Bocoran Lolos Seleksi Tes di Starbucks Indonesia

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Starbucks Indonesia? Kali ini kita akan membahas tentang pengalaman tes kerja sebagai barista di Starbucks Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Starbucks Indonesia

Perusahaan kedai kopi ternama dunia yang sedang digandrungi para penikmat kopi di Indonesia. Selain lowongan fulltime, Starbucks Indonesia juga menyediakan lowongan kerja part timer.

Mungkin pekerjaan ini lebih cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah penghasilan melalui kerja paruh waktu.

Tahapan Seleksi Karyawan di Starbucks Indonesia

1. Administrasi

Ada beberapa berkas yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, seperti Curriculum Vitae yang bisa Anda isi melalui website career dari Starbucks Indonesia di career-sbuxindonesia.com.

Selanjutnya yang Anda butuhkan adalah surat lamaran kerja, sertifikat TOEFL jika ada karena Starbucks lebih menyukai Anda yang bisa berbahasa Inggris secara aktif.

Fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir dan surat keterangan yang menunjukkan bahwa Anda masih kuliah atau bisa menyertakan fotokopi KTP Anda.

Untuk tahap pertama yang akan anda hadapi adalah Starbuck HRD Interview. Usahakan datang lebih awal karena nomor urut wawancara disesuaikan dengan nomor daftar hadir.

2. Wawancara HRD

Akan ada beberapa form yang akan anda isi terlebih dahulu sebelum anda akan diwawancarai oleh starbucks HR.

Jika sudah memiliki pengalaman kerja, usahakan untuk membawa surat rekomendasi kerja atau surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja ini khusus untuk anda yang melamar pekerjaan full time.

Pertanyaan yang diajukan adalah tentang pengenalan diri singkat, pengalaman kerja jika ada, pengalaman organisasi jika ada, bagaimana pendidikan kuliah Anda saat ini, kendaraan yang Anda miliki, apa motivasi Anda ingin bekerja di Starbucks.

Nanti tim HRD akan menanyakan bagaimana bahasa Inggris Anda, dan Anda akan diajak berbicara dalam bahasa Inggris dan mulai memperkenalkan diri kembali. Di akhir sesi Anda diberi kesempatan untuk bertanya kepada tim HR.

Gunakan kesempatan ini untuk bertanya dan jangan bertanya tentang “kapan saya akan mengetahui pengumumannya dan melalui apa? “Ini bukan pertanyaan yang harus ditanyakan ke HRD.

Gunakan kesempatan ini untuk bertanya seperti apa job desk barista itu, seperti apa budaya kerja di sini, bahkan jika perlu, Anda bisa bertanya tentang company profile ini atau yang lainnya.

3. Psikotes

Untuk tes psikologi itu sendiri, seperti tes matematika dasar, tes seri angka, tes warteg, tes verbal dan analog, tes penalaran logis, tes koran Kraeplin dan Pauli dan tes menggambar pohon dan manusia yang beraktivitas lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya manusia ini.

Baca juga:

4. Wawancara Melalui Telepon

Untuk tahap kedua ini, Anda akan dipanggil kembali oleh HRD untuk memastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk mengikuti tes berikutnya.

Ada beberapa orang yang langsung lolos ke tahap selanjutnya, ada juga yang perlu diwawancarai ulang namun menggunakan telepon sebagai medianya.

Anda nantinya akan diminta untuk bertindak sebagai barista dan HRD akan menjadi pelanggan dan akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk menemukan ruangan yang tenang sebelum mengikuti tes ini.

5. MCU (Pemeriksaan Medis)

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Starbucks Indonesia

Kandidat yang lulus akan menjalani tahap tes kesehatan Starbucks. Tim starbucks akan mempercayakan tes kesehatan ini ke klinik yang telah ditunjuk dan semua biaya akan ditanggung oleh pihak starbucks indonesia.

Anda akan dikirimi surat yang pada dasarnya berarti Anda akan menjalani tes kesehatan yang akan dikirimkan ke klinik yang ditunjuk melalui email. Tes kesehatan seperti tekanan darah, cek darah dan rontgen.

6. Tanda Kontrak

Jika lolos maka akan langsung mendapatkan kontrak tawaran pekerjaan dengan Starbucks Indonesia. Ada beberapa berkas yang perlu kamu lengkapi juga, seperti surat pernyataan dari orang tuamu yang menjelaskan bahwa kamu bersedia bekerja paruh waktu di Starbucks Indonesia.

Ijazah Anda akan ditahan selama kontrak selesai, yaitu selama 1,5 tahun. Jika mengundurkan diri sebelum masa kontrak maka akan dikenakan denda sebesar 5 juta untuk part time dan 8 juta untuk full timer.

Gaji Starbucks juga akan dijelaskan pada saat penandatanganan kontrak ini.

Perbedaan antara paruh waktu dan penuh waktu di Starbucks Indonesia:

  • Paruh waktu: Bekerja minimal 20 jam dalam 1 minggu. Jadwalnya bisa disesuaikan dengan kegiatan Anda yang lain.
  • Penuh waktu: Bekerja 5 hari kerja dan 2 hari libur. Untuk hari libur, Anda tidak dapat memilih hari libur. Gaji juga berbeda antara paruh waktu dan penuh waktu.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Starbucks Indonesia, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!