Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja? Sering kali kamu merasa jenuh dan tidak bersemangat saat bekerja, sehingga berdampak pada menurunnya kinerja. Dalam kondisi seperti ini, terkadang kamu gegabah berpikir ingin mengundurkan diri.

Padahal perjuangannmu untuk mencapai titik sekarang bukan suatu hal yang mudah. Cobalah untuk napak tilas masa-masa lelahmu dan terapkan cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja berikut ini.

Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

1. Ingat Perjuangan Saat Mencari Kerja

Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

Setelah lulus dari masa studi tujuan kamu pasti mencari pekerjaan, entah untuk memenuhi kebutuhan atau mencari pengalaman baru. Sayangnya bukan hanya kamu yang sibuk mendaftarkan diri di berbagai perusahaan.

Mungkin ada puluhan bahkan ratusan calon pelamar kerja yang melakukan hal serupa, sehingga butuh perjuangan untuk mendapat pekerjaan idaman.

Kadang kamu perlu menunggu hingga beberapa tahun, sampai mendapat kabar bahagia dari perusahaan pilihan. Maka ketika kesempatan itu datang, kamu diberikan ruang untuk meraih beragam impian.

Salah satunya menapaki puncak karir hingga mencapai jabatan tertentu. Tentu saja perjuanganmu tidak mudah, ada lelah dan keringat yang kamu curahkan.

Maka dari itu, ketika kamu merasa tertekan dengan tuntutan pekerjaan, cobalah diingat kembali bagaimana sulitnya dahulu. Buat hal tersebut sebagai bahan renungan supaya kamu tersadar kembali.

Masih banyak diluar sana para calon pelamar kerja yang belum mendapatkan kesempatan. Fakta tersebut bisa kamu jadikan sebagai penyemangat saat sedang loyo bekerja.

2. Tulis Hal-Hal yang Ingin Diwujudkan

Cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja ialah menuliskan semua target yang ingin kamu wujudkan. Ketika sedang melamar pekerjaan di beberapa tempat, tentunya kamu mempunyai beberapa impian.

Misalnya dengan gaji pertama kamu ingin makan di restoran bersama keluarga. Kamu bisa menulis beberapa target yang ingin dicapai dalam waktu tertentu.

Kamu dapat menulis daftar impianmu di media tertentu, seperti lembaran kertas dan note di smartphone. Letakkan tulisanmu di tempat yang terlihat, sehingga kamu akan mengingat apa saja yang perlu dicapai.

Anggap saja sebagai penyemangat kecil ketika kamu mulai jenuh dengan pekerjaan. Kamu akan selalu ingat bahwa ada tujuan yang siap untuk disambut.

Sebagai motivasi kamu bisa menulis hal-hal yang menyenangkan, misal pergi berlibur ke Pulau Dewata. Dari catatan kecil tersebut kamu akan punya target untuk menggapainya.

Alhasil setiap hari dirimu akan terus terpacu dan bersemangat saat bekerja. Ada perasaan dimana kamu bertekad bahwa harus susah payah dulu untuk mencapai kebahagiaan.

3. Berhenti Merasa Kurang dan Tidak Percaya Diri

Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

Cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja selanjutnya adalah percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki. Dalam dunia kerja, acap kali kamu akan merasa tidak sebanding dengan beberapa rekan kerja.

Ada yang mampu memenuhi target tertentu, atau mendapatkan pujian dari senior dan atasan atas kinerjanya.

Bagi kamu yang sedang patah semangat, hal-hal tersebut memang terkadang cukup mengganggu. Kamu akan mulai membandingkan dengan dirimu sendiri, serta merasa apa yang kamu lakukan tidak menghasilkan apapun.

Sehingga semangat bekerja mulai menurun, ditambah sering melakukan kesalahan yang memperburuk keadaan.

Ketika mengalami masalah seperti ini, yang kamu lakukan adalah diam sejenak sambil reka ulang kejadian. Cobalah koreksi diri sendiri dimana saja letak kesalahan, dan temukan solusinya secara mandiri.

Hanya kamu yang bisa mengeluarkan diri dari beragam problem di kepala. Tidak usah membandingkan, percaya bahwa kamu juga mempunyai kemampuan dan kesempatan yang sama.

