Pekerjaan, Gaji dan Tugas Staff Development

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Staff Development? Tugas pengembangan admin Indomaret yang banyak orang masih belum mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan.

Pekerjaan Gaji dan Tugas Staff Development

Nah kali ini kami akan membahas seperti apa posisi staff development baik itu di Indomaret, Alfamart atau perusahaan lain yang memiliki posisi tersebut.

Tugas admin memang banyak, ada admin marketing, admin penjualan dan lain-lain. Salah satunya adalah pengembangan admin.

Jika Anda merasa bingung dengan istilah ini, sebenarnya ini hanyalah bidang di bawah personalia atau HRD. Jadi posisi ini lebih membantu untuk bidang HRD, termasuk dalam masalah manajemen karyawan dan sebagainya.

Kami akan membahas satu per satu, tugas dan fungsi Staff Development tanggung jawab agar Anda tidak lagi bingung apa fungsi dari posisi ini.

A. Tugas dan Tanggung Jawab Staff Development

Perlu diingat bahwa hal ini juga berlaku tidak hanya untuk perusahaan retail Indomaret, tetapi juga untuk tugas dan tanggung jawab pengembangan admin secara umum.

Karena satu perusahaan dengan perusahaan lain memiliki jobdesk yang berbeda. Namun secara umum kita akan membahas apa saja jobdesk dari posisi tersebut.

Biasanya pengembangan admin ini berada di divisi yang sama dengan HR dan Personalia. Mereka membantu mengurus masalah administrasi di dalamnya agar HRD bisa bekerja lebih maksimal.

Biasanya perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan memiliki divisi atau jabatan ini. Apalagi perusahaan yang sering melakukan rekrutmen juga banyak menggunakan posisi ini untuk menyaring calon karyawan baru di perusahaannya.

Anda sudah bisa membayangkan bahwa bekerja di divisi HRD berarti Anda berhadapan dengan masalah personalia. Untuk lebih jelasnya kami uraikan tugas-tugas tersebut satu per satu:

1. Mendukung Pengelolaan SDM di Perusahaan

Salah satunya untuk kebutuhan dukungan pengelolaan SDM di perusahaan. Jadi posisi ini digunakan untuk mengelola urusan kepegawaian di perusahaan.

Mulai dari mencatat kapan karyawan mulai aktif bekerja hingga masalah pensiun juga. Dan juga saat pegawai dengan masa OJT (On job training) selesai sampai menjadi pegawai tetap.

2. Membantu Seleksi & Rekrutmen

Selain mengurus manajemen di perusahaan, posisi ini juga membantu dalam proses seleksi karyawan baru. Mulai dari tahap awal proses rekrutmen hingga menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Jadi bisa jadi posisi pengembangan admin ini juga keluar, seperti mengikuti job fair dan melakukan proses seleksi seperti psikotes, wawancara hingga penjadwalan wawancara pengguna dengan manajer perusahaan.

3. Orientasi dan Penempatan Karyawan Baru

Jika proses seleksi pegawai baru sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah masalah orientasi dan penempatan pegawai baru.

Anda tetap harus bertanggung jawab dengan karyawan baru tersebut hingga sepenuhnya berada di tangan pengguna divisi yang bersangkutan.

Sampai tahap itu, barulah tanggung jawab4. pengenalan orientasi karyawan baru yang dipegang oleh posisi ini.

Mulai dari pengenalan jabatan secara umum, pengenalan tempat, aturan yang ada di perusahaan serta jobdesk dan tanda tangan kontrak yang akan diberikan kepada karyawan baru.

Jadi secara tidak langsung untuk posisi ini Anda harus mengetahui jobdesk secara umum dari masing-masing posisi di perusahaan.

4. Mutasi, Rotasi dan Promosi

Pekerjaan Gaji dan Tugas Staff Development 1

Tugas selanjutnya adalah mengenai mutasi, rotasi dan promosi karyawan di perusahaan ini. Admin development yang menangani masalah administrasi dalam mutasi pegawai ini.

