Panduan Jika Ingin Berhenti Bekerja Sebelum Mendapatkan yang Baru

Panduan Jika Ingin Berhenti Bekerja Sebelum Mendapatkan yang Baru | Berpikir untuk berhenti dari pekerjaan? Terkait perubahan karier, ada kecenderungan bagi karyawan untuk menunggu sampai mereka mendapatkan pekerjaan baru sebelum mengajukan permohonan pengunduran diri. Dan dalam beberapa kasus, ini benar-benar hal terbaik untuk dilakukan.

Panduan Jika Ingin Berhenti Bekerja Sebelum Mendapatkan yang Baru

Tetapi, apakah ada juga situasi tertentu di mana lebih baik berhenti dari pekerjaan Anda sebelum mendapatkan yang baru?

Benar.

Jadi, mari kita periksa berbagai keadaan yang mungkin bermanfaat untuk menyampaikan permohonan pengunduran diri Anda sebelum menemukan Jabatan baru.

Kapan Waktu Resign Sebelum Mendapatkan Pekerjaan Baru?

1. Saat Anda tidak yakin dengan apa yang ingin Anda lakukan

Meninggalkan pekerjaan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk memberi diri Anda waktu untuk menjelajahi opsi karier yang tersedia dengan benar.

Ini juga memberikan waktu luang untuk mengikuti kursus dan menyelesaikannya dalam jangka waktu yang lebih cepat daripada yang mungkin dilakukan dalam pekerjaan penuh.

2. Saat Anda mengalami stres dan kecemasan dari jabatan Anda saat ini

Saat Anda tidak bahagia dengan pekerjaan Anda, Anda mungkin berisiko membuat keputusan yang terburu-buru dan menerima jabatan semata-mata karena putus asa.

Dengan melepaskan diri Anda dari lingkungan kerja yang beracun, Anda membebaskan pikiran untuk berpikir jernih dan membuat keputusan yang tepat untuk karier Anda

3. Ketika dapat menghidupi diri sendiri secara finansial saat menganggur

Tentu saja, berhenti dari pekerjaan tanpa ada pekerjaan lain dapat berisiko karena mungkin perlu beberapa saat bagi Anda untuk mendapatkan jabatan Anda berikutnya.

Jadi memiliki stabilitas keuangan untuk menghidupi diri Anda sendiri saat menganggur adalah prasyarat yang pasti. Jika Anda memiliki dukungan finansial untuk menghidupi diri Anda sendiri setidaknya selama 3 bulan, mengapa tidak memberikan waktu kepada diri Anda sendiri untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.

Kapan sebaiknya tidak resign sebelum mendapatkan pekerjaan?

1. Ketika Anda tidak aman secara finansial

Jangan biarkan diri Anda berada dalam posisi rentan secara finansial. Tidak ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan baru, jadi jika uang sulit, pertahankan pekerjaan Anda saat ini sampai Anda menemukan pekerjaan berikutnya.

2. Jika pekerjaan memberi waktu dan kebebasan untuk berpikir jernih.

Beberapa orang cukup beruntung untuk bekerja dalam pekerjaan tekanan rendah yang tidak terlalu membebani kesehatan mental mereka. Jika Anda tidak sedang stres, Anda sudah berada dalam posisi yang lebih kuat untuk berpikir jernih tentang langkah Anda selanjutnya.

3. Ketika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda lakukan

Jika Anda sudah mengetahui semua langkah selanjutnya, maka yang tersisa untuk dilakukan adalah melamar dan menunggu tawaran pekerjaan yang tepat.

Bagaimana menjelaskan kepada atasan saat ini bahwa Anda akan pergi tanpa pekerjaan?

Apa pun alasan Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, yang terbaik adalah meninggalkannya dengan catatan yang baik. Anda tidak merusak hubungan saat berhenti dari pekerjaan Anda.

Tidak diragukan lagi, atasan Anda akan menanyakan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya dan yang terbaik adalah jujur ​​tentang rencana Anda.

Namun jangan hanya menyatakan bahwa Anda akan meluangkan waktu untuk membuat langkah terbaik berikutnya bagi diri Anda sendiri. Jelaskan kepada atasan Anda bahwa tidak baik jika Anda tetap memegang jabatan Anda. Dan Anda tidak ingin waktu yang dihabiskan untuk mencari pekerjaan mengurangi kualitas pekerjaan Anda.

Jika Anda melakukan ini, Anda akan menunjukkan kepada atasan bahwa Anda juga memiliki niat terbaik, dan bukan hanya keinginan sendiri.

Berapa lama bisa diterima untuk menjadi pengangguran?

Jawabannya akan bervariasi tergantung pada manajer HRD. Namun menurut definisi, Anda secara teknis adalah pengangguran panjang ketika Anda tidak lagi bekerja selama 12 bulan atau lebih.

Pada tahun 2019, laporan menunjukkan bahwa mayoritas pengangguran hanya menganggur tidak lebih dari enam bulan.

Sebagai pedoman umum, pemberi kerja akan memahami jika Anda sudah tidak bekerja hingga tiga bulan, selama Anda bisa menjelaskan alasannya dan menunjukkan bahwa Anda proaktif dalam mencari pekerjaan.

Lebih dari ini, Anda mungkin akan ditanyakan lebih detail seputar kegiatan selama mengganggur dan alasan untuk berhenti dari pekerjaan Anda sebelumnya.

