Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bukit Makmur

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bukit Makmur? PT Buma atau PT Bukit Makmur merupakan kontraktor pertambangan batubara terbesar kedua di Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bukit Makmur

Program yang ditawarkan kepada pencari kerja adalah program BMDP atau Program Pengembangan Manajemen Buma.

Program ini merupakan program unggulan untuk melatih generasi muda menjadi pemimpin di masa depan perusahaan Buma.

Nantinya BMDP ini akan dibagi lagi menjadi beberapa divisi seperti: Management, Plant, Finance, HRGA, Engineering, Business Development dan Operation.

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Bukit Makmur

Berikut tahapan rekrutmen karyawan PT Buma yang akan Anda jalani selama tahap tes:

1. Seleksi Administrasi

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran diri sebagai calon karyawan. Isi form berupa data diri untuk pengalaman kerja dan motivasi kerja kenapa ingin bekerja di PT Buma ini.

Usahakan untuk mengisi data file dengan lengkap seperti yang diminta.

2. Tes Wawancara Bahasa Inggris

Untuk tahap tes ini, PT Buma hanya ingin menguji kemampuan bahasa Inggris kita. Sesi tanya jawab dan wawancara sangat singkat.

Pertanyaannya adalah “Ceritakan tentang diri Anda” dan “Kekuatan dan kelemahan Anda sendiri”. Selebihnya hanya soal motivasi mengapa Anda ingin bekerja di sini.

Anda akan menerima pengumuman di akhir sesi setelah semua peserta mengikuti tes.

Baca juga: Contoh Jawaban Kelemahan Diri Dalam Wawancara dan Tipsnya

3. Tes Intelektual

Pada tahap ini akan dilakukan pemaparan singkat mengenai company profile PT BUMA mengenai keuntungan dan denda bekerja disana.

Tes IQ dibagi menjadi 4 bagian. Yang pertama adalah soal pencocokan gambar 2D. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai tingkat angka dan tes verbal. Jawab pertanyaan yang menurut Anda paling mudah dan jawab dengan cepat.

4. Tes Psikotes

Anda dapat menerima hasil tes sebelumnya melalui email dan sms dari tim HRD PT BUMA. Tahap psikotes ini merupakan tahap online.

Jadi ketika Anda menerima email, juga akan ada link yang bisa Anda buka untuk psikotes. Tidak ada jawaban benar dan salah dalam tes psikologi ini.

Anda diminta untuk menjawab dengan jujur ​​semua pertanyaan. Tim HRD akan menilai sejauh mana konsistensi Anda dalam menjawab pertanyaan kepribadian ini.

Baca juga:

5. LGD (Leaderless Group Discussion)

Tahapan tes ini hampir sama dengan FGD di perusahaan lain. Semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang akan diberikan contoh studi kasus dan diminta untuk mencari solusi bersama.

Cobalah menghadirkan suasana LGD tanpa kaku. Jangan terlalu pasif tetapi juga jangan terlalu aktif sehingga menutupi kesempatan peserta lain untuk menyampaikan pendapatnya.

Diskusi dan presentasi menggunakan bahasa Indonesia. Anda akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi, mempresentasikan dan di akhir sesi adalah sesi tanya jawab dengan kelompok lain.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

6. Wawancara HRD

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bukit Makmur

Sebelum tes kamu akan diberikan formulir biodata dan diisi dengan lengkap untuk kemudian dikumpulkan kembali ke panitia.

Nantinya, melalui formulir ini, tim HRD akan menilai kepribadian dan kehidupan Anda. Cobalah untuk mengisi dengan jujur ​​dan apa adanya menurut pengalaman pribadi Anda.

Pertanyaan lain tentang pengalaman organisasi, pengalaman kuliah dan pencapaian apa yang telah Anda capai selama ini dan bagaimana Anda mencapainya.

7. Wawancara User

Anda akan diwawancarai oleh beberapa manajer dari setiap departemen dan divisi di PT BUMA. Pertanyaannya lebih mengarah ke bagian teknis kesiapan Anda jika bekerja di perusahaan PT BUMA.

Pertanyaan tentang kepribadian, kepemimpinan dan kesiapan kami untuk bekerja di perusahaan pertambangan juga menjadi fokus utama para pewawancara.

Coba pelajari juga profil perusahaan PT BUMA agar Anda lebih siap saat wawancara pengguna ini.

8. Medical Check Up (MCU)

Hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lain, pemeriksaan dimulai dari tes riwayat kesehatan, cek darah, tes urine, tes fisik dan rontgen dan lain-lain.

Jangan lupa perbanyak minum air putih dan jangan begadang sehari sebelumnya. Atur juga pola makan yang sehat sehari sebelumnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!