Prospek Kerja Jurusan K3

Bagaimana Prospek kerja Jurusan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)? Bagi kamu yang saat ini sedang berada di tingkat akhir jenjang sekolah menengah atas dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, terdapat banyak jurusan yang bisa anda pilih.

Prospek Kerja Jurusan K3 2

Salah satu jurusan tersebut adalah keselamatan dan kesehatan kerja. Prospek kerja jurusan keselamatan dan kesehatan kerja ini juga cukup menjanjikan. Ingin tahu apa saja peluang kerjanya? Yuk simak disini!

A. Mengenai Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja 

Keselamatan dan kesehatan kerja atau yang biasa dikenal dengan sebutan K3 merupakan sebuah jurusan yang di dalamnya mempelajari tentang bagaimana pengelolaan bahaya hingga resiko yang bisa terjadi saat berada di lingkungan kerja maupun proyek.

Tidak hanya mempelajari mengenai bahayanya saja, melainkan deretan cara pencegahannya juga akan dipelajari.

Hal tersebut juga perlu untuk diajarkan guna untuk meminimalisir adanya kejadian kecelakaan maupun resiko yang lain saat kerja.

Oleh karenanya, saat memasuki jurusan yang satu ini, kamu akan diajarkan tentang bagaimana cara melakukan pengukuran terhadap faktor faktor yang dapat menyebabkan suatu bahaya dan melakukan pengawasan.

Selain itu, nantinya kamu juga akan diajarkan tentang bagaimana cara audit terhadap berbagai fasilitas yang terdapat pada lingkungan kerja.

Prospek kerja jurusan keselamatan dan kesehatan kerja ini cukup luas karena kamu yang dipelajari tidak melulu mengenai keselamatan kerja dilingkungan proyek saja, melainkan juga akan membahas tentang gizi kerja dan pengelolaan amdal.

Sebenarnya, awal muncul jurusan yang satu ini yaitu bermula dari peminatan yang terdapat di prodi kesehatan masyarakat.

Namun, seiring berjalannya waktu dan adanya peraturan yang tinggi dan ketat terhadap pengelolaan aspek K3 di berbagai perusahaan, maka hadirlah sebuah jurusan baru dan berfokus untuk mempelajari mengenai keselamatan dan kesehatan kerja.

Pada saat ini, jurusan yang satu ini sedang menjadi perhatian oleh para akademisi. Sebab, jurusan baru ini sudah terdapat sedikitnya di 20 lebih universitas besar yang ada di Indonesia.

Yang lebih menariknya lagi, jurusan satu ini merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu fisika, kimia, teknik, biologi, hingga psikologi.

B. Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan K3

Prospek Kerja Jurusan K3

Kesejahteraan merupakan sebuah hak yang juga harus dimiliki oleh tenaga kerja. Maka dari itu, keselamatan serta kesehatan kerja harus benar benar diperhatikan oleh suatu perusahaan yang bergerak pada sektor apapun.

Terlebih pemerintah saat ini juga semakin memperketat mengenai sebuah aturan kesehatan dan keselamatan saat berada di lingkungan kerja.

Prospek kerja jurusan keselamatan dan kesehatan kerja yang cukup menjanjikan merupakan alasan utama mengapa anda harus memilih jurusan ini.

Karena bidang keahlian yang bisa diteliti dan dipelajari oleh lulusan K3 cukup luas, maka kamu juga berpeluang besar untuk terjun ke ranah kemanusian dibarengi dengan mencari nafkah.

Jurusan K3 ini bisa dibilang sebagai jurusan yang mulia karena memiliki tujuan utama untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi pada tenaga kerja disuatu perusahaan.

Jika tertarik masuk jurusan keselamatan dan kesejahteraan kerja, nantinya kamu akan memiliki beberapa keahlian.

Keahlian yang akan kamu miliki antara lain adalah menghindarkan orang dari terjadinya kecelakaan, penyakit, hingga kematian yang disebabkan oleh aktivitas di lingkungan kerja.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, adanya penerapan K3 yang tepat dan baik dapat membuat kegiatan perusahan menjadi lebih produktif dan efektif.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

C. Prospek Kerja Jurusan K3

1. Koordinator Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Prospek kerja jurusan keselamatan dan kesehatan kerja yang pertama yakni bisa menjadi seorang koordinator kesehatan dan keselamatan kerja di suatu perusahaan.

