Passing Grade SKD CPNS 2021/2022 Berdasarkan Permenpan RB Terbaru

Passing Grade SKD CPNS 2021/2022 Berdasarkan Permenpan RB Terbaru? Dikabarkan di tahun 2021, terdapat sebanyak 1,3 juta lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil. Persaingan dalam memperebutkan posisi PNS juga tidaklah mudah.

Terdapat dua jenis tes yang harus dilalui yaitu SKD dan SKB. Tahukah kamu berapa Passing Grade SKD CPNS 2021/2022? Yuk Simak selengkapnya sebagai berikut.

A. Mengenal Passing Grade

Passing Grade SKD CPNS 2021/2022 Berdasarkan Permenpan RB Terbaru

Tes SKD merupakan salah satu tahap awal jika seseorang ingin mengikuti seleksi CPNS. Pemerintah telah menetapkan nilai atau batas ambang minimal tes SKD sehingga bagi calon ASN yang tidak dapat melewati ambang tersebut saat tes CAT dipastikan tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Hingga saat ini permenpan RB no. 24 tahun 2019 masih menjadi aturan terbaru terkait dengan passing grade SKD. Dalam permenpan tersebut mengatur berapa nilai ambang yang harus calon ASN.

Didalamnya juga terdapat 3 pasal pengecualian untuk kebutuhan formasi khusus yaitu putra/putri lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, dan putra/putri papua dan papua barat.

Dengan adanya nilai ambang ini, semua calon ASN akan dinilai apakah dia memenuhi kualifikasi dasar seorang PNS atau tidak. Nilai ambang tersebut harus terpenuhi pada semua jenis test seperti TIU, TKP, dan TWK.

Jika  salah satu tes tersebut tidak memenuhi batas ambang maka peserta tersebut akan gugur walaupun score lainnya sangat tinggi.

B. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Umum

Saat kamu hendak mendaftar sebagai seorang CPNS, kamu nantinya akan dites dengan mengerjakan soal yang beragam. Salah satu tipe soal yang muncul adalah tes kepribadian atau yang lebih dikenal dengan tes TKP. Tes TKP dilakukan untuk mengetahui seberapa ideal kamu untuk menjadi seorang ASN.

ASN yang baik adalah ASN yang dapat menempatkan diri di berbagai kondisi yang mungkin terjadi dengan tetap mengedepankan nilai nilai atau prosedur serta integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, serta masih banyak lagi. Oleh karena itu saat mengerjakan soal TKP, kamu harus tahu apa saja sikap dasar yang harus dimiliki seorang ASN.

Lantas bagaimana dengan nilai SKD yang harus diperoleh? Batas nilai minimal atau nilai ambang dari TKP adalah 126. Score ini berdasarkan nilai permenpan RB no. 24 tahun 2019.

Hingga saat ini pedoman inilah yang bisa kita gunakan karena untuk CPNS 2021 belum ada permenpan yang baru. Jika suatu saat muncul permenpan baru maka kamu bisa ikuti aturan tersebut.

Lantas bagaimana cara skoring dalam tes SKD? Dalam menjawab soal SKD kamu diharuskan untuk mengisi semua pertanyaan yang kamu. Salam proses scoring untuk TKP, setiap pilihan jawaban yang ada memiliki poin yang berbeda.

Kamu diminta untuk memilih jawaban dengan poin yang kemungkinan tertinggi dibandingkan dengan pilihan yang lain.

Untuk materi TKP, terdapat score 1 sampai 5 di masing masing jawaban yang telah disediakan. Jawaban yang paling ideal memiliki score tertinggi yaitu 5 poin sedangkan pilihan dengan core terendah akan bernilai satu. Melihat peluang tersebut, kamu diharuskan untuk mengisi setiap pertanyaan yang ada. Jika kamu mengosongkannya, kamu tidak akan diberi nilai atau nol.

C. Passing Grade Tes Intelegensi Umum (TIU) Umum

Passing Grade SKD CPNS 2021/2022 Berdasarkan Permenpan RB Terbaru

Tak hanya TKP, rangkaian soal berikutnya yang harus kamu kerjakan saat tes SKD adalah tes intelegensi umum. Test yang satu ini merupakan tes yang berisi soal soal untuk mengetahui system pemikiran kamu. Kamu bakalan diminta untuk menjawab soal tentang penalaran verbal, numerik, logika, dan analitis.

