Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi? Alfamidi berbeda dengan Alfamart. Memang grup perusahaan tapi manajemennya beda dan alfamart unggul dari alfamidi, inilah peluang karir kita di dunia retail bersama alfamidi yang masih terbuka.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi

Program Alfamart Management Trainee memiliki jangka waktu 3 tahun, yaitu 2 tahun pendidikan dan 1 tahun masa kerja. Mahasiswa program Management Trainee akan mengikuti job training mulai dari menjadi crew store hingga akhirnya role playing di posisi manajerial.

Program Management Trainee Alfamart memiliki beberapa tahapan seleksi. Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa program, pelamar harus mampu melalui tahapan berupa seleksi administrasi, psikotes, bahasa inggris, tes kepribadian, rangkaian wawancara mulai dari HRD hingga user, video assesment, dan terakhir medical check.

Jika anda mengikuti tes alfamidi ini, nantinya anda akan mengetahui banyak tentang apa itu alfamidi dan tahapan perkembangannya, mari simak artikel Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Alfamidi

1. Penyerahan CV

Pelamar dapat menggunakan beberapa jalur pendaftaran, melalui situs resmi Alfamart atau melalui Job fair. Anda dapat menyerahkan CV dengan cara mengikuti job fair atau mengisi data diri anda yang tersedia pada website (jika lowongan buka) atau datang ke kantor Alfamidi terdekat di kota anda.

Nanti pihak manajemen akan memilih posisi yang tepat untuk kita berdasarkan kelebihan keterampilan selama tes dan wawancara kerja. Untuk jurusan terbaru saat ini PT Alfamidi tidak menyertakan persyaratan yang janggal dan masih terbuka untuk semua jurusan yang melamar secara bebas.

Yang Anda butuhkan hanyalah CV, salinan ijazah dan transkrip, foto berwarna 3 × 4 dan salinan KTP Anda.

Untuk lolos seleksi administrasi adalah pelamar yang memiliki pengalaman dan prestasi organisasi / kepanitiaan. Tidak cukup hanya memiliki pengalaman berorganisasi tetapi minimal pernah menempati posisi strategis (leader / ketua) karena program Management Trainee mempunyai tujuan menjadi posisi manajerial (manajer).

Anda mendapat undangan tes lewat email sore itu juga. Saya berpesan kepada pelamar, bagi yang sudah mendapat undangan melalui Email mohon diperhatikan tempat, waktu dan detail lainnya.

baca juga: Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

2. Pengisian data

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi

Setelah mendapat kabar bahwa anda akan mengikuti tes yang dijadwalkan 2 hari setelah job fair, Anda dapat datang ke alamat tesnya. Kali ini kita akan menyimak video presentasi dari tim HRD untuk lebih detil tentang perkembangan Alfamidi dan juga pilihan karir yang akan kita ikuti.

Dalam tes ini, kita bisa memilih untuk bergabung sebagai MT (Management Traine) atau menjadi staf di Alfamidi. Kali ini kita akan memilih MT, sebagai catatan posisi MT biasanya dikhususkan untuk orang yang belum punya pengalaman kerja.

Karena menurut mereka orang yang belum punya pengalaman kerja lebih mudah dalam pengorganisasiannya dan dibekali bahan yang banyak.

Tes ini memiliki kurang lebih 8 tahap ditambah tes bahasa Inggris juga. Namun tes bahasa Inggris setelah pengumuman Anda lolos ke tahap wawancara HRD.

Cepat dan tepat, itulah kunci dalam tes ini. Masalahnya adalah kita diberi waktu dan jika tidak menyelesaikannya akan sulit jika ingin kembali ke pertanyaan sebelumnya.

3. Tahap seleksi tes psikologi

Setelah lulus psikotes, anda akan memasuki tahap wawancara dengan HRD dari PT. MUI ini. Setelah mengerjakan pertanyaan bahasa Inggris sebelumnya, ini akan disebut wawancara secara bergiliran.

