Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris? Semakin banyak perusahaan yang menuntut agar karyawannya dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Bahasa komunikasi internasional ini kini telah menjadi keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pencari kerja.

Apalagi jika kita terapkan pada perusahaan multinasional yang memiliki banyak karyawan asing, atau perusahaan yang memiliki klien, vendor, dan relasi di luar negeri. Secara otomatis semua aktivitas komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris.

Bahkan ada juga beberapa perusahaan skala kecil yang menuliskan lowongan kerja dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan mereka di mata pencari kerja, atau untuk dapat merekrut pekerja yang dapat berbahasa Inggris dengan baik sebagai aset perusahaan di masa depan.

Perusahaan seperti ini biasanya adalah perusahaan yang sedang berkembang atau berencana untuk melakukan ekspansi di masa yang akan datang.

A. Pentingnya Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dunia kerja semakin kompetitif. Jutaan pekerja setiap tahun berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan. Itu berarti jutaan surat lamaran kerja yang harus dilalui oleh manajer SDM atau manajer SDM untuk ditinjau.

Jika surat lamaran Anda tidak jelas dan informatif, mengandung banyak kesalahan ketik, atau terlalu bertele-tele, kemungkinan surat itu akan dikesampingkan.

Surat lamaran kerja idealnya dapat menarik perhatian manajer HRD atau perekrut. Untuk itu, selain bersifat informatif, surat lamaran harus dapat berfungsi seperti iklan; Ini memiliki daya henti dan mampu menarik perhatian pembaca dalam hitungan detik.

Semakin menarik, semakin besar peluang surat lamaran kerja dibaca, ditinjau, dan dipertimbangkan untuk dipanggil sesi wawancara.

B. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Mungkin banyak dari kita menginginkan jalan pintas. Buka google dan ketik contoh atau template surat lamaran kerja bahasa Inggris. Tentu saja Anda akan menemukannya dengan mudah.

Tapi, pikirkanlah. Berapa banyak orang yang melakukan hal yang sama? Bahkan, bisa dibilang tidak ada contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang benar-benar cocok dan cocok untuk semua orang.

Karena setiap individu memiliki kemampuan, keterampilan, pengalaman kerja, bakat, dan karakter yang berbeda-beda.

Namun, bukan berarti kita tidak perlu mencari referensi dan contoh. Karena referensi akan memberikan gambaran tentang bagaimana seharusnya surat lamaran kerja dibuat, format penulisan, struktur, pilihan kosakata yang sering digunakan, dan bagaimana menggambarkan atau menjual keterampilan yang Anda miliki dalam menulis.

C. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Sudah punya curriculum vitae yang informatif dengan desain yang menarik? Nah, jangan bersemangat dulu. CV yang menarik tanpa surat lamaran kerja yang menarik juga tidak akan membuat Anda dipanggil untuk wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Apalagi jika surat lamaran kerja harus ditulis dalam bahasa Inggris.

Surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik harus dapat menunjukkan atau menggambarkan pemahaman Anda tentang perusahaan dan posisi pekerjaan yang dituju, serta menggambarkan kemampuan Anda untuk memberikan solusi dan berkontribusi pada perusahaan.

Menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris terkadang terdengar sederhana, tetapi Anda membutuhkan poin kunci yang tepat agar apa yang Anda tulis dapat menarik dan menarik perhatian manajer HRD dan perekrut.

Sebelum Anda melihat, membaca, dan mempelajari contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris di bawah ini, tips berikut akan memberi Anda gambaran tentang seberapa efektif dan efisien surat lamaran kerja:

1. Sederhana dan mudah dimengerti

Surat lamaran kerja tidak harus panjang. Manajer SDM hanya memiliki beberapa detik untuk melihat surat lamaran. Tulis surat yang singkat, padat dan informatif dalam format yang mudah dibaca. Semakin pendek, semakin mudah surat pengantar untuk dipahami.

2. Tuliskan secara spesifik posisi pekerjaan dan perusahaan yang Anda tuju

Posisi tertentu akan memudahkan manajer HRD untuk mengklasifikasikan aplikasi yang masuk. Hal positif lainnya adalah Anda dianggap paham dan tahu seluk beluk perusahaan target.

Ini adalah poin plus yang meningkatkan peluang dipanggil untuk wawancara. Sebaiknya hindari mengirim surat lamaran kerja yang sama ke beberapa perusahaan.

Sama seperti pencari kerja, setiap perusahaan adalah unik dan memiliki sejarah yang berbeda. Selain itu, jika surat lamaran kerja Anda terlihat terlalu umum atau generik, manajer HRD mungkin akan menilai Anda terlalu malas untuk menulis surat lamaran kerja yang spesifik dan menarik.

3. Sebutkan kontribusi apa yang dapat Anda berikan kepada perusahaan

Perusahaan merekrut karyawan atau karyawan agar dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan. Semakin spesifik Anda bisa menjelaskan keahlian dan kontribusi Anda kepada perusahaan, maka semakin tinggi nilai jual surat lamaran kerja yang Anda kirimkan.