Untuk menjawab soal soal semacam ini, kamu harus banyak berlatih. Dalam soal kemampuan verbal kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan terkait dengan sinonim, antonim, analogi, dan kelompok kata.

Sedangkan untuk soal numeric, kamu akan diminta untuk menghitung soal terkait dengan aljabar, aritmatika, serta baris dan deret.

Lantas bagaimana dengan logika dan analitis? Untuk soal logika, kamu akan diminta untuk mengerjakan soal dengan pemikiran yang runtut dan sistematik.

Sedangkan untuk kemampuan analitis, kamu akan diminta untuk mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Semua tes yang telah disebutkan harus kamu kerjakan semaksimal mungkin agar mencapai batas ambang.

Lantas berapakah passing grade SKD CPNS 2021/2022 berdasarkan permenpan RB terbaru untuk TIU? Untuk saat ini masih mengacu pada permenpan RB no. 24 tahun 2019 yaitu 80.

Jika kamu melewati nilai passing grade tersebut, kamu dapat lolos ke tahap selanjutnya dalam proses seleksi CPNS. Namun perhatikan skor minimal TIU untuk jalurmu ya, karena jalur lain berbeda.

Bagaimana dengan sistem perhitungan skor nya? Untuk soal TIU proses scoringnya berbeda dengan TKP. Untuk jawaban benar, soal TIU bernilai 5 point dan jawaban salah bernilai nol point.

Sangat dianjurkan untuk peserta tes mengisi setiap soal yang ada walaupun tidak tahu jawabannya. Jika kamu mengosongi soal tersebut skor nya juga nol sehingga lebih baik mencoba.

Sistem penilaian inilah yang harus kamu tahu agar bisa memaksimalkan strategi agar lolos seleksi SKD. Masih terdapat beberapa orang yang kurang paham sehingga mereka kira menjawab salah akan diberi nilai minus seperti SBMPTN atau seleksi masuk perguruan tinggi, padahal hal tersebut tidaklah benar. Coba saja jawab siapa tahu jawabanmu benar.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

D. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Umum

Rangkaian soal selanjutnya yang harus kamu jawab adalah berkaitan dengan pengetahuan atau wawasan kebangsaan atau TWK. Soal soal ini berkaitan dengan sejarah Indonesia, UUD, dan Pancasila. Sebagai seorang ASN, pengetahuan ini sangat dibutuhkan karena nantinya jika lolos, kamu akan menjadi abdi negara yang bekerja sesuai dengan peraturan yang ada di Indonesia.

Sebenarnya berapa passing grade SKD CPNS 2021/2022 berdasarkan permenpan RB terbaru? Untuk saat ini score passing grade masih mengacu pada permenpan RB no. 24 tahun 2019. Untuk TWK skornya adalah 65. Untuk cara skoringnya sama seperti TIU. Jawaban benar bernilai 5 poin sedangkan untuk jawaban salah adalah nol.

Melihat cara skoringnya sama seperti TIU, maka strategi yang bisa kamu lakukan juga sama. Selalu isi setiap soal dengan jawaban yang ada walaupun kamu tidak tahu jawabannya. Dengan mengisi soal tersebut, harapannya pilihan yang kamu isi adalah jawaban yang benar sehingga kamu akan mendapat score.

Jika kamu mengosongi atau tidak menjawab soal yang tidak kamu tahu jawabannya, kamu akan rugi karena telah membuang kesempatan mendapatkan score walaupun dengan jawaban ngawur.

Lumayan kan kalau misalnya jawaban itu benar? Kamu bisa dapat poin tambah sehingga harapannya bisa memenuhi nilai ambang minimal atau passing grade TWK.

Demikianlah penjelasan mengenai skor minimal yang harus peserta CPNS penuhi agar lolos dalam tes SKD. Ketiga komponen test yaitu TKP, TWK, dan TIU harus memenuhi ambang batas skor minimal agar kamu dapat masuk ke tahap selanjutnya dalam proses seleksi CPNS. Tetap semangat dan coba terus berlatih agar saat tes SKD dilaksanakan kamu bisa dapat score maksimal.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!