Ujian kali ini cukup berat, selain soal yang banyak dan panjang, jumlah peserta kali ini membuat kami harus mengalahkan banyak peserta. Saat anda mengikuti tes kali ini tidak ada cukup kursi sehingga peserta yang datang terlambat tidak bisa mengikuti tes seleksi psikologi ini.

Pastikan Anda datang tepat waktu dan langsung ke ruangan untuk memesan kursi. Karena ada beberapa yang sudah datang duluan tapi tidak langsung masuk ruang tes malah asik ngobrol dan merokok yang tidak penting harus rela tidak bisa mengikuti psikotes ini.

Soal berupa tes matematika dasar, deret bilangan, pencocokan bentuk gambar, antonim, sinonim, dan tes koran. Biasanya berupa Kreplin atau Pauli, tapi salah satunya akan di muncul pada test.

Tes tertulis ini juga memakan waktu lama. Dari pagi sampai siang akan kita lakukan, disarankan untuk bawa bekal makan siang dan sarapan dulu. Karena setelah tes tertulis ini, tes wawancara HRD akan langsung dilakukan.

Setelah selesai, para peserta diberi istirahat untuk istirahat dan beribadah, serta menunggu siapapun yang lolos ke tahap selanjutnya.

baca juga: Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

4. Wawancara HRD

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi

Usai istirahat, Anda dipanggil lagi ke ruangan untuk menunggu pengumuman. Dan ternyata ada cukup banyak orang yang tidak lolos pada saat itu. Meski banyak yang tidak lolos, masih banyak saingan.

Pada saat pengumuman dibacakan, beberapa calon dipersilakan mengganti posisi yang diajukan. Jika anda melamar posisi selain MT nanti diberikan pilihan untuk pindah ke posisi MT karena nilai tes tertulis cukup tinggi untuk dimasukkan ke posisi staf.

Saat wawancara akan dimintai pendapat untuk memilih program MT, yaitu program akselerasi yang membutuhkan pelatihan selama 1 tahun dengan proses yang rumit dimana ketika tidak bisa tampil baik akan dipecat dan keluar dari Alfamidi.

HRD akan wawancara rutin sesuai dengan pertanyaan wawancara HRD secara umum, seperti menceritakan pengalaman pribadi, pendidikan, pengalaman kerja dan tentang kehidupan. Karena saya punya pengalaman kerja yang ditanya tentang pekerjaan masa lalu.

5. FGD (Focus Group Disscussion)

Pada tahap ini kita akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan membahas isu-isu terkait produk retail dan persaingan bisnis yang akan dipaparkan nanti.

Disini anda harus bersaing kembali dengan penilaian-penilaian yang tentunya cukup sulit.

6. Presentasi

Anda diberitahu jika lulus dan diminta untuk membuat materi presentasi untuk dipresentasikan di depan manager alfamidi. Sekitar 11 tema telah disediakan, tinggal memilih dan membuatnya dengan dukungan data.

Hanya diberi waktu 1 hari, bahan-bahannya harus sudah dikumpulkan sehari sebelumnya. Pastikan dikirimkan sebelum presentasi dimulai.

7. Wawancara General Manager (User)

Menunggu 3 hari dari FGD, akhirnya mendapat email dari alfamidi kalau lulus dan diajak interview user. Disini anda akan di wawancarai oleh general manager, dimana akan ada sedikit pertanyaan tentang dunia retail dan juga proses pemecahan masalah akan dinilai disini.

8. Tes fisik dan Kesehatan

Jika Anda lulus tes FGD ini, Anda akan menjalani tes fisik dan kesehatan. Tes ini untuk menentukan bahwa Anda tidak bertato dan bertindik serta memiliki tubuh yang bugar untuk bekerja.

9. Tanda tangan kontrak

Anda akan bekerja di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Proses penandatanganan juga dilakukan di kantor pusat Alfamidi.

Informasi gaji karyawan Alfamidi terbaru, untuk kepala toko dan staf kantor manajemen, gajinya berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta tergantung posisi yang ditempati. Untuk posisi MT, gaji Rp. 5 juta belum termasuk berbagai manfaat lainnya.

Sekian artikel mengenai Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamidi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!