Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

Bagaimana Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar? Bagi anda yang pernah mengikuti tes psikotes, pastinya sudah tidak asing lagi mendengar test wartegg yang terdapat di dalam tes tersebut. Jika dilihat sekilas, nama dari tes ini mirip dengan salah satu warung makan yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Biasanya tes satu ini digunakan untuk seleksi masuk kerja atau seleksi mahasiswa. Berikut akan diulas mengenai cara mengerjakan test wartegg dalam psikotes.

Apa yang Dimaksud dengan Tes Wartegg ?

Tes Wartegg merupakan salah satu beberapa macam tes psikotes yang biasa digunakan untuk keperluan seleksi masuk kerja. Tes ini akan menguji keterampilan untuk meneruskan beberapa gambar yang belum sempurna agar lebih bermakna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa lulus tes ini. Jika kamu penasaran bagaimana cara lulus test Wartegg, berikut ulasan detailnya.

Sebelum membahas mengenai Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian secara detail dari tes wartegg ini. Test wartegg merupakan salah satu tes psikologi yang sering digunakan dalam proses rekrutmen karyawan atau pegawai dalam sebuah perusahaan tertentu.

Tak hanya digunakan untuk masuk kerja saja, tes psikologi satu ini juga biasanya digunakan oleh sebagian kampus untuk menyeleksi mahasiswanya. Awal mulanya salah satu psikotes ini diciptakan oleh Krugger dan Sander dari University o Leipzig, tes wartegg ini kemudian dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.

Dalam tes ini seseorang akan diuji dalam keterampilan menggambarnya dengan menggunakan teknik proyektif, dimana terdapat berbagai elemen grafis berupa tanda semi structured yang akan menunjukkan bagaimana kedinamisan serta organisasi kepribadian suatu individu. Karena hal tersebutlah cara mengerjakan test wartegg ini bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang.

Meliputi segi emosional, imajinasi, dinamisme, reality function, dan kemampuan seseorang dalam mengontrol sesuatu. Dalam tes wartegg terdapat delapan kotak, dimana terdapat sebuah petunjuk yang berbeda beda di masing masing kotak. Petunjuk di setiap kotak tersebut mulai dari titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil yang diberikan warna hitam, dan dua garis saling memotong.

Kemudian ada pula titik yang tersusun melengkung serta garis lengkung cukup besar. Jadi nanti tugas anda adalah menyempurnakan berbagai titik dan garis yang terdapat pada setiap kotak tersebut menjadi sebuah gambar yang menarik dengan imajinasi anda. Anda akan diberikan waktu 30 menit untuk bisa menyempurnakannya.

Keterangan Petunjuk dari Setiap Kotak pada Test Wartegg

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam tes wartegg ini anda akan menyempurnakan sebuah petunjuk yang terdapat di delapan kotak. Masing masing kotak tersebut terdapat berbagai gambar awalan yang belum selesai dikerjakan, yaitu berupa titik ataupun garis lurus dan melengkung.

Cara mengerjakan test wartegg pada gambar pertama terletak di kotak atas paling kiri yang berupa titik (.) yang berada di tengah tengah kotak. Gambar titik yang terletak di pusat kotak tersebut menunjukkan mengenai karakter seseorang dalam melakukan penyesuaian diri atau adaptasi terhadap lingkungan baru yang berbeda dibandingkan dengan lingkungan lama.

Kemudian pada gambar kedua, yaitu berupa coretan garis yang berliku seperti gelombang, menyerupai huruf S terletak di sebelah kiri atas kotak. Garis yang terdapat pada kotak tersebut menunjukkan fleksibilitas dari perasaan seseorang. Gambar yang menyerupai huruf S ini mengisyaratkan mengenai suatu kehidupan yang bebas namun tetap dinamis.

Di kotak ketiga pada tes wartegg ini terdapat sebuah gambar yaitu tiga garis vertikal yang sejajar dengan pola menyerupai tangga yang semakin meninggi. Gambar satu ini mempunyai makna yang kaku namun teratur, dimana menunjukkan seberapa besar ambisi seseorang terhadap meraih cita cita dan kesuksesan.

Sementara pada kotak keempat terdapat gambar persegi yang telah diblok warna hitam dan terletak di bagian atas sebelah kanan. Cara mengerjakan test wartegg pada kotak ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir atau cara seseorang dalam menghadapi serta menyelesaikan suatu permasalahan tertentu yang sedang menimpanya.

Kotak kelima di tes wartegg ini yaitu berupa gambar dua garis diagonal menyerupai huruf T yang miring namun terpisah dan terletak pada kotak bagian bawah paling kiri. Gambar tersebut dapat digunakan untuk menguji seseorang mengenai bagaimana cara berpikirnya dalam memecahkan sebuah permasalahan tertentu.