Karyawan yang baik adalah karyawan yang dapat diandalkan, menjadi solusi permasalahan dan menjawab tantangan yang dihadapi perusahaan.

4. Tidak terlalu banyak mengumbar jenjang pendidikan

Mungkin bagi lulusan baru atau fresh graduate, universitas tempat Anda belajar dan transkrip nilai akademik mungkin menjadi nilai jual utama untuk menarik perhatian para manajer HRD.

Namun nyatanya, manajer SDM akan lebih tertarik dengan keterampilan dan kontribusi apa yang bisa Anda tawarkan. Selain itu, sikap dan sikap lebih penting daripada latar belakang pendidikan dan sejarah.

5. Tulis prestasi dalam bentuk poin dan angka

Saat Anda menuliskan posisi atau jabatan terakhir Anda, jangan lupa untuk menambahkan poin dan angka untuk mempertegas pencapaian atau capaian yang telah diraih.

Poin-poin dan angka-angka akan mudah terlihat ketika mata manajer HRD memindai surat lamaran kerja Anda. Contoh mudahnya, berapa tahun pengalaman kerja, berapa unit yang sudah terjual, apakah pekerjaan Anda sales, berapa target pencapaian yang telah dicapai, dan lain sebagainya.

6. Satu Surat Lamaran Untuk Satu Pekerjaan

Biasakan membuat surat lamaran pekerjaan tertentu. Setiap lowongan pekerjaan membutuhkan persyaratan tertentu. Setiap pelamar juga memiliki kemampuan dan nilai jual yang unik.

Jangan malas untuk membuat surat lamaran tertentu karena akan membuat Anda terlihat lebih serius dalam melamar pekerjaan.

7. Kalimat Pembuka yang Kuat

Satu pernyataan kuat di awal surat, atau yang sering kita kenal dengan kalimat pembuka, merupakan kunci untuk menentukan apakah surat lamaran yang kita kirimkan akan mampu menarik perhatian.

Jika Anda melamar pekerjaan sebagai pemasaran, misalnya, ingatkan perekrut tentang kebutuhan yang dia cari dengan menggambarkan kemampuan Anda dalam bahasa yang sederhana dan menarik.

“Penjualan bukanlah sihir selama Anda memiliki tongkat ajaib.” Kalimat pembuka ini akan menjadi pengingat bagi perekrut tentang kualifikasi tenaga pemasaran yang dia cari. Dan tentu saja kalimat pembuka ini jauh lebih menarik daripada kalimat: “Kepada Yang Berkepentingan.”

8. Katakan Kamu Kandidat Terbaik Dan Jelaskan Kenapa

Surat lamaran kerja yang Anda tulis harus mampu memberikan kesan percaya diri. Salah satunya tentu dengan mengatakan bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk lowongan ini.

Mengatakan Anda adalah kandidat terbaik harus didukung dengan alasan yang baik. Nah, di sini penting untuk menggambarkan keahlian dan pengalaman Anda dalam menjual bahasa.

9. Jelaskan Solusi Dan Kontribusi Keahlian Yang Anda Miliki

Perusahaan merekrut karyawan untuk membantu mereka memecahkan tantangan menjalankan bisnis dan memberikan kontribusi yang pada akhirnya membantu perusahaan menghasilkan keuntungan.

Untuk itu, penting untuk bisa menjelaskan solusi dan kontribusi apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan agar mereka mau merekrut Anda.

10. Singkat, Jelas dan Menjual

Gunakan bahasa yang ringkas, jelas, namun memiliki daya henti bagi HRD atau perekrut yang membacanya.

Sadarilah bahwa mereka memiliki waktu yang sangat terbatas untuk membaca surat pengantar. Untuk itu, surat lamaran harus to the point dan langsung menunjukkan nilai jual Anda.

Untuk memahami dan melihat penerapan kelima tips tersebut, Anda bisa membacanya di artikel ini dan juga panduan menulis CV yang menarik di sini.

Setelah mengetahui lima tips di atas, dan sebelum Anda mulai menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, pastikan Anda bisa memahami dan mengartikan lowongan kerja dengan baik dan benar.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Membaca dan memahami lowongan kerja dengan cermat akan membantu untuk mengetahui hal dan poin apa yang benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh pemberi kerja.

Beberapa poin yang harus Anda pahami dari lowongan kerja tersebut adalah:

  1. Seperti apa ruang lingkup pekerjaan dan tanggung jawabnya?
  2. Apakah Anda benar-benar memiliki keterampilan dan kemampuan yang diminta dalam lowongan pekerjaan?
  3. Jika Anda merasa yakin memiliki kemampuan dan keterampilan yang diminta, bagaimana Anda menjelaskannya dalam surat lamaran kerja.