Jika kamu adalah seorang lulusan jurusan K3, dan ingin melamar pekerjaan yang satu ini, maka tugas kamu yaitu bertanggung jawab atas semua regulasi K3 yang ada pada perusahaan tersebut.

Kamu juga akan memiliki tugas untuk menganalisis tentang segala jenis prosedur kerja dan lingkungan kerja yang ada.

Selain itu, seorang koordinator K3 juga perlu untuk mengecek kepatuhan suatu perusahaan terhadap aturan penerapan K3, serta lingkungan kerjanya. Pekerjaan Ini juga memiliki tugas untuk merancang program supaya tenaga kerjanya tidak terkena penyakit maupun cedera.

2. Environmental Specialist

Prospek Kerja Jurusan K3 selanjutnya dari lulusan jurusan keselamatan dan kesehatan kerja adalah menjadi seorang environmental specialist.

Environmental specialist atau biasa dikenal juga dengan sebutan pakar lingkungan merupakan suatu pekerjaan yang memiliki tugas untuk memantau dan mengamati dampak populasi terhadap lingkungan.

Lebih detailnya lagi, pekerjaan yang satu ini memiliki tugas antara lain untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada lingkungan serta memberikan rekomendasi solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Terlebih, profesi satu ini memiliki tujuan utama yakni untuk meningkatkan kondisi kehidupan lingkungan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

3. Health and Safety Engineers

Prospek Kerja Jurusan K3

Health and safety engineers merupakan Prospek Kerja Jurusan K3 yang selanjutnya. Profesi yang satu ini bisa ditekuni dan digeluti oleh seorang lulusan dari jurusan K3.

Tugas dari profesi health and safety engineers adalah mengembangkan prosedur serta sistem yang didesain untuk mencegah terjadinya cedera pada tenaga kerja dan menjaga properti dari kerusakan.

Profesi health and safety engineers ini menggabungkan pengetahuan tentang kesehatan, rekayasa sistem, hingga keselamatan.

Gabungan pengetahuan tersebut diperlukan guna untuk memastikan bahwa bahan kimia, perangkat lunak, perabotan, hingga produk konsumen lainnya tidak menimbulkan bahwa bagi bangunan dan manusia itu sendiri.

4. Pengawas Konstruksi Bangunan

Pekerjaan selanjutnya yang bisa anda dapatkan saat memilih jurusan keselamatan dan kesehatan kerja adalah menjadi pengawas konstruksi bangunan.

Seorang lulusan dari jurusan K3 yang menggeluti profesi ini dapat menggunakan ilmunya untuk memeriksa struktur bangunan dengan pengetahuan tekniknya untuk menentukan kualitas dari struktur tersebut.

Profesi yang satu ini juga memiliki tugas untuk mengecek kesesuaian struktur bangunan dengan spesifikasi yang dimiliki, kode bangunan, sampai regulasi lainnya yang berkaitan dengan kesehatan keselamatan kerja.

Umumnya, seseorang yang menekuni pekerjaan ini akan melakukan pemeriksaan secara keseluruhan maupun pada batasan tertentu, seperti sistem saluran air atau elektrik.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

5. Analis Quality Control

Analis quality control merupakan Prospek Kerja Jurusan K3 selanjutnya yang bisa digeluti oleh mahasiswa lulusan jurusan keselamatan dan kesehatan kerja.

Saat melakukan pekerjaan ini, kamu akan memiliki tugas untuk melakukan pengujian dan menentukan kualitas dari seluruh bahan baku, produk setengah jadi, hingga produk jadi.

Tak hanya itu saja, prospek kerja jurusan keselamatan dan kesehatan kerja yang satu ini juga memiliki tugas untuk melakukan uji sampel stabilitas, melakukan analisis dengan rutin mengenai kualitas bahan baku, dan kesehatan lingkungan.

Bisa dikatakan, bahwa profesi satu ini memiliki peranan penting dalam mengecek kualitas produk, baik yang sudah jadi maupun belum jadi.

Itulah deretan informasi mengenai jurusan yang masih terbilang baru. Karena jurusan yang satu ini masih baru, menjadikan peminatnya masih sedikit.

Sehingga, peluang untuk diterima tentunya masih sangat besar. Jadi, apabila tertarik dengan pekerjaan pekerjaan di atas, jurusan yang satu ini bisa dijadikan pilihannya.

Sekian artikel mengenai Prospek Kerja Jurusan K3, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!