4. Lawan Rasa Takut dan Ragu

Hilangkan rasa ragu dan takut merupakan cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja. Cobalah untuk menumbuhkan hal-hal positif, supaya langkahmu menjadi lebih ringan.

Kamu harus yakin bahwa kemampuanmu berada di level yang sama. Tanamkan dalam pikiran jika keberhasilan menjadi milik semua orang. Pada intinya setiap orang berhak merasakan kesempatan yang setara.

Maka dari itu, tumbuhkan rasa percaya diri dan kondisikan mood selama bekerja. Lepas segala beban serta fokus dengan apa yang kamu kerjakan.

Ketika mendapat masalah jangan terburu kesal, coba diperiksa bagian mana yang perlu diperbaiki. Uraikan apa yang menjadi problem dalam pekerjaanmu, jangan malu bertanya bila ada yang tidak kamu pahami.

5. Bayangkan Rasa Bahagia Jika Mimpi Tercapai

Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

Setiap orang berhak mempunyai mimpi dalam hidupnya, termasuk kamu. Pastinya kamu akan merasa bahagia bila ada mimpi yang terwujud.

Begitupun saat kamu mendapat pekerja, tentu kamu sudah merangkai banyak target yang ingin dicapai. Namun kadang kala di tengah jalan ada saja masalah yang datang, sehinggan enggan untuk menggali lagi target yang ingin dicapai.

Jika dalam kondisi kurang motivasi seperti ini, tidak ada salahnya kamu memvisualkan target-targetmu. Membayangkan bagaimana jika impianmu menjadi kenyataan, tentunya membuat kamu merasa bahagia.

Cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja seperti ini, akan membuat anda terpacu. Ada bayangan momen suka cita apabila target anda terpenuhi dengan baik.

6. Segarkan Pikiran dengan Jalan-Jalan

Ketika pikiran sedang penuh maka cara satu-satunya ialah menyegarkan pikiran. Kamu berhak rehat sejenak saat berada di titik jenuh. Hal tersebut wajar terjadi apalagi jika pekerjaanmu punya banyak tuntutan.

Rasa bosan yang menghampiri terkadang membuatmu kehilangan motivasi bekerja. Maka dari itu, kamu butuh ruang untuk refresh pikiran kembali.

Sebelum hal-hal negatif muncul, seperti rasa menyesal bekerja di perusahaan tertentu, maka cepat ambil jeda sebentar. Kamu bisa memanfaatkan waktu weekend untuk berlibur ke tempat wisata.

Jika tidak sempat bepergian, waktu pulang kerja bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan. Cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja ini terlihat sederhana, tetapi cukup ampuh.

Menjelang waktu pulang kerja coba pikirkan tempat yang ingin kamu tuju. Tidak perlu banyak tempat, cukup satu lokasi yang sekiranya tepat untuk menghibur diri. Misalnya pergi ke taman untuk menghirup udara segar di sore hari.

Selain itu, bisa juga mampir ke tempat makan favorit untuk memuaskan diri. Kegiatan apapun yang penting dapat menjernihkan pikiranmu.

Baca juga: Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan

7. Baca Buku dan Tonton Film Inspiratif

Salah satu cara untuk menjadi orang sukses ialah mencari tahu apa yang membuat seseorang itu berhasil. Kamu bisa memulainya dengan membaca buku inspiratif, entah biografi tokoh atau novel yang menginspirasi.

Lewat buku tersebut kamu akan menemuka kiat-kiat yang dapat dicontoh. Kemudian menerapkannya ketika mengalami krisis motivasi diri.

Jika membaca buku terasa membosankan, kamu bisa beralih untuk menonton film. Carilah film yang sekiranya bisa membangkitkan semagat dan memotivasi.

Si tokoh akan menunjukkan bagaimana cara berjuang, serta apa yang dikorbankan agar bisa sukses. Sebab tidak ada suatu keberhasilan tanpa kesulitan ketika berjalan dalam menggapai impian.

Rasa jenuh kerap menghampiri ketika dihadapkan pada berbagai tuntutan kerja. Kamu yang biasanya dulu bisa bersantai, kini ada rutinitas yang monoton setiap harinya.

Wajar apabila kamu berada di titik jenuh dan kehilangan motivasi bekerja. Maka dari itu, segera bangkit dan mulai melakukan hal-hal positif untuk mengalihkan rasa bosan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!