Catatan: Anda tidak harus memiliki pengalaman untuk melamar pekerjaan. Jika ini adalah pekerjaan pertama yang Anda lamar atau Anda ingin mengubah karier, Anda dapat berbagi pengalaman organisasi, pengalaman kerja lepas, atau pengalaman kuliah yang dapat membantu menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang layak untuk pekerjaan itu.

Setelah Anda merasa sudah mencantumkan semua kebutuhan untuk menulis surat lamaran, Anda bisa melanjutkan menulis surat lamaran kerja.

Untuk panduan dan referensi penulisan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, Anda bisa membaca lebih detail di sini.

Itulah panduan sederhana menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, semoga dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

D. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Baiklah, sekarang mari kita lihat satu persatu contoh surat lamaran kerja bahasa inggris. Secara umum, ada 10 jenis surat lamaran berdasarkan peruntukan dan situasi pelamar kerja.

Contoh-contoh tersebut mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar, namun setidaknya bisa dijadikan referensi dan bahan untuk menulis surat lamaran kerja.

Tentu saja, dibutuhkan sedikit kreativitas untuk membuat contoh surat lamaran ini sesuai dengan kepribadian dan keterampilan Anda.

1. Surat Lamaran Kerja Part Time

Satu hal yang penting untuk digarisbawahi, jika Anda tidak berniat melamar sebagai karyawan tetap, penting untuk menginformasikan kepada manajer HRD atau perekrut dalam surat lamaran pekerjaan Anda.

Karena jika informasi ini tidak tersampaikan dan hanya terungkap saat wawancara, hal ini bisa membuat kredibilitas Anda tidak bagus di mata mereka. Kita tahu bahwa manajer dan perekrut HRD memilih banyak surat lamaran kerja yang masuk. Waktu sangat berharga bagi mereka.

Selain itu, sebagai pelamar kerja, kita juga harus jeli melihat spesifikasi yang tertulis di info lowongan kerja. Jika di lowongan kerja perekrut sedang mencari karyawan tetap, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melamar sebagai karyawan paruh waktu atau freelancer.

Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time Bahasa Inggris

Dear [Mr. Jaya Sutanto],

Regarding the [Sales Promotion Staff] position currently advertised on jobsdb Indonesia, please find attached a copy of my resume for your consideration. I’m looking to gain practical experience within [Event and Brand Activation Industry] and feel that a part-time position within your company would help me to demonstrate the abilities I have.

I have been studying [marketing and promotion] and have already gained some experience as a [Sales Promotion Boy] at [Mayora] where I [involved as a promotion team and responsible for selling new launch product during various events].

I believe my skills in [explaining product knowledge in an interactive way to potential customers] would make me a positive addition to your team. If you would like to get in touch to discuss my application and to arrange an interview, you can contact me via [phone: 08123456789 or email: [email protected]].

I look forward to hearing from you soon.

Yours sincerely,
[Rudi Ardi]

Catatan:

Kata-kata dan kalimat dalam kurung dapat diganti dan disesuaikan dengan posisi yang ingin Anda lamar, keterampilan dan pengalaman yang sesuai, atau pernyataan yang dapat memperkuat posisi tawar Anda di mata manajer HRD dan perekrut.

2. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk fresh graduate cukup rumit dan menantang, karena umumnya lulusan baru belum memiliki pengalaman kerja.

Jadi, bagaimana Anda menarik perhatian manajer HRD dan perekrut untuk lulusan baru yang tidak memiliki pengalaman kerja?

Nah, cara terbaik adalah fokus pada keterampilan dan kemampuan Anda, pengalaman organisasi, kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat yang telah Anda ikuti, pencapaian atau pencapaian tertentu yang mungkin telah Anda capai, dan pengetahuan Anda tentang perusahaan yang Anda lamar.

Pengalaman organisasi memberikan kesan kepada manajer HRD dan perekrut bahwa Anda terbiasa bersosialisasi dan beradaptasi dengan ‘lingkungan dan ekosistem kerja’, terbiasa dengan beban dan tanggung jawab, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil wawancara.

Pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar juga merupakan nilai tambah. Selain membuat diri Anda menonjol dari kandidat lain, pengetahuan tentang perusahaan dan juga industri yang akan Anda masuki menunjukkan semangat dan semangat Anda untuk meniti karir di bidang yang Anda lamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Inggris

Attention to:
Hakim Lubis
HR Director

PT Bank BNI Pusat, JakartaDear Mr. Hakim,Your advertisement for an HR assistant fits my qualifications perfectly, and I am writing to express my interest in and enthusiasm for the position.

After completing a business degree from Padjajaran University in May, I enrolled in a human resource development program to enhance my credentials in my chosen field.

Course highlights include Leadership in an Organizational Setting, Performance & Task Analysis in Human Resource Development and Technology in HR Settings.Based on your description of the ideal candidate, I also offer:

1. A solid educational foundation in organizational development, employee training and development skills and knowledge of how to use technology to improve individual/organizational performance
2. A proven ability to build rapport with individuals from all backgrounds
3. A track record of excellent performance as a part-time/summer employee concurrent with full-time college enrollment

I would very much like to meet in person to share more of my qualifications and learn more about your HR support needs. Please feel free to call me at 0811 1555 2020 or email me at [email protected].

