Usaha Ternak Paling Cepat Panen

Bagaimana Usaha Ternak Paling Cepat Panen? Peluang usaha dari sekian banyaknya ide didunia bisnis, yang paling menarik adalah usaha dibidang peternakan.

Usaha Ternak Paling Cepat Panen

Usaha ini menjadi inspirasi bisnis yang banyak digeluti dan diminati banyak orang karena dinilai menghasilkan uang yang lebih cepat.

Bahkan banyak pengusaha yang sukses di bidang peternakan. Berikut ini ada beberapa contoh usaha ternak paling cepat panen. Simak informasinya berikut ini!

A. Contoh Peluang Usaha Dibidang Peternakan

1. Ternak Ayam

Ternak ayam dinilai menjadi peluang usaha yang cukup mudah dan menguntungkan. Pasalnya harga daging ayam yang selalu stabil di dalam pasarannya.

Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui jenis ayam yang ingin dibudidayakan seperti jenis ayam potong, ayam petelur, ayam Bangkok, dan ayam kampung.

Terlebih usaha ternak ayam juga termasuk membutuhkan modal yang kecil tapi keuntungannya lumayan besar.

Selain Anda bisa memilih jenis ayam apa yang akan dibudidayakan, Anda juga tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Hal ini bisa disiasati dengan metode pembuatan kandang yang bersusun.

Selain itu, jenis usaha ternak ini juga merupakan salah satu bidang usaha turun temurun yang mudah dilakukan dan sudah ada sejak jaman nenek moyang terdahulu.

2. Ternak Lele

Bidang usaha yang satu ini juga banyak digemari sebagian orang di kalangan peternak. Pasalnya, selain membudidayakan lele, peternak juga bisa melakukan sistem pemasaran langsung dengan keuntungan yang cukup tinggi.

Tingkat konsumtifitas dan jumlah permintaan pasarnya juga semakin tinggi. Tak ayal jika usaha ini banyak sekali diminati bagi sebagian banyak orang.

Ada pula tips dan trik supaya pertumbuhan dan reproduksi lele semakin meningkat yaitu dengan pemberian pakan ternak  pur dengan tambahan suplemen khusus.

Pemberian makanan khusus pada lele ini difungsikan agar Anda tidak mengalami kerugian dan juga bisa menambah pendapatan karena tidak perlu memakan waktu yang lama dalam masa panennya.

3. Ternak Bebek

Usaha Ternak Paling Cepat Panen

Peluang usaha dibidang ternak selanjutnya yang cepat menguntungkan adalah beternak bebek. Di wilayah Indonesia, permintaan hewan jenis unggas ini masih begitu signifikan sekali, masih stabil dan memiliki potensi besar dibidang kuliner.

Seperti dimanfaatkan telurnya untuk dimakan atau digunakan sebagai campuran jamu. Dan dagingnya bisa diolah menjadi berbagai masakan di berbagai tempat makan atau restoran.

4. Ternak Burung Berkicau

Peluang usaha ternak yang satu ini juga sangat diminati banyak orang dari hanya yang sekedar hobi memlihara sampai budidaya dalam jumlah banyak.

Selain dinikmati suaranya, beternak burung dengan jenis berkicau dinilai cukup mudah dalam pemeliharaannya, juga memiliki banyak keuntungan yang didapatkan dalam membudidayakan ternak unggas yang satu ini.

Belakangan, bisnis ternak burung berkicau ini juga sedang naik daun atau banyak peminatnya. Prospek dari bisnis tersebut juga cukup menjanjikan, seperti semakin sering Anda mengikutkan kontes suara pada burung.

Karena suara burung tersebut yang menjadi daya tarik minat para kolektor burung. Semakin bagus kualitas burung tersebut maka semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

5. Ternak Ikan Hias

Memiliki keindahan fisik, bisnis yang satu ini juga sedang marak peminatnya. Ya, budidaya ikan hias yang menjadi pilihan peluang bisnis yang tepat dan cepat dalam menghasilkan uang.

Jenis ikan hias yang paling banyak diburu ialah jenis ikan yang mudah bertahan hidup seperti ikan Cupang, ikan Platy, ikan Zebra, Guppy, Molly, Goldfish dan masih banyak jenis lainnya.

Peluang bisnis ternak yang satu ini tidak perlu tenaga ekstra dalam perawatannya. Selain itu proses reproduksi atau perkembangbiakkannya juga tidak membutuhkan atau memakan waktu yang cukup lama.