Misalnya, mengurus administrasi mutasi atau mutasi pegawai dari satu divisi ke divisi lain. Mengurus rotasi karyawan, biasanya divisi marketing sales sering melakukan rotasi tempat agar lebih fresh.

Dan mengurus masalah promosi pegawai, misalnya dari pegawai kontrak menjadi pegawai tetap.

Baca juga: Sistem Gaji Indomaret dan Tunjangan

5. Pelatihan dan Pendidikan

Tugas selanjutnya adalah mengurus masalah pelatihan dan pendidikan karyawan perusahaan. Jadi admin pengembangan ini juga bertugas mencari pelatihan apa yang tepat untuk kebutuhan karyawan atau pengguna yang memintanya.

Kebutuhan akan pengembangan skill bagi sumber daya manusia perusahaan sangat penting, dan setiap perusahaan juga memiliki anggaran khusus untuk melaksanakan pelatihan dan pendidikan tersebut.

Tentunya proses seleksi pelatihan ini disesuaikan dengan KPI masing-masing karyawan, yang selalu mencari karyawan mana yang membutuhkan pelatihan pengembangan keterampilan dan mana yang tidak.

6. Pelaksanaan Peraturan Perusahaan

Setiap saat selalu ada peraturan atau kebijakan baru yang dibuat oleh perusahaan. Oleh karena itu, tugas pengembangan admin adalah sebagai penerus penerapan peraturan baru di perusahaan.

Lebih tepatnya, untuk mensosialisasikan kepada karyawan bahwa ada peraturan-peraturan baru yang diberlakukan di perusahaan.

Sehingga nantinya peraturan tersebut harus dijalankan oleh karyawan perusahaan dan dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan perusahaan. Hal ini juga akan berdampak pada KPI karyawan.

7. Mempersiapkan Pensiun

Di perusahaan tentunya ada beberapa karyawan yang sudah memasuki masa pensiun. Entah itu pensiun dini atau pensiun karena waktu atau usia.

Jadi posisi ini juga mempersiapkan pensiun karyawan. Persiapannya pun beragam, mulai dari melakukan pelatihan pra pensiun dan urusan administrasi lainnya.

8. Kelola Segregasi & PHK Karyawan

Jabatan ini juga mengurusi masalah pemutusan hubungan kerja atau pemberhentian pegawai yang dianggap tidak berprestasi dan tidak layak dipertahankan lagi, yang mengacu pada kemampuan skillnya.

Atasi masalah karyawan yang juga ingin mengundurkan diri dengan menyiapkan berkas-berkasnya seperti surat rekomendasi kerja atau surat pengalaman bahwa karyawan tersebut pernah bekerja di perusahaan ini.

9. Menangani Masalah Gaji dan Jaminan Sosial

Pekerjaan Gaji dan Tugas Staff Development 2

Masalah lain yang diurus adalah masalah gaji atau upah dan jaminan sosial yang diterima karyawan perusahaan.

Mulai dari pendaftaran pegawai hingga BPJS ketenagakerjaan, kesehatan, asuransi hingga membantu pembuatan rekening untuk pengiriman gaji pegawai.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Indomaret

B. Berapa gaji seorang Staff Development?

Gaji rata-rata untuk Staff Development di Indonesia adalah Rp. 4.840.000 per tahun atau Rp. 38.379 per jam.

Gaji awal untuk posisi ini mulai dari sekitar Rp. 18.900.000 per tahun sedangkan untuk karyawan berpengalaman gajinya sekitar Rp. 127.228.000 per tahun. Dengan rata-rata Rp. 6.236.667,  Rendah Rp. 1.575.000 dan Tinggi Rp. 10.602.333.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi

Kesimpulan

Itulah beberapa tugas umum pengembangan admin Indomaret yang dapat Anda gunakan sebagai referensi saat mendaftar untuk posisi tersebut.

Jadi Anda sudah memiliki gambaran tentang bagaimana jobdesk dari pekerjaan dan posisi ini. Bagaimana Anda tertarik Terima kasih telah membaca artikel kami tentang tugas pengembangan admin

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!