Thank you for your time and review of the enclosed resume, and I look forward to speaking with you.

Sincerely,
Khairunisa Dwi Pradesti

Enclosure: Resume

Catatan:

Silahkan sesuaikan surat lamaran kerja ini dengan data pribadi dan keahlian Anda. Setiap posisi tentunya membutuhkan keahlian khusus. Jelaskan keahlian Anda dengan cara yang informatif, jelas, dan ringkas.

3. Surat Lamaran Kerja Referensi dari Pihak lain

Ketika Anda bekerja dengan baik, memiliki prestasi dan prestasi, kolega atau atasan Anda di pekerjaan Anda sebelumnya dapat merekomendasikan dan memberi Anda referensi kerja ketika ada posisi yang dianggap sesuai dengan keahlian Anda. Inilah pentingnya membangun relasi atau jaringan saat kita memulai karir.

Satu hal yang perlu diperhatikan, penting untuk menginformasikan manajer HRD atau perekrut, siapa dan apa posisi pemberi rekomendasi dan referensi di perusahaan dalam surat lamaran.

Ini akan membantu manajer HRD untuk mengidentifikasi aplikasi Anda dengan cepat. Rekomendasi dan referensi tentunya akan menarik perhatian, apalagi jika referer adalah orang yang memiliki posisi dan track record yang baik di perusahaan yang Anda tuju.

Selain itu, nama pemberi referensi langsung menciptakan citra dan persepsi positif di benak perekrut, misalnya: “Oh, Rita ini dirujuk oleh Pak Budi.

Dia berpengalaman dalam industri ini. Tentunya Rita memiliki kualifikasi khusus sehingga Pak Budi ingin merujuk Rita untuk posisi ini.”

Contoh Surat Lamaran Kerja Referensi dari Pihak lain bahasa Inggris

November 19, 2022

Mrs. Noviana Simanjuntak
Account Director
Dentsu Indonesia Media

Dear Mrs. Noviana, Mr. John Smith, senior vice president of Dentsu Indonesia Media, suggested that I write to you. I met with him recently to talk about new business development as a possible career option and he was very helpful.

He suggested that you might be able to provide some insight into the opportunities in account services, especially for business development.I am graduated from Bina Nusantara University majoring in mass communication.

My interest in an advertising career is a result of work I did as a volunteer on Khofifah Indar Parawansa’s East Java Governor Campaign and my two years of working experience as Senior Account Executive at Matari advertising.I would like a few minutes of your time to explore the role of new business development, what a typical day is like, the kinds of problems you encounter, and the most rewarding part of your job.

I know your time is valuable, I want you to know that I am available to discuss any opportunities at your convenience.

Sincerely,
Tasya Marshanda

4. Surat Lamaran Kerja yang Tidak terdapat Informasi Lowongan

Terkadang kita ingin melamar suatu posisi di perusahaan tertentu yang tidak ada di info lowongan kerja baik di situs pencarian kerja maupun di website perusahaan tersebut.

Hal ini membuat kita tidak yakin atau tidak mengetahui apakah posisi yang ingin kita lamar tersedia (cold call job position). Dan itulah alasan mengapa surat lamaran kerja jenis ini sedikit rumit.

Anda benar-benar harus bisa membuat manajer HRD mengesampingkan pekerjaannya sejenak untuk meninjau surat lamaran Anda dan meluangkan waktu untuk wawancara.

Untuk itu, hal penting pertama yang harus dilakukan adalah riset terlebih dahulu, dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar mengenal perusahaan dan posisi yang Anda cari dengan sangat baik.

Tunjukkan surat lamaran kerja khusus kepada penanggung jawab atau calon pengguna yang berminat. Gaya penulisan “To Whom It May Concern” adalah sesuatu yang harus dihindari, karena selain tidak spesifik kepada siapa, kata pembuka seperti ini hanya akan membuat surat lamaran Anda berakhir di tempat sampah.

Terakhir, surat lamaran ini tentang bagaimana membuat si penerima surat terpesona, karena yang bersangkutan tidak menyangka akan menerima surat ini.

Buat dia benar-benar tertarik pada bahasa yang jelas dan informatif dengan menunjukkan keahlian atau keahlian khusus yang bisa sangat berguna bagi perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tidak terdapat Informasi Lowongan Bahasa Inggris

Attention to:
Ade Yusuf,
Marketing Director
PT Telkomsel Indonesia Tbk.