Lalu pada kotak keenam terdapat gambar garis horizontal dan vertikal yang terpisah. Gambar pada kotak keenam ini menunjukkan mengenai sebuah kesederhanaan dan realitas. Tak hanya itu, gambar tersebut pula memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara berpikir serta analisis seseorang terdapat suatu permasalahan.

Sedangkan pada kotak ketujuh terdapat gambar kumpulan beberapa titik yang membentuk garis lengkung. Kumpulan beberapa titik pada kotak ketujuh tersebut menjelaskan mengenai kehidupan dan perasaan seseorang apakah memiliki sifat stabil yang berarti sudah dewasa atau  orang tersebut masih labil maupun kekanakan.

Terakhir pada kotak kedelapan terdapat gambar garis melengkung ke bawah yang menyerupai payung. Gambar pada kotak yang terakhir ini memiliki makna mengenai kebijaksanaan seseorang. Pada gambar tersebut pula menunjukkan tentang bagaimana hubungan sosial seseorang terhadap lingkungan di sekitarnya, semoga bisa lulus mengerjakan tes wartegg.

Petunjuk Teknik Mengerjakan Test Wartegg

Setelah anda mengetahui berbagai gambar yang terdapat pada delapan kotak di tes wartegg ini, maka selanjutnya ialah cara mengerjakannya. Cara mengerjakan test wartegg yang pertama yaitu anda akan diminta untuk menyempurnakan berbagai gambar yang belum selesai dibuat tersebut agar menjadi sebuah gambar yang bermakna dan menarik.

Usahakan anda menggambarnya sesuai dengan imajinasi serta kreativitas anda. Kemudian tuliskan nomor urut sesuai dengan urutan gambar yang telah anda selesaikan terlebih dahulu. Penulisan nomor tersebut terletak pada bagian atas kotak dan berada diluar kotak putih yang terdapat gambar tersebut, kemudian tulislah gambar manakah yang anda sukai.

Jangan lupa pula untuk memberikan penjelasannya, mengapa anda memilih gambar tersebut sebagai gambar yang paling disuka. Lalu tuliskan pula gambar mana yang paling tidak disukai serta tuliskan alasannya. Serta tuliskan pula salah satu gambar yang menurut anda paling mudah diselesaikan dan yang paling susah untuk diselesaikan.

Tips Lulus Mengerjakan Test Wartegg

Bagi anda yang akan melaksanakan tes wartegg sebagai salah satu psikotes masuk kerja atau lainnya, maka cobalah untuk melakukan beberapa tips sukses dalam pengerjaannya. Pertama, buatlah rencana gambar apa saja yang akan dibuat dalam kedelapan kotak tersebut agar anda tidak akan kebingungan menggambar ketika waktu psikotes tiba.

Kedua, usahakan untuk menjaga lembar kertas tes wartegg agar tetap bersih dan rapi selama pengerjaan psikotes. Kemudian dalam pengerjaannya, sebaiknya anda menggambarnya secara kombinasi. Lalu cobalah untuk memulai menggambar yang paling mudah terlebih dahulu, hindari untuk tidak berpikir terlalu lama karena hal tersebut akan memakan waktu.

Selanjutnya gambarlah dengan jelas dan mudah untuk dimengerti serta hindari terlalu banyak menghapus. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sering ragu ragu dan tidak terencana. Cara mengerjakan test wartegg yang terakhir yaitu jangan menggambar terlalu kuat pada garis di kotak karena ini akan menunjukkan kepribadian anda.

Dengan memperhatikan berbagai petunjuk serta tips dalam pengerjaan tes wartegg ini, dipastikan anda bisa mengerjakannya dengan baik dan lancar. Usahakan pula sebelum memulai tes wartegg ini, anda telah berlatih sebelumnya. Selama pengerjaan psikotes, cobalah untuk selalu berpikir berbagai hal positif agar kelak hasilnya tidak mengecewakan anda.

1. Berlatih Terlebih Dahulu Sebelum Hari H

Agar proses pengerjaan tes lebih lancar, sebaiknya kamu berlatih terlebih dahulu sebelum hari ujian tiba. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk menghadapi jenis soal tersebut. Apabila sudah terlatih dengan baik, maka kesalahan yang dilakukan pun semakin kecil dan keberhasilan akan terlihat.

Latihan ini sangat penting untuk dilakukan, terlebih jika kamu kurang mahir dalam hal menggambar.  Bila kamu sering berlatih untuk mengerjakan soal tes seperti ini, kemungkinan besar bisa lolos dalam tes ini akan semakin besar. Kamu bisa meminimalisir kegagalan akibat kesalahan yang dibuat.

