Pendaftaran PPPK 2021: Syarat dan Alur Pendaftarannya

Pendaftaran PPPK 2021: Syarat dan Alur Pendaftarannya | Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 mengenai Manajemen PPPK. Dimana PPPK 2021 ini diperuntukan untuk guru honorer baik yang sedang aktif mengajar maupun tidak aktif mengajar namun masih terdata di Dapodik.

Pembukaan PPPK 2021 ini akan dilakukan pada bulan April atau Mei 2021. Simak penjelasan pendaftaran PPPK 2021: syarat dan alur pendaftarannya di bawah ini.

A. Syarat Pendaftaran PPPK 2021

1. Guru Honorer

Pendaftaran PPPK 2021: Syarat dan Alur Pendaftarannya

Syarat pertama untuk mendaftarkan diri di PPPK 2021 adalah berprofesi sebagai guru honorer termasuk guru – guru eks – Tenaga Honorer Kategori (THK) golongan ke 2, non PNS yang sudah disertifikasi, Guru non PNS yang belum disertifikasi dan juga lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar. Kriteria tersebut telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk tahun 2021 akan dijamin semua guru honorer dapat mengikuti seleksi PPPK 2021 dan akan diberikan beberapa kesempatan. Informasi tersebut berasal dari Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, ada harapan untuk pemerintah daerah melakukan formasi sebanyak – banyaknya karena kuota lulus seleksi dijamin oleh pemerintah pusat.

Pada target kuota 2021 ini akan mencapai 1 juta guru. Oleh sebab itu, untuk dapat mencapai tujuan tersebut pemerintah pusat mengundang pemerintah dari daerah untuk memperbincangkan formasi sebanyak mungkin.

Sedangkan untuk kuota PPPK diluar profesi guru mencapai formasi sebesar 189.000 dengan 70.000 PPK fungsional dan 119.000 CPNS untuk jabatan teknis termasuk kesehatan.

2. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Tak hanya itu, identitas seperti guru honorer yang non PNS belum disertifikasi harus telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) pada akhir Desember tahun 2019. Sehingga lulusan dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini sedang tidak mengajar namun sudah terdaftar di Dapodik bisa mengikuti seleksi PPPK 2021 ini.

3. Batas Usia

Persyaratan yang selanjutnya meliputi batas usia untuk para pendaftar. Batas usia dari guru yang mendaftar PPPK 2021 ini maksimum pada usia 59 tahun dihitung dari tanggal 1 April.

Sehingga bagi anda yang masih pada batas usia tersebut, maka anda masih memasuki kategori pendaftar yang lolos atau memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi PPPK 2021 ini.

4. Pendidikan Terakhir

Pendaftaran PPPK 2021: syarat dan alur pendaftarannya juga dipengearuhi oleh pendidikan terakhir dari peserta. Pendidikan terakhir guru yang mendaftar PPPK 2021 ini meliputi Strata 1 (Sarjana 1) atau Diploma IV (D4) dengan program studi yang cukup relevan dengan mata pelajatan yang diajarkan di dalam kurikulum.

5. Menandatangani Surat Pernyataan

Syarat yang selanjutnya adalah bersedia menandatangani Surat Pernyataan kesediaan diri untuk ditempatkan di Sekolah Negeri Kabupaten, Sekolah Negeri Kota, Sekolah Negeri Provinsi sesuai dengan penempatan tempat mengajar.

Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan guru pada tiap lokasi pada tahun 2021 ini. Dengan proses ini diharapkan peserta yang terseleksi dapat bertanggung jawab.

6. Aktif Mengajar

Untuk persyaratan yang terakhir adalah aktif mengajar hingga pendaftaran PPPK dibuka. Hal ini dapat dibuktikan dengan surat tugas dari Kepala Sekolah atau Kepala Dinas.

Umumnya, surat yang tercantum di informasi terdiri dari NUPTK/NIK, Nama, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah, mata pelajaran dan tempat mengajar kabupaten/kota/provinsi.

