Pekerjaan, Gaji dan Tugas Front End Developer

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Front End Developer? Ketika mendengar kata front end developer pasti yang terbesit di pikiran kamu adalah pekerjaan yang berkaitan teknologi.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Front End Developer

Ya kamu benar, pekerjaan ini memang berkecimpung pada dunia teknologi, tepatnya berkutat dengan internet. Ingin tahu lebih dalam mengenai pekerjaan ini? Yuk simak lebih dalam mengenai pekerjaan dari front end developer di sini.

A. Apa Yang Dimaksud Front End Developer?

Sebagian orang mungkin masih belum mengenal betul dengan profesi yang satu ini. Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam lagi, baiknya ketahui lebih dulu apa itu Front End Developer.

Front end developer merupakan profesi yang dimana kerjanya menjadi pengembang untuk suatu website, maupun mobile yang menggunakan bahasa pemrograman.

Dengan begitu seorang front end developer akan menghasilkan sebuah tampilan atau interface yang dapat dilihat oleh pengguna atau user.

Pekerjaan ini bertugas mengolah sebuah desain murni menjadi tampilan interaktif dalam bentuk mobile ataupun website. Sederhananya, profesi ini berkaitan dengan pembuatan desain atau rancangan awal dari pembuatan website.

Setelah desain murni dibuat, seorang front end developer akan menerjemahkan desain yang telah dirancang tersebut ke dalam bentuk bahasa pemrograman.

Hal tersebut biasa dikenal dengan istilah coding. Kemudian front end developer akan membuat tampilan suatu website tersebut supaya bisa digunakan untuk berinteraksi dengan user.

B. Apakah Tugas Front End Developer?

Tugas serta kewajiban yang dimiliki oleh profesi ini cukuplah banyak dan rumit. Setelah mengetahui sekilas mengenai definisinya.

Maka hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah tugas yang dimiliki oleh  front end developer. Dengan mengetahui tugasnya, kamu akan mendapatkan gambaran sebagai bekal persiapan untuk dapat berkecimpung pada pekerjaan ini.

Bagaimana sebenarnya Pekerjaan, gaji dan tugas seorang front end developer? yang dilakukan oleh pekerjaan ini adalah menentukan struktur dari halaman website.

Umumnya, suatu website harus memiliki desain dan struktur yang baik. Sehingga, pada proses pengembangan website yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir miskomunikasi.

Tugas selanjutnya dari pekerjaan ini yaitu mampu memaksimalkan user experience. Maksudnya adalah website yang dibuat oleh seorang front end developer dapat digunakan dengan baik dan mudah oleh penggunanya.

Selain itu, tugas lain yang harus diperhatikan adalah memastikan keselarasan pada fungsionalitas dan estetika suatu web tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang front end developer memiliki tugas yang berkaitan dengan depan layar atau bertanggung jawab atas tampilan depan layar website.

Sehingga seseorang dengan pekerjaan ini harus sangat teliti dalam mengerjakan tugasnya, supaya web yang dirancang memiliki tampilan yang disukai dan memudahkan pengguna.

C. Kemampuan untuk Menjadi Front End Developer

1. Menguasai Bahasa Pemrograman

Untuk dapat mengemban sebuah tugas yang cukup rumit, pastinya dibutuhkan sebuah syarat dan kualifikasi untuk menjadi seorang front end developer.

Memiliki pengalaman dan kesungguhan juga sangat diperlukan untuk menjadi pekerja yang berkompeten pada bidang ini. Kemampuan pertama adalah harus mengerti tentang bahasa pemrograman.

Bagaimana tidak, pekerjaan ini memang selalu menggunakan bahasa pemrograman dalam mengembangkan website yang sedang dikerjakan.

Contoh bahasa pemrograman yang harus dikuasai adalah HTML, CSS, javascript dan lain sebagainya. Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, tentu saja kamu harus menyiapkannya dari awal.

2. Dapat menjalankan Proses Testing / Debugging

Kemampuan yang harus dimiliki selanjutnya adalah harus bisa menjanlakan proses testing. Pada umumnya tugas ini biasa dilakukan oleh seorang quality control.