Dear Mr. Ade,It is with great interest that I am forwarding my resume for consideration as a Sales Assistant within your team. Combining my previous experience within a customer-oriented environment with strong interpersonal and communication abilities, I am confident that you will quickly realize my ability to make major contributions to your company. Therefore, I ask you to consider the following in addition to my enclosed resume:

1. Posses a great work ethic and superb team skills
2. Proven experience in customer service positions, including customer relations, cash handling, and point of sale operation.
3. Ability to close major sale opportunities due to strong relationship building and presentation skills.
4. Significant experience in operating cash registers and other computerized equipment within stores.
5. Excellent communication and interpersonal skills; take initiative in managing client relationships and developing effective working relationships with clients.
6. Ability to adapt quickly in new and changing business, social and cultural environments.My record of schoolwork, employment, and volunteer activities demonstrates attributes that make me a valuable employee. In all employment and volunteer positions, I have maintained an excellent record of being on time, prepared, and eager to take on new responsibilities.

My resume is enclosed to provide you with details of my skills and accomplishments, but I am certain that a personal interview would more fully reveal my desire and ability to contribute to your company. Thank you for your time and consideration, and do not hesitate to contact me if you have any questions. I look forward to speaking with you soon.

Sincerely,
Dewita Sari

Enclosure: Resume

5. Surat Lamaran Kerja via Email

Salah satu cara melamar pekerjaan adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerja kepada manajer HRD melalui email, disertai dengan daftar riwayat hidup dan dokumen pendukung lainnya.

Namun, apa yang harus ada dalam email yang Anda kirim? Surat lamaran kerja yang dikirim melalui email harus tetap memuat informasi yang kurang lebih sama dengan surat lamaran kerja yang dikirim melalui surat konvensional.

Perbedaan mendasar terletak pada format penulisan dan cara penulisan contact person yang dituju.

Berikut adalah beberapa panduan untuk melihat apa yang harus ditulis dalam surat lamaran kerja yang dikirim melalui email beserta contoh sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dan contoh penulisannya.

a. Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Via Email

1) Subject

Subjek pesan email harus mencantumkan nama dan jabatan. Misalnya, “Ridwan Handoyo – Jabatan Direktur HRD”.

2) Greeting

Penting untuk menyertakan sapaan atau sapaan yang berformat. Jika Anda mengetahui nama contact person yang dituju, lakukan salam dengan menuliskan namanya. Atau jika Anda tidak tahu nama contact personnya, Anda bisa menggunakan sapaan umum seperti “Dear Hiring Manager.”

Salah satu tip untuk menemukan nama contact person yang akan Anda tuju adalah dengan membaca website perusahaan tempat Anda melamar, atau Anda bisa mencari informasi nama contact person di LinkedIn.

3) Body Message

Pesan inti dari surat lamaran tidak harus terlalu panjang, yang penting mampu menarik perhatian dengan menunjukkan alasan mengapa Anda layak menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi yang dilamar. Jadi itu bukan hanya surat lamaran untuk menunjukkan resume Anda, tetapi sesuatu yang dapat menjual Anda dan memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk diwawancarai.

4) Signature

bagian terakhir yang berisi informasi kontak Anda: mulai dari nama, nama lengkap, alamat, telepon, email, dan sertakan profil LinkedIn Anda agar terlihat lebih profesional.

b. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Bahasa Inggris

Subject: Editorial Assistant Position – Sandy Gultom

Dear Mr. Irfan Jaya Permana

I would like to express my deep interest in entering a position as an editorial assistant for your publishing company.

As a recent graduate with writing, editing, and administrative experience, I believe I am a strong candidate for a position at the MNC Media.

You specify that you are looking for someone with strong writing skills. As an English major at Sanata Dharma University, a writing tutor, and an editorial intern for both a lifestyle magazine and a college marketing office, I have become a skilled writer with a variety of publication experience.

My maturity, practical experience, attention to detail, and eagerness to enter the publishing business will make me an excellent editorial assistant. I would love to begin my career with your company and am confident that I would be a beneficial addition to the MNC Media.

I have attached my resume to this email and will call within the next week to see if we might arrange a time to speak together.

Thank you so much for your time and consideration.

Sincerely,
Sandy Gultom

Baca juga: Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

6. Surat Lamaran Kerja untuk Berganti Karir

Terkadang ada beberapa keputusan penting dalam hidup yang harus kita buat, dan tentu saja ada risikonya. Salah satunya adalah berganti karir.

Ini bukan keputusan yang mudah, karena ketika Anda ingin memulai karir baru, berarti pengalaman Anda di bidang tersebut minimal atau bahkan sama dengan fresh graduate.

Untuk itu, surat lamaran kerja bahasa Inggris bagi Anda yang ingin berganti karir akan menekankan alasan kuat mengapa Anda ingin memulai karir baru dengan keterampilan yang relevan.

Pengalaman di karir sebelumnya juga bisa dijadikan salah satu faktor yang menambah nilai jual sebuah surat lamaran.

Jangan lupa, penting untuk menunjukkan antusiasme Anda terhadap karir baru ini di surat lamaran Anda. Manajer HRD biasanya lebih tertarik pada pelamar yang menunjukkan antusiasme untuk karier yang sukses di industri tempat mereka ingin bekerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Berganti Karir Bahasa Inggris

December 8, 2022

Attention to:
Mr. George Hendradi
VP Business Development
McKinsey & Company Indonesia

Dear Mr. George:

I am writing to you as a fellow graduate of Pelita Harapan University (class of 2012) and would sincerely appreciate any insight you could provide me into McKinsey & Company. I have been working in sales for almost seven years, and I am now looking to transition into corporate human resources at a company such as yours.

