Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing | Saat ini memang tidaklah mudah  untuk mencari pekerjaan. Meskipun begitu, salah satu lowongan yang kerap muncul selalu berhubungan dengan bagian marketing. Salah satu contohnya adalah posisi marketing digital.

Lantas tahukah kamu bagaimana pekerjaan, gaji, fungsi, dan tugas digital marketing? Yuk simak selengkapnya disini.

A. Deskripsi Posisi Digital Marketing

Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

Staff yang bekerja di bagian digital marketing adalah mereka yang mengatur bagian pemasaran menggunakan platform digital. Staff ini pula yang bertanggung jawab untuk branding produk yang dibuat oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Saat membangun branding seorang digital marketer harus bisa menjalin komunikasi dengan konsumen melalui perangkat online.

Media sosial menjadi salah satu bagian yang memegang peran penting dalam posisi seorang digital marketer. Tugasnya adalah harus bisa membangun brand awareness di tengah masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Entah melalui instagram, facebook, bahkan email yang penting produk yang dipasarkan semakin dikenal di khalayak luas.

Seorang digital marketer juga diharuskan memiliki beberapa teknik tertentu dalam melakukan tugasnya. Beberapa ilmu yang harus dipahaminya berkaitan dengan search engine optimization (SEO), content marketing, social media ads, dan masih banyak lagi. Melalui pengetahuan inilah pekerjaan staff tersebut dapat berjalan dengan lancar.

B. Gaji Posisi Digital Marketing

Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

Pertanyaan terkait dengan gaji menjadi salah satu hal yang kerap membuat penasaran para pencari kerja. Satu hal yang harus kamu pahami bahwa masalah gaji semuanya dipengaruhi oleh banyak faktor.

Semakin besar tempat kamu bekerja maka gaji yang diterima juga akan semakin tinggi. Selain itu faktor lokasi perusahaan juga memegang peranan penting.

UMR di wilayah Jakarta tentunya berbeda dengan Blitar. Begitu pula dengan wilayah lainnya. Hal tersebut membawa pengaruh besar pada kisaran gaji yang diterima oleh pekerja di wilayah tersebut.

Sangat disayangkan apabila kamu mengharapkan gaji besar namun tidak memilih lokasi perusahaan yang tepat.

Apabila kamu lihat di google, hasil teratas pencarian tentang gaji seorang digital marketer di Indonesia berada di kisaran 4,6 juta rupiah. Meskipun begitu, ingatlah bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya.

Karena itu, ada baiknya masalah gaji kamu tanyakan sendiri saat proses interview kepada bagian HRD perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca juga: Peran dan Tugas Customer Service

C. Fungsi dan Tugas Digital Marketing

1. Bertanggung Jawab Pada Branding

Seorang digital marketer harus tahu bagaimana cara  meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait dengan produk yang dipasarkan oleh perusahaan.

Tentu semua strateginya dilakukan secara digital. Tidak heran apabila seorang digital marketer harus menguasai berbagai platform dan aset digital milik perusahaan.

Memang tidak dapat dipungkiri apabila saat ini teknologi informasi sangatlah berkembang. Tidak heran bahwa kebutuhan posisi digital marketing mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang signifikan.

Hal ini merupakan imbas dari kebiasan masyarakat yang lebih suka melihat media social. Tidak heran apabila pemberian selebaran sudah tidak banyak dilakukan.

2. Menyusun Perencanaan Promosi

Sebagai divisi yang menjalankan kepentingan marketing sudah tidak perlu dipertanyakan bahwa dirinya harus melakukan kegiatan yang disebut dengan promosi.

Langkah ini harus dilakukan melalui banyak pertimbangan. Promosi digital juga harus sesuai dengan sasaran agar dapat menjangkau target pasar yang dimaksud.

Belum lagi masalah konten adalah hal yang harus dipikirkan dengan baik. Akan sangat disayangkan apabila sebuah promosi tidak memiliki konten yang jelas.

Takutnya hal tersebut malah akan membuat kepercayaan masyarakat menjadi turun sehingga produk yang dijual tidak lagi memiliki banyak peminat.

3. Membuat Konsep Campaign

Konsep menjadi landasan awal sebelum terbentuknya sebuah ide. Hal inilah yang akan ikut membantu seorang digital marketer menentukan strategi yang cocok untuk memasarkan sebuah produk.