Baca juga: Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

B. Alur Pendaftaran PPPK 2021

1. Registrasi Akun di Laman sscasn.bkn.go.id

Alur untuk dapat melakukan pendaftaran PPPK 2021 ini adalah dengan memasuki laman sscasn.bkn.go.id. Setelah anda membuka halaman utama dari website ini anda akan langsung dihadapkan dengan slide bergulir.

Pada slide tersebut anda akan diberikan menu pilihan untuk pendaftaran ke CPNS, Sekolah Kedinasan dan juga PPPK. Maka pilihlah menu PPPK.

Setelah menekan Daftar Sekarang pada menu PPPK maka slide akan langsung berubah menuju beberapa pengisian data yang diperlukan.

Sehingga anda memang perlu untuk mengunjungi laman sscasn.bkn.go.id sebagai website resmi dari pendaftaraan PPPK 2021. Pada kolom tersebut anda akan ditujukan untuk membuat daftar akun dan ikuti prosedur selanjutnya.

2. Mengisi Data Pada Menu PPPK

Setelah anda memilih menu PPPK pada laman sscasn.bkn.go.id anda akan langsung diminta untuk mengisi data diri. Hal pertama yang perlu diisi adalah Nomor Peserta Ujian K-II, kemudian tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga. Setelah itu anda juga akan diminta untuk mengisi alamat aktif dari email, password dan pertanyaan keamanan.

Setelah anda mengisi data tersebut, akan ada kolom untuk menginput pas foto formal dengan ukuran minimal sebesar 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format fotonya .JPG atau .JPEG.

Usai memilih pas foto formal milik anda dan berhasil memasukkannya anda akan langsung diminta untuk mencetak Kartu Informasi Akun setelah anda lakukan pengecekan kembali isi data yang terisi.

3. Mencetak Kartu Informasi Akun

Dengan pengecekan data ini akan lebih meminimalisir terjadinya kesalahan mengisi data. Setelah sudah yakin baru anda bisa melakukan pencetakannya. Setelah proses tersebut anda bisa melakukan login di laman SSP3K dengan NIK dan kata sandi yang telah terdaftar sebelumnya. Kemudian lakukan pengisian data yang diperlukan.

4. Memilih Jabatan

Salah satunya adalah foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Pastikan bahwa foto anda ini tidak blur dan informasi KTP dapat terlihat dengan jelas.

Usai menginput foto tersebut anda bisa memilih jabatan dan melengkapi riwayat pendidikan terakhir anda. Pastikan bahwa riwayat pendidikan anda sudah memasuki syarat yang sudah ada.

5. Mengisi Biodata dan Mengunggah Dokumen

Proses selanjutnya adalah mengisi biodata yang lebih lengkap mengenai data diri anda dan juga mengunggah beberapa dokumen yang diperlukan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pastikan apabila dokumen anda sudah lengkap dan benar, sehingga dapat memaksimalkan data anda lolos dalam seleksi PPPK 2021.

Tidak hanya itu, akan lebih baik apabila anda melakukan pengecekan berulang kali untuk isi data pada biodata dan dokumen yang terunggah.

Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada penulisan atau mungkin saja salah memasukkan tempat dokumen pada menu yang disediakan. Hal ini cukup penting karena biasanya orang kurang teliti mengenai isi data diri pribadi.

6. Informasi Lolos Seleksi Administrasi

Setelah semua terisi, maka anda akan dapat melakukan pencetakan Kartu Pendaftaran. Anda perlu menunggu tim verifikator untuk memeriksa berkas yang telah anda kirimkan kepada tim seleksi.

Dimana pelamar yang lolos seleksi administrasi akan memperoleh kartu ujian sebagai syarat mengikuti proses selanjutnya. Panitia dari seleksi PPPK di setiap instansi akan mengumumkan kelulusan para pelamar.

Itulah beberapa syarat dan juga alur pendaftaran untuk PPPK 2021, yang dimana pendaftaran akan dilakukan pada bulan April atau Mei.

Maka apabila anda berminat untuk mendaftarkan diri, pastikan bahwa berkas dan dokumen sesuai dengan syarat sudah dipersiapkan jauh – jauh hari. Dengan begitu anda bisa melewati dan mengoptimalkan peluang lolosnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!