Although successful in my sales career, I have realized the aspects of my work I find most rewarding are all in HR-related functions. The following offers a few highlights of my qualifications:

1. Solid foundation in HR affairs: As a senior account executive, I have been responsible for a number of HR functions, including recruiting, interviewing, hiring and training new employees. As a quick learner of complex concepts and legal issues, I am eager to broaden these competencies.
2. Dynamic communication style: I am adept in building relationships, consensus and a shared sense of purpose. I am known for my ability to quickly establish trust with employees, mediate disputes and motivate others into action.
3. Experience in corporate training: A constant throughout my sales career has been my passion for the design and delivery of staff development programs. Comfortable and experienced giving both large and small-group presentations, I have conducted hundreds of training seminars for diverse audiences across all organizational levels.

If you know of anyone within McKinsey & Company who might be looking for someone with my qualifications, I would be very grateful for your referral. Thanks in advance for any assistance you may be able to provide.

Kind regards,
Praga Senjaya Putra

Enclosure: Resume

7. Surat Lamaran Kerja untuk Magang (Internship)

Hampir semua universitas mewajibkan mahasiswanya untuk magang. Magang merupakan proses mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja agar mereka mengetahui bagaimana ilmu yang dipelajari di bangku kuliah diimplementasikan di dunia kerja. Dalam prosesnya, magang dapat menjadi batu loncatan dari dunia pendidikan menuju dunia kerja.

Bagi perusahaan, menerima pekerja magang adalah keuntungan tersendiri. Mereka mendapatkan tenaga kerja tambahan yang tidak harus dibayar sesuai dengan gaji karyawan.

Tak jarang, magang juga menjadi peluang bagi perusahaan untuk menyaring calon pekerja potensial yang bisa mereka rekrut setelah lulus.

Sebenarnya, tidak ada banyak perbedaan antara surat lamaran untuk magang dan untuk pekerjaan. Hal-hal penting dalam surat lamaran kerja juga harus ditulis dalam surat lamaran, seperti: kualifikasi, keterampilan dan kemampuan yang dimiliki.

Anda juga harus bisa menjelaskan bagaimana ilmu yang Anda pelajari di bangku kuliah dapat bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan perusahaan. Jadi keterampilan menjual dengan antusias adalah kunci dalam menulis surat lamaran magang.

Tak lupa, perusahaan besar dan bonafid tentunya banyak diminati mahasiswa untuk magang. Persaingan tentu saja dimulai dari kualitas surat lamaran yang Anda kirimkan.

Intinya, tuliskan nilai-nilai yang Anda miliki dan lama magang Anda. Dua poin penting ini umumnya akan dilihat terlebih dahulu oleh perusahaan tempat Anda akan magang.

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Magang (Internship) Bahasa Inggris

Dear [Mr. Mulyahadi],

[Creative Director]

[Fortune Indonesia]Regarding the [Intern Graphic Designer] position currently advertised on ahensiexahensi forum, please find attached a copy of my resume for your consideration. I’m looking to gain practical experience within [advertising industry] and feel that an intern position within your company would help me to demonstrate the abilities I have.

I have been studying [Visual Communication Design at UMM] and have already gained some experience as a [apprentice graphic designer] at [UMM internal magazine] where I [responsible to create design and illustration for magazine cover].

I believe my skills in [using software design and hand drawing] would make me a positive addition to your team.

If you would like to get in touch to discuss my application and to arrange an interview, you can contact me via [phone: 0812 5678 4321 or email: [email protected]].I look forward to hearing from you soon.

Yours sincerely,
[Chandra Dwi Herdiansyah]

Catatan: Silakan edit bagian dalam tanda kurung, sesuai dengan data, keahlian, dan pengalaman yang Anda miliki. Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali, bagian ini dapat diganti dengan alasan kuat dan minat Anda pada posisi magang yang ingin Anda lamar.

8. Surat Lamaran Kerja Bidang Akademik

Melamar posisi pekerjaan di bidang akademik memiliki pendekatan yang sedikit berbeda dari melamar posisi pekerjaan lain.

Surat lamaran Anda dapat ditinjau oleh staf departemen SDM atau Sumber Daya Manusia untuk menentukan apakah Anda memenuhi kualifikasi dasar untuk pekerjaan itu.

Jika dianggap sesuai, surat lamaran akan diteruskan ke panitia rekrutmen yang sebagian besar terdiri dari dosen dan dekan akademik.

Tim rekrutmen di universitas ini adalah orang-orang yang terbiasa membaca surat lamaran akademik dan resume atau curriculum vitae (CV) yang lebih panjang daripada yang biasa di dunia bisnis.

Mereka juga akan lebih tertarik pada landasan filosofis untuk pekerjaan Anda daripada perekrut bisnis biasa.

