yang diinginkan. Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci yang tidak relevan atau menggunakan kata kunci terlalu sering karena hal ini dapat memicu alarm spam dan memperburuk peluangmu.

3. Gunakan Struktur yang Jelas dan Rapi

Pastikan struktur CV-mu jelas dan rapi. Gunakan bullet point untuk menyoroti prestasi, tugas, dan tanggung jawab yang kamu miliki dalam pekerjaan sebelumnya. Gunakan kalimat pendek dan jelas untuk menjelaskan pengalamanmu.

4. Hindari Tabel atau Grafik yang Rumit

ATS seringkali kesulitan membaca tabel atau grafik yang rumit. Hindari menggunakan tabel atau grafik yang rumit pada CV-mu.

5. Gunakan File Format yang Sesuai

Pilih file format yang sesuai, seperti .docx atau .pdf. Hindari menggunakan file format yang tidak kompatibel atau file format yang terlalu besar karena dapat memperlambat proses unggah pada sistem ATS.

Jadi, itulah beberapa karakteristik CV ATS Friendly yang perlu kamu perhatikan. Dengan memperhatikan hal-hal ini, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk lolos seleksi awal dan melangkah ke tahap selanjutnya dalam proses perekrutan.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Cara Membuat CV ATS Friendly

Setelah memahami karakteristik CV ATS-friendly, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat CV-mu menjadi ATS-friendly. Berikut adalah beberapa poin yang perlu kamu perhatikan:

1. Perhatikan Format CV

Pilih format CV yang sederhana dan mudah dibaca oleh ATS. Gunakan font yang standar dan ukuran yang mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 10-12. Gunakan judul yang jelas untuk setiap bagian, seperti “Pendidikan” dan “Pengalaman Kerja”.

2. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Perhatikan kata kunci yang terkait dengan posisi yang kamu lamar. Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang diinginkan.

3. Gunakan Struktur yang Jelas dan Rapi

Pastikan struktur CV-mu jelas dan rapi. Gunakan bullet point untuk menyoroti prestasi, tugas, dan tanggung jawab yang kamu miliki dalam pekerjaan sebelumnya. Gunakan kalimat pendek dan jelas untuk menjelaskan pengalamanmu.

4. Hindari Tabel atau Grafik yang Rumit

ATS seringkali kesulitan membaca tabel atau grafik yang rumit. Hindari menggunakan tabel atau grafik yang rumit pada CV-mu.

5. Gunakan File Format yang Sesuai

Pilih file format yang sesuai, seperti .docx atau .pdf. Hindari menggunakan file format yang tidak kompatibel atau file format yang terlalu besar karena dapat memperlambat proses unggah pada sistem ATS.

6. Uji Coba CV-mu

Sebelum mengirimkan CV-mu, uji coba terlebih dahulu pada beberapa sistem ATS yang tersedia secara online untuk memastikan CV-mu lolos seleksi awal.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, kamu dapat membuat CV ATS Friendly yang dapat membantu meningkatkan peluangmu untuk lolos seleksi awal dalam proses perekrutan.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang, perusahaan sering menggunakan sistem ATS untuk melakukan seleksi awal calon karyawan. Oleh karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk memahami apa itu CV ATS-friendly dan bagaimana cara membuatnya.

CV ATS-friendly adalah sebuah curriculum vitae yang didesain khusus agar dapat terbaca dengan mudah oleh sistem ATS. Beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam membuat CV ATS-friendly antara lain format yang mudah terbaca, penggunaan kata kunci yang relevan, struktur yang jelas, file format yang sesuai, dan uji coba pada sistem ATS yang tersedia.

Dengan membuat CV ATS-friendly, peluangmu untuk lolos seleksi awal akan semakin meningkat. Oleh karena itu, pastikan CV-mu memenuhi karakteristik dan panduan dalam membuat CV ATS-friendly.

Sekian artikel berjudul CV ATS Friendly: Arti, Karakteristik, dan Cara Membuatnya, semoga bermanfaat

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.