Akan tetapi, lebih baiknya seorang developer juga perlu memiliki kemampuan ini  supaya dapat hasil tampilan yang telah dirancang dapat di cek dan tidak terdapat masalah dikemudian hari.

3. Memahami Penggunaan Tools pada Browser Developer

Mengecek semua aspek seperti tampilan, user experience, dan fungsionalitas harus dilakukan juga oleh seorang front end developer.

Maka dari itu, ketika bekerja pada bidang ini perlu untuk memahami penggunaan tools pada browser developer. Dengan memiliki kemampuan ini pengguna tidak akan memiliki masalah pada saat mengakses website.

4. Dapat Melakukan Optimasi Website

Selain menguasai tools pada browser developer, pekerjaan ini  juga mengharuskan untuk dapat melakukan optimasi website. Kemampuan ini berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan website atau aplikasi yang telah dibuat.

Seorang front end developer dapat memanfaatkan program seperti grunt dan gulp untuk membantu memaksimalkan kinerja website.

5. Memiliki Pemahaman Command Line

Skill selanjutnya yang harus dimiliki adalah memahami command line. Pada dasarnya, tidak semua tools memiliki tampilan Graphical User Interface (GUI) terdapat pula tools yang memiliki tampilan command line, Maka dari itu, front end developer wajib memahami konsep penggunaan command line. Sehingga, pengerjaan produk yang dikerjakan tidak akan terhambat.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas HRD

D. Berapa Gaji Seorang Front End Developer?

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Front End Developer

Jika kamu bertanya tanya apakah pekerjaan, gaji dan tugas front end developer dapat menjamin masa depan yang mumpuni? Bisa dikatakan seperti itu.

Hal ini dikarenakan pengaruh teknologi pada masa sekarang sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Berdasarkan data indeed himpun, penghasilan dari pekerjaan ini mulai dari Rp 7,5 Juta perbulannya.

Akan tetapi nominal tersebut tidak dapat dijadikan acuan karena setiap perusahaan dan setiap daerah pastinya akan memiliki kebijakan sendiri.

Beberapa kota seperti Tangerang dan Jakarta biasanya bisa membayar seorang front end developer yang lebih tinggi dibandingkan kota kota yang lainnya.

Bahkan jika kamu yang memang tertarik pada pekerjaan ini dan menginginkan gaji yang lebih tinggi, kamu bisa melamar ke perusahaan luar negeri.

Contohnya saja negara tetangga yang dekat dengan negara kita yaitu Singapura. Akan tetapi kamu juga harus belajar dan pandai dalam berbahasa Inggris.

Data yang dilansir oleh indeed mengatakan bahwa rata rata gaji dari seseorang yang bekerja pada bidang ini di Singapura memiliki penghasilan mencapai 5.356 dollar per bulannya.

Jika nominal tersebut dirupiahkan gaji yang diperoleh adalah sebesar Rp 70 juta rupiah pada setiap bulannya.

E. Tips Menjadi Front End Developer Yang Sukses

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai karir menjadi seorang front end developer. Dapat bekerja secara terencana merupakan salah satu tips yang harus kamu lakukan supaya bisa sukses.

Hal ini sangat diperlukan karena pekerjaan ini memang selalu berpacu pada rancangan yang dibuat, sehingga jika melakukan tips ini berbagai manfaat akan kamu peroleh.

Selain itu, tips yang harus kamu lakukan adalah jangan ragu untuk bersikap proaktif. Dengan memiliki sikap ini, ketika terdapat masalah pada proyek yang kamu kerjakan akan mudah mendapatkan jalan keluarnya.

Bukan hanya itu, bersikap proaktif akan menjadikan kamu lebih kelihatan profesional.

Jadi itulah beberapa informasi terkait front end developer, tugas, serta gaji yang didapatkan dari seorang pengembang website.

Jadi, intinya tugas serta tanggung jawab yang dimiliki seseorang pada setiap pekerjaan memiliki porsinya tersendiri. Meskipun tanggung jawab yang dimiliki cukup rumit dan berat, jika kamu mahir dan menyukainya pekerjaan tersebut maka akan terasa menyenangkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!