Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT PP Persero

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT PP Persero (PT Pembangunan Perumahan, Tbk)? Salah satu BUMN yang paling sering diincar pencari kerja di Indonesia adalah PT. PP. Perusahaan teknik sipil ini memang memiliki daya tarik tersendiri, apalagi bagi Anda yang memiliki jurusan yang sesuai yaitu teknik sipil.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT PP Persero

Berikut pengalaman tes rekrutmen di PT PP untuk bagian MT atau biasa disebut Management Trainee yang dapat kami bocorkan kepada Anda mulai dari tahap awal hingga tahap akhir yaitu tes kesehatan atau medical check up.

MT merupakan jalur percepatan karir yang banyak digunakan di banyak perusahaan besar lainnya untuk bisa mendapatkan calon pemimpin perusahaan dengan cepat. Program ini cocok bagi Anda yang masih fresh graduate.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

Tahapan Seleksi Karyawan di PT PP Persero

1. Seleksi Online Administrasi

Jika Anda bisa menemukan stand stand dari PP di job fair, maka Anda beruntung bisa mengikutinya. Namun jika belum, Anda tetap bisa mendaftarkan diri melalui website resmi milik PP ini. Anda dapat mencari PP Career untuk mengunjungi situs resminya.

Anda dapat login dan mengisi semua aplikasi dan formulir yang diperlukan untuk dapat mendaftar di salah satu posisi yang disediakan oleh PP ini. Usahakan untuk mengisi data yang lengkap dan benar sebelum Anda mengajukan lamaran kerja.

2. Psikotes

Sebelum mengikuti tes ini, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa formulir dari PP. Dan di awal tes juga akan ada sedikit penjelasan tentang program PP dan MT.

Soal yang akan kalian ambil adalah tes inteligensi, tes psikologi seperti epps, papi, tes warteg menggambar manusia dan pohon.

Baca juga:

3. Focus Group Discussion

Jika lolos tahap pertama, Anda akan melanjutkan ke tahap tes LGD atau diskusi kelompok tanpa pemimpin. Ini hampir sama dengan tes FGD dimana nantinya Anda akan diberikan contoh studi kasus dan harus didiskusikan dengan tim Anda untuk mencari solusi.

Pertanyaannya adalah tentang masalah prioritas di mana Anda diminta untuk memilih mana yang harus menjadi prioritas pertama. Cobalah untuk aktif tetapi tidak menjatuhkan argumen orang lain.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara Psikologi

Jika sudah memasuki tahap tes wawancara psikolog. Disini pewawancara hanya ingin menanyakan tentang kehidupan pribadi anda mulai dari pengalaman dan prestasi apa yang sudah anda miliki.

5. Tes Teknis

Pada tahap ini, ada baiknya Anda mempelajari kembali ilmu-ilmu sipil yang Anda peroleh saat kuliah atau saat kerja praktek. Karena pertanyaannya akan lebih bersifat teknis mengenai pengetahuan di bidang sipil.

Tes dan materi yang harus Anda pelajari adalah tentang struktur gempa, struktur tegangan dan gaya, geoteknik, teknik kelautan dan air. Waktu yang diberikan dalam tes teknis ini adalah 30 menit untuk 20 soal yang harus Anda kerjakan.

6. Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris hampir sama dengan tes TOEFL pada umumnya, jadi ada baiknya Anda juga mempelajari tes TOEFL agar bisa melakukan tahap tes ini. Waktu yang diberikan adalah 30 menit untuk 50 soal.

Baca juga: Apa itu TOEFL dan Bagaimana Mendapatkan Sertifikat TOEFL

7. Tes Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT PP Persero

Tahap selanjutnya adalah wawancara user. Anda akan menerima informasi tentang lulus atau tidaknya pengumuman dalam waktu sekitar 1-2 minggu melalui email.

Jadi usahakan untuk selalu aktif membuka semua email dan jangan lupa cek spam juga.

Untuk tes ini, Anda akan menjalani wawancara panel, yaitu wawancara dengan lebih dari 2 orang yang akan mewawancarai Anda. Jabatan user ini terdiri dari HRD, Direksi, Kepala Divisi atau Manajer yang bersangkutan.

Untuk tes wawancara, user ini sebagian besar akan menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan. Jadi persiapkan juga bahasa Inggris Anda dan banyak berlatih untuk percakapan wawancara dalam bahasa Inggris.

Pertanyaannya cukup sederhana untuk mengetahui bagaimana kehidupan Anda. Ceritakan tentang diri Anda, pengalaman apa yang Anda miliki, ceritakan tentang keluarga Anda, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Setelah pertanyaan sederhana itu, masuk ke bagian pertanyaan teknis yang akan membahas secara cukup detail pengetahuan apa yang Anda miliki di bidang ilmu sipil. Anda dapat mempelajari kembali soal-soal yang telah keluar pada tahap uji teknis sebelumnya.

Nanti juga akan ada studi kasus dimana Anda bertindak sebagai kontraktor untuk sebuah proyek dan bagaimana Anda menjalankan proyek tersebut.

Di akhir wawancara, user mengundang Anda untuk mengajukan beberapa pertanyaan penutup. Cobalah untuk mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu sebelum Anda melangkah pada tahap tes ini.

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

8. Tes Kesehatan MCU (Medical Check Up)

Tahap terakhir adalah tes kesehatan MCU. Tahapan ini hampir sama dengan tahapan tes kesehatan di klinik pada umumnya dan tentunya juga sering dilakukan pada tahapan tes di beberapa perusahaan besar lainnya.

Tes yang akan dilakukan adalah rontgen, tes tekanan darah, tes mata, tes tinggi dan berat badan, tes sampel darah dan urin. Cobalah untuk menjaga gaya hidup sehat dan tidak begadang sehari sebelum tes.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menandatangani kontrak dan pelatihan OJT atau on job training dan Anda sekarang menjadi MT selama kurang lebih 6 bulan pelatihan dan langsung masuk ke proyek-proyek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT PP Persero, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!