Tentu campaign yang dilakukan harus berkaitan dengan keunggulan atau gerakan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Setelah konsep telah dipertimbangkan dengan matang, barulah konten terkait dengan campaign dapat dibuat. Konten yang akan dibagikan melalui media social haruslah menarik sehingga mampu memikat calon konsumen.

Gunakan pula platform yang sesuai dengan target yang diinginkan. Apabila targetnya adalah anak muda maka bisa gunakan instagram atau tik tok.

4. Membuat Rancangan Distribusi Content

Setelah rancangan telah dibuat dengan matang, sudah menjadi tugas seorang digital marketer untuk mendistribusikan konten tersebut melalui platform yang cocok.

Pendistribusian ini tidak bisa sembarangan karena harus penuh dengan pertimbangan. Jangan sampai konten campaign yang telah dibuat tidak mendapatkan awareness branding di tengah masyarakat.

Biasanya sebelum tahapan pendistribusian content melalui media sosial, akan terdapat pengecekan ulang terkait dengan hasil editing konten.

Hal ini biasanya dilakukan oleh manajer divisi tersebut. Setelah dinyatakan layak, barulah secara resmi konten di release melalui platform online milik perusahaan.

5. Memelihara Engagement Pelanggan

Peningkatan kemajuan sebuah perusahaan tergantung dari bagaimana mereka mampu membangun kepercayaan di tengah masyarakat.

Dengan begitu, banyak orang yang akan tertarik menggunakan jasa atau barang yang dipasarkan. Lantas siapa yang menjalankan fungsi tersebut? Salah satunya adalah seorang digital marketer.

Sebagai staff yang menjalankan platform resmi perusahaan, merekalah yang akan berinteraksi secara langsung dengan konsumen melalui media tersebut.

Saat ini di media sosial terdapat kolom komentar atau reply sehingga seorang digital marketer dapat mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terkait dengan konten campaign yang dibuat oleh perusahaan.

6. Meningkatkan Laman Perusahaan Dalam Search Engine

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik digital marketing yang harus dimanfaatkan oleh seorang digital marketer.

Teknik ini menggunakan hasil pencarian search engine untuk melancarkan strategi pemasaran. Dengan begitu, produk yang ditawarkan akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Bagi kamu yang belum tahu, secara singkat sebenarnya SEO ini menggunakan proses sistematis untuk meningkatkan traffic di mesin pencarian.

Tujuan utamanya adalah untuk menempatkan sebuah website di urutan teratas saat mencari dengan menggunakan keyword tertentu. Seorang digital marketer yang handal harus mengerti teknik ini untuk menunjang pemasaran.

7. Memelihara Aset Digital Perusahaan

Sudah menjadi tanggung jawab digital marketer untuk dapat mengelola beragam platform online perusahaan dengan baik. Sebenarnya hal inilah yang menjadi salah satu goals saat pembuatan konten.

Apabila akun media sosial perusahaan tidak terawat dengan baik maka masyarakat juga akan melupakan kehadiran produk yang dipasarkan.

Rajin update menjadi salah satu cara ampuh untuk tetap mempertahankan awareness masyarakat. Dengan begitu, perusahaan tempatmu bekerja akan tetap dikenal.

Meskipun konten yang dibagikan hanyalah konten ringan, hal tersebut menjadi ide yang patut untuk dilakukan. Setidaknya akun media social tidak off dalam jangka waktu yang lama.

Informasi terkait pekerjaan, gaji, fungsi, dan tugas digital marketing memang sudah sepatutnya dipahami oleh calon pegawai yang mengisi posisi tersebut.

Apabila digital marketer tidak memahaminya dengan detail, ditakutkan berbagai tugas tidak berjalan dengan lancar. Bahkan berbagai aset digital perusahaan bisa menjadi terbengkalai dan menghambat penjualan jasa atau produk.

Melihat kompleksnya tugas seorang digital marketer, sangat penting bagi kamu untuk melihat kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Posisi ini memerlukan orang yang kreatif dan tanggap serta dapat melihat peluang dengan baik. Tanpa kreativitas yang tinggi, berbagai konten tidak dapat dibuat secara optimal dan merusak dinamika pekerjaan.

Sekian artikel yang berjudul Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing. Semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!