Tantangan awal adalah untuk melewati filter di departemen SDM. Tinjau kualifikasi yang diperlukan yang tercantum pada lowongan pekerjaan dan buat pernyataan yang berisi bukti bahwa Anda memiliki keterampilan, kredensial, pengetahuan, dan pengalaman yang diperlukan. Tunjukkan kualifikasi sebanyak mungkin dengan contoh konkrit yang mendukung pernyataan tersebut.

Namun, bukan berarti Anda harus menumpuk semua pencapaian Anda dalam sebuah surat lamaran. Satu hal yang perlu menjadi pertimbangan lain adalah menyampaikan penelitian yang telah dilakukan dan signifikansinya dalam bidang akademik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidang Akademik Bahasa Inggris

Jakarta, June 15, 2022

Prof. Dr. Setiono Sugiharto
Chair, English Department Search Committee
Unika Atma Jaya, Jakarta

Dear Prof. Dr. Setiono,

I am writing to apply for the position of assistant professor of English with an emphasis on nineteenth-century American literature that you advertised in your LinkedIn profile Information. I am a Dean’s Fellow and Ph.D. candidate at Tarumanegara University, currently revising the final chapter of my dissertation, and expecting to graduate in May 2020, I am confident that my teaching experience and my research interests make me an ideal candidate for your open position.

Over the past five years, I have taught a variety of English courses. I have taught a number of American literature survey courses, as well as writing courses, including technical writing and first-year writing.

I have extensive experience working with ESL students, as well as students with a variety of learning disabilities, including dyslexia and dysgraphia, and disabilities like ADD and ADHD, I pride myself on creating a classroom environment that accommodates the needs of my students while still promoting a high level of critical thought and writing skills.

Some of my most satisfying experiences as a teacher have come from helping struggling students to grasp difficult concepts, through a combination of individual conferences, class activities, and group discussion. I know I would thrive as a teacher in your college, due to your belief in small classroom size and individualized support for students.

Not only does my teaching experience suit the needs of your school and department, but my research interests also fit perfectly with your description of the ideal candidate.

My dissertation project, “Ferns and Leaves: Nineteenth-Century Female Authorial Space,” examines the rise and development of American female authors in the 1840s and 1850s, with a particular focus on patterns of magazine publication.

I argue that, rather than being submissive to the requirements of the editor or publisher, female authors, in fact, developed a more transparently reciprocal relationship between themselves and their readers than previously has been assumed.

I apply recent print-culture and book-history theory to my readings of novels, magazine articles, letters, and diary entries by various female authors, with a particular focus on Sara Willis (known by her pseudonym Fanny Fern), I plan to develop my dissertation into a book manuscript and continue to research the role of female writers in antebellum magazine culture, with a particular focus on the rise and influence of female magazine editors on literary culture.

My research interests have both shaped and been shaped by my recent teaching experiences. Last year, I developed and taught a course on the history of print culture in America. I combined readings on theory and literature that addressed issues of print with visits to local historical museums and archives.

My students conducted in-depth studies on particular texts (magazines, newspapers, novels) for their final papers. I believe my interdisciplinary teaching style, particularly my emphasis on material culture, would fit in well with the interdisciplinary nature of your English department, I am therefore confident that my teaching experience, my skill in working with ESL and LD students, and my research interests all make me an excellent candidate for the assistant professor of English position at ABC College, I have attached my curriculum vitae and the two requested sample publications.

I would be happy to send you any additional materials such as letters of reference, teaching evaluations, and past and proposed course syllabi, I will be available to meet with you at either the MLA or C19 conference, or anywhere else at your convenience. Thank you so much for your consideration; I look forward to hearing from you.

Sincerely,
M. Helmy Chaniago

Baca juga: Penyebab Lamaran Kerja Ditolak HRD dan Perusahaan

9. Surat Lamaran dari Info Lowongan Kerja

Satu-satunya hal yang membedakan jenis surat pengantar ini adalah paragraf pembuka umumnya berisi pernyataan seperti “I’m responding to your advertisement I saw in the…”

Surat lamaran kerja lainnya umumnya sama dan mengikuti prinsip dasar surat lamaran kerja umum lainnya. Namun, jika mencari lowongan kerja melalui iklan surat kabar misalnya, biasanya tidak tertulis secara spesifik siapa contact person yang dimaksud dalam surat lamaran tersebut.

Untuk itu akan lebih baik jika Anda melakukan sedikit riset tentang perusahaan tersebut sebelum menulis dan mengirim surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran dari Info Lowongan Kerja Bahasa Inggris

Attention to:
Human Resources Department
PT Unilever Indonesia Tbk.

Dear Sir/Madam,In response to your open position announcement on jobsdb.com, I found that your company is hiring for a Website Front-End Designer. Through the skills and experiences listed below, I believe to be a strong candidate for this job.My Name is Damar Hadi.

I am 28 years old, have a strong education and professional background. I was graduated from Gunadarma University majoring in Management Information System with GPA of 3,33, I have been working as a front-end designer for almost three years now.