Dengan berlatih, maka kamu akan terbiasa dalam mengerjakan soal dengan cepat. Semakin cepat mengerjakan soal yang diberikan, ada nilai tambah tersendiri yang bisa didapatkan. Jika kamu mengerjakan tes secara cepat dan tepat sebelum waktu berakhir, maka penguji akan memberikan nilai plus.

2. Membuat Rencana Gambar yang akan Dibuat

Bagi kamu yang ingin mengikuti tes psikotes untuk seleksi masuk kerja, ada beberapa tes yang harus dilakukan. Yaitu dengan mencari terlebih dahulu informasi tentang cara lulus test Wartegg. Pasalnya, kamu tidak hanya menghadapi tes Wartegg saja, sebab masih banyak berbagai macam tes psikotes yang harus dikerjakan.

Kecanggihan teknologi yang semakin hari kian pesat dapat memudahkan kamu untuk mengakses informasi terkait tes psikotes. Kamu bisa mencari tahu lebih dahulu lewat internet tentang seluk beluk tes tersebut, Mulai dari  jumlah soal yang diberikan, tipe soal, dan lama pengerjaan, menjadi poin penting yang patut diperhatikan.

Setelah mengetahuinya, maka kamu harus membuat rencana gambar apa saja yang akan dibuat ketika mengikuti tes tersebut. Tentunya dengan persiapan yang matang, kamu akan mendapat keuntungan seperti tidak bingung saat akan menggambar, hasil gambar terselesaikan dengan baik dalam waktu yang lebih cepat.

3. Mengerjakan Soal dimulai dari yang Termudah

Jangan khawatir jika kamu tidak sempat membuat rencana gambar dan berlatih ketika tes psikotes. Pasalnya, kamu bisa menggunakan strategi khusus dengan mengerjakan gambar lain yang dianggap paling mudah. Cara jitu ini dapat membantumu untuk mengerjakan tes dengan tepat waktu.

Pastikan kamu menggunakan cara lulus test Wartegg dengan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Jangan sampai kamu terpaku dengan satu soal dengan karena merasa sulit. Hal tersebut akan menyita waktu yang diberikan dalam pengerjaan soal tes psikotes. Selain membuang waktu, kamu juga tidak akan fokus untuk mengerjakan keseluruhan soal yang telah disediakan.

4. Mengerjakan Tes Wartegg dengan Dinamis

Mengerjakan soal dari yang termudah secara acak bisa menjadi strategi menyelesaikan ujian lebih cepat. Namun, kamu harus mengerjakan secara dinamis dan jangan terlalu acak. Sebab, hal ini dapat menunjukkan pribadi kamu yang terlalu kreatif dan terlalu arogan ketika menghadapi suatu permasalahan.

Jika kamu mengerjakan tes secara berurutan, maka hasil yang terlihat adalah cenderung memiliki kepribadian yang konservatif dan kaku. Oleh karena itu, cara terbaik untuk bisa mengerjakan tes tersebut adalah mengerjakan mulai dari nomor 4, 3, 2, 1. Setelah itu dilanjutkan dengan nomor 5, 6, 7, 8, atau bahkan sebaliknya.

Pengerjaan yang seperti ini akan menampilkan pribadi yang seimbang. Penguji akan melihat kepribadian kamu sesuai dalam kriteria yang diinginkan dari perusahaan tersebut. Cara lulus test Wartegg dinamis ini juga bisa dilakukan dengan memberi nomor gambar terlebih dahulu. Ada juga yang mengharuskan agar memberikan keterangan pada gambar yang dibuat.

5. Menyiapkan Peralatan Tulis yang Memadai

Agar dapat lulus mengerjakan tes wartegg, ada baiknya menyiapkan alat tulis yang lengkap. Mulai dari pensil, pulpen, dan juga alat tulis lainnya yang layak untuk digunakan. Agar mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti pulpen habis tinta atau pensil patah, penting untuk membawa peralatan tersebut lebih dari satu.

Perlu diketahui, ketika mengikuti tes ini, kamu tidak diperkenankan membawa alat penghapus seperti tipe-ex atau penghapus. Karena alat tersebut akan membuat kertas menjadi tidak enak dipandang. Sebaiknya kamu menjaga kertas agar dalam keadaan bersih  dan tidak kotor.

Maka dari itu, sebaiknya kamu harus bisa meminimalisir kesalahan dengan terlalu sering menggunakan penghapus. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki kepribadian yang lemah dalam segi perencanaan dan tidak bisa mengorganisir pekerjaan dengan rapi. Jika kamu melamar pekerjaan yang menuntut perencanaan, maka bisa jadi kamu bisa gugur dalam tes Wartegg.

6. Hindari Menghafal Jawaban yang Sudah Kamu Buat Sebelumnya

Jika kamu sudah berlatih, sebaiknya, jangan sampai menghafalkan gambar apa saja yang sudah kamu buat. Cara lulus test Wartegg yang paling ampuh adalah kamu harus memahami tujuan dan maksud dari gambar di dalam tes. Bisa saja pada saat penguji memberikan syarat dan instruksi berbeda yang sesuai dengan perusahaan yang kamu lamar.