Karena biasanya seperti ikan cupang dalam sekali bertelur bisa menetaskan hingga 1000 telur dalam 24 jam. Namun biasanya hanya 30-50 telur yang bisa hidup, tapi masih sangat menguntungkan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

6. Ternak Jangkrik

Ide usaha ternak paling cepat panen selanjutnya adalah ternak jangkrik. Peluang usaha yang satu ini, memiliki peluang yang cukup besar dan potensi keuntungan yang cukup banyak.

Apalagi didukung meningkatnya jumlah masyarakat yang memelihara burung dan ikan. Hal ini juga berdampak pada peningkatan dan daya jual jangkrik yang cukup mahal tiap kilonya.

Budidaya ternak yang satu ini juga sangat mudah. Selain itu, jangkrik juga merupakan hewan yang sangat mudah dicari di alam bebas.

Pembudidayaannya juga mudah karena jangkrik tergolong hewan herbivora, jadi cukup dibutuhkan daun muda dan krokot untuk sumber pangannya dan juga dibutuhkan tempat yang cukup dingin dan sejuk sebagai tempat perkembangbiakannya.

7. Ternak Kroto

Peluang usaha dalam bidang ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah budidaya kroto.

Kroto ini merupakan salah satu hasil telur dari hewan semut rang-rang yang bentuknya lonjong-lonjong dan biasanya digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan gizi dan protein baik yang terdapat pada kroto dapat membuat suara kicau burung semakin indah.

Budidaya kroto juga dinilai memiliki potensi keuntungan yang cukup besar karena mengingat kebutuhan kroto dan tingginya tingkat permintaan pasar.

Ternak semut juga salah satu peluang bisnis yang unik dan masih jarang dikembangkan. Untuk peminat bisnis ini juga tidak membutuhkan keahlian yang khusus, dan hanya diperlukan niat dan kemauan untuk belajar.

8. Ternak Itik

Selain beternak ayam dan juga bebek, pilihan bisnis ternak yang satu ini memang masih jarang dikembangkan dalam skala besar.

Padahal dengan ternak itik atau entok juga dapat menghasilkan keuntungan yang cepat dan banyak. Umumnya, itik dipelihara untuk diambil dagingnya saja.

Cita rasa dari daging itik juga tidak jauh beda dengan daging bebek. Bahkan itik sering dijadikan alternatif pengganti daging bebek.

9. Ternak Burung Puyuh

Usaha Ternak Paling Cepat Panen

Jenis peluang usaha ternak yang satu ini juga cukup banyak peminatnya. Unggas yang satu ini dipelihara untuk dimanfaatkan telurnya.

Bahkan sekarang tidak hanya telurnya saja yang dikonsumsi, tapi daging burung puyuh juga memiliki peminat yang cukup banyak.

Berbeda halnya dengan ternak ayam atau bebek, ternak burung puyuh tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang besar.

Sebagian besar permintaan pasar burung puyuh ini adalah dalam sektor pangan khususnya kuliner. Bahkan di restoran-restoran besar dan mewah juga sering menjadi pilihan menu yang yang istimewa.

Hal tersebut juga yang mempengaruhi tingginya daya jual burung puyuh dan telurnya. Harga yang ditawarkan di pasaran  juga cenderung stabil dan jarang mengalami penurunan.

Baca juga: Jenis Usaha Modal Kecil yang Dilakukan di Rumah Saja

10. Ternak Belut

Peluang usaha ternak yang cepat dan menguntungkan terakhir yakni dengan budidaya belut. Belut termasuk jenis ikan namun memiliki bentuk yang menyerupai ular.

Meski begitu, daging belut cukup banyak peminatnya jika dijadikan sajian kuliner seperti kerupuk atau sambal belut. Bahkan ada juga yang menjadikan olahan tersebut sebagai olahan makanan khas.

Sehingga peluang usaha ternak tersebut bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha dibidang peternakan. Karena jumlah permintaan pasar yang cukup tinggi dan harga belut yang fantastis maka peluang ini bisa Anda manfaatkan.

Hanya saja Anda perlu menyiapkan lahan yang cukup dan memiliki struktur tanah lumpur dan kedalaman yang sesuai dengan habitat belut.

Demikian adalah beberapa contoh peluang usaha dalam bidang peternakan yang bisa menjadi alternatif ide bisnis.

Beberapa contoh usaha ternak di atas semoga bisa membantu Anda dalam menentukan usaha yang cocok dan Anda minati khususnya dibidang peternakan.

Semoga sejumlah pilihan ide bisnis di atas juga bisa membantu dalam pengamatan usaha bisnis yang cepat dan menguntungkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!