Anda mungkin menemukan permasalahan berikut. Misalnya, Anda:

  1. Mungkin tidak memiliki keterampilan yang tepat, jika tidak seseorang akan mempekerjakan Anda
  2. Pasti malas, kalau tidak, Anda pasti sudah menemukan pekerjaan sekarang
  3. Tidak berfokus pada karier
  4. Mungkin telah diberhentikan dari pekerjaan terakhir Anda
  5. Sudah lama tidak bekerja sehingga Anda kehilangan keterampilan

Apa yang harus dikatakan kepada HRD baru untuk menjelaskan mengapa berhenti sebelum mendapatkan pekerjaan baru?

Banyak perusahaan memberikan stigma kepada kandidat yang meninggalkan pekerjaan mereka sebelum mendapatkan pekerjaan berikutnya. Pemberi kerja mungkin khawatir Anda keluar dari pekerjaan Anda begitu saja dan bahwa Anda tidak proaktif dalam memulai kembali karier Anda.

Mereka menginginkan kandidat yang didorong oleh karier dan membuat keputusan yang bertanggung jawab dan terkadang pemberi kerja secara keliru langsung menyimpulkan bahwa Anda tidak memiliki sifat-sifat ini jika Anda meninggalkan pekerjaan Anda terlebih dahulu.

Tapi kabar baik. Dengan sedikit komunikasi, kendala ini mudah diatasi. Anda hanya perlu menjelaskan kepada calon perusahaan Anda bahwa berhenti dari pekerjaan Anda adalah langkah taktis.

Lagi pula, Anda tidak ingin komitmen pekerjaan Anda mengacaukan pengambilan keputusan Anda dalam memilih langkah karier terbaik.

1. Pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri sebelum melakukan langkah selanjutnya

Sebelum Anda mengambil langkah selanjutnya dalam karier Anda, luangkan waktu untuk mengevaluasi seperti apa rupa Anda dan biarkan visi Anda mengarahkan pekerjaan Anda selanjutnya

  1. Apa yang saya sukai dari pekerjaan saya saat ini?
  2. Apa yang tidak saya sukai dari pekerjaan saya saat ini?
  3. Keterampilan apa yang saya butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian saya?
  4. Bagaimana saya ingin karier saya berkembang selama 5 tahun ke depan?
  5. Potensi apa yang ada untuk mengubah pekerjaan dalam organisasi saya saat ini?
  6. Apakah saya lebih suka bekerja untuk perusahaan yang lebih kecil atau lebih besar? Mengapa?
  7. Bagaimana sebaiknya Anda menghabiskan waktu di antara pekerjaan?

Sekali lagi, tidak ada jawaban benar atau salah untuk pertanyaan ini. Cara Anda menghabiskan waktu di antara berhenti dari pekerjaan dan memulai pekerjaan baru akan bervariasi tergantung pada tujuan dan keadaan Anda.

Mungkin Anda sangat terkuras secara mental dari pekerjaan terakhir sehingga Anda perlu meluangkan waktu untuk mengatur ulang sebelum memulai perburuan pekerjaan.

Atau, Anda mungkin sangat lapar untuk mencari tahu langkah Anda selanjutnya dan melanjutkan karier Anda. Jadi, Anda akan langsung terjun ke dalam proses mencari pekerjaan.

Jika ini masalahnya, maka memperbarui CV Anda dan melamar beberapa pekerjaan setiap hari adalah jalan terbaik ke depannya.

Ingatlah bahwa tidak ada aturan yang tetap dan hanya melakukan apa yang paling menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu tiga bulan setelah menganggur?

Meskipun pekerjaan tidak pernah dijamin, Anda pasti dapat mengambil beberapa langkah sederhana yang akan meningkatkan pencarian pekerjaan Anda.

  1. Sesuaikan CV Anda dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar menggunakan kata kunci dari lowongan pekerjaan
  2. Lampirkan surat lamaran yang disesuaikan untuk setiap lowongan pekerjaan (pemberi kerja telah menilai surat lamaran kerja sebagai bagian terpenting kedua dari sebuah aplikasi)
  3. Jadikan CV Anda tersedia di semua lowongan pekerjaan sehingga perekrut dapat menemukan Anda
  4. Mendaftarlah untuk pemberitahuan di lowongan pekerjaan untuk mendengar tentang lowongan terbaru
  5. Lamar pekerjaan setiap hari
  6. Membangun relasi dengan HRD untuk memperkenalkan diri dan menyatakan minat Anda pada jabatan tersebut
  7. Perbarui profil LinkedIn Anda menjadi ‘Open to new opportunities
  8. Jangkau perusahaan yang menarik bagi Anda meskipun mereka tidak beriklan
  9. Hubungi recruitment agencies yang berspesialisasi di bidang Anda

Baca juga: Tips Membuat Resume yang Menarik Agar Dilirik Perusahaan

Berpikir untuk berhenti dari pekerjaan Anda?

Yang jelas adalah tidak ada formula yang ditetapkan untuk menyerahkan surat pengunduran diri Anda. Keadaan berbeda untuk setiap orang. Jadi, pandangan pendek untuk menyarankan bahwa setiap orang perlu mendapatkan pekerjaan baru sebelum meninggalkan pekerjaan mereka saat ini.

Jika Anda yakin dengan langkah karier Anda selanjutnya dan kondisi kerja Anda menyenangkan, masuk akal bagi Anda untuk tetap bekerja sampai Anda mendapatkan posisi baru.

Tetapi jika Anda kesulitan untuk menentukan langkah selanjutnya dan Anda cukup beruntung memiliki keamanan finansial, keluar lebih awal mungkin merupakan opsi yang memberikan hasil terbaik untuk Anda dalam jangka panjang.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!