Kamu bisa menggambar dengan bentuk yang tidak biasa pada tes ini. Karena secara keseluruhan akan menguntungkan kamu agar bisa lulus tes Wartegg. Biasanya gambar yang tidak biasa akan dinilai penguji dengan kepribadian yang memiliki tingkat kecerdasan baik dan memiliki pengetahuan yang luas.

Namun perlu diingat, menggambar sesuatu yang tidak biasa atau anti mainstream memerlukan kejelian dan imajinasi yang tinggi. Sehingga sangat wajar jika penguji akan memberikan nilai plus pada tes. Karena hal tersebut berkaitan dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki seseorang.

7. Mengerjakan Soal Tes Wartegg dengan Yakin dan Tenang

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan tes adalah ketenangan dan keyakinan yang dimiliki seseorang. Terkadang, ketika kamu sudah berlatih dan sudah terencana dengan baik untuk mengerjakan soal, pada hari tes masih mengalami kecemasan berlebih. Hal tersebut bisa memengaruhi pengerjaan soal yang tidak maksimal.

Tetapi, jika kamu bisa mengatur perasaan cemas dan emosi dengan baik, maka pengerjaan soal yang tidak maksimal bisa dihindari. Cara lulus test Wartegg yang utama adalah mengerjakan tes Wartegg dengan yakin bahwa kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu dan benar. Selain itu, gambar dinilai bukan karena bagus atau tidaknya, tetapi ketepatan dalam menggambarnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar lulus mengerjakan tes wartegg. Sebelum hari H, ada baiknya jika kamu melatih dulu kemampuan menggambar. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari referensi dari internet atau buku yang berhubungan dengan psikologi. Maka dari itu jangan lupa berlatih, dan bersikap tenang saat mengerjakannya.

Baca juga: Jawaban Psikotes Gambar Orang, Pohon dan Rumah [Cara Lengkap Lulus]

Tips untuk memaksimalkan poin anda dalam Tes Wartegg

  1. Ikutilah instruksi yang diberikan. Tidak mengikuti instruksi menunjukkan anda adalah orang yang tidak mampu mengikuti aturan yang berlaku di lingkungan kerja.
  2. Ingat! Cara anda menggambar juga dinilai oleh penguji. Oleh karena itu jangan ragu-ragu dalam menggambar, karena hal ini menandakan anda adalah orang yang peragu dan tidak bisa mengambil keputusan dengan baik.
  3. Jangan terlalu sering menghapus gambar. Ini menandakan anda tidak bisa membuat perencanaan matang sebelum bertindak.
  4. Usahakan lembar anda tetap bersih dan rapi. Tidak terlipat-lipat kertasnya. Tidak kotor dan tidak lecek. Lembar yang kotor dan lecek menandakan anda orang yang ceroboh dan kurang berhati-hati dalam beraktifitas.
  5. Buatlah garis yang lembut untuk goresan obyek yang memang membutuhkan garis lembut. Jika anda menggores garis yang kuat dan tegas untuk obyek tersebut, menandakan anda orang yang keras kepala dan susah menerima masukan orang lain.
  6. Buatlah garis yang tegas untuk goresan obyek yang memang membutuhkan garis tegas. Jika anda menggaris terlalu tipis untuk obyek tersebut, menandakan anda orang yang kurang percaya diri dalam bertindak atau dalam mengambil keputusan.
  7. Tes Wartegg terdiri dari 8 kotak yang diantaranya berupa garis lengkung dan garis lurus. Kreatiflah dalam menggambar dan jangan monoton.
  8. Hasil gambar anda juga menunjukkan tingkat kecerdasan otak anda. Jika anda menggambar obyek yang sifatnya umum, maka ini menandakan kecerdasan anda berada pada level rata-rata. Namun jika anda mampu menggambar obyek yang “wow” (tidak terpikirkan oleh banyak orang), ini menandakan bahwa kecerdasan anda diatas rata-rata banyak orang.
  9. Buatlah obyek secara proporsional. Jangan terlalu “biasa” dan jangan terlalu “imajinatif”. Gambar obyek yang terlalu “biasa” menunjukkan anda adalah orang yang kurang kreatif dan kurang punya visi kedepan. Terlalu imajinatif menunjukkan anda adalah orang yang kurang realistis dan kurang bisa melihat kenyataan.
  10. Jangan mengulang-ulang garis. Karena orang yang suka mengulang-ulang garis menunjukkan pribadi yang memiliki kecemasan berlebihan.

Contoh 1

Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

Contoh 2

Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

Contoh 3

Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!