This makes me comfortable working with engineering software, web programming and also web designing.Moreover, I am a quick learner, able to adapt in a new working environment and love a challenge.

For me, designing a front-end website is more like making a piece of art with the help of coding knowledge. I believe one only can make a beautifully optimized front-end website if he pours all his heart to it.

Enclosed is my resume along with supporting documents that would explain more about my knowledge and skills. I would be pleased to discuss my application with you, and I am available for an interview at your convenience. Looking forward to hearing from you soon.

Sincerely,
Damar Hadi

Baca juga: Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Benar

10. Surat Lamaran Kerja Bagi yang Menganggur

Jika saat ini Anda menganggur dan berharap mendapatkan pekerjaan, Anda mungkin merasa tidak aman dan nyaman tentang apa yang harus disertakan dalam surat lamaran Anda.

Anda mungkin berpikir, bagaimana mungkin bersaing dengan orang yang saat ini memiliki pekerjaan? Cara termudah adalah dengan berbohong sedikit di surat lamaran. Tapi jelas ini sangat tidak dianjurkan.

Mengapa? Karena hal ini akan sangat mudah diketahui oleh manajer HRD atau petugas rekrutmen yang akan mewawancarai Anda nantinya. Pada akhirnya, selain perjuangan Anda sia-sia, Anda hanya membuang-buang waktu staf yang bertugas merekrut tadi.

Tapi jangan khawatir. Bahkan jika saat ini Anda tidak memiliki pekerjaan, ada banyak cara agar manajer HRD mempertimbangkan Anda sebagai kandidat potensial yang sama kuatnya dengan mereka yang masih menjadi karyawan pada saat melamar.

Kuncinya adalah menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dengan tugas dan persyaratan yang dinyatakan dalam deskripsi pekerjaan dan fokus pada nilai atau nilai apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi yang Menganggur Bahasa Inggris

Anike Ruswandini
0817 6789 1234 | [email protected] | Jl. Tebet Timur No. 71 Jakarta Selatan

Jakarta, October 12, 2019

Attention: Sarah Lee
VP Purchasing – Chevron Pacific Indonesia

Dear Ms. Sarah:As an accomplished purchasing specialist with extensive healthcare industry experience, I was very interested to learn about your purchasing specialist opening.

I offer eight years of experience working for Merck, a multi-national home healthcare company and a billion-dollar leader in the industry. As the company’s corporate purchasing specialist, I managed:

1. Purchasing functions for 115 locations.
2. 75 major contracts in areas including medications, supplies, equipment, furniture, uniforms, distribution and vending machines.
3. A 15-member team of contractors, buyers, analysts and support staff.

Consistently recognized for outstanding performance, I saved Merck more than $5.3 million in 2017 alone. An expert in contract negotiations, vendor management, and global sourcing, I repeatedly reduced expenditures, cost-of-sales (COS) and cost-of-goods (COG), as well as assisted with major system implementations of inventory, purchasing and tracking systems.

In 2018, Merck experienced a significant workforce reduction and my position was eliminated. Since then, I have remained active in the Indonesian Purchasing Society and completed courses in business ethics, contract law, the art of negotiation and supply chain management. I plan on sitting for the Certified Professional Purchasing Manager (CPPM) exam later this year.

I am confident that my ongoing studies combined with successful experience in the field will enable me to aggressively pursue cost-reduction opportunities and improve return on investment (ROI) for your company.

If you agree that my skills and experience would benefit your operation, please call me at 0817 6789 1234 or email [email protected] to arrange an interview. Thank you for your time, and I look forward to speaking with you.

Sincerely,
Anike Ruswandini

Enclosure: Resume

Baca juga: Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Kesimpulan

Itulah 10 contoh surat lamaran kerja bahasa inggris sesuai dengan jenis, peruntukan, dan kondisi pelamar kerja. Contoh surat lamaran ini dapat dijadikan referensi dan referensi untuk memulai karir di tahun 2020.

Dunia kerja semakin kompetitif, dan bahasa Inggris akan menjadi standar dalam dunia kerja. Untuk alasan ini, kemampuan menulis surat lamaran dalam bahasa Inggris dengan baik akan meningkatkan peluang Anda untuk menarik perhatian manajer HRD dan dipanggil untuk wawancara. Semua contoh di atas hanya diedit dan disesuaikan dengan resume yang Anda miliki.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa hal mendasar yang paling penting dalam surat lamaran kerja adalah menunjukkan dan menjual keterampilan, pengalaman dan nilai-nilai yang kita miliki.

Selama kita memiliki ini, yakinlah bahwa kesempatan untuk diwawancarai dan diterima bekerja sangat terbuka.

Terakhir tentunya jangan lupa untuk selalu berdoa, memohon restu kepada orang tua jika masih hidup, dan terus belajar keterampilan baru sebagai amunisi untuk bisa memenangkan persaingan di dunia kerja.

Tetap semangat, dan selamat mencoba, ya!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!